Rabu, 08 Februari 2017

RPP SENI BUDAYA KELAS 7 SEMESTER GENAP (SENI TARI) TERBARU 2017

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : SMP Negeri 4 Makassar
Mata Pelajaran            : Seni Budaya (Seni Tari)
Kelas/Semester            : VII/Genap
Materi Pokok              : Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari
                        Alokasi Waktu            : 3 x  Pertemuan (9 Jam Pelajaran)


A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran peserta didik dapat:
1. mengidentifikasi berbagai level pada gerak tari,
2. mendeskripsikan gerak tari berdasarkan level tinggi, sedang, dan rendah,
3. mengidentifikasi pola lantai pada gerak tari
4. melakukan gerak tari berdasarkan level tinggi, sedang, dan rendah
    sesuai iringan,
5. mengomunikasikan penampilan ragam pola lantai pada gerak tari

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.3    Memahami   gerak tari sesuai dengan level dan pola lantai


3.3.1. Menjelaskan berbagai level pada gerak 
          tari
3.3.2. Menjelaskan pengertian level tinggi,
          sedang, dan rendah
3.3.3. Menjelaskan gerak tari berdasarkan level tinggi, sedang, dan rendah dengan sikap dan kehidupan sosial budaya di masyarakat

4.3     Memeragakan     gerak tari sesuai dengan  level dan pola lantai

4.3.1. Menampilkangerak tari berdasarkan
        level tinggi, sedang, dan rendah sesuai
        iringan
4.3.2.Menampilkan ragam pola lantai pada gerak tari

C.    MATERI PEMBELAJARAN
(Pertemuan 1)


Pengertian Level
1. Level Tinggi
Level tinggi dapat menggunakan media atau alat bantuseperti susunan panggung kecil (trap) atau alat bantu tali yangberfungsi untuk memberikan kesan melayang pada gerak tariyang ditampilkan.
2. Level Sedang

Gerak dengan level sedang hampir dimilikioleh semua tari tradisional di Indonesia.Level sedang ditunjukkan pada posisi penariberdiri secara lurus di atas pentas.
3. Level Rendah
Kamu tentu pernah melihat seorang anak berguling. Berguling dari satu tempat ke tempat lain. Terus bergerak seolah tanpalelah.Gerak berguling yang dilakukan dalamtari disebut dengan level rendah
Jenis Pola Lantai
1. Pola Lantai Garis Lurus
2. Pola Lantai Garis Lengkung





(Pertemuan 2)
PRAKTIK
Latihan Level Tari

(Pertemuan 3)
                 PRAKTIK
                 Latihan Pola Lantai

D.    METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan           : Saintifik
Metode                  : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab dan Unjuk Kerja.

E.     MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR
1.      Media              : Laptop, CD iringan tari, Gambar jenis level, dan Gambar pola
                               Lantai
2. Alat/ bahan        : properti tari
F.    SUMBER BELAJAR
1.      Kemdikbud, 2016. Seni Budaya SMP/MTs Kelas VII, Buku Siswa. Kemdikbud,  RI :Jakarta.
2.      Kemdikbud, 2016. Seni Budaya SMP/MTs Kelas VII,Buku Guru. Kemdikbud,  RI :Jakarta.
3.      Buku lain yang relevan

G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
     ( 3 Jam Pelajaran)
Langkah Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan


Kegiatan awal pembelajaran oleh guru dapat melakukan aktivitas berikut:
1.      Guru membuka pembelajaran seni budaya dengan mengucapkan salam, mengabsen dan menanyakan keadaaan dan situasi kelas.
2.      Guru memberi apersepsi kepada peserta didik dan mengaitkan materi pelajaran yang dengan materi yang akan dipelajari.
3.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Guru menyampaikan garis besar materi tentang Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari
5.      Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.


10 menit
Kegiatan Inti

Mengamati
1.      Peserta didik membaca dari buku siswa, internet tentang Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari
2.      Mengamati tayangan video Level dan Pola Lantai pada Gerak Taridengan media LAPTOP/LCD

100 menit
Menanya
1.      Guru memotivasi peserta didik untuk merumuskan kalimat tanya tentang Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari
2.      Peserta didik diberikan kesempatan untuk mendeskripsikan butir pertanyaan tentangLevel dan Pola Lantai pada Gerak Tari

Mengumpulkan informasi
1.      Peserta didik  mencari di buku/internet penjelasan tentang Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari
2.      Mengidentifikasi jenis-jenis Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari


Menalar/mengasosiasi
Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dirumuskan dengan menggunakan informasi/data yang diperoleh secara individu atau kelompok:

Merumuskan kesimpulan tentang jenis-jenis Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari

Mengomunikasikan
Setiap kelompok melakukan presentasi di depan kelas tentang jenis-jenis Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari

Kegiatan Penutup
Kegiatan penutup pembelajaran oleh guru dapat melakukan aktivitas berikut:
1. Guru dan peserta didik membuat simpulan tentang materi pembelajaran yang telah berlangsung.
2. Guru memberi saran/pendapat terhadap karya/penampilan peserta didiktentang jenis-jenis Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari
3. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran seni tari.
  4.  Guru menyampaikan rencana kegiatan
pada pertemuan berikutnya.

10 menit

Pertemuan 2
(3 Jam Pelajaran)
Langkah Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan


Kegiatan awal pembelajaran oleh guru dapat melakukan aktivitas berikut:
1.      Guru membuka pembelajaran seni budaya dengan mengucapkan salam, mengabsen dan menanyakan keadaaan dan situasi kelas.
2.      Guru memberi apersepsi kepada peserta didik dan mengaitkan materi pelajaran yang dengan materi yang akan dipelajari.
3.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Guru menyampaikan garis besar materi tentang jenis-jenis Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari
5.      Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan

10 menit
Kegiatan Inti
(PRAKTIK)

Mengasosiasi
1.      Peserta didik mempersiapkan contoh  gambar jenis level tari
2.      Peserta didik berlatih berkelompok meragakan jenis level tari dengan bimbingan  guru

100 menit
Mengomunikasikan
Setiap kelompok melakukan presentasi Level tari di depan kelas

Kegiatan Penutup
Kegiatan penutup pembelajaran oleh guru dapat melakukan aktivitas berikut:
1. Guru dan peserta didik membuat simpulan tentang materi pembelajaran yang telah berlangsung.
2. Guru memberi saran/pendapat terhadap karya/penampilan peserta didik.
3. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran seni tari.
  4.  Guru menyampaikan rencana kegiatan
       pada pertemuan berikutnya.
10 menit
     Pertemuan 3
(3 Jam Pelajaran)
Langkah Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan


Kegiatan awal pembelajaran oleh guru dapat melakukan aktivitas berikut:
1.      Guru membuka pembelajaran seni budaya dengan mengucapkan salam, mengabsen dan menanyakan keadaaan dan situasi kelas.
2.      Guru memberi apersepsi kepada peserta didik dan mengaitkan materi pelajaran yang dengan materi yang akan dipelajari.
3.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Guru menyampaikan garis besar materi tentang jenis-jenis Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari
5.      Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan

10 menit
Kegiatan Inti
(PRAKTIK)
Mengasosiasi
a.       Peserta didik mempersiapkan contoh  gambar jenis-jenis Pola lantai
b.      Peserta didik berlatih berkelompok meragakan jenis-jenis Pola lantaidengan bimbingan  guru
100 menit
Mengomunikasikan
Setiap kelompok melakukan presentasi Pola lantaidi depan kelas

Kegiatan Penutup
Kegiatan penutup pembelajaran oleh guru dapat melakukan aktivitas berikut:
1. Guru dan peserta didik membuat simpulan tentang materi pembelajaran yang telah berlangsung.
2. Guru memberi saran/pendapat terhadap karya/penampilan peserta didik  tentang jenis-jenis Pola lantai.
3. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran seni tari.
  4.  Guru menyampaikan rencana kegiatan
       pada pertemuan berikutnya.

10 menit


H.     PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.    Teknik penilaian:
a.  Sikap                       : Bentuk jurnal (dipergunakan untuk mencatat prilaku
         luar biasa yakni prilaku positif atau negatif peserta didik)
b.  Pengetahuan            : Tes lisan (uraian) dan tes tertulis
c.  Keterampilan           : Tes kinerja/tes praktik
2.    Instrumen Penilaian dan pedoman penskoran (terlampir)






Mengetahui
Kepala SMP Negeri 4 Makassar
Makassar,  3  Januari 2017
Guru Mata Pelajaran,





Drs. Husain Patta, MM.
NIP. 19660101 199412 1 003
Andi Ni’ma Fada, S.Pd.M.Pd.
NIP. 19690326 199412 2 004



LAMPIRAN-LAMPIRAN

1.     Penilaian Sikap
No
Hari/tanggal
Nama
Peserta didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ket.
1





2





3





4





Dst






2.    Penilaian Pengetahuan
a.                Kisi-Kisi Penilaian Pengetahuan
No.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
Jumlah Soal
1
3.3        Memahami   gerak tari sesuai dengan level dan pola lantai


Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari
1.       Menjelaskan pengertian level tinggi
2.       Menjelaskan pengertian level sedang
3.       Menjelaskan pengertian level rendah
4.       Menjelaskan pengertian pola lantai
5.       Menjelaskan jenis-jenis pola lantai


Jawaban singkat



1


1


1


1


1

Contoh Butir Soal
Indikator Soal
Bentuk Soal
Contoh Soal
1.      Menjelaskan pengertian level tinggi
Jawaban singkat
Jelaskan pengertian Level tinggi!
2.      Menjelaskan pengertian level sedang
Jawaban singkat
Jelaskan pengertian Level sedang!
3.      Menjelaskan pengertian level rendah
Jawaban singkat
Jelaskan pengertian Level rendah!
4.      Menjelaskan pengertian Pola lantai
Jawaban singkat

Jelaskan pengertian Pola lantai!
5.Menjelaskan jenis- 
      jenis pola lantai
Jawaban singkat

Jelaskan jenis-jenis Pola lantai!


3.    Penilaian Keterampilan
No.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
Jumlah Soal
1
4.3              Memeragakan     gerak tari sesuai dengan  level dan pola lantai

Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari
Peserta didik berlatih meragakan jenis-jenis Level tari
Tes Kinerja/Praktik
1
2


Peserta didik berlatih meragakan jenis-jenis Pola lantai
Tes Kinerja/Praktik
1


Rubrik Penilaian:
No.
Nama Siswa
Aspek yg dinilai
Skor
Wiraga


(0-40)
Wirasa

(0-30)
Wirama


(0-30)
1





2





3





4





5





6
……dst









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : SMP Negeri 4 Makassar
Mata Pelajaran            : Seni Budaya (Seni Tari)
Kelas/Semester            : VII/Genap
Materi Pokok              : Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak
                                      Tari
                        Alokasi Waktu            : 3 x  Pertemuan (9 Jam Pelajaran)


A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran peserta didik dapat:
1. mengidentifikasi level tinggi pada gerak tari,
2. mengidentifikasilevel sedang pada gerak tari,
3. mengidentifikasilevel rendah pada gerak tari,
4. menerapkan level tinggi, sedang dan rendah pada gerak tari,
5. mengidentifikasi pola lantai garis lurus pada gerak tari,
6. mengidentifikasi pola garis lengkung pada gerak tari,
7. menerapkan pola lantai garis lurus dan lengkung pada gerak tari, dan
8. melakukan gerak tari berdasarkan level dan pola yang telah dibuat
           sesuai dengan iringan.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.3.Memahami  gerak tari  
       sesuai dengan level dan      
       pola lantai  sesuai
       iringan

3.3.1. Mengidentifikasi tarian yang
          menerapkan level tinggi
3.3.2.Mengidentifikasi tarian yang
          menerapkan level sedang
3.3.3. Mengidentifikasi tarian yang
          menerapkan level rendah
3.3.4. Mengidentifikasi tarian dengan pola
          lantai garis lurus
3.3.5. Mengidentifikasi tarian dengan pola
          lantai garis lengkung

4.3  Memeragakan  gerak tari berdasarkan level dan pola lantai  sesuai iringan
4.3.1. Berkreasi tari dengan menerapkan level tinggi, sedang dan rendah
4.3.2.Berkreasi tari dengan menerapkan level
          dan pola yang telah dibuatsesuai
          dengan iringan.







C.    MATERI PEMBELAJARAN
(Pertemuan 1)

Bentuk penyajian tari dapat berupa tari tunggal, tari berpasangan, dan tariberkelompok. Pengolahan pola lantai pada setiap bentuk penyajian tari tentu akanberbeda. Tari tunggal pengolahan pola lantai dilakukan secara individu, pada tariberpasangan pengolahan lantai dilakukan berdua atau dua orang penari

1.      Meragakan Gerak Tari Berdasarkan Level danPola Lantai dengan hitungan
Level pada gerak memiliki penting karena salah satu fungsinya adalah menjadikantari tampil tampak lebih dinamis. Pada peragaan tari tunggal kombinasi antara leveltinggi, sedang dan rendah tidak dapat dilakukan pada satuan waktu sama.
           2.   Meragakan Gerak Tari dengan Iringan 


(Pertemuan 2)
PRAKTIK
Berkreasi tari dengan menerapan level tinggi, sedang, dan rendah.

(Pertemuan 3)
                 PRAKTIK
                 Berkreasi tari dengan menerapkan level dan Pola lantai sesuai 
                Iringan

D.    METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan           : Saintifik
Metode                  : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab dan Unjuk Kerja.

E.     MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR
1.      Media              : Laptop, CD iringan tari, Gambar jenis level, dan Gambar pola
                               Lantai, dan Pemodelan Guru atau Peserta didik.
2. Alat/ bahan        : properti tari
F.    SUMBER BELAJAR
1.      Kemdikbud, 2016.Seni Budaya SMP/MTs Kelas VII, Buku Siswa. Kemdikbud,  RI :Jakarta.
2.      Kemdikbud, 2016.Seni Budaya SMP/MTs Kelas VII,Buku Guru. Kemdikbud,  RI :Jakarta.
3.      Buku lain yang relevan

G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
     ( 3 Jam Pelajaran)
Langkah Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan


Kegiatan awal pembelajaran oleh guru dapat melakukan aktivitas berikut:
1.      Guru membuka pembelajaran seni budaya dengan mengucapkan salam, mengabsen dan menanyakan keadaaan dan situasi kelas.
2.      Guru memberi apersepsi kepada peserta didik dan mengaitkan materi pelajaran yang dengan materi yang akan dipelajari.
3.     Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Guru menyampaikan garis besar materi tentang Menampilkan Level danPola Lantai pada Gerak Tari
5.      Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.

10 menit
Kegiatan Inti

Mengamati
a.       Peserta didik membaca dari buku siswa, internet tentang Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari
b.      Mengamati tayangan video tentang Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Taridengan media LAPTOP/LCD

100 menit
Menanya
a.       Guru memotivasi peserta didik untuk merumuskan kalimat tanya tentang Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari
Peserta didik diberikan kesempatan untuk mendeskripsikan butir pertanyaan tentangMenampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari

Kegiatan Inti

Mengumpulkan informasi
a.       Peserta didik  mencari di buku/internet penjelasan tentang Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari
b.      Mengidentifikasi jenis-jenis penampilan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari



Menalar/mengasosiasi
a.       Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dirumuskan dengan menggunakan informasi/data yang diperoleh secara individu atau kelompok:
b.      Merumuskan kesimpulan tentang Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari

Mengomunikasikan
Setiap kelompok melakukan presentasi di depan kelas tentang Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari

Kegiatan Penutup
Kegiatan penutup pembelajaran oleh guru dapat melakukan aktivitas berikut:
1. Guru dan peserta didik membuat simpulan tentang materi pembelajaran yang telah berlangsung.
2. Guru memberi saran/pendapat terhadap karya/penampilan peserta didiktentang Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari
3. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran seni tari.
  4.  Guru menyampaikan rencana kegiatan
       pada pertemuan berikutnya.

10 menit

Pertemuan 2
(3 Jam Pelajaran)
Langkah Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan


Kegiatan awal pembelajaran oleh guru dapat melakukan aktivitas berikut:
1.      Guru membuka pembelajaran seni budaya dengan mengucapkan salam, mengabsen dan menanyakan keadaaan dan situasi kelas.
2.      Guru memberi apersepsi kepada peserta didik dan mengaitkan materi pelajaran yang dengan materi yang akan dipelajari.
3.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Guru menyampaikan garis besar materi tentang Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari
5.      Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan

10 menit
Kegiatan Inti
(PRAKTIK)

Mengasosiasi
Peserta didik secara berkelompok berkreasi tari dengan menerapan level tinggi, sedang, dan rendah dengan bimbingan  guru.

100 menit
Mengomunikasikan
Setiap kelompok melakukan presentasi kreasi tari dengan menerapan level tinggi, sedang, dan rendah di depan kelas

Kegiatan Penutup
Kegiatan penutup pembelajaran oleh guru dapat melakukan aktivitas berikut:
1. Guru dan peserta didik membuat simpulan tentang materi pembelajaran yang telah berlangsung.
2. Guru memberi saran/pendapat terhadap karya/penampilan peserta didik.
3. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran seni tari.
  4.  Guru menyampaikan rencana kegiatan
       pada pertemuan berikutnya.

10 menit

Pertemuan 3
(3 Jam Pelajaran)
Langkah Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan


Kegiatan awal pembelajaran oleh guru dapat melakukan aktivitas berikut:
1.      Guru membuka pembelajaran seni budaya dengan mengucapkan salam, mengabsen dan menanyakan keadaaan dan situasi kelas.
2.      Guru memberi apersepsi kepada peserta didik dan mengaitkan materi pelajaran yang dengan materi yang akan dipelajari.
3.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Guru menyampaikan garis besar materi tentang Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari
5.      Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan

10 menit
Kegiatan Inti
(PRAKTIK)
Mengasosiasi
Peserta didik secara berkelompok  berkreasi tari dengan menerapkan level dan pola lantai sesuai  iringan dengan bimbingan  guru.

100 menit
Mengomunikasikan
Setiap kelompok melakukan presentasi berkreasi tari dengan menerapkan level dan pola lantai sesuai  iringan di depan kelas.

Kegiatan Penutup
Kegiatan penutup pembelajaran oleh guru dapat melakukan aktivitas berikut:
1. Guru dan peserta didik membuat simpulan tentang materi pembelajaran yang telah berlangsung.
2. Guru memberi saran/pendapat terhadap karya/penampilan peserta didik  tentang
Berkreasi tari dengan menerapkan level dan Pola lantai sesuai  iringan
3. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran seni tari.
  4.  Guru menyampaikan rencana kegiatan
       pada pertemuan berikutnya.

10 menit

E.     PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. Teknik penilaian:
a.     Sikap                      : Bentuk jurnal (dipergunakan untuk mencatat prilaku
         luar biasa yakni prilaku positif atau negatif peserta didik)
b.       Pengetahuan         : Tes lisan (uraian) dan tes tertulis
c.       Keterampilan         : Tes kinerja/tes praktik
2. Instrumen Penilaian dan pedoman penskoran (terlampir)







Mengetahui
Kepala SMP Negeri 4 Makassar
Makassar,  3  Januari 2017
Guru Mata Pelajaran,





Drs. Husain Patta, MM.
NIP. 19660101 199412 1 003
Andi Ni’ma Fada, S.Pd.M.Pd.
NIP. 19690326 199412 2 004



LAMPIRAN-LAMPIRAN

1.     Penilaian Sikap
No
Hari/tanggal
Nama
Peserta didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ket.
1





2





3





4





Dst






2.    Penilaian Pengetahuan
a.                Kisi-Kisi Penilaian Pengetahuan
No.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
Jumlah Soal
1
3.3  Memahami  gerak tari   sesuai dengan level dan pola lantai  sesuai iringan

Menampilkan Level danPola Lantai pada Gerak Tari

1. Menyebutkan tarian yang menerapkan level tinggi
2.Menyebutkan tarian   tarian yang menerapkan level sedang
3.Menyebutkan tarian yang menerapkan level rendah
4. Menyebutkan tarian dengan pola lantai garis lurus
5. Menyebutkan tarian dengan pola lantai garis lengkung

Jawaban singkat



1




1



1




1



1







Contoh Butir Soal
Indikator Soal

Bentuk Soal
Contoh Soal
1. Menyebutkan tarian
     yang menerapkan 
     level tinggi
Jawaban singkat
Sebutkan tarian yang menerapkan level tinggi!
2.Menyebutkan tarian
    tarian yang
    menerapkan level
    sedang

Jawaban singkat


Sebutkan tarian yang menerapkan level sedang!
3.Menyebutkan tarian
    yang menerapkan
    level rendah

Jawaban singkat


Sebutkan tarian yang menerapkan level rendah!
4. Menyebutkan tarian
    dengan pola lantai
    garis lurus

Jawaban singkat


Sebutkan tarian yang menerapkan pola lantai garis lurus!
5. Menyebutkan tarian
    dengan pola lantai
    garis lengkung

Jawaban singkat


Sebutkan tarian yang menerapkan pola lantai garis lengkung!

3.    Penilaian Keterampilan
No.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
Jumlah Soal
1
4.3.Memeragakan  gerak tari   berdasarkan level dan pola lantai  sesuai iringan
Menampilkan Level danPola Lantai pada Gerak Tari
Berkreasi tari dengan menerapan level tinggi, sedang, dan rendah
Tes Kinerja/Praktik

1
2
4.3.Memeragakan  gerak tari   berdasarkan level dan pola lantai  sesuai iringan
Menampilkan Level danPola Lantai pada Gerak Tari
Berkreasi tari dengan menerapkan level dan Pola lantai sesuai 
iringan

Tes Kinerja/Praktik

1




Rubrik Penilaian:
No.
Nama Siswa
Aspek yg dinilai
Skor
Wiraga

(0-40)
Wirasa

(0-30)
Wirama

(0-30)
1





2





3





4





5





6
……dst






1 komentar: