RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 4 Makassar
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Tari)
Kelas/Semester : VII/Genap
Materi Pokok : Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari
Alokasi Waktu : 3
x Pertemuan (9 Jam
Pelajaran)
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran peserta didik dapat:
1. mengidentifikasi berbagai level
pada gerak tari,
2. mendeskripsikan gerak tari
berdasarkan level tinggi, sedang, dan rendah,
3. mengidentifikasi pola lantai
pada gerak tari
4. melakukan gerak tari berdasarkan
level tinggi, sedang, dan rendah
sesuai iringan,
5. mengomunikasikan penampilan
ragam pola lantai pada gerak tari
B.
KOMPETENSI DASAR
DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.3
Memahami gerak tari sesuai dengan level dan pola
lantai
|
3.3.1.
Menjelaskan berbagai level pada gerak
tari
3.3.2.
Menjelaskan pengertian level tinggi,
sedang, dan
rendah
3.3.3. Menjelaskan gerak tari
berdasarkan level tinggi, sedang, dan rendah dengan sikap dan kehidupan
sosial budaya di masyarakat
|
4.3
Memeragakan gerak tari sesuai dengan level dan pola lantai
|
4.3.1. Menampilkangerak tari berdasarkan
level tinggi, sedang, dan rendah sesuai
iringan
4.3.2.Menampilkan ragam pola lantai pada gerak
tari
|
C.
MATERI
PEMBELAJARAN
(Pertemuan 1)
Pengertian
Level
1. Level Tinggi
Level tinggi dapat
menggunakan media atau alat bantuseperti susunan panggung kecil (trap)
atau alat bantu tali yangberfungsi untuk memberikan kesan melayang pada gerak
tariyang ditampilkan.
2. Level Sedang
Gerak dengan level
sedang hampir dimilikioleh semua tari tradisional di Indonesia.Level sedang
ditunjukkan pada posisi penariberdiri secara lurus di atas pentas.
3. Level Rendah
Kamu tentu pernah
melihat seorang anak berguling. Berguling dari satu tempat ke tempat lain.
Terus bergerak seolah tanpalelah.Gerak berguling yang dilakukan dalamtari
disebut dengan level rendah
Jenis Pola Lantai
1. Pola
Lantai Garis Lurus
2. Pola Lantai
Garis Lengkung
(Pertemuan 2)
PRAKTIK
Latihan Level Tari
(Pertemuan 3)
PRAKTIK
Latihan Pola Lantai
D. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Metode :
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab dan Unjuk Kerja.
E. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR
1. Media : Laptop, CD iringan tari, Gambar
jenis level, dan Gambar pola
Lantai
2.
Alat/ bahan : properti tari
F. SUMBER BELAJAR
1.
Kemdikbud,
2016.
Seni Budaya SMP/MTs Kelas VII, Buku Siswa. Kemdikbud, RI :Jakarta.
2.
Kemdikbud,
2016.
Seni Budaya SMP/MTs Kelas VII,Buku Guru. Kemdikbud,
RI :Jakarta.
3.
Buku
lain yang relevan
G. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
( 3 Jam Pelajaran)
Langkah Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Kegiatan awal pembelajaran oleh guru dapat
melakukan aktivitas berikut:
1. Guru membuka pembelajaran seni budaya dengan mengucapkan salam,
mengabsen dan menanyakan keadaaan dan situasi kelas.
2. Guru memberi apersepsi
kepada peserta didik dan mengaitkan materi pelajaran yang dengan materi yang
akan dipelajari.
3. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari.
4.
Guru menyampaikan garis besar materi tentang Level dan Pola
Lantai pada Gerak Tari
5.
Guru menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
1.
Peserta didik membaca dari buku siswa, internet
tentang Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari
2.
Mengamati tayangan video Level
dan Pola Lantai pada Gerak Taridengan media LAPTOP/LCD
|
100 menit
|
Menanya
1.
Guru memotivasi peserta didik untuk
merumuskan kalimat tanya tentang Level dan Pola
Lantai pada Gerak Tari
2.
Peserta didik diberikan kesempatan
untuk mendeskripsikan butir pertanyaan tentangLevel dan Pola
Lantai pada Gerak Tari
|
||
Mengumpulkan informasi
1.
Peserta didik mencari di buku/internet penjelasan
tentang Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari
2.
Mengidentifikasi jenis-jenis Level
dan Pola Lantai pada Gerak Tari
|
|
|
Menalar/mengasosiasi
Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dirumuskan
dengan menggunakan informasi/data yang diperoleh secara individu atau
kelompok:
Merumuskan
kesimpulan tentang jenis-jenis
Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari
|
||
Mengomunikasikan
Setiap
kelompok melakukan presentasi di depan kelas tentang jenis-jenis Level
dan Pola Lantai pada Gerak Tari
|
||
Kegiatan Penutup
|
Kegiatan penutup pembelajaran oleh guru
dapat melakukan aktivitas berikut:
1.
Guru dan peserta didik membuat simpulan tentang materi pembelajaran yang
telah berlangsung.
2.
Guru memberi saran/pendapat terhadap karya/penampilan peserta didiktentang
jenis-jenis Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari
3.
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran seni tari.
4. Guru menyampaikan rencana
kegiatan
pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan 2
(3 Jam
Pelajaran)
Langkah Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Kegiatan awal pembelajaran oleh guru dapat
melakukan aktivitas berikut:
1. Guru membuka pembelajaran seni budaya dengan mengucapkan salam,
mengabsen dan menanyakan keadaaan dan situasi kelas.
2. Guru memberi apersepsi kepada peserta didik dan mengaitkan materi
pelajaran yang dengan materi yang akan dipelajari.
3.
Guru menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Guru menyampaikan garis besar materi tentang jenis-jenis Level
dan Pola Lantai pada Gerak Tari
5.
Guru menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
(PRAKTIK)
|
Mengasosiasi
1. Peserta didik
mempersiapkan contoh gambar jenis
level tari
2.
Peserta didik berlatih berkelompok meragakan jenis
level tari dengan bimbingan guru
|
100 menit
|
Mengomunikasikan
Setiap kelompok melakukan
presentasi Level tari di depan kelas
|
||
Kegiatan
Penutup
|
Kegiatan penutup pembelajaran oleh guru
dapat melakukan aktivitas berikut:
1.
Guru dan peserta didik membuat simpulan tentang materi pembelajaran yang
telah berlangsung.
2.
Guru memberi saran/pendapat terhadap karya/penampilan peserta didik.
3.
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran seni tari.
4. Guru menyampaikan rencana
kegiatan
pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan
3
(3 Jam
Pelajaran)
Langkah Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Kegiatan awal pembelajaran oleh guru dapat
melakukan aktivitas berikut:
1. Guru membuka pembelajaran seni budaya dengan mengucapkan salam,
mengabsen dan menanyakan keadaaan dan situasi kelas.
2.
Guru memberi
apersepsi kepada peserta didik dan mengaitkan materi pelajaran yang dengan
materi yang akan dipelajari.
3.
Guru menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Guru menyampaikan garis besar materi tentang jenis-jenis Level
dan Pola Lantai pada Gerak Tari
5.
Guru menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
(PRAKTIK)
|
Mengasosiasi
a. Peserta didik
mempersiapkan contoh gambar
jenis-jenis Pola lantai
b. Peserta didik
berlatih berkelompok meragakan jenis-jenis Pola lantaidengan bimbingan guru
|
100 menit
|
Mengomunikasikan
Setiap kelompok melakukan
presentasi Pola lantaidi depan kelas
|
||
Kegiatan Penutup
|
Kegiatan penutup pembelajaran oleh guru
dapat melakukan aktivitas berikut:
1.
Guru dan peserta didik membuat simpulan tentang materi pembelajaran yang
telah berlangsung.
2.
Guru memberi saran/pendapat terhadap karya/penampilan peserta didik tentang jenis-jenis Pola lantai.
3.
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran seni tari.
4. Guru menyampaikan rencana
kegiatan
pada pertemuan
berikutnya.
|
10 menit
|
H. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. Teknik penilaian:
a. Sikap : Bentuk jurnal
(dipergunakan untuk mencatat prilaku
luar biasa yakni prilaku positif atau negatif
peserta didik)
b. Pengetahuan : Tes lisan (uraian) dan tes
tertulis
c. Keterampilan
: Tes kinerja/tes praktik
2. Instrumen Penilaian dan pedoman penskoran
(terlampir)
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 4 Makassar
|
Makassar, 3 Januari 2017
Guru Mata Pelajaran,
|
|
|
|
|
Drs. Husain Patta, MM.
NIP. 19660101 199412 1 003
|
Andi Ni’ma Fada, S.Pd.M.Pd.
NIP. 19690326 199412 2 004
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Penilaian
Sikap
No
|
Hari/tanggal
|
Nama
Peserta didik
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ket.
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
2.
Penilaian Pengetahuan
a.
Kisi-Kisi Penilaian Pengetahuan
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
Bentuk
Soal
|
Jumlah Soal
|
1
|
3.3
Memahami gerak tari sesuai dengan level dan pola
lantai
|
Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari
|
1. Menjelaskan pengertian level tinggi
2. Menjelaskan pengertian level sedang
3. Menjelaskan pengertian level rendah
4. Menjelaskan pengertian pola lantai
5. Menjelaskan jenis-jenis pola lantai
|
Jawaban singkat
|
1
1
1
1
1
|
Contoh
Butir Soal
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Contoh Soal
|
1. Menjelaskan pengertian level tinggi
|
Jawaban singkat
|
Jelaskan
pengertian Level tinggi!
|
2. Menjelaskan pengertian level sedang
|
Jawaban singkat
|
Jelaskan
pengertian Level sedang!
|
3.
Menjelaskan
pengertian level rendah
|
Jawaban singkat
|
Jelaskan
pengertian Level rendah!
|
4.
Menjelaskan
pengertian Pola lantai
|
Jawaban singkat
|
Jelaskan
pengertian Pola lantai!
|
5.Menjelaskan jenis-
jenis pola lantai
|
Jawaban singkat
|
Jelaskan jenis-jenis Pola lantai!
|
3.
Penilaian Keterampilan
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
Bentuk
Soal
|
Jumlah Soal
|
1
|
4.3
Memeragakan gerak tari sesuai dengan level dan pola lantai
|
Level
dan Pola Lantai pada Gerak Tari
|
Peserta didik berlatih
meragakan jenis-jenis Level tari
|
Tes Kinerja/Praktik
|
1
|
2
|
|
|
Peserta didik berlatih
meragakan jenis-jenis Pola lantai
|
Tes Kinerja/Praktik
|
1
|
Rubrik Penilaian:
No.
|
Nama
Siswa
|
Aspek yg dinilai
|
Skor
|
||
Wiraga
(0-40)
|
Wirasa
(0-30)
|
Wirama
(0-30)
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
……dst
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 4 Makassar
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Tari)
Kelas/Semester : VII/Genap
Materi Pokok : Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak
Tari
Alokasi Waktu : 3
x Pertemuan (9 Jam
Pelajaran)
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran peserta didik dapat:
1. mengidentifikasi level tinggi pada
gerak tari,
2.
mengidentifikasilevel sedang pada gerak tari,
3.
mengidentifikasilevel rendah pada gerak tari,
4.
menerapkan level tinggi, sedang dan rendah pada gerak tari,
5.
mengidentifikasi pola lantai garis lurus pada gerak tari,
6.
mengidentifikasi pola garis lengkung pada gerak tari,
7.
menerapkan pola lantai garis lurus dan lengkung pada gerak tari, dan
8.
melakukan gerak tari berdasarkan level dan pola yang telah dibuat
sesuai dengan iringan.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.3.Memahami gerak tari
sesuai dengan level dan
pola lantai sesuai
iringan
|
3.3.1. Mengidentifikasi tarian yang
menerapkan level tinggi
3.3.2.Mengidentifikasi tarian yang
menerapkan level sedang
3.3.3. Mengidentifikasi tarian yang
menerapkan level rendah
3.3.4. Mengidentifikasi tarian dengan
pola
lantai garis lurus
3.3.5. Mengidentifikasi tarian dengan
pola
lantai garis lengkung
|
4.3 Memeragakan
gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai iringan
|
4.3.1. Berkreasi tari dengan menerapkan level tinggi, sedang
dan rendah
4.3.2.Berkreasi
tari dengan menerapkan level
dan pola yang telah dibuatsesuai
dengan iringan.
|
C.
MATERI
PEMBELAJARAN
(Pertemuan 1)
Bentuk penyajian tari
dapat berupa tari tunggal, tari berpasangan, dan tariberkelompok. Pengolahan
pola lantai pada setiap bentuk penyajian tari tentu akanberbeda. Tari tunggal
pengolahan pola lantai dilakukan secara individu, pada tariberpasangan
pengolahan lantai dilakukan berdua atau dua orang penari
1.
Meragakan Gerak Tari Berdasarkan Level danPola Lantai dengan
hitungan
Level pada gerak
memiliki penting karena salah satu fungsinya adalah menjadikantari tampil
tampak lebih dinamis. Pada peragaan tari tunggal kombinasi antara leveltinggi,
sedang dan rendah tidak dapat dilakukan pada satuan waktu sama.
2. Meragakan Gerak Tari dengan Iringan
(Pertemuan 2)
PRAKTIK
Berkreasi tari dengan menerapan
level tinggi, sedang, dan rendah.
(Pertemuan 3)
PRAKTIK
Berkreasi tari dengan
menerapkan level dan Pola lantai sesuai
Iringan
D. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Metode :
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab dan Unjuk Kerja.
E. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR
1. Media : Laptop, CD iringan tari, Gambar
jenis level, dan Gambar pola
Lantai, dan
Pemodelan Guru atau Peserta didik.
2.
Alat/ bahan : properti tari
F. SUMBER BELAJAR
1.
Kemdikbud,
2016.Seni Budaya SMP/MTs Kelas VII, Buku Siswa. Kemdikbud, RI :Jakarta.
2.
Kemdikbud,
2016.Seni Budaya SMP/MTs Kelas VII,Buku Guru. Kemdikbud,
RI :Jakarta.
3.
Buku
lain yang relevan
G.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
( 3 Jam
Pelajaran)
Langkah Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Kegiatan awal pembelajaran oleh guru dapat
melakukan aktivitas berikut:
1.
Guru membuka
pembelajaran seni budaya dengan mengucapkan salam, mengabsen dan menanyakan
keadaaan dan situasi kelas.
2.
Guru memberi apersepsi kepada peserta didik dan
mengaitkan materi pelajaran yang dengan materi yang akan dipelajari.
3. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari.
4. Guru menyampaikan garis besar materi tentang Menampilkan
Level danPola Lantai pada Gerak Tari
5.
Guru menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
a. Peserta didik
membaca dari buku siswa, internet tentang Menampilkan
Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari
b. Mengamati
tayangan video tentang Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Taridengan media
LAPTOP/LCD
|
100 menit
|
Menanya
a.
Guru memotivasi peserta didik untuk
merumuskan kalimat tanya tentang Menampilkan
Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari
Peserta
didik diberikan kesempatan untuk mendeskripsikan butir pertanyaan tentangMenampilkan
Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari
|
||
Kegiatan
Inti
|
Mengumpulkan informasi
a.
Peserta didik mencari di buku/internet penjelasan
tentang Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari
b.
Mengidentifikasi jenis-jenis penampilan
Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari
|
|
|
Menalar/mengasosiasi
a.
Peserta didik menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang dirumuskan dengan menggunakan informasi/data yang
diperoleh secara individu atau kelompok:
b.
Merumuskan kesimpulan tentang Menampilkan
Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari
|
|
Mengomunikasikan
Setiap
kelompok melakukan presentasi di depan kelas tentang Menampilkan
Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari
|
||
Kegiatan Penutup
|
Kegiatan penutup pembelajaran oleh guru
dapat melakukan aktivitas berikut:
1.
Guru dan peserta didik membuat simpulan tentang materi pembelajaran yang
telah berlangsung.
2.
Guru memberi saran/pendapat terhadap karya/penampilan peserta didiktentang Menampilkan
Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari
3.
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran seni tari.
4. Guru menyampaikan rencana
kegiatan
pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan 2
(3 Jam
Pelajaran)
Langkah Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Kegiatan awal pembelajaran oleh guru dapat
melakukan aktivitas berikut:
1.
Guru membuka
pembelajaran seni budaya dengan mengucapkan salam, mengabsen dan menanyakan
keadaaan dan situasi kelas.
2.
Guru memberi
apersepsi kepada peserta didik dan mengaitkan materi pelajaran yang dengan
materi yang akan dipelajari.
3.
Guru menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Guru menyampaikan garis besar materi tentang Menampilkan
Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari
5.
Guru menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
(PRAKTIK)
|
Mengasosiasi
Peserta didik
secara berkelompok berkreasi tari dengan menerapan level tinggi,
sedang, dan rendah dengan bimbingan
guru.
|
100 menit
|
Mengomunikasikan
Setiap kelompok melakukan
presentasi kreasi tari dengan menerapan level tinggi, sedang,
dan rendah
di depan kelas
|
||
Kegiatan
Penutup
|
Kegiatan penutup pembelajaran oleh guru
dapat melakukan aktivitas berikut:
1.
Guru dan peserta didik membuat simpulan tentang materi pembelajaran yang
telah berlangsung.
2.
Guru memberi saran/pendapat terhadap karya/penampilan peserta didik.
3.
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran seni tari.
4. Guru menyampaikan rencana
kegiatan
pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan 3
(3 Jam
Pelajaran)
Langkah Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Kegiatan awal pembelajaran oleh guru dapat
melakukan aktivitas berikut:
1.
Guru membuka
pembelajaran seni budaya dengan mengucapkan salam, mengabsen dan menanyakan
keadaaan dan situasi kelas.
2.
Guru memberi
apersepsi kepada peserta didik dan mengaitkan materi pelajaran yang dengan
materi yang akan dipelajari.
3.
Guru menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Guru menyampaikan garis besar materi tentang Menampilkan
Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari
5.
Guru menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
(PRAKTIK)
|
Mengasosiasi
Peserta
didik secara berkelompok berkreasi
tari dengan
menerapkan level dan pola lantai sesuai
iringan dengan bimbingan guru.
|
100 menit
|
Mengomunikasikan
Setiap
kelompok melakukan presentasi berkreasi tari dengan menerapkan level dan pola
lantai sesuai iringan di depan kelas.
|
||
Kegiatan Penutup
|
Kegiatan penutup pembelajaran oleh guru
dapat melakukan aktivitas berikut:
1.
Guru dan peserta didik membuat simpulan tentang materi pembelajaran yang
telah berlangsung.
2.
Guru memberi saran/pendapat terhadap karya/penampilan peserta didik tentang
Berkreasi
tari dengan menerapkan level dan Pola lantai sesuai iringan
3.
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran seni tari.
4. Guru menyampaikan rencana
kegiatan
pada pertemuan
berikutnya.
|
10 menit
|
E. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. Teknik penilaian:
a. Sikap : Bentuk jurnal
(dipergunakan untuk mencatat prilaku
luar biasa yakni prilaku positif atau negatif
peserta didik)
b. Pengetahuan :
Tes lisan (uraian) dan tes tertulis
c. Keterampilan
: Tes kinerja/tes praktik
2. Instrumen Penilaian
dan pedoman penskoran (terlampir)
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 4 Makassar
|
Makassar, 3
Januari 2017
Guru Mata Pelajaran,
|
|
|
|
|
Drs. Husain Patta, MM.
NIP. 19660101 199412 1 003
|
Andi Ni’ma Fada, S.Pd.M.Pd.
NIP. 19690326 199412 2 004
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Penilaian
Sikap
No
|
Hari/tanggal
|
Nama
Peserta didik
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ket.
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
2.
Penilaian Pengetahuan
a.
Kisi-Kisi Penilaian Pengetahuan
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
Bentuk
Soal
|
Jumlah Soal
|
1
|
3.3 Memahami gerak tari
sesuai dengan level dan pola lantai
sesuai iringan
|
Menampilkan
Level danPola Lantai pada Gerak Tari
|
1. Menyebutkan tarian yang menerapkan
level tinggi
2.Menyebutkan tarian tarian yang menerapkan level sedang
3.Menyebutkan tarian yang menerapkan
level rendah
4. Menyebutkan tarian dengan pola
lantai garis lurus
5. Menyebutkan tarian dengan pola
lantai garis lengkung
|
Jawaban singkat
|
1
1
1
1
1
|
Contoh
Butir Soal
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Contoh Soal
|
1.
Menyebutkan tarian
yang menerapkan
level tinggi
|
Jawaban singkat
|
Sebutkan
tarian yang menerapkan level tinggi!
|
2.Menyebutkan
tarian
tarian yang
menerapkan level
sedang
|
Jawaban singkat
|
Sebutkan
tarian yang menerapkan level sedang!
|
3.Menyebutkan
tarian
yang menerapkan
level rendah
|
Jawaban singkat
|
Sebutkan
tarian yang menerapkan level rendah!
|
4.
Menyebutkan tarian
dengan pola lantai
garis lurus
|
Jawaban singkat
|
Sebutkan
tarian yang menerapkan pola lantai garis lurus!
|
5.
Menyebutkan tarian
dengan pola lantai
garis lengkung
|
Jawaban singkat
|
Sebutkan tarian yang menerapkan pola
lantai garis lengkung!
|
3.
Penilaian Keterampilan
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
Bentuk
Soal
|
Jumlah Soal
|
1
|
4.3.Memeragakan gerak tari
berdasarkan level dan pola lantai
sesuai iringan
|
Menampilkan Level danPola Lantai pada Gerak Tari
|
Berkreasi
tari dengan menerapan level tinggi, sedang, dan rendah
|
Tes Kinerja/Praktik
|
1
|
2
|
4.3.Memeragakan gerak tari
berdasarkan level dan pola lantai
sesuai iringan
|
Menampilkan Level danPola Lantai pada Gerak Tari
|
Berkreasi
tari dengan menerapkan level dan Pola lantai sesuai
iringan
|
Tes Kinerja/Praktik
|
1
|
Rubrik Penilaian:
No.
|
Nama
Siswa
|
Aspek yg dinilai
|
Skor
|
||
Wiraga
(0-40)
|
Wirasa
(0-30)
|
Wirama
(0-30)
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
……dst
|
|
|
|
|
ada file word nya ga kak?
BalasHapus