RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN : SMP NEGERI 20 MAKASSAR
K E L A S : VII
SEMESTER : GANJIL
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA ( SENI RUPA ) BAB I
TOPIK / TEMA : 4.1.
MENGGAMBAR FLORA, FAUNA DAN ALAM
BENDA
PERTEMUAN : I, DAN 2
ALOKASI WAKTU : 6 X 40 Menit ( 2 X Pertemuan )
A.
KOMPETENSI
INTI :
KI 1 : Menerima, menanngapi dan menghargai pelajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai perilaku jujur,
disiplin,tanggung jawab,peduli,santun,rasa ingin tahu,percaya diri,dan
Motifasi internal,toleransi,pola
hidup sehat,ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif
Dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 :
Memahami pengetahuan faktual, konseptual,dan prosedural dalam ilmu
pengetahuan,teknologi,
Seni,budaya,dan humaniora dengan
wawasan kebangsaan,kenegaraan,dan peradaban terkait
Fenomena dan kejadian yang tampak
mata.
KI 4 :
Mencoba,mengolah,dan menyaji dalam anah konkret
(menggunakan,mengurai,merangkai,-
Memodifikasi dan membuat) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber
Lainnya yang sama daalam sudut
pandang / teori.
B.
Kompetensi Dasar
1.1.
Menerima,menanggapi, dan menghargai keragaman
dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugrah Tuhan
2.1. Menunjukkan sikap
menghargai,jujur,disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2. Menunjukkan sikap
bertanggung jawab,peduli dan santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3. Menunjukkan sikap
percaya diri,motivasi internal,kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya
seni
3.1. Memahami konsep dan prosedur menggambar flora, fauna, dan benda alam.
4.1. Menggambar flora, fauna, dan alam benda.
C.
INDIKATOR PEMBELAJARAN
1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli dan santun terhadap karya
seni rupa dan
Pembuatnya.
2. Memahami konsep dan prosedur
menggambar flora, fauna dan alam benda
3. Menggambar flora, fauna dan
alam benda
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari pokok bahasan, peserta
didik diharapkan peduli dan melakukan aktifitas
Berkesenian, yaitu :
1. Mendeskripsikan
kekayaan flora dan fauna Indonesia
2. Mengidentifikasi
keunikan flora dan fauna Indonesia
3. Mengeksplorasi
flora, fauna, dan alam benda dalam bentuk gambar
4. Mengkomunikasikan
hasil karya seni rupa baik secara lisan maupun tulisan
E. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 1
1.
Kegitan
Awal
Kegiatan
awal pembelajaran, peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktifitas
berikut :
Ø
Mengamati melalui media dan sumber belajar
baik berupa visual maupun audio visual tentang flora dan fauna.
Ø Saling
menanyakan tentang flora, fauna dan alam benda.
2.
Kegiatan
Inti
Kegiatan
awal pembelajaran peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktifitas
berikut:
Ø Mengeksplorasi
objek flora, fauna dan alam benda
Ø Mengelompokkan
flora, fauna dan alam benda dalam aktifitas menggambar
3.
Kegiatan
Penutup
Ø Guru
melakukan evaluasi dan refleksi pada setiap pertemuan
Ø
Setiap evaluasi dan refleksi menekankan pada
aspek pengetahuan yang telah diperoleh, menghubungkan sikap dengan materi
pembelajara, dan kemampuan psikomotor atau keahlan dalam paktek menggambar
flora, fauna dan alam benda
Refleksi :
Siswa
menyimpulkan, menemukan kesulitan dan mengatasinya, menemukan keindahan dan
serta keunikan menggambar flora, fauna dan alam benda.
PERTEMUAN 2
1. Kegiatan Awal
Kegiatan
awal pembelajaran peserta didik bersama dengan guru dapa melakukan aktifitas
berikut :
Ø
Mengamati melalui media dan sumber belajar
baik berupa visual maupun audio visual tentang flora, fauna dan alam benda
Ø
Saling menanyakan tentang flora, fauna, dan
alam benda
2. Kegiatan Inti
Kegiatan
awal pembelajaran, peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktifitas
berikut :
Ø Menggamabar
flora, fauna dan alam benda
3. Kegiatan Penutup
Ø Guru
melakukan evaluasi dan refleksi pada setiap pertemuan
Ø
Setiap evluasi dan refleksi menekankan
pada aspek pengetahuan yang telah diperoleh, menghubungkan sikap dengan materi
pembelajaran dan kemampuan psikomotor atau keahlian dalam praktek menggambar
flora, fauna dan alam benda
F. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian
Mennggambar
Gambar merupakan bahasa yang universal
yang dikenal jauh sebelm manusia mengenal tulisan. Gamabar sudah dikenal
masyarakat sejak zaman purba. Gambar merupakan aktifitas mental dan fisik yang
dituangkan dalam bentuk goresan tangan, pada media dua dan tiga dimensi. Dengan
menggunakan imajinasi dengan perasaan melalui gambar, pensil, balpoin, krayon,
dan alat lain yang dapat digunakan untuk menulis.
Menggamabr dapat juga diartikan sebagai
bentuk kegiatan seni rupa yang melibatkan gagasan dan imajinasi media dua dan
tiga dimensi dengan memperhatikan proporsi, komposisi, keseimbangan, dan gelap
terang
2. OBJEK MENGGAMBAR.
Menggambar
tidak terpaku pada satu macam objek saja tetapi bias mengambil dan menyusun objek gambar sesuai dengan imajinasi dan perasaan .
Objek gambar bias diambil dari alam seperti flora(tumbuhan) fauna(hewan) dan
bentuk-bentuk yang dibuat manusia atau benda yang sudah ada sebelumnya di alam
seperti batu, air dan awan
3.Komposisi
Penempatan
objek gambar sebenarnya dapat disusun sesuai dengan keinginan dan
kreativitas yang peserta didik memiliki.
Sebelum objek gambar dibuat, sebaiknya peserta didik harus menentukan jenis
benda yang kan di gambar. Benda yang lebih besar tidak boleh menutupi benda
yang lebih kecil.
4. TEKNIK
Proses menggambar yang sebenarnya dapat peserta didik mulai dengan
cara yang sangat sederhana dan mudah dilakukan. Biasakan sebelum menggambar buatlah sketsa terlebih
dahulu agar gambar memiliki komposisi, proporsi, dan keseimbangan yang baik.
Beberapa tahapan yang harus dilakukan pada saat menggambar sebagai berikut.
1.
Mengetahui
bentuk dasar dari objek yang akan digambar,
2.
Mengetahui
bagian-bagian dari objek gambar,
3.
Menyusun
atau menyambung bagian-perbagian menjadi gambar yang utuh.
4.
Memberi
dimensi gelap terang baik hitam putih atau berwarna.
5.
Memberi
kesan untuk latar belakang
Pertama kali menggambar sebaiknya
tidak perlu tergesa-gesa untuk memiliki kemiripan bentuk sesuai dengan objek yang di gambar. Peserta didik harus
berlatih dan sabar sampai menguasai
betul dasar bagian-bagian dari objek yang digambar. Mulailah berlatih dari
bentuk flora, fauna, dan benda buatan manusia yang paling sederhana dan bias di
gambar.
Flora
(tumbuhan) memiliki banyak bentuk dan jenisnya.Setiap bagian dapat digunakan
sebagai objek gambar seperti gambar bentuk daun, bunga, dan buah. Bagian flora
seperti daun, menjadi satu rangkaian. Menggambar flora dapat memberikan
pemahaman keanekaragaman bentuk dan jenis flora yang ada disekitarmu sehingga
peserta didik bisa menjaga sekaligus melestarikannya
Fauna
(hewan) memiliki jenis yang berbeda-beda, ada yang berkaki 4, seperti sapi,
kambing, berkaki dua seperti ayam,
bebek. Ada hewan yang hidup di air dan didarat. Hewan juga ada yang bersifat
galak dan jinak. Setiap hewan memiliki bentuk badan yang berbeda-beda. Peserta
didik bisa menggambar hewan mulai dari badannya, kemudian berlanjut kepala,
kaki atau cakarnya. Bentuk-bentuk geometris akan membantu dalam membuat gambar
hewan agar lebih mudah darn bentuknya di awali dengan skets
c. Menggambar Alam Benda.
Menggambar
alam benda disebut juga menggambar bentuk. Alam benda terdiri atas buatan
manusia dan benda sudah terbentuk dari alam. Alam benda buatan manusia dapat
berupa kendi, piring, mangkok, gelas dan beberapa beraneka ragam bentuknya.
Alam benda yang terdapat di alam seperti batu, batang kayu, air, dan juga awan.
1.
Proporsi
bentuk benda yang akan di gambar.
2.
Komposisi
dalam meletakkan benda.
3.
Cahaya
yang menyinari objek gambar dan akan membentuk bayangan.
4.
Penggunaan
arsiran atau warna yang akan membentuk kesan bidang tiga dimensi.
Contoh gambar piring dan
gelas.
5. Alat
Dan Media Gambar
Sebagai sarana belajar menggambar alat dan media yang
memiliki banyak fariasi dan macamnya. pesertA didik bisa mengguna pensil dengan
bahan grafik, pinsil warna bolpoin dan crayon. Setiap alat dan media tersebut
memiliki karakter yang berdeda.Beberapa macam alat dan media gambar sebagai
beikut:
a. Pinsil dibedakan menjadi dua jenis.Pertama jenis
pensil dengan tanda “H” memiliki
tingkat kehitaman yang tipis, kedua
jenis pinsil dengan tanda “B” memiliki tingkat kehitaman yang tipis.
b.
Pensil Warna
Pensil warna
memiliki variasi warna yang cukup banyak. Pensil warna dapat menghasilkan warna
yang lembut. Peserta didik bisa menggunakan pensil warna untuk mewarnai gambar
dengan cara gradasi, yaitu pemberian warna dari arah yang gelap berlanjut ke
arah yang lebih terang atau sebaliknya.
c.
Krayon
Bentuk krayon
ada dua jenis yaitu dalam bentuk pensil dan batangan. Kedua jenis bentuk krayon
ada yang berbahan lunak dan keras. Krayon dengan bahan lunak tidak banyak
mengandung minyak sehingga dapat dibaurkan dengan menggunakan tangan. Kesan
warna yang dihasilkan dari kedua jenis krayon ini dapat menimbulkan kesan
lembut maupun cerah.
d. Balpoin
Selain
digunakan untuk menulis bolpoin juga dapat digunakan untuk menggambar. Gambar
yang dihasilkan memiliki karakter yang kuat dan umumnya berupa arsiran.
d.
Kertas Gambar
Menggambar sebenarnya tidak membutuhkan kertas khusus.
Pada umumnya, kertas yang digunakan berwarna putih meskipun ada juga yang
menggunakan kertas berwarna cokelat dan hitam.Kertas gambar juga memiliki
tekstur yang berbeda. Ada kertas yang bertekstur halus dan kasar. Selain menggunakan kertas, menggambar juga dapat dilakukan dengan bahan tekstil seperti kain sutra, kain blacu, dan kain mori.
G. METODE
PEMBELAJARAN
- Praktek
-Tugas
H. SUMBER
BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN
-Kemendikbud
2013
-
Buku lain yang relevan dengan pokok bahasan
-Audio Visual gambar flora fauna di Indonesia
I.
PENILAIAN
Uji Kompetensi
Pilihlah
salah satu tema Flora, fauna atau benda alam dan buatlah gambar dengan
ketentuan sebagai beikut:
1.
Gambar
dibuat pada kertas gambar A3.
2.
Gambar
dapat dibuat dengan kompsisi simetris atau asimetris.
3.
Gambar
dibuat dengan pengamatan langsung pada objek gambar yang di pilih
4.
Gambar
memiliki kesan gelap dan terang.
5.
Gambar
diwarnai dengan menggunakan pinsil warna
1. Penilaian
Diri
a.
Apakah
kamu dapat menggambar ragam hias flora, fauna dan alam benda, yang ada
disekitarmu?
b.
Sebutkan
unsur-unsur seni rupa apa saja yang kamu ketahui !
2. Penilaian Unjuk Kerja
NO
|
Aspek
Yang Dinilai
|
Skor Maksimal
|
Nilai
|
1
|
Persiapan alat dan media
|
30
|
|
2
|
Komposisi
|
50
|
|
3
|
Pewarnaan
|
20
|
|
Jumlah
Nilai
|
100
|
3.
Tes Pengetahuan
a. Jelaskan unsure-unsur seni rupa balam gambar
b. Jelaskan komposisi gambar kamu ketahui.
MAKASSAR, JULI 2013
------------------------------------------------
------------------------------------------------
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : S M P NEGERI 20 MAKASSAR
Kelas :
VII
Semester : Ganjil
Mata Pelajaran : Seni Budaya/ Seni Rupa Bab II
Alokasi Waktu : 2 X
Pertemuan (6 X 40
menit)
Tema/Topik : 2. Menggambar ragam hias
D.
Kompetensi
Inti
KI 1 :
Menerima, menanggapi dan menghargai ajaran agama yang
di
anutnya.
KI
2 : Menghargai Perilaku
jujur,disiplin,tanggung jawab,peduli,santun Rasa ingin tahu,percaya diri, dan
motivasi internal,toleransi pada hidup sehat ramah lingkungan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 :
Memahami penetahuan faktual,konseptual dan prosedurel dalam ilmu pengetahuan
teknologi,seni budaya dan humaniora dengan wawasan kebangsaan,kenegaraan,dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian yang
tampak mata.
KI
4 : Mencoba mengolah dan menyaji dalam
rana kongkrit(menggunakan,mengurai,merangkai,memodifikasi,dan membuat)dan
abstrak(menulis,membaca,menghitung dan mengarang) sesuai dengan yang di
pelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori
E.
Kompetensi Dasar
1.1.
Menerima,menanggapi, dan menghargai keragaman
dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugrah Tuhan
2.1. Menunjukkan sikap
menghargai,jujur,disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2. Menunjukkan sikap
bertanggung jawab,peduli dan santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3. Menunjukkan sikap
percaya diri,motivasi internal,kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya
seni
3.2. Memahami konsep
dan prosedur menggambar gubahan flora dan fauna serta geometris menjadi ragam
hias
4.2. Memahami konsep
dan prosedur menggambar gubahan flora dan fauna serta geometris menjadi ragam
hias
C.
Indikator Pembelajaran
1. Menunjukkan
sikap percaya diri peduli dan bertanggung jawab
2. Memahami
sikap dan prosedur menggambar gubahan flora dan fauna dan geometris menjadi
ragam hias
3. Menggambar
gubahan flora dan fauna serta geometris menjadi ragam hias
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Menjelaskan keragaman pada ragam hias
indonesia
2.
Mengidentifikasi keunikan ragam hias indonesia
3. Mengeksplorasi
ragam hias flora, fauna dan
geometris dalam bentuk gambar
4. Mengomunikasikan
hasil karya ragam hias baik secara lisan maupun tulisan
E. Langkah
–langkah pembelajaran
PERTEMUAN 1
1. Kegiatan
awal
a.
Mengamati melalui media dan sumber belajar
baik berupa visual,maupun audio visual tentang ragam hias dalam bentuk
flora,fauna dan geometris
b.
Menanyakan melalui diskusi baik kelompok kecil
maupun kelompok besar tentang ragam hias dalam bentuk flora,fauna dan geometris
2. Kegiatan inti
a. Mengeksplorasi
obyek flora,fauna dan geometris dalam aktivitas menggambar
b. Mengasosiasi
ragam hias dalam bentuk flora fauna dan geometris dalam aktivitas menggambar
3. Kegiatan
penutup
Ø Guru
mengevaluasi menekankan pada tiga aspek yaitu pengetahuan yang telah diperoleh
menghubungkan sikap dan materi pembelajaran dan kemampuan psikomotorik
PERTEMUAN 2
(PRAKTEK)
F. Materi
pembelajaran
1. Pengertian
Ragam hias
·
Ragam hias disebut juga ornamen,merupakan
salah satu bentuk karya seni rupa yang sudah berkembang sejak zaman pra
sejarah,Ragam hias di indonesia dipengaruhi beberapa faktor yaitu : Lingkungan
Alam, Flora dan Fauna serta manusia yang
hidup didalamnya
·
Menggambar ragam hias dapat dilakukan dengan
cara “Stilasi(Digayakan)yang meliputi Penyederhanaan bentuk dan perubahan
bentuk(deformasi)
2. Motif
Ragam hias
·
Ragam hias merupakan karya seni rupa yang
diambil dari bentuk-bentuk Flora (vegetal), Fauna (animal), Figural (Manusia) dan bentuk geometris
3. Jenis
Ragam hias
a. Ragam
hias Flora
Ragam hias meliputi motif flora, mudah dijumpai pada barang-barang seni
seperti batik, ukuran, kain sulam, kain tenun, Bordir
b. Ragam
hias fauna
Ragam hias
fauna (animal) merupakan bentuk gambar motif
yang diambil dari hewan tertentu beberapa hewan yang biasa dipakai sebagai
obyek ragam hias adalah kupu-kupu, burung, kadal, gajah dan ikan. Motif ragam hias fauna dapat dijumpai pada hasil
karya batik, ukuran, sulaman, anyaman, tenun, kain bordir
c.
Ragam
hias geometris
Ragam hias
geometris merupakan ragam hias yang dikembangkan dari bentuk-bentuk geometris
kemudian digayakan sesuai dengan pembuatnya gaya ragam hias geometris dapat
dijumpai di daerah jawa, sumatera, kalimantan, sulawesi dan papua.
Ragam
bentuk geometris dapat dibuat dengan menggabungkan bentuk-bentuk geometris
kedalam satu motif ragam hias.
d. Ragam
hias figuratif
Bentuk
ragam hias figuratif berupa obyek manusia yang digambar dengan menggunakan
penggayaan bentuk. Ragam hias figuratif biasanya terdapat
pada bahan tekstil dan kayu
G. Metode/pendekatan
dan metode pembelajaran
§ Tanya
jawab, unjuk kerja, pengamatan atau penemuan pemecahan masalah
H. Evaluasi
Pembelajaran
§ Pemberian
tugas,tanya jawab
§ Forto
folio/ lembar Pengamatan autensik
I.
1. Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Buku
seni budaya : Eko Purnomo dkk kelas VII, hal
15-24
§ Buku
yang relevan dengan pokok bahasan
§ Video/Vcd
(jika ada)
§ Gambar
ragam hias
§ Lembar
penilaian dimensi sikap
Kompetensi dasar : menggambar ragam hias
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor maks
|
Penilaian
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
|
Penguasaan alat dan media
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
Komposisi gambar ragam hias
|
40
|
|
|
|
|
|
|
|
Pewarnaan
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
Kerapian
|
10
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1.
Sangat Kurang
2.
Kurang Rumus
: Skor Perolehan x100 %
3.
Cukup Skor maks
4.
Baik
5.
Sangat
GURU MATA PELAJARAN
ANDI NIMA FADA
terimakasih kakak ^_^
BalasHapusterima kasih banyak ya~..sangat membantu saya :D
BalasHapusTerima kasih.....ada yang lain?
BalasHapus