Kamis, 03 Oktober 2013

CONTOH RPP SENI BUDAYA SMP KELAS VII KURIKULUM 2013 (SENI RUPA)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SATUAN PENDIDIKAN                    :  SMP NEGERI 20 MAKASSAR
K E L A S                                                :  VII
SEMESTER                                           :  GANJIL
MATA PELAJARAN                           :  SENI BUDAYA ( SENI RUPA ) BAB I
TOPIK / TEMA                                    :  4.1. MENGGAMBAR FLORA, FAUNA DAN ALAM   
                                                                     BENDA
PERTEMUAN                                      :  I, DAN 2
ALOKASI WAKTU                             :  6 X 40 Menit ( 2 X Pertemuan )


A.         KOMPETENSI INTI :
    KI 1 : Menerima, menanngapi dan menghargai pelajaran agama yang dianutnya.
    KI 2 : Menghargai perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab,peduli,santun,rasa ingin tahu,percaya diri,dan
              Motifasi internal,toleransi,pola hidup sehat,ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif
              Dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
   KI 3 :  Memahami pengetahuan faktual, konseptual,dan prosedural dalam ilmu pengetahuan,teknologi,
              Seni,budaya,dan humaniora dengan wawasan kebangsaan,kenegaraan,dan peradaban terkait
              Fenomena dan kejadian yang tampak mata.
   KI 4 :  Mencoba,mengolah,dan menyaji dalam anah konkret (menggunakan,mengurai,merangkai,-
              Memodifikasi dan membuat) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber
              Lainnya yang sama daalam sudut pandang / teori.

B.         Kompetensi Dasar
1.1.             Menerima,menanggapi, dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugrah Tuhan
2.1.        Menunjukkan sikap menghargai,jujur,disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2.        Menunjukkan sikap bertanggung jawab,peduli dan santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3.        Menunjukkan sikap percaya diri,motivasi internal,kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1.        Memahami konsep dan prosedur menggambar flora, fauna, dan benda alam.
4.1.        Menggambar flora, fauna, dan alam benda.

C. INDIKATOR PEMBELAJARAN
     1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli dan santun terhadap karya seni rupa dan
         Pembuatnya.
    2.  Memahami konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda
    3.  Menggambar flora, fauna dan alam benda

D.   TUJUAN PEMBELAJARAN
    Setelah mempelajari pokok bahasan, peserta didik diharapkan peduli dan melakukan aktifitas
    Berkesenian, yaitu :
1.       Mendeskripsikan kekayaan flora dan fauna Indonesia
2.       Mengidentifikasi keunikan flora dan fauna Indonesia
3.       Mengeksplorasi flora, fauna, dan alam benda dalam bentuk gambar
4.       Mengkomunikasikan hasil karya seni rupa baik secara lisan maupun tulisan

E. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
    PERTEMUAN 1
1.       Kegitan Awal
Kegiatan awal pembelajaran, peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktifitas berikut :
Ø  Mengamati melalui media dan sumber belajar baik berupa visual maupun audio visual tentang flora dan fauna.
Ø  Saling menanyakan tentang flora, fauna dan alam benda.

2.       Kegiatan Inti
Kegiatan awal pembelajaran peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktifitas berikut:

Ø  Mengeksplorasi objek flora, fauna dan alam benda
Ø  Mengelompokkan flora, fauna dan alam benda dalam aktifitas menggambar
3.       Kegiatan Penutup
Ø  Guru melakukan evaluasi dan refleksi pada setiap pertemuan
Ø  Setiap evaluasi dan refleksi menekankan pada aspek pengetahuan yang telah diperoleh, menghubungkan sikap dengan materi pembelajara, dan kemampuan psikomotor atau keahlan dalam paktek menggambar flora, fauna dan alam benda

Refleksi :
Siswa menyimpulkan, menemukan kesulitan dan mengatasinya, menemukan keindahan dan serta keunikan menggambar flora, fauna dan alam benda.

PERTEMUAN 2
1. Kegiatan Awal
Kegiatan awal pembelajaran peserta didik bersama dengan guru dapa melakukan aktifitas berikut :
Ø  Mengamati melalui media dan sumber belajar baik berupa visual maupun audio visual tentang flora, fauna dan alam benda
Ø  Saling menanyakan tentang flora, fauna, dan alam benda

2. Kegiatan Inti
Kegiatan awal pembelajaran, peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktifitas berikut :
Ø Menggamabar flora, fauna  dan alam benda

3. Kegiatan Penutup
Ø Guru melakukan evaluasi dan refleksi pada setiap pertemuan
Ø   Setiap evluasi dan refleksi menekankan pada aspek pengetahuan yang telah diperoleh, menghubungkan sikap dengan materi pembelajaran dan kemampuan psikomotor atau keahlian dalam praktek menggambar flora, fauna dan alam benda

F.  MATERI PEMBELAJARAN
     1. Pengertian Mennggambar
         Gambar merupakan bahasa yang universal yang dikenal jauh sebelm manusia mengenal tulisan. Gamabar sudah dikenal masyarakat sejak zaman purba. Gambar merupakan aktifitas mental dan fisik yang dituangkan dalam bentuk goresan tangan, pada media dua dan tiga dimensi. Dengan menggunakan imajinasi dengan perasaan melalui gambar, pensil, balpoin, krayon, dan alat lain yang dapat digunakan untuk menulis.
        Menggamabr dapat juga diartikan sebagai bentuk kegiatan seni rupa yang melibatkan gagasan dan imajinasi media dua dan tiga dimensi dengan memperhatikan proporsi, komposisi, keseimbangan, dan gelap terang

                                                 
2. OBJEK MENGGAMBAR.
      Menggambar tidak terpaku pada satu macam objek saja tetapi bias mengambil  dan menyusun objek gambar sesuai dengan imajinasi dan perasaan . Objek gambar bias diambil dari alam seperti flora(tumbuhan) fauna(hewan) dan bentuk-bentuk yang dibuat manusia atau benda yang sudah ada sebelumnya di alam seperti batu, air dan awan
                 



3.Komposisi
      Penempatan objek gambar sebenarnya dapat disusun sesuai dengan keinginan dan kreativitas yang peserta didik memiliki. Sebelum objek gambar dibuat, sebaiknya peserta didik harus menentukan jenis benda yang kan di gambar. Benda yang lebih besar tidak boleh menutupi benda yang lebih kecil.
    
                          
                                                                                                                                  
    4. TEKNIK  
Proses menggambar yang  sebenarnya dapat peserta didik mulai dengan cara yang sangat sederhana dan mudah dilakukan. Biasakan  sebelum menggambar buatlah sketsa terlebih dahulu agar gambar memiliki komposisi, proporsi, dan keseimbangan yang baik. Beberapa tahapan yang harus dilakukan pada saat menggambar sebagai berikut.
1.         Mengetahui bentuk dasar dari objek yang akan digambar,
2.         Mengetahui bagian-bagian dari objek gambar,
3.         Menyusun atau menyambung bagian-perbagian menjadi gambar yang utuh.
4.         Memberi dimensi gelap terang baik hitam putih atau berwarna.
5.         Memberi kesan untuk latar belakang
        
             Pertama kali menggambar sebaiknya tidak perlu tergesa-gesa untuk memiliki kemiripan bentuk sesuai dengan  objek yang di gambar. Peserta didik harus berlatih dan sabar  sampai menguasai betul dasar bagian-bagian dari objek yang digambar. Mulailah berlatih dari bentuk flora, fauna, dan benda buatan manusia yang paling sederhana dan bias di gambar.
Flora (tumbuhan) memiliki banyak bentuk dan jenisnya.Setiap bagian dapat digunakan sebagai objek gambar seperti gambar bentuk daun, bunga, dan buah. Bagian flora seperti daun, menjadi satu rangkaian. Menggambar flora dapat memberikan pemahaman keanekaragaman bentuk dan jenis flora yang ada disekitarmu sehingga peserta didik bisa menjaga sekaligus melestarikannya


b. Teknik Menggambar Fauna.
         Fauna (hewan) memiliki jenis yang berbeda-beda, ada yang berkaki 4, seperti sapi, kambing, berkaki  dua seperti ayam, bebek. Ada hewan yang hidup di air dan didarat. Hewan juga ada yang bersifat galak dan jinak. Setiap hewan memiliki bentuk badan yang berbeda-beda. Peserta didik bisa menggambar hewan mulai dari badannya, kemudian berlanjut kepala, kaki atau cakarnya. Bentuk-bentuk geometris akan membantu dalam membuat gambar hewan agar lebih mudah darn bentuknya di awali dengan skets


c. Menggambar Alam Benda.
          Menggambar alam benda disebut juga menggambar bentuk. Alam benda terdiri atas buatan manusia dan benda sudah terbentuk dari alam. Alam benda buatan manusia dapat berupa kendi, piring, mangkok, gelas dan beberapa beraneka ragam bentuknya. Alam benda yang terdapat di alam seperti batu, batang kayu, air, dan juga awan.
        Pada saat menggambar bentuk, sebaiknya peserta didik memperhatikan beberapa hal berikut:
1.       Proporsi bentuk benda yang akan di gambar.
2.       Komposisi dalam meletakkan benda.
3.       Cahaya yang menyinari objek gambar dan akan membentuk bayangan.
4.       Penggunaan arsiran atau warna yang akan membentuk kesan bidang tiga dimensi.
5.       Penggunaan latar belakang ( background).



Contoh gambar piring dan gelas.
5. Alat  Dan Media Gambar
    Sebagai sarana belajar menggambar alat dan media yang memiliki banyak fariasi dan macamnya. pesertA didik bisa mengguna pensil dengan bahan grafik, pinsil warna bolpoin dan crayon. Setiap alat dan media tersebut memiliki karakter yang berdeda.Beberapa macam alat dan media gambar sebagai beikut:
a.    Pinsil dibedakan menjadi dua jenis.Pertama jenis pensil dengan tanda “H” memiliki tingkat kehitaman yang tipis, kedua jenis pinsil dengan tanda “B” memiliki tingkat kehitaman yang tipis.
                                       
                                                                                                                                             

b.      Pensil Warna
Pensil warna memiliki variasi warna yang cukup banyak. Pensil warna dapat menghasilkan warna yang lembut. Peserta didik bisa menggunakan pensil warna untuk mewarnai gambar dengan cara gradasi, yaitu pemberian warna dari arah yang gelap berlanjut ke arah yang lebih terang atau sebaliknya.


c.        Krayon
Bentuk krayon ada dua jenis yaitu dalam bentuk pensil dan batangan. Kedua jenis bentuk krayon ada yang berbahan lunak dan keras. Krayon dengan bahan lunak tidak banyak mengandung minyak sehingga dapat dibaurkan dengan menggunakan tangan. Kesan warna yang dihasilkan dari kedua jenis krayon ini dapat menimbulkan kesan lembut maupun cerah.



d. Balpoin
Selain digunakan untuk menulis bolpoin juga dapat digunakan untuk menggambar. Gambar yang dihasilkan memiliki karakter yang kuat dan umumnya berupa arsiran.
 


d.      Kertas Gambar
Menggambar sebenarnya tidak membutuhkan kertas khusus. Pada umumnya, kertas yang digunakan berwarna putih meskipun ada juga yang menggunakan kertas berwarna cokelat dan hitam.Kertas gambar juga memiliki tekstur yang berbeda. Ada kertas yang bertekstur halus dan kasar. Selain menggunakan kertas, menggambar juga dapat dilakukan dengan bahan tekstil seperti kain sutra, kain blacu, dan kain mori.


G.     METODE PEMBELAJARAN
- Praktek
-Tugas
H.     SUMBER BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN
-Kemendikbud 2013
       - Buku lain yang relevan dengan pokok bahasan
        -Audio Visual gambar flora fauna di Indonesia
I.        PENILAIAN
Uji  Kompetensi
Pilihlah salah satu tema Flora, fauna atau benda alam dan buatlah gambar dengan ketentuan sebagai beikut:
1.      Gambar dibuat pada kertas gambar A3.
2.      Gambar dapat dibuat dengan kompsisi simetris atau asimetris.
3.      Gambar dibuat dengan pengamatan langsung pada objek gambar yang di pilih
4.      Gambar memiliki kesan gelap dan terang.
5.      Gambar diwarnai dengan menggunakan pinsil warna
1.    Penilaian Diri
a.    Apakah kamu dapat menggambar ragam hias flora, fauna dan alam benda, yang ada disekitarmu?
b.    Sebutkan unsur-unsur seni rupa apa saja yang kamu ketahui !

2.     Penilaian Unjuk Kerja

NO

Aspek Yang Dinilai

Skor  Maksimal

Nilai

1

Persiapan alat dan media

30


2

Komposisi

50


3

Pewarnaan

20



Jumlah Nilai


100


3.       Tes Pengetahuan
a.       Jelaskan unsure-unsur seni rupa balam gambar
b.      Jelaskan komposisi gambar kamu ketahui.

 
MAKASSAR,    JULI 2013
------------------------------------------------







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan          : S M P NEGERI 20 MAKASSAR
Kelas                                : VII
Semester                            : Ganjil
Mata Pelajaran                 : Seni Budaya/ Seni Rupa Bab II
Alokasi Waktu                  : 2 X Pertemuan (6 X 40 menit)
Tema/Topik                       : 2. Menggambar ragam hias

D.      Kompetensi Inti
KI 1                   : Menerima, menanggapi dan menghargai ajaran agama yang
di anutnya.
KI 2                   : Menghargai Perilaku jujur,disiplin,tanggung jawab,peduli,santun Rasa ingin tahu,percaya diri, dan motivasi internal,toleransi pada hidup sehat ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3                     : Memahami penetahuan faktual,konseptual dan prosedurel dalam ilmu pengetahuan teknologi,seni budaya dan humaniora dengan wawasan kebangsaan,kenegaraan,dan peradaban terkait  fenomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4                     : Mencoba mengolah dan menyaji dalam rana kongkrit(menggunakan,mengurai,merangkai,memodifikasi,dan membuat)dan abstrak(menulis,membaca,menghitung dan mengarang) sesuai dengan yang di pelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori
E.      Kompetensi Dasar
1.1.             Menerima,menanggapi, dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugrah Tuhan
2.1.        Menunjukkan sikap menghargai,jujur,disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2.        Menunjukkan sikap bertanggung jawab,peduli dan santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3.        Menunjukkan sikap percaya diri,motivasi internal,kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.2.        Memahami konsep dan prosedur menggambar gubahan flora dan fauna serta geometris menjadi ragam hias
4.2.        Memahami konsep dan prosedur menggambar gubahan flora dan fauna serta geometris menjadi ragam hias
C. Indikator Pembelajaran
1.       Menunjukkan sikap percaya diri peduli dan bertanggung jawab
2.       Memahami sikap dan prosedur menggambar gubahan flora dan fauna dan geometris menjadi ragam hias
3.       Menggambar gubahan flora dan fauna serta geometris menjadi ragam hias
D.   Tujuan Pembelajaran
1.    Menjelaskan keragaman pada ragam hias indonesia
2.    Mengidentifikasi keunikan ragam hias indonesia
3.    Mengeksplorasi ragam hias flora, fauna dan geometris dalam bentuk gambar
4.    Mengomunikasikan hasil karya ragam hias baik secara lisan maupun tulisan

E.      Langkah –langkah pembelajaran
PERTEMUAN 1
1.      Kegiatan awal
a.      Mengamati melalui media dan sumber belajar baik berupa visual,maupun audio visual tentang ragam hias dalam bentuk flora,fauna dan geometris
b.      Menanyakan melalui diskusi baik kelompok kecil maupun kelompok besar tentang ragam hias dalam bentuk flora,fauna dan geometris
2.      Kegiatan inti
a.       Mengeksplorasi obyek flora,fauna dan geometris dalam aktivitas menggambar
b.      Mengasosiasi ragam hias dalam bentuk flora fauna dan geometris dalam aktivitas menggambar
3.      Kegiatan penutup
Ø  Guru mengevaluasi menekankan pada tiga aspek yaitu pengetahuan yang telah diperoleh menghubungkan sikap dan materi pembelajaran dan kemampuan psikomotorik
PERTEMUAN 2
(PRAKTEK)
F.       Materi pembelajaran
1.       Pengertian Ragam hias
·         Ragam hias disebut juga ornamen,merupakan salah satu bentuk karya seni rupa yang sudah berkembang sejak zaman pra sejarah,Ragam hias di indonesia dipengaruhi beberapa faktor yaitu : Lingkungan Alam, Flora dan Fauna serta manusia yang hidup didalamnya
·         Menggambar ragam hias dapat dilakukan dengan cara “Stilasi(Digayakan)yang meliputi Penyederhanaan bentuk dan perubahan bentuk(deformasi)

2.      Motif Ragam hias
·         Ragam hias merupakan karya seni rupa yang diambil dari bentuk-bentuk Flora (vegetal), Fauna (animal), Figural (Manusia) dan bentuk geometris
3.      Jenis Ragam hias
a.       Ragam hias Flora
Ragam hias meliputi motif flora, mudah dijumpai pada barang-barang seni seperti batik, ukuran, kain sulam, kain tenun, Bordir
b.      Ragam hias fauna
Ragam hias fauna (animal) merupakan bentuk gambar motif yang diambil dari hewan tertentu beberapa hewan yang biasa dipakai sebagai obyek ragam hias adalah kupu-kupu, burung, kadal, gajah dan ikan. Motif ragam hias fauna dapat dijumpai pada hasil karya batik, ukuran, sulaman, anyaman, tenun, kain bordir
c.       Ragam hias geometris
Ragam hias geometris merupakan ragam hias yang dikembangkan dari bentuk-bentuk geometris kemudian digayakan sesuai dengan pembuatnya gaya ragam hias geometris dapat dijumpai di daerah jawa, sumatera, kalimantan, sulawesi dan papua.
Ragam bentuk geometris dapat dibuat dengan menggabungkan bentuk-bentuk geometris kedalam satu motif ragam hias.
d.      Ragam hias figuratif
Bentuk ragam hias figuratif berupa obyek manusia yang digambar dengan menggunakan penggayaan bentuk. Ragam hias figuratif biasanya terdapat pada bahan tekstil dan kayu

G.     Metode/pendekatan dan metode pembelajaran
§  Tanya jawab, unjuk kerja, pengamatan atau penemuan pemecahan masalah
H.     Evaluasi Pembelajaran
§  Pemberian tugas,tanya jawab
§  Forto folio/ lembar Pengamatan autensik
I.        1. Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Buku seni budaya : Eko Purnomo dkk kelas VII, hal 15-24
§  Buku yang relevan dengan pokok bahasan
§  Video/Vcd (jika ada)
§  Gambar ragam hias
§  Lembar penilaian dimensi sikap


Kompetensi dasar : menggambar ragam hias
No
Aspek yang dinilai
Skor maks
Penilaian
Nilai
1
2
3
4
5

Penguasaan alat dan media
30







Komposisi gambar ragam hias
40







Pewarnaan
20







Kerapian
10







            Keterangan:
1.       Sangat Kurang
2.       Kurang                                  Rumus : Skor Perolehan  x100 %
3.       Cukup                                                       Skor maks
4.       Baik
5.       Sangat                                                 
                                                                                                                     


GURU MATA PELAJARAN

ANDI NIMA FADA

3 komentar: