RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 4 Makassar
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Musik)
Kelas/Semester : VII/Genap
Materi Pokok
: Menyanyi Dengan Lebih Satu Suara
Alokasi Waktu
: 3 x Pertemuan (9 Jam Pelajaran)
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran peserta dapat:
1. Menjelaskan
pengertian Paduan Suara
2. Menjelaskan
pengertian Vokal group
3. Menjelaskan
lagu Kanon
4. Menjelaskan
teknik vokal
5. Menjelaskan
teknik bernyanyi
6. Bernyanyi
dalam bentuk Paduan Suara
7. Bernyanyi dalam bentuk Vokal group
B.
KOMPETENSI DASAR
DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian
|
3.2. Memahami dasar bernyanyi dengan dua suara atau lebih
secara berkelompok
|
3.2.1.
Menjelaskan pengertian bernyanyi
banyak suara
3.2.2.
Menjelaskan pengertian Paduan Suara
3.2.3.
Menjelaskan pengertian Vokal group
3.2.4.
Menjelaskan lagu Kanon
3.2.5.
Menjelaskan teknik vocal
3.2.6.
Menjelaskan teknik bernyanyi
|
4.2. Menyanyikan lagu dengan dua suara atau lebih dalam
bentuk kelompok vokal
|
4.2.1. Bernyanyi dalam bentuk Paduan suara
4.2.2. Bernyanyi dalam bentuk Vokal group
|
C.
MATERI
PEMBELAJARAN
(Pertemuan 1)
Bernyanyi
merupakan aktivitas yang sering dilakukan oleh semua orang. Teknik dalam
bernyanyi memiliki peran penting karena akan menentukan kualitas suara dan
penampilan. Jika penampilan dilakukan secara perseorangan maka teknik yang
dimiliki haruslah kuat sehingga karakter yang ditampilkan akan menjadi ciri
penyanyi tersebut. Penampilan dalam menyanyi selain dilakukan secara individu
dapat juga dilakukan secara vokal grup. Penampilan vokal grup memerlukan kerja
sama baik sehingga penampilan dapat dilakukan secara maksimal. Perhatikan
beberapa gambar di bawah tentang penampilan vokal grup.
1.
Bernyanyi Banyak Suara
Vokal grup
biasanya terdiri dari 3 sampai dengan 12 orang yang menyanyikan lebih dari satu
suara. Kemudian, ada paduan suara kecil yang anggotanya 12 sampai dengan 28
orang dan paduan suara lebih dari 28 orang. Kita masih mengenal istilah lain,
yaitu akapela, nasyid, dan lagu kanon. Akapela adalah bentuk vokal grup gaya
kapel dan tanpa alat musik pengiring. Nasyid berasal dari bahasa Arab ansyadayunsyidu
yang artinya bersenandung. Lagu kanon adalah lagu yang dinyanyikan oleh dua
atau lebih kelompok penyanyi dinyanyikan dengan melodi saling
kejar-mengejar.
Berlatih
Lagu Kanon
Lagu bentuk
kanon sering ditampilkan pada kegiatan kepramukaan. Oleh karena itu, kamu pasti
pernah mengenalnya. Lagu kanon biasanya dinyanyikan usul-menyusul. Lagu Burung Hantu
dapat dinyanyikan dalam dua kelompok. Kelompok pertama memulai dengan baris
pertama, sedangkan kelompok yang lain memulai setelah kelompok pertama selesai
menyanyikan baris pertama, susul-menyusul sampai selesai. Contoh lagu bentuk
kanon adalah lagu berikut.
Latihan Vokal
Agar mutu suara baik, sebaiknya
kamu harus melakukan latihan olah vokal dan menerapkan pernapasan diafragma.
Pada semester 1, kamu telah berlatih vokal dengan menyanyikan lagu Apuse dan
berlatih perpindahan nada dasar sehingga kamu mampu menyanyikan lagu dari nada
yang terendah sampai nada yang paling tinggi. Sekarang kita akan berlatih vocal
layaknya penyanyi paduan suara. Nyanyikan beberapa melodi berikut dimulai
dengan lagu bernada dasar C mayor, kemudian pindah ke D mayor dan seterusnya.
Latihan Vokal Grup dan Paduan Suara
a. Latihan Lagu Dua Suara
Latihan lagu dua suara dapat
dilakukan dalam dua kelompok. Kelompok pertama menyanyikan melodi suara pertama
dan kelompok kedua menyanyikan melodi suara kedua. Kelompok pertama adalah
kelompok perempuan, dan kelompok kedua adalah kelompok laki-laki. Nah, mari
kita berlatih dengan lagu-lagu berikut.
b. Latihan Lagu Tiga Suara
Latihan lagu tiga suara dinyanyikan
dalam tiga kelompok. Melodi suara pertama dinyanyikan oleh kelompok perempuan dengan
suara tinggi, kelompok kedua oleh kelompok perempuan dengan suara rendah,
kelompok ketiga oleh laki-laki. Bila siswa perempuan sedikit, melodi suara satu
dinyanyikan oleh kelompok perempuan, suara kedua oleh lakilaki dengan suara
tinggi, kelompok tiga oleh laki-laki dengan suara rendah.
(Pertemuan 2)
Latihan Vokal:
(Pertemuan 3)
LATIHAN LAGU DUA
SUARA :
A. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan
: Saintifik
Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab dan
unjuk kerja.
B.
MEDIA, ALAT, DAN
SUMBER BELAJAR
1.
Media :
Laptop, Partitur Lagu dalam Paduan Suara
2.
Alat/
bahan : Gitar dan Keyboard
C. SUMBER BELAJAR
1.
Kemdikbud,
2016,
Seni Budaya SMP/MTs Kelas VII, Buku Siswa,
Kemdikbud, RI, Jakarta.
2.
Kemdikbud,
2016,
Seni Budaya SMP/MTs Kelas VII,
Buku Guru, Kemdikbud,
RI, Jakarta.
D. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
( 3 Jam Pelajaran)
Langkah Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Kegiatan awal pembelajaran oleh guru dapat
melakukan aktivitas berikut:
1. Guru membuka pembelajaran seni budaya dengan mengucapkan salam,
mengabsen dan menanyakan keadaaan dan situasi kelas.
2. Guru memberi apersepsi
kepada peserta didik dan mengaitkan materi pelajaran yang dengan materi yang
akan dipelajari.
3. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari.
4.
Guru menyampaikan garis besar materi tentang Menyanyi dengan lebih satu suara
5.
Guru menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
1.
Peserta didik membaca dari buku siswa, internet
tentang Menyanyi
dengan lebih satu suara
2.
Mengamati tayangan video Menyanyi dengan
lebih satu suara dengan
media LAPTOP/LCD
|
100
menit
|
Menanya
1.
Guru memotivasi peserta didik untuk
merumuskan kalimat tanya tentang Paduan
Suara, Vokal group, lagu Kanon, teknik vocal, dan teknik bernyanyi
2.
Peserta didik diberikan kesempatan
untuk mendeskripsikan butir pertanyaan tentang Paduan Suara, Vokal group, lagu
Kanon, teknik vocal, dan teknik bernyanyi
|
||
Kegiatan
Inti
|
Mengumpulkan informasi
1.
Peserta didik Mencari di buku/internet penjelasan
tentang Paduan Suara,
Vokal group, lagu Kanon, teknik vocal,
dan teknik bernyanyi
2.
Mengidentifikasi ciri-ciri dari Paduan Suara, Vokal
group, dan lagu Kanon
|
|
Menalar/mengasosiasi
Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dirumuskan
dengan menggunakan informasi/data yang diperoleh secara individu atau
kelompok:
1.
Merumuskan kesimpulan tentang Paduan Suara, Vokal group, lagu Kanon, teknik vocal, dan teknik
bernyanyi
2.
Merumuskan ciri-ciri dari Paduan Suara, Vokal group, dan lagu Kanon
|
||
Mengomunikasikan
1. Setiap
kelompok melakukan presentasi di depan kelas tentang Paduan Suara, Vokal group, lagu Kanon, teknik vocal, dan teknik bernyanyi
2.
Menjelaskan ciri Paduan Suara, Vokal group, dan lagu Kanon
|
||
Kegiatan Penutup
|
Kegiatan penutup pembelajaran oleh guru
dapat melakukan aktivitas berikut:
1.
Guru dan peserta didik membuat simpulan tentang materi pembelajaran yang
telah berlangsung.
2.
Guru memberi saran/pendapat terhadap karya/penampilan peserta didik..
3.
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran seni
musik.
4. Guru menyampaikan rencana
kegiatan
pada pertemuan berikutnya.
|
10
menit
|
Pertemuan 2
(3 Jam
Pelajaran)
Langkah Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Kegiatan awal pembelajaran oleh guru dapat
melakukan aktivitas berikut:
1. Guru membuka pembelajaran seni budaya dengan mengucapkan salam,
mengabsen dan menanyakan keadaaan dan situasi kelas.
2. Guru memberi apersepsi kepada peserta didik dan mengaitkan materi
pelajaran yang dengan materi yang akan dipelajari.
3.
Guru menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Guru menyampaikan garis besar materi tentang Menyanyi dengan Vocal group/Paduan suara
5.
Guru menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
(PRAKTIK)
|
1. Peserta didik
mempersiapkan partitur lagu dalam bentuk paduan suara dan Vocal group
2.
Peserta didik berlatih membaca partitur dengan
bimbingan guru
|
100
menit
|
Mengomunikasikan
Setiap kelompok melakukan
presentasi di depan kelas
|
||
Kegiatan Penutup
|
Kegiatan penutup pembelajaran oleh guru
dapat melakukan aktivitas berikut:
1.
Guru dan peserta didik membuat simpulan tentang materi pembelajaran yang
telah berlangsung.
2.
Guru memberi saran/pendapat terhadap karya/penampilan peserta didik..
3.
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran seni
musik.
4. Guru menyampaikan rencana
kegiatan
pada pertemuan berikutnya.
|
10
menit
|
Pertemuan 3
(3 Jam
Pelajaran)
Langkah Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Kegiatan awal pembelajaran oleh guru dapat
melakukan aktivitas berikut:
1. Guru membuka pembelajaran seni budaya dengan mengucapkan salam,
mengabsen dan menanyakan keadaaan dan situasi kelas.
2.
Guru memberi
apersepsi kepada peserta didik dan mengaitkan materi pelajaran yang dengan
materi yang akan dipelajari.
3.
Guru menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Guru menyampaikan garis besar materi tentang Menyanyi dengan Lagu Kanon
5.
Guru menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
(PRAKTIK)
|
Mengasosiasikan
1.
Peserta didik mempersiapkan partitur lagu Kanon
2.
Peserta didik berlatih membaca partitur dengan
bimbingan guru
|
100
menit
|
Mengomunikasikan
Setiap kelompok melakukan
presentasi di depan kelas
|
||
Kegiatan Penutup
|
Kegiatan penutup pembelajaran oleh guru
dapat melakukan aktivitas berikut:
1.
Guru dan peserta didik membuat simpulan tentang materi pembelajaran yang
telah berlangsung.
2.
Guru memberi saran/pendapat terhadap karya/penampilan peserta didik.
3.
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran seni
musik.
4. Guru menyampaikan rencana
kegiatan
pada pertemuan
berikutnya.
|
10
menit
|
E.
PENILAIAN HASIL
PEMBELAJARAN
1. Teknik penilaian:
a. Sikap : Bentuk jurnal
(dipergunakan untuk mencatat prilaku
luar biasa yakni prilaku positif atau negatif
peserta didik)
b. Pengetahuan :
tes lisan (uraian) dan tes tertulis
c. Keterampilan
: tes kinerja/tes praktik
2. Instrumen Penilaian dan pedoman penskoran
(terlampir)
Mengetahui
Kepala
SMP Negeri 4 Makassar
|
Makassar, 3
Januari 2017
Guru
Mata Pelajaran,
|
Drs. Husain Patta, MM.
NIP.
19660101 199412 1 003
|
Andi Ni’ma Fada, S.Pd.M.Pd.
NIP.
19690326 199412 2 004
|
LAMPIRAN
PENILAIAN
1.
Penilaian
Sikap
No
|
Hari/tanggal
|
Nama
Peserta didik
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ket.
|
1
|
Berdoa
tidak dengan serius
|
Ketakwaan
|
Spiritual
|
||
2
|
Memungut
sampah yang berserakan di kelas dan membuangnya di tempat sampah
|
Kebersihan
|
Sosial
|
||
Mengingatkan
temannya untuk shalat
|
Ketakwaan
|
Spiritual
|
|||
3
|
Mengganggu teman
|
Kedisiplinan
|
Sosial
|
2.
Penilaian Pengetahuan
a.
Kisi-Kisi Penilaian Pengetahuan
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
Bentuk
Soal
|
Jumlah Soal
|
1
|
3.2. Memahami dasar bernyanyi dengan dua suara atau lebih
secara berkelompok
|
MENYANYI DENGAN LEBIH SATU SUARA
|
1. Menjelaskan pengertian
bernyanyi banyak suara
2. Menjelaskan
pengertian Paduan Suara
3. Menjelaskan
pengertian Vokal group
4. Menjelaskan pengertian lagu Kanon
5. Menjelaskan teknik vocal
6. Menjelaskan teknik bernyanyi
|
Jawaban singkat
Isian singkat
Uraian
|
1
1
1
1
1
1
|
Contoh
Butir Soal
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Contoh Soal
|
1.
Mengidentifikasi bernyanyi dengan banyak suara
|
Jawaban singkat
|
Jelaskan
pengertian bernyanyi dengan banyak suara!
jawaban:
bernyanyi
banyak orang dengan suara yang berbeda
|
2. Menjelaskan pengertian Paduan Suara
|
Isian singkat
|
Jelaskan pengertian Paduan
suara!
Jawaban:
Paduan Suara adalah sajian musik vokal oleh beberapa orang dengan
memadukan berbagai jenis suara ( timbre ) menjadi satu kesatuan yang utuh dan
dipimpin oleh seorang conduktor.
|
3.
Menjelaskan
pengertian Vokal group
|
Uraian
|
Jelaskan pengertian Vokal group
Jawaban:
Vokal group adalah sekelompok orang yg menyanyikan lagu yg
sama scr serempak, biasanya ada pengaturan suara 1,2, mungkin 3 yg didasarkan
pada oktafnya
|
4.
Menjelaskan
pengertian lagu Kanon
|
Jelaskan
pengertian Lagu Kanon!
Jawaban:
·
Lagu kanon adalah lagu yang dinyanyikan oleh dua atau lebih
kelompok penyanyi dinyanyikan dengan melodi saling kejar-mengejar atau
bersahut-sahutan.
|
|
5.
Menjelaskan
teknik vocal
|
Jelaskan
teknik vokal!
Jawaban:
|
|
6. Menjelaskan teknik bernyanyi
|
Jelaskan
teknik bernyanyi!
Jawaban:
|
3.
Penilaian Pengetahuan
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
Bentuk
Soal
|
Jumlah Soal
|
1
|
4.2. Menyanyikan lagu dengan dua suara atau lebih dalam
bentuk kelompok vokal
|
MENYANYI DENGAN LEBIH SATU
SUARA
|
Peserta didik bernyanyi
dalam bentuk Paduan suara dan Vokal group
|
Tes Kinerja/Praktik
|
1
|
Peserta
didik dapat bernyanyi dengan Lagu Kanon
|
Tes Kinerja/Praktik
|
1
|
Rubrik Penilaian:
No.
|
Nama
Siswa
|
Aspek yg dinilai
|
Skor
|
||
PITCH
(0-40)
|
PENGUASAAN LAGU
(0-30)
|
KEKOMPAKAN
(0-30)
|
|||
1
|
A.
Ni’ma
|
||||
2
|
A.
Ayu
|
||||
3
|
Ida
|
||||
4
|
Syamsuriah
|
||||
5
|
Setija
|
||||
6
|
……dst
|
||||
Jumlah
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP Negeri Negeri 4 Makassar
Mata
Pelajaran : Seni Budaya (Seni Musik)
Kelas/Semester : VII/Genap
Materi Pokok :
Musik Ansambel Sejenis Dan Campuran
Alokasi
Waktu : 3 x Pertemuan (9 Jam Pelajaran )
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti proses pembelajaran peserta didik dapat:
1. Mejelaskan pengertian musik ansambel.
2. Memahami jenis alat musik ritmis, melodis, dan harmonis.
3
Mengidentifikasi keragaman alat musik daerah
sebagai warisan budaya.
4.
Mendeskripsikan teknik bermain musik dan
bermain musik ansambel campuran.
5.
Memainkan alat musik ritmis, melodis dan
harmonis.
6.
Menampilkan bermain musik ansambel secara
sederhana.
B. KOMPETENSI DASAR
DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN
|
3.4. Memahami konsep
dasar
Ansambel musik
|
3.4.1
Memahami pengertian musik ansambel
3.4.2
Memahami jenis alat musik ritmis,
Melodis dan harmonis
3.4.3
Memahami teknik bermain musik ritmis,
Melodis dan harmonis.
3.4.4
Memahami jenis alat musik daerah
Sulawesi Selatan
|
4.4. Memainkan
ansambel
Musik sejenis dan
Campuran
|
4.4.1 Memainkan alat musik ritmis,melodis,
Dan harmonis secara sederhana
4.4.2 Menampilkan bermain musik ansambel
Secara sederhana.
|
C.
MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan
1.
A.
Musik Ansambel
Musik Ansambel merupakan salah satu
jenis penampilan dan permainan musik. Pada Ansambel, setidaknya diperlukan
paling sedikit tiga alat musik yang berbeda. Kekompakan dan keharmonisasian
merupakan salah satu keunggulan pada ansambel.
Alat musik dalam permainan musik ansambel menurut fungsinya dapat dibagi
menjadi tiga kelompok sebagai berikut :
1. Kelompok Alat
Musik Ritmis
Alat musik ritmis berfungsi untuk
memberikan irama. Contoh alat musik ritmis yaitu triangle, gendang dan
ketipung.
2. Kelompok Alat
Musik Melodis
Alat musik melodis adalah alat musik
yang berfungsi membawakan melodi suatu lagu. Oleh karena itu, alat musik ini
memiliki nada-nada sehingga dapat mengeluarkan rangkaian nada.
3. Alat Musik
Harmonis
Alat musik harmonis banyak ragamnya,
ada yangsumber bunyinya dawai, ada juga lektronik. Alat musik ini bisa
digunakan untuk melodi pokok suatulagu atau untuk mengiringi lagu. Yang
termasuk alat musik harmonis, misalnya piano, elekton, organ, dan gitar.
Pertemuan
2
Peserta didik secara berkelompok
berlatih menyanyikan lagu daerah Makassar :
ANGING MAMMIRI dengan iringan alat music ritmis yang ada di
sekolah masing-masing.
Pertemuan
3
Peserta didik secara berkelompok
berlatih menyanyikan lagu daerah Bugis :
ALAMASEA-SEAMUA dengan iringan asambel
music campuran yang ada di sekolah masing-masing.
A. METODE PEMBELAJARAN :
1.
Pendekatan : Saintifik
2. Metode : Ceramah,Tanya jawab, diskusi, Unjuk kerja
B.
MEDIA PEMBELAJARAN :
1.
Media
a. Powerpoint lagu daerah
b. Gambar-gambar jenis-jenis
alat musik ritmis, melodis dan harmonis
2.
Alat dan bahan
a. Alat musik (yang tersedia di
sekolah)
b. Partitur Lagu daerah
C.
SUMBER BELAJAR
1.Kemdikbud.2016.Seni Budaya SMP/ MTs Kelas VII,
Buku Siswa.Kemdikbud
RI.Jakarta.
2.Kemdikbud.2016.Seni Budaya SMP/ MTs Kelas VII, Buku Guru Kemdikbud
RI.Jakarta.
3.Sumber
lain yang relevan
D.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN :
(Pertemuan 1)
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahu-luan
|
Kegiatan
awal pembelajaran oleh guru dapat melakukan aktivitas berikut:
1.
Guru membuka pembelajaran seni budaya dengan
mengucapkan salam, mengabsen dan menanyakan keadaaan dan situasi kelas.
2.
Guru memberi apersepsi
kepada peserta didik dan mengaitkan materi pelajaran yang dengan materi yang
akan dipelajari.
3.
Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan
manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Guru menyampaikan garis besar materi tentang Musik Ansambel Sejenis Dan Campuran,
yakni tentang pemahaman konsep dan prosedur musik ansambel.
5.
Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian
yang akan digunakan.
|
10 menit
|
Kegitan Inti
|
Mengamati
Ø Peserta didik
mengamati tayangan video yang menayangkan tentang musik ansambel
Ø Peserta didik
mengamati tayangan video yang menampilkan alat musik ritmis, melodis dan
harmonis
Ø Peserta didik
membaca buku tentang alat musik ritmis, melodis dan harmonis
Ø Peserta didik
memberikan tanggapan terhadap tayangan video yang baru disaksikan
Menanya
Ø Peserta didik bertanya hal-hal
yang berhubungan dengan Musik ansambel
Alat
musik ritmis,
-Alat
musik melodis dan
-Alat
musik harmonis
-Contoh
alat musik ritmis, melodis dan
harmonis
Mengeksplorasi/mengumpulkan data
Ø Peserta didik
merumuskan pertanyaan mengenai musik ansambel.
Ø Mengumpulkan
informasi tentang musik ansambel dari berbagai media
Ø Peserta didik
secara berkelompok merumuskan pernyataan mengenai alat musik ritmis, melodis
dan harmonis
Ø Masing-masing
kelompok mengumpulkan informasi tentang alat musik
ritmis, melodis dan harmonis dari berbagai media
Mengasosiasi/menganalisis
Ø Peserta didik
melakukan pencarian dan pengolahan data mengenai musik ansambel
Ø Peserta didik
membandingkan konsep dan prosedur mengenai musik ansambel.
Ø Peserta didik
melakukan pencarian dan pengolahan data
mengenai tentang alat musik ritmis, melodis dan harmonis
Ø Peserta didik
membandingkan konsep dan prosedur mengenai alat musik ritmis, melodis dan
harmonis
Mengomunikasikan
Ø Peserta didik menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan imformasi
yang diperoleh
Ø Peserta didik mempresentasikan secra lisan atau tulisan mengenai hasil
pengumpulan dan simpulan imformasi yang dikerjakan.
|
100 menit
|
Penutup
|
Kegiatan penutup pembelajaran oleh guru
dapat melakukan aktivitas berikut:
1.
Guru dan peserta didik membuat simpulan tentang materi pembelajaran yang
telah berlangsung.
2.
Guru memberi saran/pendapat terhadap karya/penampilan peserta didik.
3.
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran seni
musik.
4. Guru menyampaikan rencana
kegiatan pada
pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
(PERTEMUAN 2)
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahu-luan
|
Kegiatan
awal pembelajaran oleh guru dapat melakukan aktivitas berikut:
1.
Guru membuka pembelajaran seni budaya dengan
mengucapkan salam, mengabsen dan menanyakan keadaaan dan situasi kelas.
2.
Guru memberi apersepsi
kepada peserta didik dan mengaitkan materi pelajaran yang dengan materi yang
akan dipelajari.
3.
Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan
manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Guru menyampaikan garis besar materi tentang Musik Ansambel Sejenis Dan Campuran,
yakni tentang pemahaman konsep dan prosedur musik ansambel
5.
Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian
yang akan digunakan.
|
10 menit
|
Kegitan Inti
|
-Mengasosiasikan
PRAKTIK
Peserta didik dikelompokkan 10-12 orang berlatih menyanyikan lagu
”Anging Mammiri” dengan iringan alat musik ritmis
-Mengomunikasikan
Peserta didik secara berkelompok
mempresentasikan lagu Anging Mammiri dengan iringan alat musik ritmis
|
100 menit
|
Penutup
|
Kegiatan penutup pembelajaran oleh guru
dapat melakukan aktivitas berikut:
1.
Guru dan peserta didik membuat simpulan tentang materi pembelajaran yang telah
berlangsung.
2.
Guru memberi saran/pendapat terhadap karya/penampilan peserta didik.
3.
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran seni
musik.
4. Guru menyampaikan rencana
kegiatan pada
pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
(Pertemuan 3)
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahu-luan
|
Kegiatan
awal pembelajaran oleh guru dapat melakukan aktivitas berikut:
1. Guru membuka
pembelajaran seni budaya dengan mengucapkan salam, mengabsen dan menanyakan
keadaaan dan situasi kelas.
2. Guru memberi apersepsi kepada peserta didik dan
mengaitkan materi pelajaran yang dengan materi yang akan dipelajari.
3. Guru
menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan
sehari-hari.
4.
Guru menyampaikan garis besar materi tentang Musik Ansambel Sejenis Dan Campuran,
yakni tentang pemahaman konsep dan prosedur musik ansambel
5.
Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian
yang akan digunakan.
|
10 menit
|
Kegitan Inti
|
-
Mengasosiasikan
PRAKTIK
Peserta didik dikelompokkan 10-12 orang berlatih menyanyikan lagu
“Alamasea-seamua” dengan iringan
Ansambel musik campuran
- Mengomunikasikan
Peserta didik secara berkelompok
mempresentasikan lagu
“Alamassea-seamua”
dengan
iringan ansambel musik campuran.
|
100 menit
|
Penutup
|
Kegiatan penutup pembelajaran oleh guru
dapat melakukan aktivitas berikut:
1.
Guru dan peserta didik membuat simpulan tentang materi pembelajaran yang
telah berlangsung.
2.
Guru memberi saran/pendapat terhadap karya/penampilan peserta didik.
3.
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran seni musik.
4. Guru menyampaikan rencana
kegiatan pada
pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
E.
PENILAIAN
HASIL BELAJAR
1. Teknik penilaian:
b. Sikap : Bentuk jurnal (dipergunakan
untuk mencatat prilaku
luar biasa yakni prilaku positif atau negatif
peserta didik)
c. Pengetahuan :
tes lisan (uraian) dan tes tertulis
d. Keterampilan
: tes kinerja/tes praktik
2. Instrumen Penilaian dan pedoman penskoran
(terlampir)
Mengetahui
Kepala
SMP Negeri 4 Makassar
|
Makassar, 3
Januari 2017
Guru
Mata Pelajaran,
|
Drs. Husain Patta, MM.
NIP.
19660101 199412 1 003
|
Andi Ni’ma Fada, S.Pd.M.Pd.
NIP.
19690326 199412 2 004
|
LAMPIRAN PENILAIAN
1.Teknik penilaian
a.Penilaian
sikap dalam bentuk jurnal
Jurnal
Pembelajaran Sikap
Nama Sekolah :SMP
Kelas
/Semester :VII/Genap
Tahun
Ajaran :2016-2017
Guru :
…………………..
N0
|
Hari Tanggal
|
Nama Peserta Didik
|
Catatan prilaku
|
Butir sikap
|
Ket
|
1
|
3x40menit
|
||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
b. Penilaian
: Pengetahuan
-
Tes tertulis, penugasan
Kisi-kisi test tertulis
Nama Sekolah :SMP
Negeri 4 Makassar
Kelas /Semester :VII/Genap
Tahun Ajaran :2016-2017
Mata Pelajaran
Seni Budaya
No
|
Kompotensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk
Soal
|
Jumlah
Soal
|
|||||||
1.
|
3.4. Memahami konsep
dasar
Ansambel
musik
|
Musik
ansambel sejenis dan campuran
|
4.4.1 Memahami jenis alat musik ritmis,
Melodis dan harmonis
3.4.2
Memahami teknik bermain musik ritmis,
Melodi harmonis.
|
uraian
|
5
|
|||||||
4.4.Memainkan
ansambel
Musik
sejenis dan
campuran
|
4.4.1 Memainkan alat musik ritmis,melodis,
Dan
harmonis secara sederhana
4.4.2 Menampilkan bermain musik
ansambel Secara sederhana.
|
Praktik
|
1
|
|||||||||
a.
Penilaian
:Pengetahuan
Pertemuan 1
- Tes tertulis, penugasan
Kisi-kisi test tertulis
Nama Sekolah :SMP
Kelas /Semester :VII/Genap
Tahun Pelajaran :2016-2017
Mata Pelajaran
Seni Budaya
No
|
Kompotensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk
Soal
|
Jumlah
Soal
|
1.
|
3.4. Memahami konsep
dasar
Ansambel
musik
|
Musik
ansambel sejenis dan campuran
|
.4.1 Memahami
jenis alat musik ritmis, Melodis dan harmonis
|
uraian
|
5
|
Butir Soal: Penilaian Pengetahuan
1.
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan musik ansambel!
2.
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan alat musik ritmis dan berikan contohnya !
3.
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan alat musik melodis dan berikan contohnya !
4.
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan alat musik harmonis dan berikan contohnya !
5.
Tuliskan
3 alat jenis alat musik berdasarkan cara memainkannya dan berikan contohnya !
Pedoman Penskoran:
No
|
Kunci Jawaban
|
skor
|
1
|
Musik Ansambel merupakan salah satu jenis
penampilan dan permainan musik secara bersama-sama
|
8
|
2
|
Alat
musik ritmis adalah alat musik yang tidak dapat membunyikan nada-nada,
melainkan hanya dimainkan sebagai pengiring irama dan pengatur tempo. Contoh:
tambur, triangle, kastanyet, rebana, dan tifa.
|
6
|
3
|
Alat
musik melodis adalah alat musik yang berfungsi membawakan melodi suatu lagu. Contohnya
rekorder, terompet, dan lain sebagainya.
|
4
|
4
|
Alat musik
harmonis,
adalah alat musik yang digunakan untuk memainkan harmoni pada suatu lagu,
atau dapat memainkan 3 nada atau lebih pada saat bersamaan. misalnya, piano,
elekton, organ, dan gitar.
|
6
|
5
|
Yaitu
: ditiup, dipetik, dan dipukul.
Contoh
: sasando dengan dipetik,
angklung
dengan digetarkan, dan Rekorder dengan ditiup.
|
8
|
JUMLAH
SKOR
|
32
|
Nilai
perolehan peserta didik= Skor
perolehan x 100
Skor Maksimal
Penilaian
keterampilan
Pertemuan 2 dan 3 -
Kisi-kisi test Praktik
Nama Sekolah :……….
Kelas /Semester :VII/Genap
Tahun Pelajaran :2016-2017
Mata Pelajaran
Seni Budaya
No
|
Kompotensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk
Soal
|
Jumlah
Soal
|
1.
|
4.4.Memainkan ansambel Musik sejenis dan campuran
|
Musik
ansambel sejenis dan campuran
|
4.4.1 Memainkan alat musik
ritmis,melodis,
Dan
harmonis secara sederhana
4.4.2.Menampilkan bermain musik ansambel Secara
sederhana.
|
Praktik
|
1
|
Tes Praktik:
Tampilkanlah musik ansambel sederhana!
No
|
Deskripsi
|
skor
|
Kriteria/Keterangan
|
Skor
Max
|
1
|
Teknik
memainkan alat musik
|
2
|
2.Jika
sesuai dengan teknik
1.Jika
kurang sesuai dengan teknik
0.jika
tidak sesuai dg teknik
|
10
|
2
|
Bunyi
yang dihasilkan
|
3
|
3.jika
bunyinya sempurna
2.jika
bunyinya menhampiri sempurna
1.jika
bunyi kurang sempurna
0.jika
bunyi tdk sempurna
|
15
|
3
|
Tempo
|
2
|
2.jika
sesuai dengan tempo
1.jika
kurang sesuai
0.jika
tidak sesuai dengan tempo
|
10
|
4
|
Harmonisasi
|
2
|
1.
jika mempraktikkan dg sempurna
2.jika
mempraktikkan dg kurang
Sempurna
0.jika
mempraktikkan dg tdk sempurna
|
10
|
Jumlah
|
45
|
Nilai perolehan peserta didik= Skor perolehan x 100
Skor
Maksimal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar