RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 4 Makassar
Mata Pelajaran : Seni
Budaya (Seni Rupa)
Kelas / Semester : VII
/ Genap
Materi
Pokok : Menerapkan Ragam Hias pada Bahan
Tekstil
Alokasi Waktu : 4
x Pertemuan (12 Jam Pelajaran)
|
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat:
1.
Mengidentifiksi teknik penerapan
ragam hias pada media tekstil
2.
Mendeskripsikan teknik penerapan ragam hias pada
media tekstil
3.
Mengekspresikan diri melalui
penerapan ragam hias flora, fauna dan geometris pada media tekstil
4.
Mengomunikasikan hasil karya
penerapan ragam hias flora, fauna, dan geometris pada media tekstil secara
lisan maupun tulisan
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
3.3 Memahami konsep dan
prosedur menggambar ragam hias
pada bahan tekstil.
4.3 Menerapkan ragam hias pada bahan tekstil.
|
3.3.1 Menjelaskan penerapan ragam hias pada bahan
tekstil.
3.3.2 Mendeskripsikan jenis-jenis bahan
tekstil.
3.3.3 Menjelaskan jenis dan bahan pewarna
pakaian.
3.3.4 Mendeskripsikan teknik ragam hias pada bahan tekstil.
4.3.1
Membuat rencana desain ragam hias pada bahan tekstil
4.3.2
Mewujudkan desain menjadi ragam hias pada bahan tekstil dengan teknik dan
peralatan yang dibawa siswa.
|
C. MATERI
PEMBELAJARAN
1. Penerapan
Ragam Hias pada Bahan Tekstil
2. Jenis
dan Sifat Bahan Tekstil
3. Jenis
dan Bahan Pewarna Tekstil
4. Teknik Menggambar Ragam Hias pada Bahan Tekstil
D. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Model : Project Basic Learning
Metode
: Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Demonstrasi, dan Penugasan
E. MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Media
: LCD, Multimedia Power Point, dan contoh karya ragam hias
pada bahan tekstil
2.
Alat
dan Bahan : Kertas A3, pensil, kaos
oblong putih, dan cat pewarna tekstil
F. SUMBER BELAJAR
1.
Kemdikbud.2016.Seni Budaya SMP/ MTs Kelas VII Semester. Buku Siswa. Kemdikbud RI.Jakarta.
2.
Kemdikbud.2016.Seni Budaya SMP/ MTs Kelas VII Semester. Buku Guru Kemdikbud RI. Jakarta.
3.
Sumber lain yang relevan.
G.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
KEGI
ATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Kegiatan Awal
|
Kegiatan
awal pembelajaran oleh guru dapat dilakukan melalui aktivitas berikut:
1. Guru membuka
pembelajaran seni budaya ( seni rupa) dengan
mengucapkan salam, berdoa bersama, mengabsen dan menanyakan keadaaan kelas.
2. Guru memberi
apersepsi kepada peserta didik berupa menghubungkan materi pelajaran yang
lalu dengan pelajaran yang akan dipelajari.
3. Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran seni rupa, yakni menerapkan ragam hias pada bahan
tekstil berdasarkan
hasil eksplorasi peserta didik masing-masing.
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Kegiatan
inti pembelajaran oleh guru dapat dilakukan melalui aktivitas berikut:
Pertemuan
1
1.
Mengamati
a. Peserta didik melihat karya ragam
hias pada bahan tekstil
melalui tayangan atau melalui media lain yang telah disiapkan guru
b. Peserta
didik membaca buku tentang konsep, jenis, bahan dan media ragam hias
pada bahan tekstil.
2. Menanya
a)
Peserta didik menanyakan berbagai hal
tentang berkarya ragam
hias pada bahan tekstil
3. Mengeksplorasi
a.
Peserta didik mencari literatur dari
berbagai sumber mengenai konsep dan prosedur karya ragam hias
pada bahan tekstil dengan beragam media dan teknik.
b.
Peserta didik mengerjakan LK yang
diberikan oleh guru secara perorangan
maupun berkelompok.
4. Mengasosiasi
a.
Peserta didik menghimpun dan membuat
laporan tentang berbagai konsep dan prosedur karya ragam hias
pada bahan tekstil dengan beragam media dan teknik
dari berbagai sumber.
b.
Peserta didik membandingkan konsep dan
prosedur konsep dan prosedur
karya ragam
hias pada bahan tekstil dengan beragam media dan
teknik berdasarkan diskusi dengan kelompoknya
|
90 menit
|
|
Pertemuan 2
Mengomunikasikan
a.
Peserta didik menyampaikan hasil
pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
b.
Peserta didik mempresentasikan secara
lisan atau tulisan mengenai tugas karya yang dikerjakan
|
90 menit
|
|
Pertemuan 3
Mencipta
Peserta
didik membuat
perencanaan dan gambar disain yang akan dikerjakan (pada pertemuan
selanjutnya) berdasarkan salah satu teknik dalam berkarya ragam hias pada
bahan tekstil.
|
90 menit
|
|
Pertemuan 4
Mencipta
Peserta
didik mewujudkan
desain yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya menjadi sebuah kary ragam hias pada bahan tekstil dengan menggunakan peralatan dan bahan yang
disediakan peserta didik masing-masing.
|
90 menit
|
Kegiatan
penutup
|
Kegiatan
penutup pembelajaran oleh guru dan peserta didik dengan melakukan aktivitas
berikut:
1.
Guru dan peserta didik menyimpulkan materi
pembelajaran
2.
Guru dan peserta didik melaksanakan evaluasi pembelajaran
3.
Guru memberi tindak lanjut dengan menugaskan
peserta didik
4.
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran
untuk pertemuan berikutnya.
5.
Menutup pembelajaran dengan berdoa bersama
|
15 menit
|
H.
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. Teknik penilaian:
a. Sikap
: Bentuk jurnal ( dipergunakan untuk mencatat perilaku luar biasa,
yakni perilaku positif
atau negatif peserta didik)
b. Pengetahuan : Tes lisan (uraian) dan tes tertulis
c. Keterampilan
: Tes kinerja/tes praktik
2. Instrumen Penilaian
dan pedoman penskoran (terlampir)
Mengetahui
Kepala
SMP Negeri 4 Makassar
|
Makassar, 3 Januari 2017
Guru Mata Pelajaran,
|
|
|
|
|
Drs. Husain Patta, MM.
NIP.
19660101 199412 1 003
|
Andi Ni’ma Fada, S.Pd.M.Pd.
NIP. 19690326 199412 2 004
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Ket.
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
2.
Penilaian Pengetahuan
Uji Kompetensi Pengetahuan
Kerjakan soal-soal pilihan ganda berikut
ini dengan membubuhkan tanda silang (X) pada pilihan jawaban yang tepat!
Kerjakanlah dengan jujur!
1... Benda
yang digunakan untuk memajang hasil karya tekstil dinamakan ....
a. pedestal
b. mannequin
c. kapstok
d. patung
2... Batik
merupakan karya seni rupa terapan ....
a. trimatra
b. dwimatra
c. interior
d. eksterior
3... Sebelum
batik dibuat sebaiknya terlebih dahulu membuat ....
a. canting
b. kuas
c. baju
d. desain
4... Di
bawah ini daerah yang bukan penghasil seni batik di Indonesia, yaitu
....
a. Surakarta
b. Yogyakarta
c. Pacitan
d. Pekalongan
5... Di
bawah ini daerah yang bukan penghasil kerajinan tenun, yaitu ....
a. Pleret
b. Pedan
c. Troso
d. Samarinda
6... Bahan
yang berasal dari serat yang diolah menjadi benang atau kain sebagai bahan
untuk pembuatan busana dan berbagai
produk kerajinan lainnya adalah ....
a. tekstil
b. kain
c. ragam
hias
d. kain
songket
7. Sebelum batik dibuat terlebih dahulu
membuat ....
a. malam
b. kuas
c. canting
d. desain
8. Di bawah ini yang tidak termasuk
jenis bahan tekstil, antara lain ....
a. katun
b. wol
c. sutra
d. mika
9. Jenis
bahan yang jadi andalan untuk distro-distro adalah ....
a. sutra
b. katun
c. nilon
d. wol
10. Melar
ketika sering dicuci dan dipakai, apalagi jika sering ditarik karena ada udara,
seperti layaknya spon adalah kekurangan dari bahan ....
a. wol
b. sutra
c. katun
d. nilon
3.
Penilaian Keterampilan
Nama : ............................................
Kelas : ............................................
No.
Absen :
............................................
|
A. Tugas
Memilih
salah satu ragam hias yang bertema ragam hias flora, fauna, geometris, dan
figuratif daerah Indonesia bagian Barat dan membuatnya di bahan tekstil kain
putih.
B. Alat
dan Bahan
1.
Kain
putih
2.
Objek
gambar ragam hias
3.
Pensil
4.
Pewarna
bahan tekstil
C. Langkah
Kegiatan
1.
Peserta
didik membuat sketsa ragam hias yang sudah dipilih.
2.
Peserta
didik menggunakan kayu triplek atau karton tebal sebagai alas kain putih dan
letakkan di dalamnya.
3.
Peserta
didik member warna pada ragam hias pada kain putih.
4.
Peserta
didik mengeringkan hasil gambar pada sinar matahari atau gunakan pengering
rambut (hair dryer)
Format Penilaian
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala Nilai
|
|||
1.
|
Hasil
Identifikasi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2.
|
Kesesuaian
objek gambar
|
|
|
|
|
3.
|
Pewarnaan
gambar
|
|
|
|
|
4.
|
Hasil gambaran
|
|
|
|
|
|
Nilai Total
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Sempurna : 4
Kurang Sempurna : 2 – 3
Tidak Sempurna : 1
|
|
|
|
|
Analisis Hasil
Analisis Hasil (Diisi Guru)
|
|
Mengetahui
Kepala
SMP Negeri 4 Makassar
|
Makassar, 3 Januari 2017
Guru Mata Pelajaran,
|
|
|
|
|
Drs. Husain Patta, MM.
NIP.
19660101 199412 1 003
|
Andi Ni’ma Fada, S.Pd.M.Pd.
NIP. 19690326 199412 2 004
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 4 Makassar
Mata Pelajaran : Seni
Budaya (Seni Rupa)
Kelas / Semester : VII
/ Genap
Materi Pokok : Menerapkan Ragam Hias pada Bahan Kayu
Alokasi Waktu : 4 x
Pertemuan (12 Jam Pelajaran)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan
dapat:
1.
Mengidentifikasi keunikan beragam
penerapan ragam hias pada bahan kayu
2.
Mendeskripsikan keunikan beragam
penerapan ragam hias pada bahan kayu
3.
Mengekspresikan diri melalui
penerapan ragam hias flora, fauna, dan/atau geometris pada bahan kayu
4.
Mengomunikasikan hasil karya
penerapan ragam hias flora, fauna, dan/ atau geometris pada bahan kayu secara
lisan.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
3.3 Memahami prosedur penerapan ragam hias pada bahan kayu
4.3 Membuat karya dengan berbagai motif ragam hias
pada bahan kayu.
|
3.4.1 Menjelaskan penerapan ragam hias pada bahan
kayu.
3.4.2 Mendeskripsikan jenis-jenis ragam hias
pada bahan kayu.
3.4.3 Mendeskripsikan teknik ragam hias pada bahan kayu.
4.4.1
Membuat rencana desain ragam hias pada bahan kayu
4.4.2
Mewujudkan desain menjadi ragam hias pada bahan kayu dengan teknik dan
peralatan yang dibawa siswa.
|
C. MATERI PEMBELAJARAN
Materi pembelajaran berkenaan dengan penjelasan
tentang:
1.
Penerapan
Ragam Hias pada Bahan Kayu
2.
Contoh
Penerapan Ragam Hias
3. Teknik
Penerapan Ragam Hias pada Bahan Kayu
D. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan
: Saintifik
Model : Project Basic Learning
Metode :
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab dan Penugasan
E. MEDIA PEMBELAJARAN
1. Media :
LCD, Multimedia PowerPoint, gambar, Video/Katalog
Pameran
2. Alat / bahan :
Kayu, berbagai bentuk pahat, palu dari kayu, pensil, kertas gambar,
dan cat warna
minyak/akrilik
F. SUMBER BELAJAR
1.
Kemdikbud.2016.Seni Budaya SMP/ MTs Kelas VII, Buku Siswa.Kemdikbud RI.Jakarta.
2.
Kemdikbud.2016.Seni Budaya SMP/ MTs Kelas VII, Buku Guru Kemdikbud RI.Jakarta.
3.
Sumber lain yang relevan.
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
KEGI
ATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Kegiatan Awal
|
Kegiatan awal pembelajaran oleh guru dapat dilakukan melalui aktivitas
berikut:
1.
Guru membuka
pembelajaran seni budaya ( seni rupa) dengan mengucapkan salam, berdoa bersama,
mengabsen dan menanyakan keadaaan kelas.
2.
Guru memberi apersepsi
kepada peserta didik berupa menghubungkan materi pelajaran yang lalu dengan
pelajaran yang akan dipelajari.
3.
Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran seni rupa, yakni berkarya ragam hias pada bahan kayu berdasarkan hasil
eksplorasi peserta didik masing-masing.
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Kegiatan inti pembelajaran oleh guru dapat
dilakukan melalui aktivitas berikut:
Pertemuan 1
1. Mengamati
a. Peserta didik
melihat karya ragam hias pada bahan kayu melalui
tayangan atau melalui media lain yang telah disiapkan guru
b.Peserta didik membaca buku tentang konsep, jenis, bahan
dan media berkarya ragam hias pada bahan kayu.
2. Menanya
a. Peserta didik menanyakan berbagai hal tentang berkarya ragam hias pada bahan kayu.
3. Mengeksplorasi
a. Peserta didik mencari literatur dari berbagai sumber
mengenai konsep dan prosedur karya ragam
hias pada bahan kayu dengan beragam media dan
teknik.
b.
Peserta
didik mengerjakan LK yang diberikan oleh guru
secara perorangan maupun berkelompok.
4. Mengasosiasi
a.
Peserta
didik menghimpun dan membuat laporan tentang berbagai konsep dan prosedur karya ragam hias pada bahan
kayu dengan beragam media dan teknik dari berbagai
sumber.
b.
Peserta
didik membandingkan konsep dan prosedur konsep dan prosedur karya ragam hias pada bahan
kayu dengan beragam media dan teknik berdasarkan
diskusi dengan kelompoknya
|
A.
90
90 Menit
|
|
Pertemuan 2
Mengomunikasikan
a.
Peserta
didik menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
b.
Peserta
didik mempresentasikan secara lisan atau tulisan mengenai tugas/karya yang
dikerjakan
|
90 menit
|
|
Pertemuan 3
Mencipta
Peserta didik membuat
perencanaan dan gambar disain yang akan dikerjakan (pada pertemuan
selanjutnya) berdasarkan salah satu teknik dalam berkarya ragam hias pada
bahan kayu.
|
90 menit
|
|
Pertemuan 4
Mencipta
Peserta didik mewujudkan
desain yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya menjadi sebuah karya ragam
hias pada bahan kayu dengan menggunakan peralatan dan bahan yang disediakan
peserta didik masing-masing.
|
90 menit
|
Kegiatan penutup
|
Kegiatan penutup pembelajaran oleh guru dan peserta didik dengan
melakukan aktivitas berikut:
1.
Guru dan peserta didik
menyimpulkan materi pembelajaran
2.
Guru dan peserta didik melaksanakan evaluasi pembelajaran
3.
Guru memberi tindak lanjut dengan menugaskan
peserta didik
4.
Menginformasikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5.
Menutup pembelajaran
dengan berdoa bersama
|
15 menit
|
H.
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. Teknik penilaian:
a. Sikap : Bentuk jurnal ( dipergunakan untuk mencatat
perilaku luar
biasa, yakni
perilaku positif atau negatif peserta
didik)
b. Pengetahuan : Tes lisan (uraian) dan tes tertulis
c. Keterampilan : Tes kinerja/tes praktik
1. Instrumen Penilaian
dan pedoman penskoran (terlampir)
Mengetahui
Kepala
SMP Negeri 4 Makassar
|
Makassar, 3
Januari 2017
Guru Mata Pelajaran,
|
|
|
|
|
Drs. Husain Patta, MM.
NIP.
19660101 199412 1 003
|
Andi Ni’ma
Fada, S.Pd.M.Pd.
NIP. 19690326 199412 2 004
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Ket.
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
1.
Penilaian Pengtahuan
Uji Kompetensi Pengetahuan
Kerjakan soal-soal pilihan ganda berikut
ini dengan membubuhkan tanda silang (X) pada pilihan jawaban yang tepat!
Kerjakanlah dengan jujur!
1... Pembuatan
desain yang proses pem-buatannya secara manual maupun dengan menggunakan kertas gambar adalah ...
a. melukis
b. membatik
c. menganyam
d. relief
2... Karya
seni rupa yang diciptakan oleh masyarakat sesuai dengan budaya daerah
masing-masing dinamakan seni rupa ....
a. klasik
b. primitif
c. tradisional
d. modern
3... Kerajinan
ukir di Nusantara, antara lain berupa seni ukir kayu dan seni ukir logam. Di
daerah-daerah penghasil kerajinan ukir kayu di Nusantara, di antaranya adalah
....
a. Jepara,
Cirebon, Bali, Kalimantan, Papua, Madura, dan Sumatra
b. Jakarta,
Cianjur, Solo, Lampung, Madura, dan Sumatra
c. Jepara,
Cirebon, Bali, Kalimantan, Papua, Madura, dan Sumatra
d. Jakarta,
Bandung, Solo, Makassar, Papua, Medan, dan Lampung
4... Gambar
relief umumnya terdapat pada bagian ....
a. dinding
candi
b. dinding
rumah
c. ukiran
kayu
d. ukiran
semen
5... Karya
seni bentuk anyaman banyak ditemukan pada kerajinan ....
a. mebel c. lukis
b. ukir d. gambar
6... Gambar
graffiti merupakan hasil karya seni ....
a. 2
dimensi c. lukis
b. 3
dimensi d. Grafis
7... Fungsi
seni rupa selain sebagai keleng-kapan kebutuhan juga sebagai ....
a. keindahan c. kelembutan
b. kesenangan d. kekuasaan
8... Karya
seni bentuk anyaman banyak ditemukan pada ....
a. kerajinan
mebel
b. kerajinan
lukis
c. kerajinan
ukir
d. kerajinan
gambar
..... 9. Karya seni rupa terapan sama dengan seni
....
a. klasik c. campuran
b. aplikasi d. asli
10. Seni
kriya juga disebut dengan istilah ....
a. handycraft c. anyaman
b. seni
ukir d. seni
lukis
11. Seni
kerajinan tangan manusia yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan peralatan
kehidupan sehari-hari dengan tidak melupakan pertimbangan artistik dan
keindahan adalah ....
a. seni
lukis c. seni
anyam
b. seni
tari d. seni
kriya
12. Barang-barang
terapan adalah barang yang memiliki ....
a. nilai
jual
b. nilai
praktis yang tinggi
c. nilai
estetika
d. nilai
keunikan
13. Kerajinan
yang menggunakan bahan dari kayu yang dikerjakan dari kayu yang dikerjakan atau
dibentuk menggunakan tatah ukir disebut ....
a. seni
ukir
b. seni
kriya
c. seni
lukis
d. seni
patung
14. Di
bawah ini kayu yang tidak sering dipakai untuk seni ukir yaitu kayu ....
a. jati
b. mahoni
c. waru
d. kelapa
15. Kegiatan
menggores, memahat, dan menorah pola pada permukaan benda yang diukir disebut
....
a. mengukir
b. menganyam
c. mempernis
d. mencukil
3.
Penilaian Keterampilan
Penilaian
Penugasan
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas/Semester : VII/2
A.
Tugas:
Ø Buatlah gambar ragam hias pada bahan kayu
dengan ketentuan sebagai berikut!
1.
Bahan kayu yang digunakan dalam bentuk papan dengan
ukuran 20 X 30 cm.
2.
Pergunakan ragam hias flora, fauna, geometris atau
figuratif sebagai objek gambar!
3.
Berilah warna pada bidang gambar dengan menggunakan
cat poster atau cat akrilik!
4.
Berilah cat pelapis (vernis) pada bidang gambar!
5.
Keringkan hasil gambar dengan menggunakan panas
matahari atau di angin-anginkan!
B.
Penilaian
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala Nilai
|
|||
1.
|
Hasil
identifikasi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2.
|
Akurasi
Analisis
|
|
|
|
|
3.
|
Penyajian
|
|
|
|
|
|
Nilai Total
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Sempurna : 4
Kurang Sempurna : 2 – 3
Tidak Sempurna : 1
|
|
|
|
|
C.
Analisis Hasil
Analisis Hasil (Diisi Guru)
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar