Rabu, 08 Februari 2017

RPP SENI BUDAYA KELAS 7 SEMESTER GENAP (SENI RUPA) TERBARU 2017

       RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                          Satuan Pendidikan          :     SMP Negeri 4 Makassar
                          Mata Pelajaran                :     Seni Budaya (Seni Rupa)
                          Kelas / Semester              :     VII / Genap
                          Materi Pokok                  :     Menerapkan Ragam Hias pada Bahan  
                                                                        Tekstil
                         Alokasi Waktu           :           4 x Pertemuan (12 Jam Pelajaran)


A.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat:
1.      Mengidentifiksi teknik penerapan ragam hias pada media tekstil
2.      Mendeskripsikan teknik penerapan ragam hias pada media tekstil
3.      Mengekspresikan diri melalui penerapan ragam hias flora, fauna dan geometris pada media tekstil
4.      Mengomunikasikan hasil karya penerapan ragam hias flora, fauna, dan geometris pada media tekstil secara lisan maupun tulisan

B.       KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.3  Memahami konsep dan  prosedur  menggambar ragam hias pada bahan tekstil.





4.3  Menerapkan ragam hias pada bahan tekstil.
3.3.1  Menjelaskan penerapan ragam hias pada bahan tekstil.
3.3.2  Mendeskripsikan jenis-jenis bahan tekstil.
3.3.3  Menjelaskan jenis dan bahan pewarna pakaian.
3.3.4  Mendeskripsikan teknik ragam hias pada bahan tekstil.

4.3.1 Membuat rencana desain ragam hias pada bahan tekstil
4.3.2 Mewujudkan desain menjadi ragam hias pada bahan tekstil dengan teknik dan peralatan yang dibawa siswa.

C.      MATERI PEMBELAJARAN


1.     Penerapan Ragam Hias pada Bahan Tekstil
      2.  Jenis dan Sifat Bahan Tekstil 
      3.  Jenis dan Bahan Pewarna Tekstil
      4. Teknik Menggambar Ragam Hias pada Bahan Tekstil


D.      METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan           : Saintifik
Model                    : Project Basic Learning 
Metode                  : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Demonstrasi, dan Penugasan

E.       MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Media                  : LCD, Multimedia Power Point, dan contoh karya ragam hias
                                pada bahan tekstil
2.       Alat dan Bahan     : Kertas A3, pensil, kaos oblong putih, dan cat pewarna tekstil

F. SUMBER BELAJAR
1.      Kemdikbud.2016.Seni Budaya SMP/ MTs Kelas VII Semester.  Buku Siswa. Kemdikbud RI.Jakarta.
2.      Kemdikbud.2016.Seni Budaya SMP/ MTs Kelas VII Semester.  Buku Guru Kemdikbud RI. Jakarta.
3.      Sumber lain yang relevan.

G.    LANGKAH-LANGKAH  PEMBELAJARAN

KEGI
ATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Awal
Kegiatan awal pembelajaran oleh guru dapat dilakukan melalui aktivitas berikut:
1.      Guru membuka pembelajaran seni budaya ( seni rupa) dengan mengucapkan salam, berdoa bersama, mengabsen dan menanyakan keadaaan kelas.
2.      Guru memberi apersepsi kepada peserta didik berupa menghubungkan materi pelajaran yang lalu dengan pelajaran yang akan dipelajari.
3.      Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran seni rupa, yakni menerapkan ragam hias pada bahan tekstil berdasarkan hasil eksplorasi peserta didik masing-masing.
15  menit
Kegiatan Inti

Kegiatan inti pembelajaran oleh guru dapat dilakukan melalui aktivitas berikut:
Pertemuan 1
1.  Mengamati
a.       Peserta didik melihat karya ragam hias pada bahan tekstil melalui tayangan atau melalui media lain yang telah disiapkan guru
b.      Peserta didik membaca buku tentang konsep, jenis, bahan dan media ragam hias pada bahan tekstil.
2.  Menanya
a)      Peserta didik menanyakan berbagai hal tentang berkarya ragam hias pada bahan tekstil
3. Mengeksplorasi
a.       Peserta didik mencari literatur dari berbagai sumber mengenai konsep dan prosedur karya ragam hias pada bahan tekstil dengan beragam media dan teknik.
b.      Peserta didik mengerjakan LK yang diberikan oleh guru  secara perorangan maupun berkelompok.
4. Mengasosiasi
a.       Peserta didik menghimpun dan membuat laporan tentang berbagai konsep dan prosedur karya ragam hias pada bahan tekstil dengan beragam media dan teknik dari berbagai sumber.
b.      Peserta didik membandingkan konsep dan prosedur konsep dan prosedur karya ragam hias pada bahan tekstil dengan beragam media dan teknik berdasarkan diskusi dengan kelompoknya

90  menit




Pertemuan 2
    Mengomunikasikan
a.       Peserta didik menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
b.      Peserta didik mempresentasikan secara lisan atau tulisan mengenai tugas  karya yang dikerjakan

90  menit

Pertemuan 3
    Mencipta
Peserta didik membuat perencanaan dan gambar disain yang akan dikerjakan (pada pertemuan selanjutnya) berdasarkan salah satu teknik dalam berkarya ragam hias pada bahan tekstil.

90  menit



Pertemuan 4
    Mencipta
Peserta didik mewujudkan desain yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya menjadi sebuah kary  ragam hias pada bahan tekstil dengan menggunakan peralatan dan bahan yang disediakan peserta didik masing-masing.

90  menit

Kegiatan penutup
Kegiatan penutup pembelajaran oleh guru dan peserta didik dengan melakukan aktivitas berikut:
1.      Guru dan peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran
2.      Guru dan peserta didik  melaksanakan evaluasi pembelajaran
3.      Guru memberi tindak lanjut dengan menugaskan peserta didik
4.      Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5.      Menutup pembelajaran dengan berdoa bersama

15 menit


H. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.    Teknik penilaian:
a.    Sikap              : Bentuk jurnal ( dipergunakan untuk mencatat perilaku luar biasa,
                         yakni perilaku positif atau negatif  peserta didik)
b.   Pengetahuan  : Tes lisan (uraian) dan tes tertulis
c.  Keterampilan  : Tes kinerja/tes praktik
2.    Instrumen Penilaian dan pedoman penskoran (terlampir)



Mengetahui
Kepala SMP Negeri 4 Makassar
Makassar,  3  Januari 2017
Guru Mata Pelajaran,





Drs. Husain Patta, MM.
NIP. 19660101 199412 1 003
Andi Ni’ma Fada, S.Pd.M.Pd.
NIP. 19690326 199412 2 004




LAMPIRAN-LAMPIRAN

1.     Penilaian Sikap

No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ket.
1





2





3





4






2.    Penilaian Pengetahuan

Uji Kompetensi Pengetahuan

Kerjakan soal-soal pilihan ganda berikut ini dengan membubuhkan tanda silang (X) pada pilihan jawaban yang tepat! Kerjakanlah dengan jujur!
1... Benda yang digunakan untuk memajang hasil karya tekstil dinamakan ....
a.  pedestal
b.  mannequin
c.  kapstok
d.  patung
2... Batik merupakan karya seni rupa terapan ....
a.  trimatra
b.  dwimatra
c.  interior
d.  eksterior
3... Sebelum batik dibuat sebaiknya terlebih dahulu membuat ....
a.  canting    
b.  kuas         
c.  baju
d.  desain
4... Di bawah ini daerah yang bukan penghasil seni batik di Indonesia, yaitu ....
a.  Surakarta
b.  Yogyakarta
c.  Pacitan
d.  Pekalongan
5... Di bawah ini daerah yang bukan penghasil kerajinan tenun, yaitu ....
a.  Pleret
b.  Pedan
c.  Troso
d.  Samarinda
6... Bahan yang berasal dari serat yang diolah menjadi benang atau kain sebagai bahan untuk  pembuatan busana dan berbagai produk kerajinan lainnya adalah ....
a.  tekstil
b.  kain
c.  ragam hias
d.  kain songket
7. Sebelum batik dibuat terlebih dahulu membuat ....
a.  malam
b.  kuas
c.  canting
d.  desain
 8. Di bawah ini yang tidak termasuk jenis bahan tekstil, antara lain ....
a.  katun
b.  wol
c.  sutra
d.  mika
       9. Jenis bahan yang jadi andalan untuk distro-distro adalah ....
a.  sutra        
b.  katun
c.  nilon
d.  wol
10. Melar ketika sering dicuci dan dipakai, apalagi jika sering ditarik karena ada udara, seperti layaknya spon adalah kekurangan dari bahan ....
a.  wol
b.  sutra
c.  katun
d.  nilon



3.    Penilaian Keterampilan
Nama       :  ............................................
Kelas        :  ............................................
No. Absen  :  ............................................

A. Tugas
Memilih salah satu ragam hias yang bertema ragam hias flora, fauna, geometris, dan figuratif daerah Indonesia bagian Barat dan membuatnya di bahan tekstil kain putih.
B.  Alat dan Bahan
1.   Kain putih
2.   Objek gambar ragam hias
3.   Pensil
4.   Pewarna bahan tekstil

C.  Langkah Kegiatan
1.   Peserta didik membuat sketsa ragam hias yang sudah dipilih.
2.   Peserta didik menggunakan kayu triplek atau karton tebal sebagai alas kain putih dan letakkan di dalamnya.
3.   Peserta didik member warna pada ragam hias pada kain putih.
4.   Peserta didik mengeringkan hasil gambar pada sinar matahari atau gunakan pengering rambut (hair dryer)

Format Penilaian
No.
Aspek yang Dinilai
Skala Nilai
1.
Hasil Identifikasi
1
2
3
4
2.
Kesesuaian objek gambar




3.
Pewarnaan gambar




4.
Hasil gambaran





Nilai Total





Keterangan:
Sempurna              : 4
Kurang Sempurna : 2 – 3
Tidak Sempurna    : 1





Analisis Hasil
Analisis Hasil (Diisi Guru)






                                                                                              

Mengetahui
Kepala SMP Negeri 4 Makassar
Makassar,  3  Januari 2017
Guru Mata Pelajaran,





Drs. Husain Patta, MM.
NIP. 19660101 199412 1 003
Andi Ni’ma Fada, S.Pd.M.Pd.
NIP. 19690326 199412 2 004




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : SMP Negeri 4 Makassar
Mata Pelajaran            : Seni Budaya (Seni Rupa)
Kelas / Semester          : VII / Genap
Materi Pokok              : Menerapkan Ragam Hias pada Bahan Kayu
Alokasi Waktu            : 4 x Pertemuan (12 Jam Pelajaran)



A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat:
1.      Mengidentifikasi keunikan beragam penerapan ragam hias pada bahan kayu
2.      Mendeskripsikan keunikan beragam penerapan ragam hias pada bahan kayu
3.      Mengekspresikan diri melalui penerapan ragam hias flora, fauna, dan/atau geometris pada bahan kayu
4.      Mengomunikasikan hasil karya penerapan ragam hias flora, fauna, dan/ atau geometris pada bahan kayu secara lisan.

B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.3  Memahami prosedur penerapan ragam hias pada bahan kayu





4.3  Membuat karya dengan berbagai motif ragam hias pada  bahan kayu.
3.4.1  Menjelaskan penerapan ragam hias pada bahan kayu.
3.4.2  Mendeskripsikan jenis-jenis ragam hias pada bahan kayu.
3.4.3  Mendeskripsikan teknik ragam hias pada bahan kayu.

4.4.1 Membuat rencana desain ragam hias pada bahan kayu
4.4.2 Mewujudkan desain menjadi ragam hias pada bahan kayu dengan teknik dan peralatan yang dibawa siswa.

C.  MATERI PEMBELAJARAN
      Materi pembelajaran berkenaan dengan penjelasan tentang:

1.      Penerapan Ragam Hias pada Bahan Kayu
2.      Contoh Penerapan Ragam Hias
3.    Teknik Penerapan Ragam Hias pada Bahan Kayu


D.  METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan   : Saintifik
Model           : Project  Basic  Learning
Metode          : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab dan Penugasan



E. MEDIA PEMBELAJARAN
1.  Media               : LCD, Multimedia PowerPoint, gambar, Video/Katalog Pameran
2.  Alat / bahan      : Kayu, berbagai bentuk pahat, palu dari kayu, pensil, kertas gambar,
                             dan cat warna minyak/akrilik
         

        
F. SUMBER BELAJAR
1.      Kemdikbud.2016.Seni Budaya SMP/ MTs Kelas VII,  Buku Siswa.Kemdikbud RI.Jakarta.
2.      Kemdikbud.2016.Seni Budaya SMP/ MTs Kelas VII, Buku Guru Kemdikbud RI.Jakarta.
3.      Sumber lain yang relevan.


G.  LANGKAH-LANGKAH  PEMBELAJARAN

KEGI
ATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Awal
Kegiatan awal pembelajaran oleh guru dapat dilakukan melalui aktivitas berikut:
1.         Guru membuka pembelajaran seni budaya ( seni rupa) dengan mengucapkan salam, berdoa bersama, mengabsen dan menanyakan keadaaan kelas.
2.         Guru memberi apersepsi kepada peserta didik berupa menghubungkan materi pelajaran yang lalu dengan pelajaran yang akan dipelajari.
3.         Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran seni rupa, yakni berkarya ragam hias pada bahan kayu berdasarkan hasil eksplorasi peserta didik masing-masing.

15  menit
Kegiatan Inti

Kegiatan inti pembelajaran oleh guru dapat dilakukan melalui aktivitas berikut:
Pertemuan 1
1.  Mengamati
a. Peserta didik melihat karya ragam hias pada bahan kayu melalui tayangan atau melalui media lain yang telah disiapkan guru
b.Peserta didik membaca buku tentang konsep, jenis, bahan dan media berkarya ragam hias pada bahan kayu.
2.  Menanya
a. Peserta didik menanyakan berbagai hal tentang berkarya ragam hias pada bahan kayu.
3. Mengeksplorasi
      a.   Peserta didik mencari literatur dari berbagai sumber mengenai konsep dan prosedur karya ragam hias pada bahan kayu dengan beragam media dan teknik.
   b.       Peserta didik mengerjakan LK yang diberikan oleh guru  secara perorangan maupun berkelompok.
4. Mengasosiasi
a.       Peserta didik menghimpun dan membuat laporan tentang berbagai konsep dan prosedur karya ragam hias pada bahan kayu dengan beragam media dan teknik dari berbagai sumber.
b.      Peserta didik membandingkan konsep dan prosedur konsep dan prosedur karya ragam hias pada bahan kayu dengan beragam media dan teknik berdasarkan diskusi dengan kelompoknya

A.    90
90 Menit

Pertemuan 2
    Mengomunikasikan
a.       Peserta didik menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
b.      Peserta didik mempresentasikan secara lisan atau tulisan mengenai tugas/karya yang dikerjakan


90  menit

Pertemuan 3
    Mencipta
Peserta didik membuat perencanaan dan gambar disain yang akan dikerjakan (pada pertemuan selanjutnya) berdasarkan salah satu teknik dalam berkarya ragam hias pada bahan kayu.


90  menit



Pertemuan 4
    Mencipta
Peserta didik mewujudkan desain yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya menjadi sebuah karya ragam hias pada bahan kayu dengan menggunakan peralatan dan bahan yang disediakan peserta didik masing-masing.


90  menit

Kegiatan penutup
Kegiatan penutup pembelajaran oleh guru dan peserta didik dengan melakukan aktivitas berikut:
1.      Guru dan peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran
2.      Guru dan peserta didik  melaksanakan evaluasi pembelajaran
3.       Guru memberi tindak lanjut dengan menugaskan peserta didik
4.      Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5.      Menutup pembelajaran dengan berdoa bersama


15 menit

H. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. Teknik penilaian:
 a.   Sikap               : Bentuk jurnal ( dipergunakan untuk mencatat perilaku luar
                                biasa, yakni perilaku positif atau negatif  peserta didik)
b.      Pengetahuan   : Tes lisan (uraian) dan tes tertulis
c.       Keterampilan  : Tes kinerja/tes praktik
1.   Instrumen Penilaian dan pedoman penskoran (terlampir)





Mengetahui
Kepala SMP Negeri 4 Makassar
Makassar,  3  Januari 2017
Guru Mata Pelajaran,





Drs. Husain Patta, MM.
NIP. 19660101 199412 1 003
Andi Ni’ma Fada, S.Pd.M.Pd.
NIP. 19690326 199412 2 004




LAMPIRAN-LAMPIRAN

1.     Penilaian Sikap
No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ket.
1





2





3





4





Dst






1.      Penilaian Pengtahuan

Uji Kompetensi Pengetahuan

Kerjakan soal-soal pilihan ganda berikut ini dengan membubuhkan tanda silang (X) pada pilihan jawaban yang tepat! Kerjakanlah dengan jujur!
1... Pembuatan desain yang proses pem-buatannya secara manual maupun  dengan menggunakan kertas gambar adalah ...
a.  melukis    
b.  membatik
c.  menganyam
d.  relief
2... Karya seni rupa yang diciptakan oleh masyarakat sesuai dengan budaya daerah masing-masing dinamakan seni rupa ....
a.  klasik 
b.  primitif    
c.  tradisional
d.  modern
3... Kerajinan ukir di Nusantara, antara lain berupa seni ukir kayu dan seni ukir logam. Di daerah-daerah penghasil kerajinan ukir kayu di Nusantara, di antaranya adalah ....
a.  Jepara, Cirebon, Bali, Kalimantan, Papua, Madura, dan Sumatra
b.  Jakarta, Cianjur, Solo, Lampung, Madura, dan Sumatra
c.  Jepara, Cirebon, Bali, Kalimantan, Papua, Madura, dan Sumatra
d.  Jakarta, Bandung, Solo, Makassar, Papua, Medan, dan Lampung
4... Gambar relief umumnya terdapat pada bagian ....
a.  dinding candi
b.  dinding rumah
c.  ukiran kayu
d.  ukiran semen

5... Karya seni bentuk anyaman banyak ditemukan pada kerajinan ....
a.  mebel  c.   lukis
b.  ukir     d.   gambar
6... Gambar graffiti merupakan hasil karya seni ....
a.  2 dimensi c.       lukis
b.  3 dimensi d.      Grafis

7... Fungsi seni rupa selain sebagai keleng-kapan kebutuhan juga sebagai ....
a.  keindahan          c.         kelembutan
b.  kesenangan        d.         kekuasaan
8... Karya seni bentuk anyaman banyak ditemukan pada ....
a.  kerajinan mebel
b.  kerajinan lukis
c.  kerajinan ukir
d.  kerajinan gambar
..... 9. Karya seni rupa terapan sama dengan seni ....
a.  klasik  c.   campuran
b.  aplikasi     d.      asli
10. Seni kriya juga disebut dengan istilah ....
a.  handycraft         c.         anyaman
b.  seni ukir   d.      seni lukis
11. Seni kerajinan tangan manusia yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan peralatan kehidupan sehari-hari dengan tidak melupakan pertimbangan artistik dan keindahan adalah ....
a.  seni lukis  c.       seni anyam
b.  seni tari    d.      seni kriya
12. Barang-barang terapan adalah barang yang memiliki ....
a.  nilai jual
b.  nilai praktis yang tinggi
c.  nilai estetika
d.  nilai keunikan
13. Kerajinan yang menggunakan bahan dari kayu yang dikerjakan dari kayu yang dikerjakan atau dibentuk menggunakan tatah ukir disebut ....
a.  seni ukir  
b.  seni kriya 
c.  seni lukis
d.  seni patung
14. Di bawah ini kayu yang tidak sering dipakai untuk seni ukir yaitu kayu ....
a.  jati     
b.  mahoni    
c.  waru
d.  kelapa
15. Kegiatan menggores, memahat, dan menorah pola pada permukaan benda yang diukir disebut ....
a.  mengukir
b.  menganyam
c.  mempernis
d.  mencukil
      3.  Penilaian Keterampilan


Penilaian Penugasan
Mata Pelajaran          : Seni Budaya
Kelas/Semester          : VII/2

A.    Tugas:
Ø  Buatlah gambar ragam hias pada bahan kayu dengan ketentuan sebagai berikut!
1.         Bahan kayu yang digunakan dalam bentuk papan dengan ukuran 20 X 30 cm.
2.         Pergunakan ragam hias flora, fauna, geometris atau figuratif sebagai objek gambar!
3.         Berilah warna pada bidang gambar dengan menggunakan cat poster atau cat akrilik!
4.         Berilah cat pelapis (vernis) pada bidang gambar!
5.         Keringkan hasil gambar dengan menggunakan panas matahari atau di angin-anginkan!

B.     Penilaian
No.
Aspek yang Dinilai
Skala Nilai
1.
Hasil identifikasi
1
2
3
4
2.
Akurasi Analisis




3.
Penyajian





Nilai Total





Keterangan:
Sempurna              : 4
Kurang Sempurna : 2 – 3
Tidak Sempurna    : 1





C.    Analisis Hasil
Analisis Hasil (Diisi Guru)





  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar