RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMP NEGERI 20 MAKASSAR
Kelas :
VII
Semester :
Ganjil
Mata Pelajaran :
Seni Budaya (Seni Musik)
Topik/Tema : 3.1. Memahami Teknik
Vokal
dalam Bernyanyi Lagu
Secara Unisono
Pertemuan : 1, DAN 2
Alokasi Waktu :
6 x 40 menit (2 pertemuan)
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya
KI 2 :Menghargai perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi
internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan
prosedural dalam ilm pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan
abstrak (menulis,membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut
pandang/teori
B.
KOMPETENSI DASAR
1.1 Menerima, menanggapi dan
menghargai keragaman dan keunikan karya
seni musik sebagai bentuk rasa
syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1
Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli,
dan santun terhadap karya seni musik dan
pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi
internal, kepedulian terhadap lingkungan
dalam berkarya seni
3.1 Memahami tehnik vocal dalam bernyanyi lagu
secara unisono
4.1 Menyanyikan lagu secara unisono
C. INDIKATOR PEMBELAJARAN
3.1 Menunjukkan
sikap percaya diri, peduli dan bertanggung jawab
1.2 Memahami tehnik vocal dalam
bernyanyi lagu secara unisono
1.3 Menyanyikan lagu secara unisono
D.TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari pokok bahasan ini perserta
didik diharapkan mampu :
4.1.
Mencintai keragaman warisan budaya terutama lagu-lagu dan musik
daerah
4.2.
Memperhatikan kesehatan berkaitan dengan organ manusia,
4.3.
Menyanyikan lagu dengan melatih tehnik vocal dan
4.4.
Menyanyikan lagu daerah sesuai dengan gaya dan isi lagu
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
1
1. Kegiatan Awal
Kegiatan
awal pembelajaran, peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktivitas
berikut:
a)
Mengamati melalui media dan sumber belajar baik berupa bunyi/lagu yang
diperdengarkan, maupun adio visual tentang paduan suara, penyanyi solo dari
berbagai macam jenis dan aliran musik,
b) Menanyakan melalui diskusi baik kelompok kecil, kelompok
besar tentang tehnik
vocal dalam bernyanyi secara
unisono.
1.
Kegiatan inti
Kegiatan
inti pembelajaran, peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktivitas
berikut ini.
a)
Mengeksplorasi pernapasan, pembentukan suara dan
berlatih vocal menyanyikan lagu secara unisono
Mengasosiasi tehnik vocal dan tehnik bermain
alat musik
2.
Kegiatan penutup
Guru dapat
melakukan evaluasi dan refleksi pada setiap pertemuan. Kegiatan evaluasi dan
refleksi menekankan pada tiga aspek yaitu sikap, pengetahuan yang telah
diperoleh, sikap dan materi pembelajaran dan kemampuan psikomotorik dalam praktek menyanyikan lagu secara unisono.
Pada kegitan refleksi peserta didik sdh bisa menyimpulkan, menemukan kesulitan
dan mengatasinya, menemukan keindahan dan keunikan berlatih menyanyi dengan
tehnik vocal ketika bernyanyi dengan unisono
PERTEMUAN 2
(PRAKTEK)
F. MATERI PEMBELAJARAN
1)
Bernyanyi
secara unisono adalah bernyanyi satu suara yaitu menyanyikan melodi satu lagu.
Partitur lagu secara unisono hanya melodi pokok saja. Lagu daerah yang
merupakan warisan budaya dapat dinyanyikan secara unisono
a.
Mengenal
warisan budaya dan menyanyikan lagu daerah secara uisono
Warisan
budaya indonesia beraneka ragam. Lagu daerah merupakan kekayaan dan warian
budaya indonesia. Warisan budaya indonesia yang diakui didunia (
UNESCO ) dikelompokkan menjadi, warisan alam, cagar alam atau situs dan karya
tak benda. Waisan budaya yang telah diakui antara lain : Taman nasional diujun
kulon di Banten, Taman nasional komodo di Nusa tenggara Timur, Taman nasional
Leuser di Aceh, Candi Borobudur, dan Perambanan, situs manusia purba di Sangiran,
wayan kulit. Keris, batik, anggklung, subak di Bali, noken di Papu dan tari
saman di Aceh
Mari kita
peraktekkan bernyanyi lagu daerah sulsel “Anging Mamiri”
1.
Tehnik
vocal dan organ suara manusia
a.
Tehnik
vocal
Bernyanyi
adalah bermusik dengan menggunakan organ suara manusia.
b.
Tehnik
pernapasan
Pernapasan
dalam tehnik vocal dikelompokkan menjadi 3 yaitu
-
Pernapasan
Bahu
-
Pernapasan
Dada
-
Pernapasan
Diafragma
2.
Bernyanyi
dan latihan vocal
Latihan vocal dapat dilakukan
sambil menyanyi, yaitu dengan melakukan eksplorasi lagu model (lagu yang sudah
dikenal). Lagu model tersebut dinyanyikan dengan cara merubah nada dasar secara
berturut-turut naik dan turun
G.METODE PEMBELAJARAN
-
Praktek
-
Penugasan
H.EVALUASI PEMBELAJARAN
-
Penilaian
Kinerja
-
Soal:
Nyanyikan Lagu ANGIN MAMIRI secara unisono
FORMAT:
PENILAIAN KINARJA MENYANYIKAN LAGU SECARA UNISONO
NO
|
ASPEK YG DINILAI
|
SKOR
|
JUMLAH SKOR PEROLEHAN
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
MATERI
|
|
|
|
|
|
2.
|
TEKNIK
|
|
|
|
|
|
3.
|
EKSPRESI
|
|
|
|
|
|
4.
|
PENAMPILAN
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
|
RUBRIK:
1.
MATERI:
4 =
SANGAT INDAH
3 =
INDAH
2 =
CUKUP INDAH
1 =
KURANG INDAH
2. TEKNIK
4 =
JIKA ARTIKULASI, INTONASI, MELODI DAN IRAMA, PERNAFASAN (SEMUANYA BAIK)
3 =
HANYA 3 YANG TERLIHAT DARI 4 YANG DI ATAS
2 =
HANYA 2 YANG TERLIHAT DARI 4 YANG DI ATAS
1 =
HANYA 1 YANG TERLIHAT DARI 4 YANG DI ATAS
3. EKSPRESI
4 = JIKA INTERPRETASI, SIKAP, PENJIWAAN DAN
PENGHAYATAN, DINAMIKA TEMPO DAN WARNA (SEMUA BAIK)
3 =
HANYA 3 YANG TERLIHAT DARI 4 YANG DI ATAS
2 =
HANYA 2 YANG TERLIHAT DARI 4 YANG DI ATAS
1 =
HANYA 1 YANG TERLIHAT DARI 4 YANG DI ATAS
4.
PENAMPILAN
4 =
JIKA GAYA, PENGUASAAN PANGGUNG, BUSANA, DAN KOMUNIKASI DENGAN AUDIENS (SEMUA
BAIK)
3 =
HANYA 3 YANG TERLIHAT DARI 4 YANG DI ATAS
2 =
HANYA 2 YANG TERLIHAT DARI 4 YANG DI ATAS
1
= HANYA 1 YANG TERLIHAT DARI 4 YANG DI ATAS
I.SUMBER BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN
-
Buku Teks : Eko Purnomo, dkk,
Seni Budaya Kelas 7, Kemendikbud, 2013.
-
Buku teks yang sesuai dengan pokok bahasan
-
Video/VCD
(jika ada)
MAKASSAR, JULI 2013
GURU MATA PELAJARAN
ANDI NIMA FADA
terima kasih, sangat membantu..
BalasHapuswww.kiostiket.com