Rabu, 15 Februari 2017

RPP SENI BUDAYA KELAS 8 SEMESTER GENAP (SENI RUPA) TERBARU 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP……
Mata Pelajaran                        : Seni Budaya (Seni Rupa)
Kelas/Semester                        : VIII/Genap
Materi Pokok                          : Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Keras
Alokasi Waktu                        : 4 x Pertemuan (12 Jam Pelajaran)


A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi ini peserta didik diharapkan dapat:
1.      Menjelaskan konsep penerapan ragam hias pada bahan keras.
2.      Mengidentifkasi berbagai jenis karya penerapan ragam hias pada bahan keras.
3.      Mengidentifikasi berbagai bahan dan media berkarya penerapan ragam hias pada bahan keras.
4.      Membuat karya ragam hias pada bahan keras.

B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.3  Memahami  konsep  dan prosedur karya penerapan ragam hias pada bahan keras dengan beragam media dan teknik.







4.3 Membuat karya penerapan
      ragam hias pada bahan keras
      dengan beragam media dan
      teknik
3.3.1  Menjelaskan pengertian penerapan ragam hias pada bahan keras.
3.3.2  Mengidentifikasi berbagai jenis penerapan ragam hias pada bahan keras.
3.3.3  Mengidentifikasi beragam bahan dan media berkarya penerapan ragam hias pada bahan keras.
3.3.4  Mengklasifikasi beragam karya penerapan ragam hias pada bahan keras.

4.3.1  Membuat rencana desain penerapan ragam hias pada bahan keras.
4.3.2 Mewujudkan desain menjadi karya ragam hias pada bahan dengan teknik dan peralatan yang dibawa peserta didik.


C.  MATERI PEMBELAJARAN
Materi pembelajaran berkenaan dengan penjelasan tentang:
1.      Ragam Hias
2.      Alat dan Bahan
3.      Teknik Penerapan Ragam Hias


D. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan           : Saintifik
Model                    : Projec Basic Learning
Metode                  : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Demonstrasi, Penugasan.

E. MEDIA PEMBELAJARAN
1.   Media               : LCD, Multimedia, contoh karya ragam hias bahan  
                          keras, PowerPoint
2.   Alat dan Bahan            : Pahat, palu kayu, kuas, politur, cat kayu/besi, kayu/
                          papan, batu

F. SUMBER BELAJAR
1.   Kemdikbud.2016.Seni Budaya SMP/ MTs Kelas VIII Semester 2 Buku Peserta didik. Kemdikbud RI.Jakarta.
2.   Kemdikbud.2016.Seni Budaya SMP/ MTs Kelas VIII Semester 2 Buku Guru Kemdikbud RI. Jakarta.
3.   Sumber lain yang relevan.


G.  LANGKAH-LANGKAH  PEMBELAJARAN

KEGI
ATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Awal
Kegiatan awal pembelajaran oleh Guru dapat dilakukan melalui aktivitas berikut:
1.      Membuka pembelajaran seni budaya (seni rupa) dengan mengucapkan salam, berdoa bersama, mengabsen dan menanyakan keadaan kelas.
2.      Memberi apersepsi kepada peserta didik berupa menghubungkan materi pelajaran yang lalu dengan pelajaran yang akan dipelajari.
3.      Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dalam dan manfaat kehidupan sehari-hari
4.      Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan
5.      Menjelaskan tentang tujuan pembelajaran seni rupa, yakni berkarya penerapan ragam hias pada bahan keras. berdasarkan hasil eksplorasi peserta didik masing-masing.


15  menit
Kegiatan Inti

Kegiatan inti pembelajaran oleh guru dapat dilakukan melalui aktivitas berikut:
Pertemuan 1
1.  Mengamati
a.       Peserta didik melihat karya penerapan ragam hias pada bahan keras melalui tayangan atau melalui media lain yang telah disiapkan guru
b.      Peserta didik membaca buku tentang konsep, jenis, bahan dan media berkarya penerapan ragam hias pada bahan keras.
2.  Menanya
a)      Peserta didik menanyakan berbagai hal tentang berkarya penerapan ragam hias pada bahan keras
3. Mengeksplorasi
a.       Peserta didik mencari literatur dari berbagai sumber mengenai konsep dan prosedur karya penerapan ragam hias pada bahan keras dengan beragam media dan teknik.
b.      Peserta didik mengerjakan LK yang diberikan secara perorangan maupun berkelompok.

4. Mengasosiasi
a.       Peserta didik menghimpun dan membuat laporan tentang berbagai konsep dan prosedur karya penerapan ragam hias pada bahan keras dengan beragam media dan teknik dari berbagai sumber.dalam bentuk klipping
b.      Peserta didik membandingkan konsep dan prosedur konsep dan prosedur karya penerapan ragam hias pada bahan keras dengan beragam media dan teknik berdasarkan diskusi dengan kelompoknya


90  menit




Pertemuan 2
Mengomunikasikan
a.       Peserta didik menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
b.      Peserta didik mempresentasikan secara lisan atau tulisan mengenai tugas/kliping karya yang dikerjakan


90  menit

Pertemuan 3
    Mencipta
Peserta didik membuat perencanaan dan gambar disain yang akan dikerjakan (pada pertemuan selanjutnya) berdasarkan salah satu teknik dalam berkarya penerapan ragam hias pada bahan keras.


90  menit



Pertemuan 4
    Mencipta
Peserta didik mewujudkan desain yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya menjadi sebuah karya seni rupa/ penerapan ragam hias pada bahan keras dengan menggunakan peralatan dan bahan yang disediakan peserta didik masing-masing.


90  menit

Kegiatan penutup
Kegiatan penutup pembelajaran oleh guru dan peserta didik dengan melakukan aktivitas berikut:
1.      Guru dan peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran
2.      Guru dan peserta didik  melaksanakan evaluasi/refleksi pembelajaran
3.      Guru memberi tindak lanjut dengan menugaskan peserta didik
4.      Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
5.      Menutup pembelajaran


15 menit

F. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.    Teknik penilaian:
a.    Sikap              : Bentuk jurnal ( dipergunakan untuk mencatat perilaku luar biasa,
                             yakni perilaku positif atau negatif  peserta didik)
b. Pengetahuan    : Tes lisan (uraian) dan tes tertulis
c.  Keterampilan  : Tes kinerja/tes praktik
2.    Instrumen Penilaian dan pedoman penskoran (terlampir)


Mengetahui :                                                               Makassar,   3 Januari 2017
Kepala Sekolah,                                                          Guru Mata Pelajaran,





…………………………..                                          …………………………
NIP.                                                                            NIP.












LAMPIRAN - LAMPIRAN

1.     Penilaian Sikap

No
Waktu
Nama
Peserta didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ket.
1





2





3





4





Dst







2.    Penilaian Pengetahuan

a.                Kisi-Kisi Penilaian Pengetahuan
No.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
Jumlah Soal
1
3.3  Memahami  konsep  dan prosedur karya Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Keras dengan beragam media dan teknik.


Pengertian Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Keras.

Jenis-jenis Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Keras.
3.       
4.      Bahan dan media berkarya Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Keras.

Teknik berkarya Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Keras
1.      Menyebutkan pengertian Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Keras.
2.      Mengidentifikasi Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Keras.
3.      Mendeskripsikan bahan, media, dan teknik berkarya Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Keras.
Jawaban singkat



1





1




1


b.             Contoh Butir Soal
Indikator Soal
Bentuk Soal
Contoh Soal
1.      Menyebutkan pengertian Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Keras.
Jawaban singkat


Tuliskan pengertian Ragam Hias Pada Bahan Keras.
Jawaban: motif, ornamen yang diterapkan pada bahan keras seperti kayu, batu, logam
2.      Mengidentifikasi jenis-jenis Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Keras.

Jawaban Singkat
Sebutkan jenis-jenis Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Keras berdasarkan teknik pembuatannya.
Jawaban:
1.      Teknik pahat
2.      Ukir
3.      Teknik sambung las
4.      Dll
3. Mendeskripsikan bahan, media, dan teknik berkarya Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Keras.
Jawaban singkat / Uraian singkat
- Sebutkan bahan dan alat dalam membuat/menerapkan ragam hias pada bahan kayu
Jawaban :
-pahat kayu, palu, gergaji, amplas, cat kayu dll


3.    Penilaian Keterampilan
No.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
Jumlah Soal
1
4.3 Membuat karya Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Keras dengan beragam media dan teknik
Berkarya Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Keras
Peserta didik dapat berkarya grafis dengan teknik dan bahan yang disediakan sendiri.
Tes Kinerja/Praktik



Contoh Instrumen Tes Kinerja/Paktik
Soal:
Buatlah karya desain Ragam Hias  yang akan diterapkan  Pada Bahan Keras dengan ketentuan sebagai berikut:
Objek                   : motif/ragam hias bebas
Media                  : kertas gambar A3
Waktu                  : 120 menit

Rubrik Penilaian:
No.
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor
5
4
3
2
1
1
Ide / gagasan






2
Ketepatan Prosedur Kerja






3
Penguasaan teknik






4
Finishing/hasil






Jumlah

* Skor maksimum 20

Nilai =
Skor Perolehan
X 100
Skor Maksimum





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                : SMP…..
Matap Pelajaran                     : Seni Budaya (Seni Rupa)
Kelas/Semester                      : VIII/Genap
Materi Pokok                         : Tapestri
Alokasi Waktu                       : 4 x Pertemuan (12 jam pelajaran)


A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi ini peserta didik diharapkan dapat:
1. Menjelaskan pengertian teknik Tapestri.
2.   Mengidentifkasi setiap jenis karya tekstil teknik Tapestri.
3.   Menjelaskan prinsip-prinsip pembuatan Tapestri.
4.   Membuat karya Tapestri

B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.4. Memahami  konsep  dan prosedur karya Tapestri dengan beragam media dan teknik.



4.4.  Membuat karya Tapestri dengan beragam Bahan dan teknik
3.4.1  Menjelaskan pengertian Tapestri.
3.4.2  Mengidentifikasi berbagai jenis Tapestri.
3.4.3  Mengidentifikasi beragam bahan dan media berkarya Tapestri.
3.4.4  Mengklasifikasi beragam karya Tapestri secara manual.

4.4.1 Membuat rencana desain Tapestri
4.4.2 Mewujudkan desain menjadi karya grafis dengan teknik dan peralatan yang dibawa peserta didik.


C.  MATERI PEMBELAJARAN
Materi pembelajaran berkenaan dengan penjelasan tentang:
1.      Pengertian Tapestri.
2.      Jenis-jenis Tapestri.
3.      Bahan dan media berkarya Tapestri.
4.      Teknik berkarya Tapestri.

D. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan           : Saintifik
Model                    : Project Basic Learning 
Metode                  : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Demonstrasi, Penugasan.

E. MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Media                          : LCD, Multimedia PowerPoint, contoh karya Tapestri
2.      Alat dan Bahan           : Bentangan (spanram), gunting, sisir, paku penggulung,
                                      benang wol, kain perca, bambu dan manik-manik.

F. SUMBER BELAJAR
4.      Kemdikbud.2016.Seni Budaya SMP/ MTs Kelas VIII Semester. 2 Buku Peserta didik. Kemdikbud RI.Jakarta.
5.      Kemdikbud.2016.Seni Budaya SMP/ MTs Kelas VIII Semester. 2 Buku Guru Kemdikbud RI. Jakarta.
6.      Sumber lain yang relevan.


G.  LANGKAH-LANGKAH  PEMBELAJARAN

KEGI
ATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Awal
Kegiatan awal pembelajaran oleh guru dapat dilakukan melalui aktivitas berikut:
1.      Guru membuka pembelajaran seni budaya ( seni rupa) dengan mengucapkan salam, mengabsen dan menanyakan keadaaan kelas.
2.      Guru memberi apersepsi kepada peserta didik berupa menghubungkan materi pelajaran yang lalu dengan pelajaran yang akan dipelajari.
3.      Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran seni rupa, yakni berkarya Tapestri berdasarkan hasil eksplorasi peserta didik masing-masing.

15  menit
Kegiatan Inti

Kegiatan inti pembelajaran oleh guru dapat dilakukan melalui aktivitas berikut:
Pertemuan 1
1.  Mengamati
a.       Peserta didik melihat karya Tapestri melalui tayangan atau melalui media lain yang telah disiapkan guru
b.      Peserta didik membaca buku tentang konsep, jenis, bahan dan media berkarya Tapestri.
2.  Menanya
a).  Peserta didik menanyakan berbagai hal tentang
      berkarya Tapestri.
3. Mengeksplorasi
a.       Peserta didik mencari literatur dari berbagai sumber mengenai konsep dan prosedur karya Tapestri dengan beragam media dan teknik.
b.      Peserta didik mengerjakan LK yang diberikan secara perorangan maupun berkelompok.
4. Mengasosiasi
a.       Peserta didik menghimpun dan membuat laporan tentang berbagai konsep dan prosedur karya Tapestri dengan beragam media dan teknik dari berbagai sumber.
b.      Peserta didik membandingkan konsep dan prosedur konsep dan prosedur karya Tapestri dengan beragam media dan teknik berdasarkan diskusi dengan kelompoknya


90  menit




Pertemuan 2
     Mengomunikasikan
a.       Peserta didik menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
b.      Peserta didik mempresentasikan secara lisan atau tulisan mengenai tugas/klipping karya yang dikerjakan


90  menit

Pertemuan 3
    Mencipta
Peserta didik membuat perencanaan dan gambar disain ragam hias yang akan dikerjakan (pada pertemuan selanjutnya) berdasarkan salah satu teknik dalam berkarya Tapestri.


90  menit



Pertemuan 4
    Mencipta
Peserta didik mewujudkan desain yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya menjadi sebuah karya seni rupa/Tapestri dengan menggunakan peralatan dan bahan yang disediakan peserta didik masing-masing.


90  menit

Kegiatan penutup
Kegiatan penutup pembelajaran oleh guru dan peserta didik dengan melakukan aktivitas berikut:
1.      Guru dan peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran
2.      Guru dan peserta didik  melaksanakan evaluasi/refleksi pembelajaran
3.      Guru memberi tindak lanjut dengan menugaskan peserta didik
4.      Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
5.      Menutup pembelajaran dengan berdoa bersama


15 menit

F. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.        Teknik penilaian:
a.       Sikap               : Bentuk jurnal ( dipergunakan untuk mencatat perilaku
                          luar biasa, yakni perilaku positif atau negatif  peserta
                          didik)
b.    Pengetahuan     : Tes lisan (uraian) dan tes tertulis
c.    Keterampilan    : Tes kinerja/tes praktik


2.      Instrumen penilaian dan pedoman penskoran (terlampir)


Mengetahui :                                                                 Makassar,   3 Januari 2017
Kepala Sekolah,                                                            Guru Mata Pelajaran,





…………………………..                                          ……………………………
NIP.                                                                            NIP.

































LAMPIRAN - LAMPIRAN

1.     Penilaian Sikap
No
Hari/Tgl
Nama
Peserta didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ket.
1





2





3





4





Dst






2.    Penilaian Pengetahuan
  Kisi-Kisi Penilaian Pengetahuan
No.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
Jumlah Soal
1
3.4  Memahami  konsep  dan prosedur karya Tapestri dengan beragam media dan teknik.


Pengertian Tapestri.

Jenis-jenis Tapestri.
5.       
6.      Bahan dan media berkarya Tapestri.

Teknik berkarya Tapestri
4.      Menyebutkan pengertian Tapestri.
5.      Mengidentifikasi jenis-jenis Tapestri.
6.      Mendeskripsikan bahan, media, dan teknik berkarya Tapestri.
Jawaban singkat


Isian singkat


Uraian


c.              Contoh Butir Soal
Indikator Soal
Bentuk Soal
Contoh Soal
1.      Menyebutkan pengertian Tapestri.
Jawaban singkat


Tuliskan pengertian Tapestri.
jawaban: karya Seni rupa yang pembuatannya teknik pilin, anyam, ikat dll
2.      Mengidentifikasi jenis-jenis Tapestri.

Jawaban Singkat
Sebutkan jenis-jenis Tapestri
Jawaban:
1.      Tapestri sederhana
3. Mendeskripsikan bahan, media, dan teknik berkarya Tapestri.
Jawaban singkat / Uraian singkat
- Sebutkan bahan dan alat membuat tapestri
Jawaban:  
-benang
-gunting
-jarum dll

3.    Penilaian Keterampilan
No.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
Jumlah Soal
1
4.4 Membuat karya Tapestri dengan beragam media dan teknik
Berkarya Tapestri
Peserta didik dapat berkarya tapestri dengan teknik dan bahan yang disediakan sendiri.
Tes Kinerja/Praktik


Contoh Instrumen Tes Kinerja/Paktik
Soal:
Buatlah desain karya Tapestri dengan ketentuan sebagai berikut:
Objek                   : bebas
Media                  : kertas gambar A3
Waktu                  : 120 menit


Rubrik Penilaian:
No.
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor
5
4
3
2
1
1
Ide / gagasan






2
Ketepatan Prosedur Kerja






3
Penguasaan teknik






4
Finishing/hasil






Jumlah

* Skor maksimum 20

Nilai =
Skor Perolehan
X 100
Skor Maksimum


Tidak ada komentar:

Posting Komentar