Sabtu, 05 Oktober 2013

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR SENI BUDAYA SMP DAN MTs KELAS VII KURIKULUM 2013




SENI RUPA
KELAS: VII

KOMPETENSI INTI
 KOMPETENSI DASAR
1.  Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
1.1.  Menerima, menanggapi dan menghargai  keragaman  dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.  Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal,  toleransi,  pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.1   Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian 
2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun  terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3   Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni

3.  Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
3.1.    Memahami  konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam
3.2.    Memahami   konsep dan prosedur   menggambar gubahan flora dan fauna serta geometrik menjadi ragam hias
3.3.    Memahami    konsep dan prosedur  penerapan ragam hias pada  bahan tekstil
3.4.    Memahami   konsep  dan prosedur penerapan ragam hias pada bahan kayu

4.  Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
4.1.   Menggambar flora, fauna dan benda alam
4.2.   Menggambar gubahan flora dan fauna serta geometrik menjadi ragam hias
4.3.   Menerapkan ragam hias pada  bahan tekstil
4.4.   Menerapkan ragam hias pada bahan kayu






SENI MUSIK
KELAS: VII

KOMPETENSI INTI
 KOMPETENSI DASAR
1.   Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
1.1. Menerima, menanggapi dan menghargai  keragaman  dan keunikan  musik sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.   Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal,  toleransi,  pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.1    Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin,melalui aktivitas berkesenian
2.2    Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun  terhadap karya musik, dan penciptanya serta  arangernya
2.3    Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni

3.   Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
3.1.  Memahami  teknik vokal dalam bernyanyi lagu secara unisono 
3.2.  Memahami  teknik vokal  dalam bernyanyi  lagu secara vokal group
3.3.  Memahami  teknik bermain  musik sederhana secara perorangan dan kelompok
3.4.  Memahami  teknik  bermain musik ansambel sederhana

4.   Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
4.1.    Menyanyikan lagu secara unisono 
4.2.    Menyanyikan lagu secara vokal group
4.3.    Memainkan instrumen musik sederhana secara perorangan dan kelompok
4.4.    Memainkan musik ansambel sederhana








SENI TARI
KELAS : VII

KOMPETENSI INTI
 KOMPETENSI DASAR
  1. Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
1.1. Menerima, menanggapi dan menghargai  keragaman  dan keunikan karya seni tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
  1. Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal,  toleransi,  pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.1   Menunjukkan sikap  menghargai, jujur,disiplin,melalui aktivitas berkesenian
2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun  terhadap karya seni tari dan koreografernya
2.3    Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni

  1. Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
3.1.     Memahami  gerak tari berdasarkan unsur  ruang waktu dan tenaga
3.2.     Memahami   gerak tari  berdasarkan ruang waktu dan tenaga sesuai iringan
3.3.     Memahami   gerak tari sesuai dengan level dan pola lantai
3.4.     Memahami  gerak tari   sesuai level, dan pola lantai  sesuai iringan

  1. Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
4.1.     Melakukan   gerak tari berdasarkan unsur  ruang waktu dan tenaga
4.2.     Memperagakan  gerak tari  berdasarkan ruang waktu dan tenaga sesuai iringan
4.3.     Melakukan    gerak tari dengan menggunakan level dan pola lantai
4.4.     Memperagakan  gerak tari   berdasarkan level, dan pola lantai  sesuai iringan



SENI TEATER
KELAS : VII

KOMPETENSI INTI
 KOMPETENSI DASAR
  1. Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
1.1. Menerima, menanggapi dan menghargai  keragaman  dan keunikan seni  teater sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
  1. Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal,  toleransi,  pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.1   Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin,melalui aktivitas berkesenian 
2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun  terhadap  naskah drama, pertunjukan teater, pemain dan pembuatnya
2.3   Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
  1. Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
3.1.   Memahami  teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa .
3.2.   Memahami teknik penyusunan, konsep dan  naskah  drama.
3.3.   Memahami rancangan teknik  pementasan
3.4.   Memahami teknik menampilkan pertunjukkan teater
  1. Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
4.1.    Menerapkan teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa yang mengacu pada sumber alam sekitar sebagai inspirasi.
4.2.    Membuat  konsep /naskah  drama yang berkaitan dengan tema alam.
4.3.    Merancang pementasan dan menerapkan prinsip kerjasama dalam   berteater
4.4.    Menampilkan pertunjukkan teater




Tidak ada komentar:

Posting Komentar