Minggu, 22 November 2015

CONTOH RPP SENI BUDAYA (MUSIK) SMP KLS IX TERBARU 2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 1)


Sekolah                           : SMP NEGERI 2 MAKASSAR
Mata Pelajaran                   : SENI BUDAYA/SENI MUSIK
Materi                              : MENGUBAH LAGU MODERN SECARA UNISONO
Kelas / Semester                : IX / GANJIL
Alokasi Waktu                    : 6 Jam Pelajaran (2 Pertemuan)
KKM KD                            : 2,67
Tahun Pelajaran                 : 2015/2016
                             







A.             KOMPETENSI INTI (KI)
KOMPETENSI INTI
1.       Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.       Menghargai, dan menghayatiperilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal, toleransi gotong royong, kerjasama, cinta damai  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.       Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
4.       Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang)  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.


B.             Kompetensi Dasar
KI
Kompetensi Dasar
1.             
1.1.    Menerima, menanggapi, dan menghargai keragaman dan keunikan musik modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.             
2.1   Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas   berkesenian 
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun   terhadap karya musik dan penciptaannya serta anugrahnya
2.3 Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.             
3.1      Memahami   cara mengubah musik modern secara unison atau perorangan
4.             
4.1   Mengubah musik modern secara unison

C.             Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1     Menerima keragaman dan keunikan Mengubah musik modern secara unison sebagai bentuk rasa syukur anugerah Tuhan
1.1.2     Menanggapi keragaman dan keunikan Mengubah musik modern secara unison sebagai bentuk rasa syukur anugerah Tuhan
1.1.3     Menghargai keragaman dan keunikan Mengubah musik modern secara unison sebagai bentuk rasa syukur anugerah Tuhan
2.1.1   Menghargai orang lain dalam melalui aktivitas  berkesenian 
2.1.1     Bersikap jujur dalam Memahami   konsep  dan prosedur Mengubah musik modern secara unison
2.1.2     Bersikap disiplin terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1.1     Menceritakan jenis-jenis musik modern yang berkembang di Indonesia
3.1.2     Menyebutkan musisi, penyanyi dan hasil karya lagu modern Indonesia
3.1.3     Menjelaskan konsep lagu unison
3.1.4     Mengubah lagu lmodern secara unison
3.1.5     Menunjukkan hasil mengubah lagu lmodern secara unison
4.1.1     Menerapkan Salah satu Teknik yang digunakan mengubah lagu lmodern secara unisono
4.1.2      Berkarya dengan Salah satu Teknik mengubah lagu lmodern secara unisono

D.        Materi Pembelajaran
1.        MATERI PEMBELAJARAN REGULER
Menggubah Lagu Modern Secara Unisono
A.      Lagu Modern Indonesia
Musik modern seringkali diartikan sebagai musik yang berkembang dan populer di kalangan masyarakat luas saat ini. Musik modern itu diidentikkan dengan ditambahkannya sentuhan teknologi dan penggunaan alat musik yang modern untuk mengiringi sebuah lagu. Alat musik modern yang digunakan untuk mempermudah musisi dalam berkarya. Alat musik modern yang sering digunakan adalah keyboard, karena memiliki efek suara dan iringan yang beragam.
Jenis musik populer yang berkembang saat ini adalah musik-musik yang mudah dipahami. Komposisi lagu biasanya lebih sederhana dan lebih banyak menyajikan tema sehari-hari yang ekspresif.
1. Jenis-jenis musik modern yang berkembang di Indonesia
Dalam era globalisasi pengaruh musik barat mudah sekali masuk ke Indonesia. Pengaruh tersebut dapat dilihat dalam karya musik atau lagu-lagu yang pada akhirnya berkembang di kalangan musisi dan pencinta musik di Indonesia. Pengaruh musik barat tersebutlah yang kemudian melahirkan jenis-jenis musik di Indonesia. Jenis-jenis musik itu antara lain:
a. Pop
Musik popular atau yang biasa disebut musik pop sangat berkembang dan memiliki banyak pendengar di Indonesia. Lagulagu pop yang berkembang di Indonesia memiliki ciri yaitu penggunaan ritmik yang bebas, dengan penggunaan alat musik yang sederhana. Lagu-lagunya pun mudah dicerna karena tema yang disajikan biasanya seputar kehidupan yang terjadi sehari-hari.
b. Rock
Musik rock merupakan salah satu jenis aliran musik yang memiliki keterkaitan dengan musik pop. Ciri dari musik rock adalah digunakannya alat musik yang dominan seperti gitar dan amplifier yang menghasilkan suara yang variatif dan menimbulkan suara yang keras.
c. Jazz
Musik jazz di Indonesia berkembang cukup baik dan memiliki penggemarnya sendiri. Akan tetapi, penyajian musik jazz masih terbilang jarang karena masih sangat terbatasnya tempat- tempat yang sering menampilkan lagu-lagu jazz. Musik jazz dan biasanya ditampilkan di tempat yang sering dikunjungi masyarakat menengah ke atas, misalnya kafe atau lounge. Musik jazz ini kental dengan improvisasi yang berani mengubah progress akor yang berulang dari sebuah lagu. Dalam musik jazz, lagu yang aslinya masih datar, kemudian diubah menjadi lebih ekspresif sesuai keinginan penyanyinya.
d. Dangdut
Musik dangdut memiliki pendengar yang tidak sedikit di Indonesia. Masyarakat di daerah-daerah sangat terbiasa mendengarkan musik dangdut sebagai salah satu kegemaran dalam mengekspresikan perasaannya. Penggunaan alat musik tambahan seperti kendang, dan seruling dengan pola irama yang juga mudah dipahami.
2. Musisi, penyanyi, dan hasil karya lagu modern di Indonesia
Dari sekian banyaknya musisi dan penyanyi yang masih aktif berkarya di dunia musik Indonesia, ada beberapa musisi dan penyanyi yang rutin mengeluarkan album atau single lagu setiap tahunnya bahkan lebih cepat dari itu. Tetapi, ada juga musisi dan penyanyi yang jarang mengeluarkan album atau single. Para musisi atau penyanyi tersebut lebih banyak bergelut di belakang layar, misalnya sebagai produser atau pencipta lagu. Nama mereka kadangkala justru tidak lebih dikenal dibandingkan penyanyi atau musisi yang membawakan dan mempopulerkan lagu tersebut.
B.      lagu unisono
Unisono merupakan kegiatan bernyanyi dengan menggunakan satu suara. Unisono atau lagu dengan satu suara ini biasanya diciptakan oleh penciptanya dalam pola sederhana. Lagu unisono ini dapat disajikan secara kelompok. Dalam sebuah lagu unisono terdapat dua hal yang dapat kita pelajari untuk dapat memberikan gambaran tentang ciri lagu unisono.

1. Melodi utama
Lagu unisono terdiri dari satu melodi utama. Melodi merupakan rangkaian dari nada-nada yang telah dipilih untuk mewakili keinginan pencipta lagunya agar sesuai dengan tema dan makna lagu tersebut. Solmisasi tangga nada terdiri dari Do - Re - Mi - Fa - Sol - La - Si - Do yang dalam tangga nada natural dituliskan sebagai berikut:
 




 Sumber: Dokumen Kemdikbud
Gambar 3.1 Solmisasi tangga nada Do=C

Nyanyikanlah solmisasi tangga nada dengan tepat, kemudian buatlah susunan nada yang variatif berdasarkan keinginan sendiri. Pilihlah nada-nada yang mudah untuk dinyanyikan misalnya nada yang jaraknya tidak terlalu jauh contoh dari Do ke Mi kemudian Fa lalu melangkah ke Re. Nyanyian ini dapat dibantu dengan alat musik piano atau keyboard. Tanpa kita sadari susunan nada yang telah dibuat tersebut akan menjadi sebuah rangkaian melodi baru yang dapat menjadi karya baru.

2. Lirik
Berdasarkan contoh notasi musik lagu Bunda, hal lain yang muncul dalam lagu unisono adalah lirik lagu. Lirik lagu dapat dibuat sebelum atau setelah membuat melodi lagu. Ada pencipta lagu yang dapat dengan mudah membuat lirik kemudian diberi nada pada setiap suku katanya. Ada juga pencipta lagu yang membuat rangkaian nada terlebih dahulu kemudian baru memasukkan kata yang tepat dengan melodi tersebut. Lirik dan melodi lagu harus berkaitan dengan tema dan suasana lagu yang ingin dibuat oleh penciptanya. Lirik lagu biasanya terdiri dari satu nada untuk satu suku kata, ada juga yang satu suku kata dituliskan di beberapa not.
 







Sumber: Dokumen Kemdikbud
Gambar 3.3 Contoh penulisan lirik lagu pada melodi lagu

  1. Latihan Menggubah Lagu Modern secara Unisono
Menggubah lagu modern secara unisono dapat dilakukan dengan tahapan berikut ini:

1. Tema lagu
Tahapan pertama dalam menggubah lagu modern secara unisono adalah menentukan tema yang akan menjadi garis besar dari isi lagu yang akan dibuat. Tema dapat disesuaikan dengan keinginan atau suasana hati kita agar lebih mudah mengembangkannya nanti ke dalam tahap-tahap selanjutnya.

2. Menentukan birama
Sebelum menotasikan melodi lagu yang akan dibuat ke dalam garis paranada, kita harus memilih birama yang akan menjadi patokan dari irama lagu untuk tiap barnya. Mulailah dengan birama yang banyak digunakan dalam musik modern yaitu birama 4/4. Birama 4/4 ini memiliki makna bahwa dalam setiap birama terdiri dari 4 ketuk dan 1 ketuknya not seperempat. Penentuan birama ini akan memudahkan kita memiliki gambaran tentang pola irama yang akan kita buat berikutnya.


3. Membuat ritmik lagu
Setelah selesai menentukan birama yang akan digunakan, mulailah dengan merangkai ritmik yang akan menjadi pondasi penempatan notasinya. Membuat ritmik lagu bisa dilakukan dengan bertepuk tangan sesuai dengan irama yang diinginkan kemudian tuliskan dalam garis paranada sesuai nilai not yang digunakan.
 
 4.    Melodi lagu
Membuat melodi lagu dapat dimulai dengan memilih nada yang diinginkan sesuai dengan tema dan suasana yang diinginkan. Kegiatan ini dapat dibantu dengan menggunakan alat musik misalnya pianika atau piano atau alat musik melodis lainnya. Untuk pencipta lagu pemula cukup menggunakan nada dasar natural yaitu Do=C. Jalannya melodi ini berada sejalan dengan ritmik yang sudah ditentukan di atas, artinya melodi yang dibuat harus pas dengan ritmiknya secara hitungan dan nilai notnya. 

5. Lirik lagu
Lirik dalam sebuah lagu berfungsi sebagai penjelas makna lagu yang disampaikan. Melalui lirik lagu inilah sebuah lagu akan terasa lebih mudah menyentuh perasaan seseorang bahkan yang baru mendengarkannya satu kali. Pembuatan lirik lagu ini harus dapat menguraikan tema lagu dengan baik. gunakan Pembuatan lirik lagu harus menggunakan kata yang sopan namun dapat mewakili perasaan hati. Setelah penjelasan langkah-langkah dalam menggubah lagu modern secara unisono tersebut, buatlah tahapan serupa dan mulailah tuangkan ide kalian untuk menggubah sebuah lagu modern yang dinotasikan!


2.       MATERI PEMBELAJARAN REMIDIAL
( Cantumkan materi pembelajaran yang diprediksi guru merupakan materi yg sulit bagi peserta didik, jangan lupa mencantumkan format penilaian untuk materi pembelaran remedial).

3.      MATERI PEMBELAJARAN PENGAYAAN
( Cantumkan materi pembelajaran yang menarik bagi siswa untuk dikembangkan lebih jauh/pendalaman materi. Dapat dilaksanakan berkelompok atau individu sesuai kebutuhan peserta didik)


E.       Kegiatan Pembelajaran
  1. Pertemuan Pertama:   3 JP
Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan


Discovery learning


a.     Apersepsi
Memberi salam, berdoa dan absensi
b.      Motivasi
Membangkitkan motivasi peserta didik
c.       Pemberian acuan
Pemaparan indikator pencapaian dan tujuan pembelajaran :
4.    Menceritakan jenis-jenis musik modern yang berkembang di Indonesia
5.    Menyebutkan musisi, penyanyi dan hasil karya lagu modern Indonesia
6.    Menjelaskan konsep lagu unison
d.      Membagi Peserta Didik di dalam  kelompok kecil yang terdiri dari 5-6 orang
10 menit
Kegiatan Inti

1.    Stimulation
(simulasi / pemberi
an rangsangan)



Mengamati
Guru menayangkan / memperlihatkan contoh-contoh lagu-lagu yang terkenal dan berkembang di Indonesia melalui radio, CD atau TV sehingga mendapatkan gambaran lagu modern seperti apa yang sedang
berkembang saat ini. (Pada
saat pengamatan guru dapat memberi motivasi sehingga timbul rasa keingintahuan peserta didik, misalnya dengan memberikan pertanyaan tentang apa yang dilihat, didengar, dirasakan, diingat atau apa yang diketahui lebih jauh tentang lagu yang diperlihatkan.

100 menit
2.    Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)

Menanya
-          Guru memotivasi peserta didik untuk bertanya dan meminta  komentar tentang lagu yang diamatinya
-          Peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya tentang lagu yang diamatinya
Kegiatan Inti

3.    Data collection (pengumpulan data)
Mengumpulkan informasi/mencoba
-          Peserta didik dimotivasi dan difasilitasi untuk mengumpulkan informasi tentang lagu-lagu modern
-          Peserta didik mengeksplorasi dengan mencoba menggubah sebuah lagu sederhana sesuai dengan langkah-langkah yang dijelaskan oleh guru dan langsung menotasikannya ke dalam not balok.

4.    Data processing     ( pengolahan data)

Menalar/mengasosiasi
-          Peserta didik dimotivasi dan difasilitasi untuk  mengolah data tentang lagu-lagu modern
5.    Verification (pembuktian)
Generalization
(menarik kesimpulan /generalisasi)
Mengomunikasikan
 Peserta didik mengomunikasikan dengan menyanyikan hasil gubahan lagu sederhananya di depan kelas.
Kegiatan Penutup

-          Peserta didik dan guru menyimpulkan hasil diskusi
-          Berdoa
-          Salam

10 menit

2.       Pertemuan kedua  (3 JP)
Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan







Discovery learning












1.    Stimulation             (simulasi/ pemberian rangsangan)









2.    Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)




3.    Data collection (pengumpulan data)






4.    Data processing
 ( pengolahan data)



5.    Verification (pembuktian)
Generalization (menarik kesimpulan /generalisasi)
a.    Apersepsi
Memberi salam, berdoa dan absensi
b.    Motivasi
Membangkitkan motivasi peserta didik
c.     Pemberian acuan
Pemaparan indikator pencapaian dan tujuan pembelajaran :
1.                Mengubah lagu lmodern secara unison
2.         Menunjukkan hasil mengubah lagu lmodern secara unisono
a.       Membagi Peserta Didik di dalam  kelompok kecil yang terdiri dari 5-6 orang

Mengamati
Guru menayangkan / memperlihatkan contoh-contoh lagu-lagu yang terkenal dan berkembang di Indonesia melalui radio, CD atau TV sehingga mendapatkan gambaran lagu modern seperti apa yang sedang
berkembang saat ini. (Pada
saat pengamatan guru dapat memberi motivasi sehingga timbul rasa keingintahuan peserta didik, misalnya dengan memberikan pertanyaan tentang apa yang dilihat, didengar, dirasakan, diingat atau apa yang diketahui lebih jauh tentang lagu yang diperlihatkan.

Menanya
-          Guru memotivasi peserta didik untuk bertanya dan meminta  komentar tentang lagu yang diamatinya
-          Peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya tentang lagu yang diamatinya

Mengumpulkan informasi/mencoba
-          Peserta didik dimotivasi dan difasilitasi untuk mengumpulkan informasi tentang lagu-lagu modern
-          Peserta didik mengeksplorasi dengan mencoba menggubah sebuah lagu sederhana sesuai dengan langkah-langkah yang dijelaskan oleh guru dan langsung menotasikannya ke dalam not balok.

Menalar/mengasosiasi
-          Peserta didik dimotifasi dan difasilitasi untuk  mengolah data tentang lagu-lagu modern

Mengomunikasikan
 Peserta didik mengomunikasikan dengan menyanyikan hasil gubahan lagu sederhananya di depan kelas.

 10
menit
Kegiatan Inti


100 menit
Kegiatan Penutup
-          Peserta didik dan guru menyimpulkan hasil diskusi
-          Berdoa
-          Salam

10 menit


3.       Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.                                                                             Teknik penilaian
a.    Tes praktek
b.    Unjuk kerja
c.     Produk
2.                                                                             Instrumen penilaian  :

Penilaian pribadi

Nama peserta didik    :
Kelas                          :
Semester                   :
Waktu Penilaian         :

NO
Pernyataan
Ya
Tidak
1
Saya berusaha mengetahui lagu termasuk musik modern di Indonesia dan ciri khasnya masing-masing dengan sungguh-sungguh


2
Saya berusaha mengklasifikasi lagu dan musisi yang saya dengarkan sesuai jenis musiknya dengan sungguhsungguh


3
Saya berusaha memahami kriteria lagu unisono dengan
sungguh-sungguh


4
Saya berusaha memahami tahapan dalam menggubah
lagu dengan sungguh-sungguh


5
Saya berusaha menuangkan ide dan perasaan saya dalam
menentukan tema lagu yang akan saya gubah dengan
sungguh-sungguh


6
Saya berusaha berlatih menggubah lagu secara utuh
dengan sungguh-sungguh





Penilaian antar teman

Nama peserta didik    :………………………………..
Nama Penilai            :………………………………..
Kelas                          :………………………………..
Semester                   :……………………………….
Waktu  Penilaian        :………………………………..


NO
Pernyataan
Ya
Tidak
1
Berusaha belajar dengan sungguh-sungguh dalam
memahami lagu modern unisono yang berkembang di
Indonesia


2
Mengikuti pembelajaran dengan penuh perhatian sehingga
dapat menggubah lagu modern


3
Mengerjakan tugas yang diberikan guru tepat waktu


4
Mengajukan pertanyaan jika ada yang tidak dipahami pada
pembelajaran lagu modern unison


5
Berperan aktif dalam bekerjasama membantu kesulitan
teman dalam menggubah lagu modern unison


6
Menghargai kreatifitas menggubah lagu modern unisono











Jurnal

Mata Pelajaran        : Seni Budaya
Kelas/Semester       : IX
Kompetensi Dasar  : 3.1. Memahami   cara mengubah musik modern secara unison atau perorangan
                                                     4.1. Mengubah musik modern secara unison
Topik/ subtopik       : 

No
Nama
Hari/Tanggal
Kejadian
Keterangan















                                                                                 

Interaksi orang tua
No
Pernyataan
Ya
Tidak
1
Saya berusaha mengetahui lagu yang termasuk ke dalam musik modern di Indonesia dan ciri-cirinya masing-masing dengan sungguh-sungguh


2
Saya berusaha mengklasifikasi lagu dan musisi yang saya dengarkan sesuai jenis musiknya dengan sungguh-sungguh


3
Saya berusaha memahami kriteria lagu unison dengan sungguh-sungguh


4
Saya berusaha memahami tahapan dalam menggubah lagu dengan sungguh-sungguh


5
Saya berusaha menuangkan ide dan perasaan saya dalam menentukan tema lagu yang akan saya gubah dengan sungguh-sungguh


6
Saya berusaha berlatih menggubah lagu secara utuh
dengan sungguh-sungguh




Nama Orang Tua                                                                                               Nama Siswa


(                               )                                                               (                       )


Penugasan
Mata Pelajaran        : Seni Budaya
Kelas/Semester       : IX
Kompetensi Dasar  : 3.1. Memahami   cara mengubah musik modern secara unison atau perorangan
                                                     4.1. Mengubah musik modern secara unison
Topik/ subtopik       : 
Carilah dari media seperti surat kabar yang masih eksis atau majalah tokoh
  1. Buatlah tulisan mengenai hasil pengamatan dari karya lagu yang dibuat oleh 5 teman kalian!
  2.  Tulisan dibuat berdasarkan analisis yang kalian lakukan terhadap karya lagu sederhana yang dibuat 5 orang teman kalian yang dideskripsikan maksimal 50 kata.
  3. Tulisan berisi kritik yang membangun bagi ke 5 teman kalian agar menjadi bahan perbaikan untuk menghasilkan karya lagu selanjutnya.

Pengetahuan
  1. Sebutkan 4 jenis musik yang termasuk ke dalam musik modern yang berkembang di Indonesia, dan apa yang menjadi ciri dari masing-masing jenisnya?
  2. Jelaskan yang dimaksud dengan lagu unison
  3.  Sebutkan 3 contoh lagu modern unisono yang kalian ketahui!
  4. Jelaskan langkah-langkah untuk menggubah lagu modern unisono secara berurutan!


Tabel bobot nilai dalam uji kompetensi Pengetahuan
NO
INDIKATOR JAWABAN PESERTA DIDIK
BOBOT PENILAIAN
1
Jika siswa dapat menyebutkan 4 jenis musik dan ciri-cirinya
dengan tepat
4 = A
2
Jawaban peserta didik dapat menjelaskan dengan detail tidak beserta contoh
3 = B
3
Jawaban peserta didik tidak dapat menjelaskan dengan detail beserta contoh
2 = C
4
Jawaban peserta didik tidak dapat menjelaskan dengan detail dan tidak beserta contoh
1 = D


Keterampilan

  1. Gubahlah sebuah lagu modern yang diawali dengan pembuatan puisi dan menjadikannya sebagai lirik lagunya!
  2. Gubahlah sebuah lagu modern yang diawali dengan pembuatan ritmik dan melodi kemudian diakhiri dengan liriknya!

b. Tabel bobot nilai dalam uji kompetensi uji Keterampilan
NO
INDIKATOR PENILAIAN
NILAI
1
Jika siswa dapat menyebutkan 4 jenis musik dan ciri-cirinya
dengan tepat
4 = A
2
Jika siswa dapat menyebutkan 3 jenis musik dan ciricirinya
dengan tepat
3 = B
3
Jika siswa hanya menyebutkan 2 jenis musik dan ciricirinya
dengan tepat
2 = C
4
Jika siswa hanya menyebutkan 1 jenis musik dan ciricirinya
dengan tepat
1 = D


NO
INDIKATOR PENILAIAN
NILAI
1
Jika siswa dapat menjelaskan lagu unisono dengan logis
dan memberikan 3 contoh lagu modern unisono
4 = A
2
Jika siswa dapat menjelaskan lagu unisono dengan logis
dan memberikan 2 contoh lagu modern unisono
3 = B
3
Jika siswa dapat menjelaskan lagu unisono dengan logis
dan memberikan 1 contoh lagu modern unisono
2 = C
4
Jika siswa dapat menjelaskan pengertian lagu unisono saja
tanpa memberikan contoh lagu unisono
1 = D

NO
INDIKATOR PENILAIAN
NILAI
1
Jika siswa dapat menjelaskan 5 langkah dalam menggubah
lagu dengan logis
4 = A
2
Jika siswa dapat menjelaskan 4 langkah dalam menggubah
lagu dengan logis
3 = B
3
Jika siswa dapat menjelaskan 3 langkah dalam menggubah
lagu dengan logis
2 = C
4
Jika siswa dapat menjelaskan kurang dari 2 langkah dalam
menggubah lagu dengan logis
1 = D

NO
INDIKATOR PENILAIAN
NILAI
1
Pembuatan puisi jelas bentuk kalimatnya
4 = A
2
Pembuatan melodi lagu sesuai dengan kebutuhan kalimatnya
3 = B
3
Pembuatan ritmik lagu disesuaikan dengan kebutuhan kalimatnya
2 = C
4
Lagu terdengar harmonis antara melodi, ritmik, dan lirik lagunya
1 = D

  1. Remedial Dan Pengayaan :
1.         Remedial
Dalam memilih metode yang diterapkan dalam remedial pembelajaran antara lain:         
a.    Memanfaatkan latihan khusus, terutama bagi peserta didik yang memiliki daya tangkap lemah atau di bawah rata-rata.
b.    Menekankan pada segi kekuatan yang dimiliki oleh peserta didik, dalam kegiatan belajar dalam proses belajar mengajar kadangkala ditemukan peserta didik yang dengan mudah memahami materi pelajaran hanya melalui penjelasan guru secara lisan, ada yang  mudahmemahami jika disertakan gambar atau alat bantu belajar lainnya, ada pula yang baru dapat memahami materi pelajaran jika diberi kesempatan untuk menerapkan konsep secara langsung. Kekuata peserta didik dengan tiap gaya belajarnya itu harus dipahami oleh guru agar lebih memudahkan peserta didik dalam mengatasi kesulitan belajarnya.
c.     Memanfaatkan media belajar/alat peraga, dengan memahami berbagai kekuatan peserta didik dan gaya belajarnya, guru harus mengimbanginya dengan menggunakan dan memanfaatkan berbagai media belajar/alat peraga dalam membahas materi pelajaran. d. Memanfaatkan permainan sebagai sarana belajar. Yang perlu diingat adalah bermain sambil belajar. Dengan memanfaatkan permainan sebagai sarana belajar akan sangat membantu memotivasi peserta didik yang selama ini kurang memiliki motivasi untuk belajar.

Untuk materi praktik peserta didik tidak diadakan remedial, hanya penekanan pada peserta didik untuk melaksanakan, menjalani proses pembelajaran, dan memaksimalkan kemampuan masing-masing peserta didik.

2.         PENGAYAAN
a.         Membentuk kelompok tutor sebaya dalam proses remedial.
b.         Mengembangkan latihan kegiatan dapat dilakukan untuk pendalaman materi yang menuntut banyak latihan.
c.          Mengembangkan media dan sumber belajar. Peserta didik kelompok cepat diberi kesempatan untuk membuat hasil karya berupa model, permainan atau karya tulis yang berkaitan dengan materi yang dipelajari yang kemudian dimanfaatkan sebagai sumber belajar bagi peserta didik kelompok lambat.
d.         Melakukan Proyek. Kegiatan ini mampu meningkatkan motivasi belajar, kesempatan mengembangkan bakat, dan menambah wawasan baru bagi peserta didik kelompok cepat.

4.         Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.     Media/Alat            : LCD,  lagu-lagu modern
2.     Bahan                   :  lagu, pensil, mistar, lirik
3.     Sumber Belajar     : Buku Peserta didik,  buku referensi, internet
a.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/Mts Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  (Hal.25-30)
b.     Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Buku Peserta didik Seni Budaya untuk SMP/Mts Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Hal.34-48)
c.      Lingkungan sekitar:

Mengetahui,
              Kepala SMP N. 2 Makassar,



Dra. Hj. Rosdiana Amir, M.Pd.
             NIP:19630112 198803 2 009

Makassar,          Juli  2015   
Guru Mapel Seni Budaya



Andi Ni’ma Fada, S.Pd.M.Pd
NIP. 19690326 199412 2 004









Tidak ada komentar:

Posting Komentar