Senin, 24 Oktober 2016

CONTOH RPP SENI MUSIK VERSI PERMEN NO. 22 TAHUN 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 02)


Satuan Pendidikan : SMP NEGERI  4 MAKASSAR
Mata Pelajaran       : Seni Budaya (Seni Musik)
Kelas/ Semester      : VII/ Satu
Materi Pokok          : Bernyanyi secara Berkelompok dalam Bentuk
                                       Unisono
Alokasi Waktu        : 1  Pertemuan (3x40 menit)


A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa diharapkan dapat mengapresiasi dan berkreasi seni musik, yaitu:
1.      Memahami bernyanyi berkelompok dalam bentuk unisono
2.      Mendeskripsikan teknik bernyanyi Unisono

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian
 3.1 Memahami konsep dasar bernyanyi satu suara secara berkelompok  dalam bentuk unisono

3.1.1. Menjelaskan pemgertian tekhnik vocal
3.1.2. Menjelaskan macam-macam tekhnik vocal
3.1.3. Menyebutkaan bentuk-bentuk bernyanyi
           secara  berkelompok
3.1.4.Menjelaskan pengertian bernyanyi secara 
          Unisono  




C. MATERI PEMBELAJARAN
     Bernyanyi unisono
     Menyanyi merupakan aktivitas yang dapat dilakukan oleh siapa saja dan kapan
     saja. Menyanyi jenis ini sering disebut dengan menyanyi perseorangan. Menyanyi
     secara unisono tidak dapat dilakukan seorang diri tetapi dilakukan oleh sekumpulan
     orang dengan satu suara. Saat menyanyi unisono dibutuhkan kerjasama dan saling
peduli sehingga suara yang ditimbulkan menjadi harmoni (dst...)

D.       METODE PEMBELAJARAN

Metode                 :  Ceramah, diskusi, Tanya jawab
Model                    :  Problem Basic Learning
Pendekatan          :  Saintifik
      

E.       MEDIA PEMBELAJARAN

-       Video  orang bernyanyi berkelompok dalam bentuk unisono
-       Teks lagu “Dari Sabang Sampai Marauke”
-       Keyboard/gitar

F.        SUMBER BELAJAR

a.      Kemdikbud.2016.Seni Budaya SMP/ MTs Kelas VII Semester 1.Kemdikbud RI.Jakarta.
b.      Kemdikbud.2016.Seni Budaya SMP/ MTs Kelas VII Semester 1.Kemdikbud RI.Jakarta.
(cantumkan sumber lain yang digunakan)

G.  LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

            
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)   Guru mengucapkan salam, mengajak peserta didik untuk mengecek kerapian meja dan kursi serta kebersihan kelas dalam mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan yang dilanjutkan dengan berdoa.
2)   Guru meminta peserta didik mempersiapkan buku siswa, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran.
3)   Guru mengecek penguasaan awal kompetensi peserta didik melalui  tanya jawab dengan peserta didik tentang macam-macam lagu daerah dan asalnya, misalnya: “Anak-anak, dari manakah asal lagu daerah Dari Sabang Sampai Marauke?
4)   Guru meminta peserta didik untuk menyimak penjelasan mengenai manfaat mempelajari materi pokok bernyanyi secara berkelompok dalam bentuk unisono dalam kehidupan sehari-hari.
5)   Guru menyampaikan cakupan materi pembelajaran untuk pertemuan pertama tentang: teknik vokal, teknik pernafasan dan pembawaan
6)   Guru meminta peserta didik untuk mencatat (dan mengklarifikasi) lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan yang disampaikan oleh guru.
7)   Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu: pengetahuan,   keterampilan, dan sikap.



b.      Kegiatan Inti (100 menit)
       Mengamati
       Peserta didik dipandu oleh guru dalam kelompok, menyaksikan video tentang orang  
       bernyanyi secara berkelompok dalam bentuk unisono
       Menanya
       Peserta didik dipandu oleh guru merumuskan pertanyaan-pertanyaan terkait orang
       bernyanyi secara berkelompok dalam bentuk unisono
            misalnya:
1)         Apa yang dimaksud dengan bernyanyi secara unisono?
2)         Apa yang dimaksud dengan teknik vokal?
3)         Apasaja teknik vokal itu?
4)         Apa saja teknik pernafasan dalam bernyanyi?
5)         Apa saja pembawaan itu?

        Catatan:
1.      Peserta didik dan guru mendaftar/menyeleksi pertanyaan-   pertanyaan  yang muncul. Rumusan pertanyaan peserta didik mencakup semua indikator pencapaian kompetensi.
2.      Jika pertanyaan tersebut kurang memadai guru dapat menambahkan.

            Mengumpulkan informasi
  Dalam kelompok, peserta didik mengumpulkan informasi (dengan atau tanpa LK) untuk  menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dirumuskan dengan membaca buku siswa,  buku referensi, dan/atau handout.

Menalar/ Mengasosiasi
Peserta didik dengan bimbingan guru menggunakan data yang dikumpulkan sendiri atau data yang diberikan oleh guru untuk menjawab semua pertanyaan yang telah dirumuskan dan membuat kesimpulan. Sebagai contoh, peserta didik menulis: bernyanyi secara unisono adalah bernyanyi secara kelompok dengan satu suara.
     Mengomunikasikan
1)         Setiap kelompok peserta didik mempresentasikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan, misalnya: pengertian, dan jenis teknik vokal, pernafasan dan pembawaan. Kelompok lain memperhatikan dan menanggapinya.
2)         Guru memberi giliran peserta didik dan memberikan penguatan terhadap jawaban-jawaban (kesimpulan) mereka.




c.                   Kegiatan Penutup (20 menit)

1.         Peserta didik dibimbing guru merefleksi seluruh aktivitas pembelajaran yang dilakukan dan menyimpulkan konsep yang telah dikonstruk oleh peserta didik berkaitan bernyanyi berkelompok dalam bentuk unisono.
2.      Guru memberiumpan balik peserta didik dalam hal proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberikan saran-saran mengenai cara peserta didik menyampaikan jawaban dan mengoreksi jawaban yang salah.
3.      Peserta didik menerima tugas kelompok dari guru untuk mencari satu lagu yang disukai untuk dibawa pada pertemuan minggu depan.
4.      Kegiatan penutup diakhiri dengan guru memberikan informasi kepada peserta didik tentang materi/kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya, yaitu praktik bernyanyi berkelompok dalam bentuk unisono
5.      Guru dan peserta didik berdoa bersama dan salam.

H. PENILAIAN HASIL BELAJAR

1.            Teknik penilaian:

a.            Pengetahuan    : tes tertulis (uraian)
b.             Keterampilan  : kinerja
           Catatan: Jurnal dipergunakan untuk mencatat perilaku luar biasa (positif atau negatif) peserta didik.
2.            Instrumen Penilaian dan pedoman penskoran (terlampir)
3.            Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

a.            Pembelajaran Remedial
                    Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi peserta didik yang belum     
                    mencapai  ketuntasan belajardiberikan kegiatan pembelajaran dengan    
                    bentuk remedial misalnya:
1). Pembelajaran ulang
2). Bimbingan perorangan
3). Pemanfaatan tutor sebaya, dll.

b.            Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk pengayaan yaitu tugas berupa proyek (merencanakan, membuat produk dan laporan) pembuatan satu macam minuman segar dari buah segar yang belum dipraktikkan yang berasal dari daerah setempat

  

                        
Mengetahui,




............................
                                                                         
                                                                                
                  




LAMPIRAN RPP

1.         Penilaian Pengetahuan
·                     Teknik: Tes tertulis
·                     Instrumen: Soal uraian

a.               Soal Tes Uraian
           Jawablah pertanyaan soal-soal di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1.                  Jelaskan pengertian teknik vokal!
2.                  Jelaskan pengertian prhasering!
3.                   Jelaskan pengertian intonasi!
4.                  Jelaskan pengertian artikulasi!
5.                  Sebutkan 3(tiga) teknik pernafasan dalam bernyanyi!
6.                  Apakah perbedaan pernafasan perut dengan pernafasan diafragma?
7.                  Sebutkan 3 (tiga) bentuk bernyanyi secara berkelompok!
8.                  Jelaskan pengertian unisono!


b.                  Kunci jawaban dan pedoman penskoran

2        Tabel 4.2 Pedoman Penskoran Soal Uraian dan Kunci Jawabann
No. Soal
Kunci Jawaban
Skor
1.

Bernyanyi sesuai dengan cara dan aturan yang tepat
2
2.
Aturan penggalan kalimat yang baik dan benar sehingga mudah dimengerti dan sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku
2
3.
Tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau dengan tepat
2
4.
Cara mengucapkan kata demi kata yang baik dan jelas
2
5.
1. pernafasan diafragma
2. pernafasan dada
3. pernafasan perut
3
6.
Pernafasan perut  adalah pernafasan yang dilakukan dengan cara mengembangkan perut atau membuat perut menjadi berongga besar sehingga udara luar bisa masuk.
Pernafasan diafragma adalah pernafasan menggunakan sekat diantara rongga dada dan rongga perut  yang mampu memuat udara sebanyak banyaknya.

2
7.
Unisono, vokal grup, dan paduan suara
3
8.
Bernyanyi secara berkelompok dengan satu suara.
2

Skor maksimal
18

3        RUBRIK
Soal No
Skor
Deskriptor
1
2
Konsepnya benar dan disampaikan secara komunikatif.
1
Konsepnya kurang tepat.
2
2
Konsepnya benar dan disampaikan secara komunikatif.
1
Konsepnya kurang tepat.
3
2
Konsepnya benar dan disampaikan secara komunikatif.
1
Konsepnya kurang tepat.
4
2
Konsepnya benar dan disampaikan secara komunikatif.
1
Konsepnya kurang tepat.
5
3
Menuliskan 3 jawaban yang benar
2
Menuliskan 2 jawaban yang benar
1
Menuliskan 1 jawaban yang benar
6
2
Konsepnya benar dan disampaikan secara komunikatif.
1
Konsepnya kurang tepat.
7
3
Menuliskan 3 jawaban yang benar
2
Menuliskan 2 jawaban yang benar
1
Menuliskan 1 jawaban yang benar
8
2
Konsepnya benar dan disampaikan secara komunikatif.
1
Konsepnya kurang tepat.



a.   Kriteria Penilaian

1.      Butir soal nomor 1,2,3,4,6 dan 8 skor 1-2
Butir soal nomor 5 dan 7 skor 1-3
2.      Skor maksimal (total skor apabila semua jawaban benar=18)
Catatan:
Besar skor ditentukan oleh tiap guru mata pelajaran berdasarkan jenjang pengetahuan yang diukur (C1-C6) dan tingkat kesulitan soal.
3.      Nilai Peserta didik menggunakan rumus:
           
                       

2.   Penilaian Keterampilan
·   Teknik: Kinerja
·    Instrumen: Lembar Penilaian Praktik

a. Soal Penilaian Praktik
·         Nyanyikan lagu Dari Sabang Sampai Marauke (atau sesuai pilihan kelompok) secara berkelompok dalam bentuk unisono!
b. Aspek yang dinilai

Tabel 4.6  Penskoran Penilaian Kinerja
NO
ASPEK YANG DINILAI
SKOR
1
Teknik vocal
3
2
Teknik Pernafasan
3
3
Pembawaan/Ekspresi
4

Skor maksimum
              10


Tabel 4.7 Rubrik Penilaian Kinerja/Praktik


No
Indikator
Rubrik
1.
Teknik Vokal
3 =   melakukan 3 teknik vokal dengan benar
2 =  melakukan 2 teknik vokal dengan benar
1=   melakukan 1 teknik vokal dengan benar

Teknik Vokal: prhasering, artikulasi dan intonasi
  1.  
Teknik Penafasan
3 =   melakukan pernafasan diafragma dengan benar
2 =  melakukan pernafasan perut atau dada
1=   melakukan pernafasan bukan diafragma, perut atau dada.


                                                     
1.   Penilaian Sikap dengan Jurnal

Jurnal Perkembangan Sikap
Nama Sekolah              : SMP N 4 MAKASSAR
Kelas/Semester            : VII / I
Tahun pelajaran          : 2016 / 2017
Guru                             : Andi Nima Fada, S.Pd.M.Pd.

No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ket.
      1.             
21/08/16
Dinda
Membantu teman berlatih menyanyikan lagu
Toleransi
Sosial
      2.             

Nanik
Mengingatkan teman untuk melaksanakan sholat zuhur
Toleransi beragama
Spiritual
      3.             
01/09/16
Ujang
Tidak ikut berlatih sesuai waktu yang sudah disepakati
Disiplin
Sosial
      4.             





      5.             





...






*)Keterangan bisa berupa tindak lanjut dan/atau perkembangan sikap peserta didik setelah dilakukan pembinaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar