RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 02)
Satuan
Pendidikan : SMP NEGERI 4 MAKASSAR
Mata Pelajaran : Seni
Budaya (Seni Musik)
Kelas/ Semester :
VII/ Satu
Materi Pokok
: Bernyanyi secara Berkelompok dalam Bentuk
Unisono
Alokasi Waktu
: 1 Pertemuan (3x40 menit)
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa diharapkan dapat
mengapresiasi dan berkreasi seni musik, yaitu:
1. Memahami bernyanyi
berkelompok dalam bentuk unisono
2. Mendeskripsikan teknik
bernyanyi Unisono
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
|
3.1 Memahami konsep dasar bernyanyi satu
suara secara berkelompok dalam bentuk
unisono
|
3.1.1. Menjelaskan pemgertian tekhnik vocal
3.1.2. Menjelaskan macam-macam tekhnik vocal
3.1.3. Menyebutkaan bentuk-bentuk bernyanyi
secara berkelompok
3.1.4.Menjelaskan pengertian bernyanyi secara
Unisono
|
C. MATERI PEMBELAJARAN
Bernyanyi unisono
Menyanyi
merupakan aktivitas yang dapat dilakukan oleh siapa saja dan kapan
saja. Menyanyi jenis ini sering disebut
dengan menyanyi perseorangan. Menyanyi
secara unisono tidak dapat dilakukan
seorang diri tetapi dilakukan oleh sekumpulan
orang dengan satu suara. Saat menyanyi
unisono dibutuhkan kerjasama dan saling
peduli
sehingga suara yang ditimbulkan menjadi harmoni (dst...)
D.
METODE PEMBELAJARAN
Metode : Ceramah, diskusi, Tanya jawab
Model : Problem Basic Learning
Pendekatan : Saintifik
E.
MEDIA PEMBELAJARAN
- Video orang bernyanyi berkelompok dalam bentuk unisono
-
Teks lagu “Dari
Sabang Sampai Marauke”
- Keyboard/gitar
F.
SUMBER BELAJAR
a.
Kemdikbud.2016.Seni Budaya SMP/ MTs Kelas VII Semester 1.Kemdikbud RI.Jakarta.
b.
Kemdikbud.2016.Seni Budaya SMP/ MTs Kelas VII Semester 1.Kemdikbud RI.Jakarta.
(cantumkan sumber lain yang digunakan)
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru mengucapkan salam, mengajak peserta didik untuk mengecek kerapian
meja dan kursi serta kebersihan kelas dalam mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan yang dilanjutkan dengan berdoa.
2)
Guru meminta peserta didik mempersiapkan buku siswa, alat, dan bahan
untuk mengikuti pelajaran.
3)
Guru mengecek penguasaan awal kompetensi peserta didik melalui tanya jawab dengan peserta didik tentang macam-macam lagu daerah dan asalnya,
misalnya: “Anak-anak, dari manakah asal lagu daerah Dari
Sabang Sampai Marauke?
4)
Guru meminta peserta didik untuk menyimak penjelasan mengenai manfaat mempelajari materi pokok bernyanyi secara berkelompok dalam bentuk unisono dalam kehidupan sehari-hari.
5)
Guru menyampaikan cakupan materi pembelajaran untuk
pertemuan pertama tentang: teknik vokal,
teknik pernafasan dan pembawaan
6)
Guru meminta peserta didik untuk mencatat (dan mengklarifikasi) lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan yang
disampaikan oleh guru.
7)
Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu: pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
b.
Kegiatan
Inti (100 menit)
Mengamati
Peserta didik dipandu oleh guru dalam kelompok,
menyaksikan video tentang orang
bernyanyi secara
berkelompok dalam bentuk unisono
Menanya
Peserta didik dipandu oleh guru merumuskan pertanyaan-pertanyaan terkait orang
bernyanyi secara
berkelompok dalam bentuk unisono
misalnya:
1)
Apa yang
dimaksud dengan bernyanyi secara unisono?
2)
Apa yang dimaksud dengan teknik vokal?
3)
Apasaja teknik
vokal itu?
4)
Apa saja teknik
pernafasan dalam bernyanyi?
5)
Apa saja pembawaan itu?
Catatan:
1.
Peserta
didik dan guru mendaftar/menyeleksi pertanyaan- pertanyaan
yang muncul. Rumusan pertanyaan peserta didik mencakup semua indikator pencapaian
kompetensi.
2.
Jika
pertanyaan tersebut kurang memadai guru dapat menambahkan.
Mengumpulkan informasi
Dalam kelompok, peserta didik mengumpulkan informasi (dengan
atau tanpa LK) untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang telah dirumuskan dengan membaca buku siswa, buku referensi, dan/atau handout.
Menalar/ Mengasosiasi
Peserta didik dengan bimbingan
guru menggunakan data yang dikumpulkan sendiri atau data yang diberikan oleh
guru untuk menjawab
semua pertanyaan yang telah dirumuskan dan membuat kesimpulan. Sebagai contoh, peserta didik
menulis: bernyanyi secara unisono adalah bernyanyi secara kelompok dengan satu suara.
Mengomunikasikan
1)
Setiap kelompok peserta didik mempresentasikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan,
misalnya: pengertian, dan jenis teknik vokal, pernafasan dan pembawaan.
Kelompok lain memperhatikan dan menanggapinya.
2)
Guru memberi giliran peserta didik dan memberikan penguatan terhadap
jawaban-jawaban (kesimpulan) mereka.
c.
Kegiatan Penutup (20 menit)
1.
Peserta didik dibimbing guru merefleksi seluruh aktivitas pembelajaran yang
dilakukan dan menyimpulkan konsep yang telah dikonstruk oleh peserta didik
berkaitan bernyanyi berkelompok dalam bentuk unisono.
2. Guru
memberiumpan balik peserta didik dalam hal proses dan hasil pembelajaran
dengan cara memberikan saran-saran mengenai cara peserta didik menyampaikan
jawaban dan mengoreksi jawaban yang salah.
3.
Peserta didik menerima tugas kelompok dari
guru untuk mencari satu lagu yang disukai untuk dibawa pada
pertemuan minggu depan.
4. Kegiatan penutup diakhiri dengan guru memberikan
informasi kepada peserta didik tentang materi/kompetensi yang akan dipelajari
pada pertemuan berikutnya, yaitu praktik bernyanyi berkelompok dalam bentuk
unisono.
5. Guru dan peserta didik berdoa
bersama dan salam.
H. PENILAIAN
HASIL BELAJAR
1.
Teknik penilaian:
a.
Pengetahuan : tes tertulis (uraian)
b.
Keterampilan
: kinerja
Catatan: Jurnal dipergunakan untuk
mencatat perilaku luar biasa (positif atau negatif) peserta didik.
2.
Instrumen Penilaian
dan pedoman penskoran (terlampir)
3.
Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a.
Pembelajaran
Remedial
Berdasarkan hasil analisis
penilaian, bagi peserta didik yang belum
mencapai ketuntasan belajardiberikan kegiatan
pembelajaran dengan
bentuk remedial misalnya:
1). Pembelajaran ulang
2). Bimbingan perorangan
3). Pemanfaatan tutor sebaya, dll.
b.
Pembelajaran
Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian,
bagi peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan
pembelajaran dengan bentuk pengayaan yaitu tugas berupa proyek (merencanakan, membuat produk dan
laporan) pembuatan satu macam minuman segar dari buah segar yang belum
dipraktikkan yang berasal dari daerah setempat
Mengetahui,
| |
............................ |
|
LAMPIRAN RPP
1.
Penilaian
Pengetahuan
·
Teknik: Tes tertulis
·
Instrumen: Soal uraian
a.
Soal Tes Uraian
Jawablah pertanyaan soal-soal di bawah ini dengan singkat
dan jelas!
1.
Jelaskan pengertian teknik vokal!
2.
Jelaskan pengertian prhasering!
3.
Jelaskan
pengertian intonasi!
4.
Jelaskan pengertian artikulasi!
5.
Sebutkan 3(tiga) teknik pernafasan dalam bernyanyi!
6.
Apakah perbedaan pernafasan perut dengan pernafasan
diafragma?
7.
Sebutkan 3 (tiga) bentuk bernyanyi secara berkelompok!
8.
Jelaskan pengertian unisono!
b.
Kunci jawaban dan pedoman penskoran
2
Tabel
4.2 Pedoman Penskoran Soal Uraian dan Kunci Jawabann
No. Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Bernyanyi sesuai dengan cara dan aturan yang tepat
|
2
|
2.
|
Aturan penggalan kalimat yang baik dan benar sehingga mudah dimengerti
dan sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku
|
2
|
3.
|
Tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau dengan tepat
|
2
|
4.
|
Cara mengucapkan kata demi kata yang baik dan jelas
|
2
|
5.
|
1. pernafasan diafragma
2. pernafasan dada
3. pernafasan perut
|
3
|
6.
|
Pernafasan perut adalah
pernafasan yang dilakukan dengan cara mengembangkan perut atau membuat perut
menjadi berongga besar sehingga udara luar bisa masuk.
Pernafasan diafragma adalah pernafasan menggunakan sekat diantara
rongga dada dan rongga perut yang
mampu memuat udara sebanyak banyaknya.
|
2
|
7.
|
Unisono, vokal grup, dan paduan suara
|
3
|
8.
|
Bernyanyi secara berkelompok dengan satu suara.
|
2
|
|
Skor
maksimal
|
18
|
3
RUBRIK
Soal
No
|
Skor
|
Deskriptor
|
1
|
2
|
Konsepnya benar
dan disampaikan secara komunikatif.
|
1
|
Konsepnya kurang
tepat.
|
|
2
|
2
|
Konsepnya benar
dan disampaikan secara komunikatif.
|
1
|
Konsepnya kurang
tepat.
|
|
3
|
2
|
Konsepnya benar
dan disampaikan secara komunikatif.
|
1
|
Konsepnya kurang
tepat.
|
|
4
|
2
|
Konsepnya benar
dan disampaikan secara komunikatif.
|
1
|
Konsepnya kurang
tepat.
|
|
5
|
3
|
Menuliskan 3
jawaban yang benar
|
2
|
Menuliskan 2
jawaban yang benar
|
|
1
|
Menuliskan 1
jawaban yang benar
|
|
6
|
2
|
Konsepnya benar
dan disampaikan secara komunikatif.
|
1
|
Konsepnya kurang
tepat.
|
|
7
|
3
|
Menuliskan 3
jawaban yang benar
|
2
|
Menuliskan 2
jawaban yang benar
|
|
1
|
Menuliskan 1
jawaban yang benar
|
|
8
|
2
|
Konsepnya benar
dan disampaikan secara komunikatif.
|
1
|
Konsepnya kurang
tepat.
|
a. Kriteria
Penilaian
1.
Butir soal nomor 1,2,3,4,6 dan 8 skor 1-2
Butir soal nomor 5
dan 7 skor 1-3
2.
Skor maksimal (total skor apabila semua jawaban
benar=18)
Catatan:
Besar skor ditentukan oleh tiap guru mata pelajaran
berdasarkan jenjang pengetahuan yang diukur (C1-C6) dan tingkat kesulitan soal.
3.
Nilai Peserta didik menggunakan rumus:
2. Penilaian
Keterampilan
· Teknik:
Kinerja
· Instrumen: Lembar Penilaian Praktik
a. Soal Penilaian Praktik
·
Nyanyikan lagu Dari
Sabang Sampai Marauke (atau sesuai
pilihan kelompok) secara berkelompok dalam bentuk unisono!
b. Aspek yang dinilai
Tabel 4.6 Penskoran Penilaian
Kinerja
NO
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
SKOR
|
1
|
Teknik vocal
|
3
|
2
|
Teknik Pernafasan
|
3
|
3
|
Pembawaan/Ekspresi
|
4
|
|
Skor
maksimum
|
10
|
Tabel 4.7 Rubrik Penilaian
Kinerja/Praktik
No
|
Indikator
|
Rubrik
|
1.
|
Teknik
Vokal
|
3 = melakukan 3 teknik vokal dengan benar
2 = melakukan 2
teknik vokal dengan benar
1= melakukan 1
teknik vokal dengan benar
Teknik Vokal: prhasering, artikulasi dan intonasi
|
|
Teknik
Penafasan
|
3 = melakukan pernafasan diafragma dengan benar
2 = melakukan
pernafasan perut atau dada
1= melakukan
pernafasan bukan diafragma, perut atau dada.
|
1.
Penilaian Sikap dengan Jurnal
Jurnal Perkembangan Sikap
Nama Sekolah :
SMP N 4 MAKASSAR
Kelas/Semester :
VII / I
Tahun pelajaran :
2016 / 2017
Guru : Andi Nima Fada, S.Pd.M.Pd.
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ket.
|
1.
|
21/08/16
|
Dinda
|
Membantu
teman berlatih menyanyikan lagu
|
Toleransi
|
Sosial
|
2.
|
|
Nanik
|
Mengingatkan
teman untuk melaksanakan sholat zuhur
|
Toleransi
beragama
|
Spiritual
|
3.
|
01/09/16
|
Ujang
|
Tidak
ikut berlatih sesuai waktu yang sudah disepakati
|
Disiplin
|
Sosial
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
|
*)Keterangan bisa berupa
tindak lanjut dan/atau perkembangan sikap peserta didik setelah dilakukan
pembinaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar