RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 01)
Satuan
Pendidikan : SMP NEGERI 4 MAKASSAR
Mata Pelajaran
: Seni Budaya (Seni Rupa)
Kelas/ Semester :
VII/ Satu
Materi Pokok
: Menggambar Flora, Fauna, dan Alam Benda
Alokasi Waktu
: 1
Pertemuan (3
x40 menit)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa
diharapkan dapat mengapresiasi dan berkreasi seni rupa, yaitu:
1. Mengidentifikasi kekayaan
dan keunikan flora, fauna, dan alam benda di indonesia.
2.
Mendeskripsikan keunikan flora,
fauna, dan alam benda.
3.
Mengekspresikan diri melalui gambar flora, fauna dan alam benda.
4.
Mengomunikasikan hasil gambar flora, fauna, dan alam benda secara lisan.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
|
3.1 unsur, prinsip, Memahami teknik, dan prosedur
menggambar flora, fauna, dan alam benda dengan berbagai bahan
|
3.1.1. Mengidentifikasi unsur, prinsip, teknik
dan prosedur menggambar flora, fauna, dan alam benda dengan berbagai bahan
3.1.2. Mendeskripsikan
unsur-unsur, prinsip-prinsip, teknik, dan prosedur menggambar flora, fauna, dan alam benda
|
C. MATERI PEMBELAJARAN
Menggambar Flora Fauna dan Alam Benda
Alam merupakan sumber
belajar yang tidak akan pernah habis untuk digali.
Keanekaragaman flora dan fauna dapat
menjadi sumber inspirasi dalam menggambar.
Burung merupakan salah satu fauna yang
sering digambar dengan menggunakan berbagai macam teknik dan bahan. Burung Hong
merupakan salah satu contoh fauna yang sering menjadi objek batik di pesisir
pantai pulau Jawa. Motif burung Hong ini mendapat pengaruh dari China. Di bawah
ini ada beberapa gambar burung yang sering digambar menjadi objek atau motif
baik pada ukiran kayu maupun motif batik di atas kain.
A. Pengertian Menggambar
Gambar merupakan bahasa
yang universal dan dikenal jauh sebelum manusia mengenal tulisan. Gambar sudah
dikenal masyarakat sejak zaman purba. Pada saat itu, gambar sering dihubungkan
dengan aktivitas manusia dan roh leluhur yang dianggap memberi
keberkahan dan perlindungan. Bagi
manusia purba, gambar tidak sekedar sebagai alat komunikasi untuk roh leluhur
saja, tetapi juga memberikan kekuatan dan motivasi untuk dapat
bertahan hidup. Menggambar tidak hanya
melibatkan aktivitas fisik semata tetapi juga mental. Aktivitas fisik
berhubungan dengan keterampilan menggunakan peralatan menggambar sedangkan
mental berhubungan dengan rasa, karsa, dan daya cipta untuk
memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia
dalam melakukan aktivitas menggambar memerlukan media, alat serta bahan yang
senantiasa berubah sesuai dengan perkembangan zaman. Jika pada zaman purba
manusia menggambar dengan menggunakan bahan yang tersedia
di alam maka pada zaman sekarang
peralatan menggambar telah diproduksi oleh pabrik sebagai komoditas ekonomi.
Manusia melalui menggambar dapat menyampaikan gagasan, ide, serta simbol
sebagai salah satu bentuk ekspresi. Jadi menggambar merupakan salah satu sarana
untuk mengekspresikan diri.
(Sumber: Dok. Kemdikbud)
B. Objek Menggambar
Menggambar tidak hanya
mengandalkan imajinasi tetapi juga terkadang memerlukan objek. Alam semesta
merupakan objek yang tidak akan pernah habis untuk digambar. Kekayaan flora,
fauna dan juga alam benda merupakan objek yang dapat digambar. keindahan flora,
fauna dan juga alam benda merupakan sumber inspirasi dan eksplorasi dalam
menggambar.
(Sumber: Dok. Kemdikbud)
C.Komposisi
Komposisi dalam menggambar
dapat dibedakan dalam dua jenis yaitu simetris dan asimetris. Komposisi
simetris menunjukkan bahwa objek dibagian kanan sama atau mirip dengan objek di
bagian kiri bidang gambar. Komposisi asimetris menunjukkan bahwa objek di
bagian kanan tidak sama atau mirip dengan objek di kiri bidang gambar tetapi
terkesan menunjukkan keseimbangan. Benda yang berwarna gelap memiliki kesan
lebih berat daripada benda lain yang besarnya sama dengan benda tersebut tetapi
berwarna terang. Penguasaan komposisi merupakan hal penting sebelum melakukan
aktivitas menggambar. Penguasaan ini akan membimbing dan mengarahkan susunan
objek dalam menggambar. Beberapa contoh
komposisi dalam menggambar dapat
dilihat pada gambar di samping.
(Sumber: Dok.
Kemdikbud)
D.
METODE
PEMBELAJARAN
Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab dan
Proyek.
Model : Problem Basic Learning
Pendekatan
: Saintifik
E.
MEDIA
DAN ALAT
Media : Media
cetak / elektronik
Alat/ bahan : kertas
gambar A3
Media kering : pensil 2B, pensil warna atau pastel
F.
SUMBER BELAJAR
a.
Kemdikbud.2016.Seni Budaya SMP/ MTs Kelas VII Semester. 1 Buku Siswa.Kemdikbud RI.Jakarta.
b.
Kemdikbud.2016.Seni Budaya SMP/ MTs Kelas VII Semester. 1 Buku Guru Kemdikbud RI.Jakarta.
G.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
(
3 Jam Pelajaran)
1. Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
a.
Guru mengucapkan salam dan kemudian meminta ketua kelas memimpin berdoa.
b.
Guru memeriksa kehadiran dan perlengkapan belajar peserta didik (buku
siswa, buku catatan, alat tulis, buku gambar, dan alat menggambar).
c.
Guru menggali pengetahuan awal dan pengalaman peserta didik dalam
menggambar dengan tanya jawab tentang contoh karya gambar flora, fauna, dan
alam benda.
“Anak-anak,
perhatikan karya seni rupa ini. Disebut apa karya ini?
“Apa yang kamu
ketahui tentang karya seni rupa ini? (Objek, bahan, alat, dan cara membuatnya)”
“Apa kamu pernah
membuat karya seperti ini?Bagaimana kesannya?”
d.
Guru menyampaikan cakupan materi pembelajaran untuk pertemuan pertama,
yaitu asal-usul menggambar dan pengertian, unsur-unsur, prinsip-prinsip,
teknik, serta prosedur menggambar flora, fauna, dan alam benda.
e.
Guru menyampaikan cakupan dan teknik penilaian yang akan digunakan yang
disampaikan oleh guru.
f.
Guru menyampaikan
langkah-langkah pembelajaran.
g.
Guru menyampaikan cakupan penilaian, yaitu: pengetahuan, keterampilan,
dan sikap.
2. Kegiatan
Inti (90 menit)
Mengamati:
a. Siswa membentuk
kelompok terdiri atas tiga atau empat
orang siswa, dengan pengantar guru, misalnya:
“Sekarang silahkan
kamu buat kelompok yang terdiri atas tiga atau empat orang siswa dan atur
tempat dudukmu untuk membentuk lingkaran”.
b. Siswa mengamati
contoh gambar dan penjelasan flora, fauna dan alam benda di dalam buku
pelajaran, dengan pengantar guru, misalnya:
“Anak-anak, buka buku
pelajaran halaman 1-13. Pertama-tama perhatikan dengan seteliti-telitinya
contoh karya gambar flora, fauna, dan alam benda di bab itu, kemudian bacalah
isi bab itu secara sekilas untuk menemukan kata-kata kuncinya”.
Menanya:
Siswa membuat
pertanyaan-pertanyaan tentang konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan
alam benda dan cara membuatnya, dengan pengantar misalnya:
“Baik, sekarang kamu
harus membuat beberapa pertanyaan.Berdasarkan kata-kata kunci buatlah beberapa
pertanyaan tentang permasalahan menggambar flora, fauna, dan alam benda. Ingat,
bahwa kamu dapat menggunakan kata-kata seperti apa, mengapa, dan bagaimana.”
Mengumpulkan
data:
Siswa mencari
penjelasan tentang konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda
di dalam buku siswa dan sumber lainnya (internet), dengan pengantar misalnya:
“Selanjutnya, sekarang
kamu harus mengumpulan informasi atau data sebanyak-banyaknya, yang nantinya
akan berguna untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah kamu buat. Baca
lagi, kali ini dengan teliti, penjelasan di buku pelajaran dan silahkan mencari
informasi lain yang terkait atau relevan di internet.”
Menganalisis
data:
Siswa mendiskusikan
dan menyimpulkan konsep dan prosedur menggambar flora, fauna, dan alam benda
dengan pengantar misalnya:
“Kamu semua sudah
mengumpulkan data, maka tugasmu selanjutnya adalah menganalisis data.Lakukan
diskusi dengan baik-baik dan buat catatan rangkuman untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan
yang telah rumuskan pada awal kerja kelompok.”
Mengomunikasikan:
Siswa mempresentasikan
hasil diskusi tentang konsep dan prosedur menggambar flora, fauna, dan alam
benda, dengan pengantar misaknya:
“Baik anak-anak,
sekarang silahkan masing-masing kelompok maju ke depan kelas untuk menyampaikan
kesimpulan hasil kerja kelompok secara bergantian.”
Mencipta:
a. Siswa membuat
gambar alam benda, dengan pengantar misalnya:
“Sekarang tiba saatnya
untuk berkarya. Silahkan masing-masing menyiapkan alat dan gambar dan Bapak
akan memasang objek menggambar di depan kelas.”
“Silahkan mulai
berkarya menggambar sesuai dengan prinsip-prinsip, teknik, dan prosedur yang
telah kamu pelajari.”
3. Kegiatan
Penutup (20 menit)
a.
Peserta didik dibimbing guru merefleksi (dengan tanya jawab) seluruh aktivitas pembelajaran yang dilakukan dan
menyimpulkan konsep-konsep yang telah dibangun oleh peserta didik.
b.
Guru memberiumpan balik kepada peserta didik berkenaan dengan proses dan hasil pembelajaran, dengan cara meninjau jawaban dan hasil
karya peserta didik.
c.
Guru menutup pembelajaran dengan memberikan informasi kepada peserta didik tentang kegiatan pembelajaran pada pertemuan berikutnya, yaitu
melanjutkan menggambar fauna dan kemudian diteruskan dengan menggambar fauna.
Untuk itu, Guru memberi tugas di rumah kepada peserta didik mencari contoh
objek gambar flora.
Mengetahui
Kepala
SMP N 4 Makassar
|
Makassar,
22 Oktober 2016
Guru
Mata Pelajaran
|
|
|
Drs.
Husain Patta, MM.
NIP.
19660101 199412 1 003
|
Andi
Ni’ma Fada, S.Pd.M.Pd.
NIP.
19690326 199412 2 004
|
H. PENILAIAN
LAMPIRAN PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ket.
|
1
|
15/08/2016
|
Dodi
|
Berdoa
tidak dengan serius
|
Ketakwaan
|
Spiritual
|
2
|
17/08/2016
|
Burhan
|
Memungut
sampah yang berserakan di kelas dan membuangnya di tempat sampah
|
Kebersihan
|
Sosial
|
|
|
Aminah
|
Mengingatkan
temannya untuk shalat
|
Ketakwaan
|
Spiritual
|
3
|
18/08/2016
|
Cantika
|
Membawa
handphone ke sekolah
|
Kedisiplinan
|
Sosial
|
2.
Penilaian Pengetahuan
a.
Kisi-Kisi Penilaian Pengetahuan
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Jumlah
Soal
|
1
|
3.1 Memahami unsur, prinsip,
teknik, dan prosedur menggambar flora, fauna, dan alam benda dengan berbagai
bahan
|
Unsur-unsur, prinsip-prinsip, teknik,
dan prosedur menggambar flora, fauna, dan alam benda
|
1.
Mengidentifikasi unsur-unsur gambar
flora, fauna, dan alam benda
2.
Mengidentifikasi prinsip-prinsip
menggambar flora, fauna, dan alam benda
3.
Mendeskripsikan teknik dan prosedur
menggambar flora, fauna, dan alam benda
|
Jawaban
singkat
Isian
singkat
Uraian
|
4
3
2
|
Contoh
Butir Soal
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Contoh Soal
|
|||||||||||||||
1.
Mengidentifikasi unsur-unsur gambar
flora, fauna, dan alam benda
|
Jawaban
singkat
|
Pada
gambar flora, unsur apa yang memberikan kesan volume objek? (Kunci jawaban:
gradasi warna)
|
|||||||||||||||
2.
Mengidentifikasi prinsip-prinsip
menggambar flora, fauna, dan alam benda
|
Isian singkat
|
Objek
gambar bentuk seperti bunga dan vas menunjukkan prinsip … dari segi fungsi
objek. (Kunci jawaban: keselarasan)
|
|||||||||||||||
3.
Mendeskripsikan teknik dan prosedur
menggambar flora, fauna, dan alam benda
|
Uraian
|
Jelaskan
teknik dan prosedur menggambar flora dengan media pensil warna!
Pedoman Penskoran:
|
3.
Penilaian Pengetahuan
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Jumlah
Soal
|
1
|
4.1 Menggambar flora, fauna, dan alam benda
|
Menggambar flora, fauna, dan alam benda
|
Peserta
didik dapat menggambar alam benda berdasarkan prinsip-prinisip komposisi,
teknik, dan prosedur yang benar.
|
Tes Kinerja/Praktik
|
1
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menggambar flora berdasarkan prinsip-prinisip komposisi, teknik,
dan prosedur yang benar.
|
Tes Kinerja/Praktik
|
1
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menggambar fauna berdasarkan prinsip-prinisip komposisi, teknik,
dan prosedur yang benar.
|
Tes Kinerja/Praktik
|
1
|
Contoh Instrumen Tes Kinerja/Paktik
Soal:
Buatlah gambar alam benda dengan ketentuan sebagai berikut:
Objek : Sebuah
benda kubistis dan sebuah benda silindris
Media : Pensil B
Ukuran kertas : A3
Waktu : 120 menit
Rubrik Penilaian:
No.
|
Aspek yang
Dinilai
|
Kriteria
|
Skor
|
||||
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Ketepatan penggambaran bentuk objek
|
|
V
|
|
|
|
4
|
2
|
Komposisi
|
|
|
V
|
|
|
3
|
3
|
Teknik
|
|
V
|
|
|
|
4
|
4
|
Kerapian
|
V
|
|
|
|
|
5
|
Jumlah
|
16
|
Nilai =
|
Skor
Perolehan
|
X 100
|
||
Skor
Maksimum
|
||||
Nilai =
|
16
|
X 100
|
||
20
|
||||
Nilai =
|
80
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar