Rabu, 03 September 2014

RPP SENI BUDAYA (SENI RUPA) KELAS 8 SEMESTER GANJIL, 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 2)


Sekolah                      : SMP
Matapelajaran            : Seni Budaya (Seni Rupa)
Kelas/Semester          : VIII/1
Materi Pokok             : Menggambar Ilustrasi
Alokasi Waktu           : 4 x Pertemuan (12 jam pelajaran)


A.    KOMPETENSI INTI
1.   Menanggapi, dan  menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.   Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal, toleransi, gotong royong dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata
4.   Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang)  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1. Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni rupa daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1.Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2.Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun  terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3.Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.2. Memahami  konsep dan prosedur menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital
      Indikator         : 1. Mengeksplorasi (observasi dan bertanya ) dari berbagai sumber pembelajaran tentang gambar ilustrasi pada berbagai bahan dan beragam teknik
4.2. Menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital
Indikator            : 1. Membuat disain / sketsa tentang gagasan berkarya seni rupa tentang gambar ilustrasi pada berbagai bahan dan beragam teknik berdasarkan hasil eksplorasi peserta didik masing-masing
                               2. Mewujudkan desain menjadi sebuah karya seni rupa jadi (eksperi-menting atau mencoba) tentang dengan menggunakan peralatan dan bahan yang disediakan Peserta didik masing-masing.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari pokok bahasan ini, perserta didik diharapkan mampu :
1.      Peserta didik secara aktif  mengeksplorasi (observasi dan bertanya) dari berbagai sumber pembelajaran tentang gambar ilustrasi


2.  Peserta didik dapat memilih, menentukan dan membuat disain / sketsa tentang gagasan berkarya seni rupa tentang gambar ilustrasi dengan berbagai teknik berdasarkan hasil eksplorasi peserta didik masing-masing
3.  Peserta didik dapat mewujudkan desain menjadi sebuah karya seni rupa jadi (eksperimenting atau mencoba) tentang gambar ilustrasi dengan menggunakan berbagai teknik dengan menggunakan peralatan dan bahan yang disediakan peserta didik masing-masing.
4.  Peserta didik dapat menemukan cara mempublikasi/memamerkan karya seni rupa (networking atau membuat jejaring) kepada orang lain tentang karya yang telah dibuatnya.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
Materi pembelajaran berkenaan dengan penjelasan tentang:
1.      Menggambar Ilustrasi
2.      Alat dan bahan menggambar Ilustrasi.
3.      Proses menggambar Ilustrasi

E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan                    : Pendekatan Scientific
 Model Pembelajaran     : Model pembelajaran projek based learning, dan problem based learning.

F.  MEDIA, ALAT DAN  SUMBER  PEMBELAJARAN
Media                    : LCD, multimedia PowerPoint
Alat dan bahan      : Disesuiakan dengan KD
  Sumber belajar   : (1)Buku sumber pembelajaran untuk Peserta didik SMP mata pelajaran Seni budayaKurikulum  2014 Penerbit BNSP, Jakarta; (2) Sumber media internet; (3)Sumber media masa (TV, Koran, majalah, dll; (4) Moment pagelaran dan pameran di lokal maupun nasional; dan (5) Kegiatan kesenian di lingkungan setempat.

G.  LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN  PEMBELAJARAN

KEGI
ATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Awal
Kegiatan awal pembelajaran oleh guru dapat dilakukan melalui aktivitas berikut:
1.      Guru membuka pembelajaran seni budaya (seni rupa) dengan mengucapkan salam, mengabsen dan menanyakan keadaaan kelas.
2.      Guru memberi apersepsi kepada peserta didik berupa menghubungkan materi pelajaran yang lalu dengan pelajaran yang akan dipelajari.
3.      Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran


10  menit
Kegiatan Inti

Kegiatan inti pembelajaran oleh guru dapat dilakukan melalui aktivitas berikut:
Pertemuan 1
    Mengamati
a.       Peserta didik melihat gambar ilustrasi melalui tayangan atau melalui alam sekitar
b.      Peserta didik membaca buku tentang konsep dan  prosedur menggambar ilustrasi
   Menanya
a.       Peserta didik menanyakan cara menggambar ilustrasi
b.      Peserta didik menanyakan makna gambar ilustrasi




   Mengeksplorasi
a.       Peserta didik menunjukkan makna yang terkandung pada gambar ilustrasi dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
b.      Peserta didik membandingkan konsep dan prosedur menggambar ilustrasi yang berkembang sesuai dengan kehidupan sosial budaya di masyarakat
   Mengasosiasi
a.       Peserta didik menunjukkan makna yang terkandung pada gambar ilustrasi dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
b.      Peserta didik membandingkan konsep dan prosedur menggambar ilustrasi yang berkembang sesuai dengan kehidupan sosial budaya di masyarakat
   Mengkomunikasikan
a.       Peserta didik membuat gambar ilustrasi
b.      Peserta didik menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
c.       Peserta didik mempresentasikan secara lisan atau tulisan mengenai karya yang dikerjakan



60  menit




Pertemuan 2
   Mengamati
a.       Peserta didik melihat gambar ilustrasi melalui tayangan atau melalui alam sekitar
b.      Peserta didik membaca buku tentang peralatan menggambar ilustrasi
   Menanya
a.       Peserta didik menanyakan peralatan menggambar ilustrasi
b.      Peserta didik menanyakan makna gambar ilustrasi
   Mengeksplorasi
a.       Peserta didik mengumpulkan data dari berbagai sumber mengenai peralatan menggambar ilustrasi
b.      Peserta didik membandingkan peralatan menggambar ilustrasi yang berkembang sesuai dengan kehidupan sosial budaya di masyarakat
   Mengasosiasi
a.       Peserta didik menunjukkan peralatan menggambar ilustrasi dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
b.      Peserta didik menyimpulkan secara kelompok mengenai peralatan menggambar ilustrasi
   Mengkomunikasikan
a.       Peserta didik menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
b.      Peserta didik mempresentasikan secara lisan atau tulisan mengenai karya yang dikerjakan


60  menit





Pertemuan 3
   Mengamati
a.       Peserta didik melihat gambar ilustrasi melalui tayangan atau melalui alam sekitar
b.      Peserta didik membaca buku tentang teknik menggambar ilustrasi
    Menanya
a.       Peserta didik menanyakan teknik menggambar ilustrasi
b.      Peserta didik menanyakan makna dari teknik menggambar ilustrasi




   Mengeksplorasi
a.       Peserta didik mengumpulkan data dari berbagai sumber mengenai teknik menggambar ilustrasi
b.      Peserta didik membandingkan berbagai teknik menggambar ilustrasi yang berkembang sesuai dengan kehidupan sosial budaya di masyarakat
   Mengasosiasi
a.       Peserta didik menunjukkan teknik menggambar ilustrasi dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
b.      Peserta didik menyimpulkan secara kelompok mengenai teknik menggambar ilustrasi
   Mengkomunikasikan
a.       Peserta didik menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
b.      Peserta didik mempresentasikan secara lisan atau tulisan mengenai karya yang dikerjakan


60  menit

Pertemuan 4
   Mengamati 
Membaca buku tentang proses menggambar ilustrasi
   Menanya
Peserta didik menanyakan proses menggambar ilustrasi
   Mengeksplorasi
Peserta didik mengumpulkan informasi/data dari berbagai sumber mengenai proses menggambar ilustrasi
   Mengasosiasi
Peserta didik menghimpun laporan mengenai  proses menggambar ilustrasi
   Mengkomunikasikan
Peserta didik menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
   Mencipta
             Peserta didik membuat gambar ilustrasi sesuai keinginan masing-masing


60  menit

Kegiatan Penutup
Kegiatan penutup pembelajaran oleh guru dan peserta didik dengan melakukan aktivitas berikut:
1.      Guru dan peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran
2.      Guru dan peserta didik  melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan cara penilaian kinerja, penilaian projek,  dan penilaian portofolio.
3.      Guru memberi tindak lanjut dengan menugaskan peserta didik


10   menit

H. PENILAIAN

1. Jenis/teknik penilaian          : - Diskusi
                                                              - Tertulis
                                                              - Unjuk kerja
2. Bentuk instrumern dan instrumen :- tes tertulis
                                                                         - tes kinerja
            3. Pedoman penskoran            :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar