Minggu, 21 September 2014

SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA (SENI RUPA) SMP KURIKULUM 2013

SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA (SENI RUPA)
(WAJIB PILIHAN)

Satuan Pendidikan         : SMP
Kelas                            : VII
Kompetensi Inti
KI 1  :   Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
 KI 2 :  Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal,  toleransi,  pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif  dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
 KI 3:   Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait  penomena dan kejadian yang tampak mata.
 KI 4:   Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Menerima, menanggapi dan menghargai  keragaman  dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1   Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian 
2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun  terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3   Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1.     Memahami  konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam
4.1.     Menggambar flora, fauna dan benda alam

Menggambar flora, fauna dan benda alam

Mengamati
·     Melihat    gambar flora, fauna dan benda alam
·     Membaca buku tentang konsep dan prosedur   menggambar flora, fauna dan benda alam
Menanyakan
·     Menanyakan cara  menggambar flora, fauna dan benda alam
·     Menanyakan   makna  gambar  pada flora, fauna dan benda alam di masyarakat
Mengeksplorasi
·   Menghubungkan antara konsep dan prosedur menggambar flora, fauna, benda alam dengan budaya setempat
·   Mencari  konsep dan prosedur   menggambar flora, fauna dan benda alam dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Mengasosiasi
·   Menunjukkan makna yang terkandung pada  gambar flora, fauna dan benda alam dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
·   Membandingkan  konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Komunikasi
·     membuat gambar flora, fauna dan benda alam
·     menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·     mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  mengenai  karya yang dikerjakan

Tugas.
membuat  ringkasan tentang gambar flora, fauna dan benda alam

Observasi
format  pengamatan skala sikap 

Produk
gambar flora, fauna dan benda alam

4 JP
·      Buku Paket Seni Budaya Kelas VII
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni Rupa

1.1     Menerima, menanggapi dan menghargai  keragaman  dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1   Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian 
2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun  terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3   Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.2.     Memahami   konsep dan prosedur   menggambar gubahan flora dan fauna serta geometrik menjadi ragam hias
4.2.     Menggambar gubahan flora dan fauna serta geometrik menjadi ragam hias

ragam hias flora dan fauna serta geometrik

Mengamati
·  Melihat    gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·  Membaca buku tentang konsep dan prosedur   menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik

Menanyakan
·  Menanyakan cara  menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·  Menanyakan   makna  gambar   ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengeksplorasi
·      Mendiskusikan konsep dan prosedur  menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·   Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengasosiasi
·     Menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya setempat
·       Membandingkan   konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Komunikasi
·     mengambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·     menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·     mempresentasikan jawabkan secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya
yang dikerjakan
Tugas.
membuat  kritik seni secara sederhana minimum  100 kata tentang gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik

Observasi
format  pengamatan skala sikap 

Produk
gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
4 JP
·      Buku Paket Seni Budaya Kelas VII
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni Rupa

1.1      Menerima, menanggapi dan menghargai  keragaman  dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1   Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian 
2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun  terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3   Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.3.     Memahami    konsep dan prosedur  penerapan ragam hias pada  bahan tekstil
4.3.     Menerapkan ragam hias pada  bahan tekstil

ragam hias pada  bahan tekstil
Mengamati
·  Melihat    gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·  Membaca buku tentang konsep dan prosedur   menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik

Menanyakan
·  Menanyakan cara  menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·  Menanyakan   makna  gambar   ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengeksplorasi
·      Mendiskusikan konsep dan prosedur  menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·   Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengasosiasi
·     Menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya setempat
·       Membandingkan   konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Komunikasi
·   membuat kriya tekstil dengan motif ragam hias
·   menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·   mempresentasikan secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya yang dikerjakan
Tugas.
membuat  ringkasan tentang kriya tekstil dengan motif ragam hias

Observasi
format  pengamatan skala sikap 

Produk
kriya tekstil dengan motif ragam hias
5 JP
·      Buku Paket Seni Budaya Kelas VII
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni Rupa

1.1    Menerima, menanggapi dan menghargai  keragaman  dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1   Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian 
2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun  terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3   Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.4.     Memahami   konsep  dan prosedur penerapan ragam hias pada bahan kayu
4.4.      Menerapkan ragam hias pada  bahan kayu
ragam hias pada  bahan kayu
Mengamati
·  Melihat    gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·  Membaca buku tentang konsep dan prosedur   menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik

Menanyakan
·  Menanyakan cara  menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·  Menanyakan   makna  gambar   ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengeksplorasi
·      Mendiskusikan konsep dan prosedur  menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·   Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengasosiasi
·     Menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya setempat
·       Membandingkan   konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat

Komunikasi
·     membuat kriya kayu  dengan motif ragam hias
·     menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·     mempresentasikan  secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya yang dikerjakan
Tugas.
membuat  kritik seni secara sederhana minimum  100 kata tentang kriya kayu  dengan motif ragam hias

Observasi
format  pengamatan skala sikap 

Produk
kriya kayu  dengan motif ragam hias
5 JP
·      Buku Paket Seni Budaya Kelas VII
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni Rupa




SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA (SENI RUPA)
(WAJIB PILIHAN)

Satuan Pendidikan         : SMP
Kelas                            : VIII
Kompetensi Inti
KI 1  :    Menanggapi, dan  menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2   :   Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal,     toleransi, gotong royong dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3  :    Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI  4  :  Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang)  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1     Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni rupa daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1   Menunjukkan sikap  menghargai,
 jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun  terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3    Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1.      Memahami   konsep dan prosedur   menggambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik
4.1      Menggambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik

Gambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik

Mengamati
·     Melihat    gambar model dengan teknik dan media yang berbeda
·     Membaca buku tentang konsep dan prosedur   menggambar model
Menanyakan
·     Menanyakan media apa yang dapat digunakan dalam menggamabr model
·     Menanyakan   teknik   gambar  model dengan bahan krayon, cat air dan cat minyak
Mengeksplorasi
·   Menghubungkan antara konsep dan prosedur menggambar model dalam aliran seni rupa
·   Mencari  konsep dan prosedur   menggambar model
Mengasosiasi
·       Membandingkan  konsep dan prosedur menggambar model dalam   berbagai teknik dan aliran seni rupa
Komunikasi
·     menggambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik
·     menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·     mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  mengenai  karya  yang dikerjakan
Tugas.
membuat  ringkasan tentang gambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik

Observasi
format  pengamatan skala sikap 

Produk
gambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik

4 JP
·      Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni Rupa

1.1    Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni rupa daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1   Menunjukkan sikap  menghargai,
 jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun  terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3    Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.2.      Memahami  konsep dan prosedur menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital
4.2.     Menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital
Gambar illustrasi dengan teknik manual atau digital

Mengamati
·     Melihat    gambar model dengan teknik dan media yang berbeda
·     Membaca buku tentang konsep dan prosedur   menggambar model
Menanyakan
·     Menanyakan media apa yang dapat digunakan dalam menggamabr model
·     Menanyakan   teknik   gambar  model dengan bahan krayon, cat air dan cat minyak
Mengeksplorasi
·   Menghubungkan antara konsep dan prosedur menggambar model dalam aliran seni rupa
·   Mencari  konsep dan prosedur   menggambar model
Mengasosiasi
·       Membandingkan  konsep dan prosedur menggambar model dalam   berbagai teknik dan aliran seni rupa
Komunikasi
·     Meggambar ilustrasi teknik manual
·     Menggamabr ilustrasi teknik digital


Tugas.
membuat  kritik seni secara sederhana minimum  200 kata tentang gambar illustrasi dengan teknik manual atau digital

Observasi
format    pengamatan skala sikap 

Produk
gambar illustrasi dengan teknik manual atau digital

4 JP
·      Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni Rupa

1.1    Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni rupa daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1   Menunjukkan sikap  menghargai,
 jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun  terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3    Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.3.  Memahami   konsep dan prosedur penerapan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik
4.3.     Menerapkan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik

Teknik ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras

Mengamati
·   Melihat   gambar dengan berbagai teknik motif ragam hias flora dan fauna serta geometrik pada kriya bahan keras
·  Membaca buku tentang konsep dan prosedur   membuat motif  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Menanyakan
·  Menanyakan cara  membuat motif gambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·  Menanyakan   makna  gambar   ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengeksplorasi
·      Mendiskusikan konsep dan prosedur  membuat motif gambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·   Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengasosiasi
·     Menghubungkan motif gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya setempat
·       Membandingkan   konsep dan prosedur gambar motif ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Komunikasi
·     membuat karya kriya dari bahan keras dengan motif ragam hias flora, fauna dan geometrik
·     menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·     mempresentasikan secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya yang dikerjakan
Tugas.
membuat  ringkasan  tentang kriya dari bahan keras dengan motif ragam hias flora, fauna dan geometrik

Observasi
format  pengamatan skala sikap 

Produk
kriya dari bahan keras dengan motif ragam hias flora, fauna dan geometrik

5 JP
·      Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni Rupa

1.1.     Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni rupa daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1   Menunjukkan sikap  menghargai,
 jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun  terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3    Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.4.  Memahami  konsep  dan prosedur penerapan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada  kriya tekstil dengan teknik tapestri  
4.4.     Menerapkan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada  kriya tekstil dengan teknik tapestri  

Teknik  menghias flora, fauna dan geometrik pada  kriya tekstil   

Mengamati
·  Melihat    gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik  dengan teknik tapestri
·  Membaca buku tentang konsep dan prosedur     ragam hias flora dan fauna serta geometrik teknik tapestri
Menanyakan
·  Menanyakan  ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan teknik tapestri pada tekstil
·  Menanyakan   makna  gambar   ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengeksplorasi
·      Mendiskusikan konsep dan prosedur   teknik tapestri  motif  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·   Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengasosiasi
·     Menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya setempat
·       Membandingkan   konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat

Komunikasi
·     membuat kriya tekstil dengan teknik tapestri   dengan motif  ragam hias flora, fauna dan geometrik
·     menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·     mempresentasikan  secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya yang dikerjakan

Tugas.
membuat  kritik seni secara sederhana minimum 200 kata tentang kriya tekstil dengan teknik tapestri   dengan motif  ragam hias flora, fauna dan geometrik

Observasi
format  pengamatan skala sikap 


Produk
kriya tekstil dengan teknik tapestri   dengan motif  ragam hias flora, fauna dan geometrik

5 JP
·      Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni Rupa



SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA (SENI RUPA)
(WAJIB PILIHAN)

Satuan Pendidikan         : SMP
Kelas                            : IX  
Kompetensi Inti

KI 1  : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2  : Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal, toleransi gotong royong, kerjasama, cinta damai  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3  : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4  : Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasii, membuat  dan mencipta)  dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1     Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni rupa modern  sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1   Menunjukkan sikap  menghargai,jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3   Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1. Memahami konsep  dan prosedur  karya seni lukis dengan beragam media dan teknik
4.1.   Membuat  karya seni lukis dengan beragam media dan teknik
Seni lukis dengan beragam media dan teknik
Mengamati
·     Melihat    lukisan  dengan berbagai teknik dan media yang berbeda
·     Membaca buku tentang konsep dan prosedur   melukis
Menanyakan
·     Menanyakan media yang murah yang dapat digunakan dalam melukis 
·     Menanyakan   teknik   melukis dengan bahan krayon, cat air dan cat minyak
Mengeksplorasi
·   Menghubungkan antara konsep dan prosedur menggambar  dalam aliran seni rupa
·   Mencari  konsep dan prosedur    membuat gambar 
Mengasosiasi
·       Membandingkan  konsep dan prosedur menggambar  dalam   berbagai teknik dan aliran seni rupa
Komunikasi
·     membuat lukisan  dengan beragam media dan teknik
·     menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·     mempresentasikan secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya  yang dikerjakan

Tugas.
membuat  ringkasan tentang lukisan  dengan beragam media dan teknik

Observasi
format  pengamatan skala sikap 

Produk
lukisan  dengan beragam media dan teknik
4 JP
·      Buku Paket Seni Budaya Kelas IX
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni Rupa

1.1       Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni rupa modern  sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1   Menunjukkan sikap  menghargai,jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3   Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.2.     Memahami  konsep dan prosedur karya seni patung dengan beragam media dan teknik
4.2.  Membuat karya seni patung dengan beragam media dan teknik
Seni patung dengan beragam media dan teknik
Mengamati
·     Melihat    patung dengan berbagai teknik dan media yang berbeda
·     Membaca buku tentang konsep dan prosedur   membuat patung
Menanyakan
·     Menanyakan media yang murah yang dapat digunakan dalam membuat patung 
·     Menanyakan   teknik   membuat patung Mengeksplorasi
·   Menghubungkan antara konsep dan prosedur patung dan konteks sosial budaya masyarakat
·   Mencari  konsep dan prosedur    membuat  patung
Mengasosiasi
·       Membandingkan  konsep dan prosedur membuat patung dalam kehidupan sosial budaya masyarakat
Komunikasi
·      membuat karya seni patung dengan beragam media dan teknik
·      menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·      mempresentasikan secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya  yang dikerjakan

Tugas.
membuat  kritik seni secara sederhana minimum  300 kata tentang seni patung dengan beragam media dan teknik


Observasi
format  pengamatan skala sikap 

Produk
seni patung dengan beragam media dan teknik
4 JP
·      Buku Paket Seni Budaya Kelas  IX
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni Rupa

1.1        Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni rupa modern  sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1   Menunjukkan sikap  menghargai,jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3   Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.3.     Memahami  konsep  dan prosedur karya seni grafis dengan beragam media dan teknik
4.3.     Membuat karya seni grafis dengan beragam media dan teknik
Seni grafis dengan beragam media dan teknik
Mengamati
·     Melihat    gambar dengan berbagai teknik dan media yang berbeda
·     Membaca buku tentang konsep dan prosedur   seni grafis
Menanyakan
·     Menanyakan media yang murah yang dapat digunakan dalam seni grafis
·     Menanyakan   teknik   dan prosedur seni grafis
Mengeksplorasi
·   Menghubungkan antara konsep dan prosedur hasil teknik grafis  dalam  masyarakat
·   Mencari  berbagai    media dalam  membuat gambar dalam seni grafis
Mengasosiasi
·       Membandingkan  konsep dan prosedur menggambar  manual dalam    tseni grafis
Komunikasi
·      membuat gambar grafis dengan beragam media dan teknik
·      mempresentasikan secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya  yang dikerjakan

Tugas.
membuat  ringkasan  tentang seni grafis dengan beragam media dan teknik


Observasi
format  pengamatan skala sikap 

Produk
seni grafis dengan beragam media dan teknik
5 JP
·      Buku Paket Seni Budaya Kelas IX
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni Rupa

1.1       Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni rupa modern  sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1   Menunjukkan sikap  menghargai,jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3    Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.4          Memahami konsep  dan prosedur  pada kegiatan merancang dan menyelenggarakan pameran
4,4    Merancang dan menyelenggarakan pameran

Merancang dan menyelenggarakan pameran

Mengamati
·     Melihat    pameran karya seni
·     Membaca buku tentang konsep dan prosedur   pameran
Menanyakan
·     Menanyakan media yang murah yang dapat digunakan dalam pameran  
·     Menanyakan hasil karya yang layak dipamerkan
Mengeksplorasi
·   Menghubungkan antara konsep dan prosedur pameran dengan pertujukan seni
·   Mencari  konsep dan prosedur    pameran 
Mengasosiasi
·       Membandingkan  konsep dan prosedur pameran dengan penampilan seni yang lain
Komunikasi
·     membuat rancangan dan penyelenggarakan pameran
·     menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·     menyampaikan konsep penyelenggaraan pameran yang telah disusun

Tugas.
membuat  kritik seni secara sederhana minimum 300 kata tentang rancangan dan penyelenggaraan pameran


Observasi
format  pengamatan skala sikap 

Portofolio
pameran

Produk
rancangan dan penyelenggaraan pameran


5 JP
·      Buku Paket Seni Budaya Kelas IX
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni Rupa



Tidak ada komentar:

Posting Komentar