SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA (SENI
RUPA)
(WAJIB PILIHAN)
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas :
VII
Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima, menanggapi, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi
internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam
berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan faktual, konseptual,
dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak
(menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menerima,
menanggapi dan menghargai
keragaman dan keunikan karya
seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1
Menunjukkan sikap menghargai,
jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
peduli, dan santun terhadap karya seni
rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal ,
kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1.
Memahami konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda
alam
4.1.
Menggambar
flora, fauna dan benda alam
|
Menggambar flora, fauna dan benda
alam
|
Mengamati
· Melihat gambar flora, fauna dan benda alam
· Membaca buku tentang konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda
alam
Menanyakan
· Menanyakan cara menggambar flora, fauna dan benda
alam
· Menanyakan
makna gambar
pada flora, fauna dan benda alam di masyarakat
Mengeksplorasi
·
Menghubungkan antara konsep dan prosedur menggambar
flora, fauna, benda alam dengan budaya setempat
·
Mencari
konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda
alam dalam kehidupan sosial budaya di
masyarakat
Mengasosiasi
·
Menunjukkan makna yang terkandung pada gambar flora, fauna dan benda alam dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
·
Membandingkan konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda
alam yang berkembang dalam kehidupan sosial
budaya di masyarakat
Komunikasi
·
membuat gambar flora,
fauna dan benda alam
·
menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·
mempresentasikan secara lisan atau tulisan
mengenai karya yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat ringkasan tentang gambar flora, fauna dan benda alam
Observasi
format pengamatan
skala sikap
Produk
gambar flora,
fauna dan benda alam
|
4 JP
|
· Buku Paket Seni Budaya Kelas VII
· Buku-buku lain yang relevan
· Informasi melalui internet
· Pameran karya seni Rupa
|
1.1 Menerima,
menanggapi dan menghargai
keragaman dan keunikan karya
seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1
Menunjukkan sikap menghargai,
jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
peduli, dan santun terhadap karya seni
rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal ,
kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.2.
Memahami konsep dan prosedur
menggambar gubahan flora dan fauna serta geometrik menjadi ragam hias
4.2.
Menggambar
gubahan flora dan fauna serta geometrik menjadi ragam hias
|
ragam hias flora dan fauna serta
geometrik
|
Mengamati
· Melihat gambar ragam hias flora dan fauna serta
geometrik
· Membaca buku tentang konsep dan prosedur
menggambar ragam hias flora dan fauna serta
geometrik
Menanyakan
· Menanyakan cara menggambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Menanyakan
makna gambar
ragam hias flora dan fauna serta
geometrik
Mengeksplorasi
· Mendiskusikan konsep dan prosedur menggambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengasosiasi
· Menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar ragam
hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya
setempat
·
Membandingkan konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna
serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial
budaya di masyarakat
Komunikasi
·
mengambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·
menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·
mempresentasikan jawabkan secara lisan atau tulisan mengenai
karya
yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat kritik seni secara sederhana
minimum 100 kata tentang gambar ragam hias flora
dan fauna serta geometrik
Observasi
format pengamatan
skala sikap
Produk
gambar ragam hias flora
dan fauna serta geometrik
|
4 JP
|
· Buku Paket Seni Budaya Kelas VII
· Buku-buku lain yang relevan
· Informasi melalui internet
· Pameran karya seni Rupa
|
1.1 Menerima,
menanggapi dan menghargai
keragaman dan keunikan karya
seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1
Menunjukkan sikap menghargai,
jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
peduli, dan santun terhadap karya seni
rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal ,
kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.3.
Memahami konsep dan prosedur
penerapan ragam hias pada bahan tekstil
4.3.
Menerapkan ragam
hias pada bahan tekstil
|
ragam hias
pada bahan tekstil
|
Mengamati
· Melihat gambar ragam hias flora dan fauna serta
geometrik
· Membaca buku tentang konsep dan prosedur
menggambar ragam hias flora dan fauna serta
geometrik
Menanyakan
· Menanyakan cara menggambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Menanyakan
makna gambar
ragam hias flora dan fauna serta
geometrik
Mengeksplorasi
· Mendiskusikan konsep dan prosedur menggambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengasosiasi
· Menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar ragam
hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya
setempat
·
Membandingkan konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna
serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial
budaya di masyarakat
Komunikasi
·
membuat kriya tekstil dengan
motif ragam hias
·
menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·
mempresentasikan secara lisan atau tulisan mengenai
karya yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat ringkasan tentang kriya tekstil dengan motif ragam hias
Observasi
format pengamatan
skala sikap
Produk
kriya tekstil dengan motif ragam hias
|
5 JP
|
· Buku Paket Seni Budaya Kelas VII
· Buku-buku lain yang relevan
· Informasi melalui internet
· Pameran karya seni Rupa
|
1.1 Menerima,
menanggapi dan menghargai
keragaman dan keunikan karya
seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1
Menunjukkan sikap menghargai,
jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
peduli, dan santun terhadap karya seni
rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal ,
kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.4.
Memahami konsep
dan prosedur penerapan ragam
hias pada bahan kayu
4.4. Menerapkan ragam hias pada bahan kayu
|
ragam hias
pada bahan kayu
|
Mengamati
· Melihat gambar ragam hias flora dan fauna serta
geometrik
· Membaca buku tentang konsep dan prosedur
menggambar ragam hias flora dan fauna serta
geometrik
Menanyakan
· Menanyakan cara menggambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Menanyakan
makna gambar
ragam hias flora dan fauna serta
geometrik
Mengeksplorasi
· Mendiskusikan konsep dan prosedur menggambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengasosiasi
· Menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar ragam
hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya
setempat
·
Membandingkan konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna
serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial
budaya di masyarakat
Komunikasi
·
membuat kriya kayu dengan motif ragam hias
·
menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·
mempresentasikan secara lisan atau tulisan mengenai
karya yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat kritik seni secara sederhana minimum 100 kata tentang kriya kayu dengan motif
ragam hias
Observasi
format pengamatan
skala sikap
Produk
kriya kayu dengan
motif ragam hias
|
5 JP
|
· Buku Paket Seni Budaya Kelas VII
· Buku-buku lain yang relevan
· Informasi melalui internet
· Pameran karya seni Rupa
|
SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA (SENI
RUPA)
(WAJIB PILIHAN)
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas :
VIII
Kompetensi Inti
KI 1 :
Menanggapi, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 :
Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun,
rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal, toleransi, gotong royong dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 :
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak
mata.
KI 4
: Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak
(menulis, membaca, menghitung, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber
lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menerima, menanggapi dan
menghargai keragaman dan keunikan
karya seni rupa daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai,
jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
peduli, santun terhadap karya seni
rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal ,
kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1.
Memahami
konsep dan prosedur menggambar
model pada berbagai bahan dan beragam teknik
4.1
Menggambar model pada berbagai bahan dan
beragam teknik
|
Gambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik
|
Mengamati
· Melihat gambar model dengan teknik dan media yang
berbeda
· Membaca buku tentang konsep dan prosedur menggambar model
Menanyakan
· Menanyakan media apa yang dapat digunakan dalam
menggamabr model
· Menanyakan
teknik gambar
model dengan bahan krayon, cat air dan cat minyak
Mengeksplorasi
·
Menghubungkan antara konsep dan prosedur menggambar
model dalam aliran seni rupa
·
Mencari
konsep dan prosedur menggambar model
Mengasosiasi
·
Membandingkan konsep dan prosedur menggambar model dalam berbagai
teknik dan aliran seni rupa
Komunikasi
·
menggambar model pada berbagai bahan dan beragam
teknik
·
menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·
mempresentasikan secara lisan atau tulisan
mengenai karya yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat ringkasan tentang gambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik
Observasi
format pengamatan
skala sikap
Produk
gambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik
|
4 JP
|
· Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII
· Buku-buku lain yang relevan
· Informasi melalui internet
· Pameran karya seni Rupa
|
1.1
Menerima, menanggapi dan menghargai
keragaman dan keunikan karya seni rupa
daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai,
jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
peduli, santun terhadap karya seni
rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal ,
kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.2.
Memahami
konsep dan prosedur menggambar illustrasi dengan teknik manual atau
digital
4.2.
Menggambar illustrasi dengan teknik manual
atau digital
|
Gambar illustrasi dengan teknik manual atau digital
|
Mengamati
· Melihat gambar model dengan teknik dan media yang
berbeda
· Membaca buku tentang konsep dan prosedur menggambar model
Menanyakan
· Menanyakan media apa yang dapat digunakan dalam
menggamabr model
· Menanyakan
teknik gambar
model dengan bahan krayon, cat air dan cat minyak
Mengeksplorasi
·
Menghubungkan antara konsep dan prosedur menggambar
model dalam aliran seni rupa
·
Mencari
konsep dan prosedur menggambar model
Mengasosiasi
·
Membandingkan konsep dan prosedur menggambar model dalam berbagai
teknik dan aliran seni rupa
Komunikasi
· Meggambar ilustrasi
teknik manual
· Menggamabr ilustrasi teknik digital
|
Tugas.
membuat kritik seni secara sederhana minimum 200 kata tentang gambar illustrasi dengan teknik manual atau digital
Observasi
format
pengamatan skala sikap
Produk
gambar illustrasi dengan teknik manual atau digital
|
4 JP
|
· Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII
· Buku-buku lain yang relevan
· Informasi melalui internet
· Pameran karya seni Rupa
|
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa daerah sebagai
bentuk rasa syukur terhadap anugerah
Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai,
jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
peduli, santun terhadap karya seni
rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal ,
kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.3.
Memahami
konsep dan prosedur penerapan ragam
hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai
teknik
4.3.
Menerapkan
ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras
dengan berbagai teknik
|
Teknik ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari
bahan keras
|
Mengamati
· Melihat gambar dengan berbagai teknik motif ragam
hias flora dan fauna serta geometrik pada kriya bahan keras
· Membaca buku tentang konsep dan prosedur membuat
motif ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Menanyakan
· Menanyakan cara
membuat motif gambar ragam hias flora dan fauna serta
geometrik
· Menanyakan
makna gambar
ragam hias flora dan fauna serta
geometrik
Mengeksplorasi
· Mendiskusikan konsep dan prosedur membuat motif
gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengasosiasi
· Menghubungkan motif gambar ragam hias flora dan fauna serta
geometrik dengan budaya setempat
·
Membandingkan konsep dan prosedur gambar motif ragam hias flora dan
fauna serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial
budaya di masyarakat
Komunikasi
·
membuat karya kriya dari bahan keras dengan motif ragam hias flora, fauna dan geometrik
·
menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·
mempresentasikan secara lisan atau tulisan mengenai
karya yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat ringkasan tentang kriya dari bahan keras dengan motif ragam hias flora, fauna dan geometrik
Observasi
format pengamatan
skala sikap
Produk
kriya dari bahan keras dengan motif ragam hias flora, fauna dan geometrik
|
5 JP
|
· Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII
· Buku-buku lain yang relevan
· Informasi melalui internet
· Pameran karya seni Rupa
|
1.1.
Menerima, menanggapi dan menghargai
keragaman dan keunikan karya seni rupa
daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai,
jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
peduli, santun terhadap karya seni
rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal ,
kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.4.
Memahami
konsep dan prosedur penerapan ragam hias flora, fauna
dan geometrik pada kriya tekstil
dengan teknik tapestri
4.4.
Menerapkan
ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya tekstil dengan teknik tapestri
|
Teknik menghias flora,
fauna dan geometrik pada kriya
tekstil
|
Mengamati
· Melihat gambar ragam hias flora dan fauna serta
geometrik dengan teknik tapestri
· Membaca buku tentang konsep dan prosedur ragam hias flora dan fauna serta
geometrik teknik tapestri
Menanyakan
· Menanyakan ragam hias flora dan fauna serta
geometrik dengan teknik tapestri pada tekstil
· Menanyakan
makna gambar
ragam hias flora dan fauna serta
geometrik
Mengeksplorasi
· Mendiskusikan konsep dan prosedur teknik
tapestri motif ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengasosiasi
· Menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar ragam
hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya
setempat
·
Membandingkan konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna
serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial
budaya di masyarakat
Komunikasi
· membuat kriya tekstil dengan teknik tapestri dengan motif ragam hias flora, fauna dan geometrik
·
menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·
mempresentasikan secara lisan atau tulisan mengenai
karya yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat kritik seni secara sederhana minimum
200 kata tentang kriya tekstil dengan teknik tapestri dengan motif ragam hias flora, fauna dan geometrik
Observasi
format pengamatan
skala sikap
Produk
kriya tekstil dengan teknik tapestri dengan motif ragam hias flora, fauna dan geometrik
|
5 JP
|
· Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII
· Buku-buku lain yang relevan
· Informasi melalui internet
· Pameran karya seni Rupa
|
SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA (SENI
RUPA)
(WAJIB PILIHAN)
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas :
IX
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai, dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu,
estetika, percaya diri, motivasi internal, toleransi gotong royong, kerjasama,
cinta damai dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI 3 : Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4 : Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasii, membuat dan mencipta)
dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut
pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menerima, menanggapi dan
menghargai keragaman dan keunikan
karya seni rupa modern sebagai bentuk
rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1
Menunjukkan sikap
menghargai,jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
peduli, santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal ,
kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1. Memahami
konsep dan prosedur
karya seni lukis dengan beragam media dan teknik
4.1. Membuat karya seni lukis dengan beragam media dan
teknik
|
Seni lukis dengan beragam media dan teknik
|
Mengamati
· Melihat lukisan dengan berbagai teknik dan media yang
berbeda
· Membaca buku tentang konsep dan prosedur melukis
Menanyakan
· Menanyakan media yang murah yang dapat digunakan dalam melukis
· Menanyakan
teknik melukis dengan bahan
krayon, cat air dan cat minyak
Mengeksplorasi
·
Menghubungkan antara konsep dan prosedur menggambar dalam aliran seni rupa
·
Mencari
konsep dan prosedur
membuat gambar
Mengasosiasi
·
Membandingkan konsep dan prosedur menggambar dalam berbagai teknik dan aliran seni rupa
Komunikasi
·
membuat lukisan dengan beragam media dan teknik
·
menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·
mempresentasikan secara lisan atau tulisan mengenai
karya yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat ringkasan tentang lukisan dengan beragam media dan teknik
Observasi
format pengamatan
skala sikap
Produk
lukisan dengan beragam media dan teknik
|
4 JP
|
· Buku Paket Seni Budaya Kelas IX
· Buku-buku lain yang relevan
· Informasi melalui internet
· Pameran karya seni Rupa
|
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1
Menunjukkan sikap
menghargai,jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli,
santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal ,
kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.2.
Memahami konsep dan prosedur karya seni patung dengan beragam
media dan teknik
4.2. Membuat karya seni patung dengan
beragam media dan teknik
|
Seni patung dengan beragam media dan teknik
|
Mengamati
· Melihat patung dengan berbagai teknik dan media
yang berbeda
· Membaca buku tentang konsep dan prosedur membuat patung
Menanyakan
· Menanyakan media yang murah yang dapat digunakan dalam
membuat patung
· Menanyakan
teknik membuat patung Mengeksplorasi
·
Menghubungkan antara konsep dan prosedur patung dan
konteks sosial budaya masyarakat
·
Mencari
konsep dan prosedur
membuat patung
Mengasosiasi
·
Membandingkan konsep dan prosedur membuat patung dalam kehidupan
sosial budaya masyarakat
Komunikasi
·
membuat karya seni patung dengan beragam media dan teknik
·
menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·
mempresentasikan secara lisan atau tulisan mengenai
karya yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat kritik seni secara sederhana minimum 300 kata tentang seni patung dengan beragam media dan teknik
Observasi
format pengamatan
skala sikap
Produk
seni patung
dengan beragam media dan teknik
|
4 JP
|
· Buku Paket Seni Budaya Kelas IX
· Buku-buku lain yang relevan
· Informasi melalui internet
· Pameran karya seni Rupa
|
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai
keragaman dan keunikan karya seni rupa
modern sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan
2.1
Menunjukkan sikap
menghargai,jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
peduli, santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal , kepedulian
terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.3. Memahami konsep
dan prosedur karya seni
grafis dengan beragam media dan teknik
4.3.
Membuat karya
seni grafis dengan beragam media dan teknik
|
Seni grafis dengan beragam media dan teknik
|
Mengamati
· Melihat gambar dengan berbagai teknik dan media
yang berbeda
· Membaca buku tentang konsep dan prosedur seni grafis
Menanyakan
· Menanyakan media yang murah yang dapat digunakan dalam
seni grafis
· Menanyakan
teknik dan
prosedur seni grafis
Mengeksplorasi
·
Menghubungkan antara konsep dan prosedur hasil teknik
grafis dalam masyarakat
·
Mencari
berbagai media dalam membuat gambar dalam seni grafis
Mengasosiasi
·
Membandingkan konsep dan prosedur menggambar manual dalam tseni grafis
Komunikasi
·
membuat gambar grafis dengan beragam media dan teknik
·
mempresentasikan secara lisan atau tulisan mengenai
karya yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat ringkasan tentang seni grafis dengan beragam media dan teknik
Observasi
format pengamatan
skala sikap
Produk
seni grafis dengan
beragam media dan teknik
|
5 JP
|
· Buku Paket Seni Budaya Kelas IX
· Buku-buku lain yang relevan
· Informasi melalui internet
· Pameran karya seni Rupa
|
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1
Menunjukkan sikap
menghargai,jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
peduli, santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap
percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan
dalam berkarya seni
3.4
Memahami
konsep dan prosedur
pada kegiatan merancang dan menyelenggarakan pameran
4,4
Merancang dan
menyelenggarakan pameran
|
Merancang dan menyelenggarakan
pameran
|
Mengamati
· Melihat pameran karya seni
· Membaca buku tentang konsep dan prosedur pameran
Menanyakan
· Menanyakan media yang murah yang dapat digunakan dalam
pameran
· Menanyakan hasil karya yang layak dipamerkan
Mengeksplorasi
·
Menghubungkan antara konsep dan prosedur pameran dengan
pertujukan seni
·
Mencari
konsep dan prosedur
pameran
Mengasosiasi
·
Membandingkan konsep dan prosedur pameran dengan penampilan seni yang
lain
Komunikasi
·
membuat rancangan dan penyelenggarakan pameran
·
menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·
menyampaikan konsep penyelenggaraan pameran yang telah disusun
|
Tugas.
membuat kritik seni secara sederhana minimum
300 kata tentang rancangan dan penyelenggaraan pameran
Observasi
format pengamatan
skala sikap
Portofolio
pameran
Produk
rancangan dan penyelenggaraan pameran
|
5 JP
|
· Buku Paket Seni Budaya Kelas IX
· Buku-buku lain yang relevan
· Informasi melalui internet
· Pameran karya seni Rupa
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar