SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA (SENI TARI)
(WAJIB PILIHAN)
Mata Pelajaran : Seni Tari
Kelas : VII
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi
internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan faktual, konseptual,
dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan
abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut
pandang/teori.
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman
dan keunikan karya seni tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan
sikap menghargai,
jujur,disiplin,melalui aktivitas berkesenian
2.2
Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
peduli, dan santun terhadap karya seni
tari dan koreografernya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal ,
kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1.
Memahami gerak tari berdasarkan unsur ruang waktu dan tenaga
4.1 Melakukan
gerak tari berdasarkan unsur
ruang waktu dan tenaga
|
gerak tari
berdasarkan unsur ruang, waktu dan tenaga
|
Mengamati
·
Membaca dari berbagai sumber belajar tentang gerak tari berdasarkan unsure ruang,
waktu dan tenaga
·
Mengamati
tayangan gerak tari berdasarkan ruang,
waktu dan tenaga melalui media
·
Melihat guru memperagakan gerak tari berdasarkan
ruang, waktu dan tenaga
Menanya
·
Menanya tentang gerak tari berdasarkan unsur
ruang, waktu dan tenaga
Mengeksplorasi
·
Mencari
contoh gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga
·
Merangkai berbagai gerak tari sesuai dengan
ruang, waktu dan tenaga dengan hitungan atau ketukan
·
Mendiskusikan
gerak tari berdasarkan unsure ruang, waktu dan tenaga
Mengasosiasi
·
Membandingkan gerak tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah
lain berdasarkan ruang, waktu dan tenaga
·
Membandingkan
bentuk penyajian gerak tari daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan
ruang, waktu dan tenaga
Mengomunikasi
·
Menampilkan karya tari berdasarkan unsur
ruang, waktu dan tenaga
|
Produk
·
Membuat ringkasan tentang tari berdasarkan ruang, waktu
dan tenaga
Unjuk Kerja
·
mempergelarkan tari
berdasarkan unsur ruang, waktu dan
tenaga
|
4 JP
|
Buku teks pelajaran Seni Budaya kelas VII
Humprey, Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.
VCD
pertunjukan tari
Ensiklopedi
tari Indonesia
Media cetak dan elektronik
|
1.1 Menerima,
menanggapi dan menghargai
keragaman dan keunikan karya
seni tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan
sikap menghargai,
jujur,disiplin,melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
peduli, dan santun terhadap karya seni
tari dan koreografernya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal ,
kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.2
Memahami gerak tari berdasarkan ruang waktu dan tenaga sesuai
iringan
4.2
Memperagakan gerak tari
berdasarkan ruang waktu dan tenaga sesuai iringan
|
Gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan
|
Mengamati
·
Membaca dari berbagai
sumber belajar tentang gerak tari berdasarkan ruang, waktu
dan tenaga
·
Mendengarkan
berbagai musik iringan tari
·
Mengamati
gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu
dan tenaga sesuai iringan
Menanya
·
menanyakan gerak tari berdasarkan unsure ruang, waktu dan tenaga sesuai
iringan
·
menanyakan
berbagai macam musik iringan tari
Mengeksplorasi
·
Mencari
contoh gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan
·
Merangkai berbagai gerak tari sesuai dengan ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan
·
Mendiskusikan
gerak tari berdasarkan unsure ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan
·
Mendiskusikan
berbagai macam musik iringan tari
Mengasosiasi
·
Membandingkan gerak tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah
lain berdasarkan ruang, waktu dan tenaga
·
Membandingkan
bentuk penyajian gerak tari daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain
·
Membandingkan
musik iringan tari di lingkungan tinggal siswa dengan daerah lain
Mengomunikasi
·
Menampilkan karya tari berdasarkan unsur
ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan
·
Membuat
sinopsis tari sesuai dengan tari yang di peragakan secara sederhana
|
Produk
·
Membuat kritik
seni secara sederhana maksimum 100
kata tentang tari berdasarkan unsure ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan
Unjuk Kerja
·
mempergelar kan tari
berdasarkan ruang waktu dan tenaga sesuai iringan
|
4 JP
|
Buku teks pelajaran Seni Budaya kelas VII
Humprey, Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.
VCD
pertunjukan tari
VCD/kaset music iringan tari
Ensiklopedi
tari Indonesia
Media cetak dan elektronik
|
1.1 Menerima,
menanggapi dan menghargai
keragaman dan keunikan karya
seni tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan
sikap menghargai,
jujur,disiplin,melalui aktivitas berkesenian
2.2
Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
peduli, dan santun terhadap karya seni
tari dan koreografernya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal ,
kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.3
Memahami gerak tari sesuai dengan level dan pola
lantai
4.3
Melakukan gerak tari dengan menggunakan level dan
pola lantai
|
Melakukan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai
|
Mengamati
·
Membaca dari berbagai
sumber belajar tentang gerak tari berdasarkan level dan pola
lantai
·
Mengamati
gerak tari berdasarkan level dan pola lantai dengan menggunakan media
Menanya
·
Menanya
tentang gerak tari berdasarkan level dan pola lantai
Mengeksplorasi
·
Mencari
contoh gerak tari berdasarkan level dan pola lantai
·
Merangkai berbagai gerak tari sesuai dengan
level dan pola lantai
·
Mendiskusikan
gerak tari berdasarkan level dan pola lantai
Mengasosiasi
·
Membandingkan gerak tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah
lain berdasarkan level dan pola lantai
·
Membandingkan
bentuk penyajian gerak tari daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain
berdasarkan level dan pola lantai
Mengomunikasi
·
Menampilkan karya tari berdasarkan level dan pola lantai
·
Membuat
sinopsis tari sesuai dengan tari yang di peragakan secara sederhana
|
Produk
·
Membuat ringkasan tentang tari berdasarkan level dan
pola lantai
Unjuk Kerja
·
Melakukan
gerak tari dengan menggunakan level dan pola lantai
|
5 JP
|
Buku teks pelajaran Seni Budaya kelas VII
Humprey, Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.
VCD
pertunjukan tari
VCD/kaset music iringan tari
Ensiklopedi
tari Indonesia
Media cetak dan elektronik
|
1.1 Menerima,
menanggapi dan menghargai
keragaman dan keunikan karya
seni tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan
sikap menghargai,
jujur,disiplin,melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
peduli, dan santun terhadap karya seni
tari dan koreografernya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal ,
kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.4
Memahami gerak tari
sesuai level, dan pola lantai
sesuai iringan
4.4
Memperagakan gerak tari
berdasarkan level, dan pola lantai
sesuai iringan
|
Memperagakan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai
iringan
|
Mengamati
·
Mendengarkan
berbagai musik iringan tari
·
Mengamati
gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai iringan
Menanya
·
menanyakan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai iringan
·
menanyakan
berbagai macam musik iringan tari
Mengeksplorasi
·
Mencari
contoh gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai iringan
·
Menghubungkan berbagai gerak tari berdasarkan level dan pola lantai
sesuai iringan
·
Mendiskusikan
gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai iringan
·
Mendiskusikan
berbagai macam musik iringan tari
Mengasosiasi
·
Membandingkan gerak tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah
lain berdasarkan level dan pola lantai
·
Membandingkan
bentuk penyajian gerak tari daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain
berdasarkan level dan pola lantai
·
Membandingkan
musik iringan tari di lingkungan tinggal siswa dengan daerah lain
Mengomunikasi
·
Menampilkan karya tari berdasarkan unsur
level dan pola lantai sesuai iringan
|
Produk
·
Membuat kritik
seni secara sederhana maksimum 100
kata tentang tari berdasarkan level
dan pola lantai sesuai dengan iringan
Unjuk Kerja
·
Melakukan
gerak tari sesuai level, dan
pola lantai sesuai iringan
|
5 JP
|
Buku teks pelajaran Seni Budaya kelas VII
Humprey, Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.
VCD
pertunjukan tari
VCD/kaset music iringan tari
Ensiklopedi
tari Indonesia
Media cetak dan elektronik
|
SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA (SENI TARI)
(WAJIB PILIHAN)
Mata
Pelajaran : Seni Tari
Kelas : VIII
Kompetensi
Inti :
KI 1 :
Menanggapi, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2
: Menghargai perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya
diri, motivasi internal, toleransi,
gotong royong dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3
: Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI
4 : Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung,
dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut
pandang/teori.
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
|||||
1.1.
Menerima, menanggapi dan menghargai
keragaman dan keunikan karya seni tari
daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1
Menunjukkan sikap
menghargai, jujur, disiplin,
melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli,
santun terhadap karya seni tari dan koreograferya
2.3 Menunjukkan sikap
percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan
dalam berkarya seni
3.1.
Memahami keunikan
gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan
unsur pendukung tari
4.1.
Merangkai gerak
tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung
tari
|
Keunikan
gerak tari tradisonal
berdasarkan pola
lantai
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber belajar tentang tentang keunikan
tari tradisonal berdasarkan pola lantai
· Mengamati
tayangan keunikan gerak tari
tradisional berdasarkan pola lantai melalui media
· Melihat guru memperagakan gerak tari tradisional
berdasarkan pola lantai
Menanya
· Menanya tentang keunikan gerak tari
tradisonal berdasarkan pola lantai
Mengeksplorasi
· Mencari contoh keunikan gerak tari tradisional berdasarkan pola
lantai
· Merangkai
berbagai keunikan ragam
gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai
· Mendiskusikan keunikan ragam gerak tari tradisonal berdasarkan
pola lantai
Mengasosiasi
· Membandingkan keunikan gerak tari tradisional di lingkungan tempat tinggal
siswa dengan daerah lain berdasarkan pola lantai
·
Membandingkan bentuk penyajian gerak
tari tradisional tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan pola
lantai
Mengkomunikasi
· Menampilkan karya tari
tradisional berdasarkan pola lantai
|
Produk
· Membuat ringkasan tentang keunikan ragam tari tradisional berdasarkan pola lantai
Unjuk Kerja
·
mempergelarkan tari
tradisonal berdasarkan pola lantai
|
4 JP
|
Buku
teks pelajaran seni budaya kelas VIII
Humprey,
Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan
Kesenian Jakarta, Jakarta.
VCD pertunjukan tari tradisional
Ensiklopedi Tari Indonesia
Media
cetak dan elektronik
|
|||||
1.1.
Menerima, menanggapi dan menghargai
keragaman dan keunikan karya seni tari
daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1
Menunjukkan sikap menghargai,
jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli,
santun terhadap karya seni tari dan koreograferya
2.3 Menunjukkan sikap
percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan
dalam berkarya seni
3.2. Memahami keunikan peragaan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan
unsur pendukung tari sesuai iringan
4.2. Memperagakan
gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan
unsur pendukung tari sesuai iringan
|
Keunikan gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai
sesuai iringan
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber belajar tentang tentang keunikan
tari tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai
iringan
· Mengamati
tayangan keunikan gerak tari
tradisional berdasarkan pola lantai melalui media sesuai iringan
· Melihat guru memperagakan gerak tari tradisional
berdasarkan pola lantai sesuai iringan
· Mendengarkan
musik iringan tari tradisional
Menanya
· Menanya tentang keunikan gerak tari
tradisonal berdasarkan pola lantai
sesuai iringan
· Menanyakan musik iringan
yang sesuai dengan tari tradisional
Mengeksplorasi
· Mencari contoh keunikan gerak tari tradisional berdasarkan pola
lantai sesuai iringan
· Merangkai
berbagai keunikan ragam
gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai
dengan iringan
· Mendiskusikan keunikan ragam gerak tari tradisonal berdasarkan
pola lantai sesuai dengan iringan
Mengasosiasi
· Membandingkan keunikan gerak tari tradisional
di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan pola
lantai sesuai iringan
·
Membandingkan bentuk penyajian gerak
tari tradisional tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan pola lantai
sesuai iringan
Mengomunikasi
·
Menampilkan
karya tari
tradisional berdasarkan pola lantai sesuai dengan iringan
|
Produk
· Membuat kritik
seni secara sederhana maksimum 200 kata tentang tari tradisional berdasarkan pola lantai sesuai
iringan
Unjuk Kerja
· mempergelarkan tari
tradisional berdasarkan pola
lantai sesuai iringan
|
4 JP
|
Buku
teks pelajaran seni budaya kelas VIII
Humprey,
Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan
Kesenian Jakarta, Jakarta.
VCD pertunjukan tari tradisional
VCD/kaset
music iringan tari tradisonal
Ensiklopedi Tari Indonesia
Media
cetak dan elektronik
|
|||||
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni tari daerah sebagai
bentuk rasa syukur terhadap anugerah
Tuhan
2.1
Menunjukkan sikap
menghargai, jujur, disiplin,
melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli,
santun terhadap karya seni tari dan koreograferya
2.3 Menunjukkan sikap
percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan
dalam berkarya seni
3.3 Memahami
cara menerapkan pola lantai dan unsur
pendukung gerak tari gaya tradisional
pada karya tari kreasi
4.3 Merangkai
gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan
unsur pendukung tari
|
Gerak
tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber belajar tentang gerak
tari kreasi gaya tradisonal berdasarkan pola lantai
· Mengamati tayangan gerak tari kreasi
gaya tradisonal berdasarkan pola
lantai dan unsure pendukungnya melalui media
Menanya
· Menanya tentang gerak tari
kreasi gaya tradisonal berdasarkan pola lantai dan unsure
pendukungnya
Mengeksplorasi
· Mencari contoh gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan
pola lantai dan unsure pendukungnya
· Merangkai
berbagai ragam gerak tari kreasi gaya tradisonal berdasarkan pola lantai
· Mendiskusikan ragam gerak tari kreasi gaya tradisonal
berdasarkan pola lantai dan unsure pendukungnya
Mengasosiasi
· Membandingkan gerak tari kreasi gaya tradisional di lingkungan tempat tinggal siswa dengan
daerah lain berdasarkan pola lantai
·
Membandingkan bentuk penyajian gerak
tari kreasi gaya tradisional tempat tinggal siswa dengan daerah lain
berdasarkan pola lantai
Mengomunikasi
·
Menampilkan karya tari
kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsure pendukungnya
|
Produk
· Membuat ringkasan tentang ragam tari kreasi gaya tradisional
Unjuk Kerja
·
mempergelarkan tari
kreasi gaya tradisonal berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur
pendukung tari
|
5 JP
|
Buku
teks pelajaran seni budaya kelas VIII
Humprey,
Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan
Kesenian Jakarta, Jakarta.
VCD pertunjukan tari tradisional
VCD/kaset
music iringan tari tradisonal
Ensiklopedi Tari Indonesia
Media
cetak dan elektronik
|
|||||
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||||
1.1
Menerima, menanggapi dan menghargai
keragaman dan keunikan karya seni tari
daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1
Menunjukkan sikap
menghargai, jujur, disiplin,
melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli,
santun terhadap karya seni tari dan koreograferya
2.3 Menunjukkan sikap
percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan
dalam berkarya seni
3.4 Memahami cara menerapkan pola
lantai,unsur pendukung dan iringan gerak tari gaya tradisional pada karya tari kreasi
4.4 Memperagakan gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan
unsur pendukung tari sesuai iringan
|
Gerak
tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai sesuai iringan
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber belajar tentang gerak
tari kreasi gaya tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai iringan
· Mengamati tayangan gerak tari kreasi
gaya tradisonal berdasarkan pola
lantai sesuai iringan
· Mendengarkan beberapa musik iringan tari tradisonal dan tari
kreasi
Menanya
· Menanya tentang gerak tari
kreasi gaya tradisonal berdasarkan pola lantai dan unsure
pendukungnya sesuai iringan
· Menanya tentang musik iringan tari
kreasi
Mengeksplorasi
· Mencari contoh gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan
pola lantai sesuai iringan
· Merangkai
berbagai ragam gerak tari kreasi gaya tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai
iringan
· Mendiskusikan ragam gerak tari kreasi gaya tradisonal
berdasarkan pola lantai dan unsure pendukungnya sesuai iringan
Mengasosiasi
· Membandingkan gerak tari kreasi gaya tradisional di lingkungan tempat tinggal siswa dengan
daerah lain berdasarkan pola lantai sesuai iringan
·
Membandingkan bentuk penyajian gerak
tari kreasi gaya tradisional tempat tinggal siswa dengan daerah lain
berdasarkan pola lantai sesuai iringan
engomunikasi
·
Menampilkan karya tari
kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsure pendukung sesuai
iringan
|
Produk
· Membuat kritik
seni secara sederhana maksimum
200 kata tentang
tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai sesuai
iringan
Unjuk Kerja
· mempergelarkan tari
kreasi
gaya tradisional
berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai
iringan
|
5 JP
|
Buku teks pelajaran Seni Budaya kelas VIII
Humprey, Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.
VCD
pertunjukan tari
Ensiklopedi
tari Indonesia
Media cetak dan elektronik
|
|||||
SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA (SENI TARI)
(WAJIB PILIHAN)
Mata
Pelajaran : SENI TARI
Kelas : IX
Kompetensi
Inti :
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghargai, dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika,
percaya diri, motivasi internal, toleransi gotong royong, kerjasama, cinta
damai dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4 : Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasii, membuat dan
mencipta) dan abstrak (menulis, membaca,
menghitung, mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari
berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni tari modern sebagai
bentuk rasa syukur terhadap anugerah
Tuhan
2.1 Menunjukkan
sikap menghargai, jujur,
disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli,
santun terhadap karya seni tari dan koreografernya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal ,
kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1 Memahami
komposisi tari gaya modern
4.1 Menyusun karya tari modern berdasarkan
komposisi tari
|
Penyusunan gerak tari gaya modern berdasarkan
komposisi
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber belajar tentang
tari gaya modern berdasarkan komposisi
· Mengamati tayangan gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi melalui
media
·
Melihat guru memperagakan gerak tari gaya
modern berdasarkan komposisi
Menanya
· Menanya tentang gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi
Mengeksplorasi
·
Mencari
contoh ragam gerak tari gaya modern
berdasarkan komposisi
·
Merangkai berbagai ragam
gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi
·
Mendiskusikan
ragam gerak tari gaya modern
berdasarkan komposisi
Mengasosiasi
·
Membandingkan keunikan gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi
·
Membandingkan
keunikan bentuk penyajian tari gaya
modern berdasarkan komposisi
Mengomunikasi
· Menampilkan karya tari gaya modern berdasarkan komposisi
|
Unjuk
Kerja
·
mempergelarkan tari
gaya modern
berdasarkan komposisi
Produk
·
Membuat ringkasan
tentang tari gaya modern berdasarkan komposisi
|
4
JP
|
Buku Teks Pelajaran seni
budaya kelas IX
Hawkins, Alma,
1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins, Alma M.,
2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia,
Jakarta: MSPI.
VCD pertunjukan tari modern
Ensiklopedi tari Indonesia
|
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni tari modern sebagai
bentuk rasa syukur terhadap anugerah
Tuhan
2.1 Menunjukkan
sikap menghargai, jujur,
disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
peduli, santun terhadap karya seni tari dan koreografernya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal ,
kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.2 Memahami
komposisi dan iringan tari gaya modern
4.2 Memperagakan karya tari modern berdasarkan
komposisi tari sesuai iringan
|
Penyusunan gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber belajar tentang
tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan
· Mengamati tayangan gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan
melalui media
· Melihat guru memperagakan gerak
tari gaya modern berdasarkan komposisi
sesuai iringan
· Mendengarkan musik iringan tari gaya modern
Menanya
· Menanya tentang gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan
Mengeksplorasi
·
Mencari
contoh ragam gerak tari gaya modern
berdasarkan komposisi sesuai iringan
·
Merangkai berbagai ragam
gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan
·
Mendiskusikan
ragam gerak tari gaya modern
berdasarkan komposisi sesuai iringan
Mengasosiasi
·
Membandingkan keunikan gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai
dengan iringan
·
Membandingkan
keunikan bentuk penyajian tari gaya
modern berdasarkan komposisi sesuai
iringan
Mengomunikasi
· Menampilkan karya tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai
iringan
|
Produk
·
Membuat kritik tari maksimum 300 kata
tentang tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan
Unjuk
Kerja
·
mempergelarkan tari
gaya modern
berdasarkan komposisi sesuai iringan
|
4
JP
|
Buku Teks Pelajaran seni
budaya kelas IX
Hawkins, Alma,
1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins, Alma M.,
2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia,
Jakarta: MSPI.
VCD pertunjukan tari modern
CD/kaset
music iringan tari
Ensiklopedi tari Indonesia
|
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni tari modern sebagai
bentuk rasa syukur terhadap anugerah
Tuhan
2.1 Menunjukkan
sikap menghargai, jujur,
disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
peduli, santun terhadap karya seni tari dan koreografernya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian
terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.3 Memahami komposisi tari gaya kontemporer
4.3 Menyusun karya tari kontemporer
berdasarkan komposisi tari
|
Penyusunan gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber belajar tentang
tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
· Mengamati tayangan gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi melalui media
· Melihat guru memperagakan gerak
tari gaya kontemporer berdasarkan
komposisi
Menanya
· Menanya tentang gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
Mengeksplorasi
·
Mencari
contoh ragam gerak tari gaya kontemporer
berdasarkan komposisi
·
Merangkai berbagai ragam
gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
·
Mendiskusikan
ragam gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
Mengasosiasi
·
Membandingkan keunikan gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
·
Membandingkan
keunikan bentuk penyajian tari gaya kontemporer
berdasarkan komposisi
Mengomunikasi
· Menampilkan karya tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
|
Produk
·
Membuat ringkasan tentang tari gaya
kontemporer berdasarkan komposisi
Unjuk
Kerja
·
mempergelarkan tari
gaya kontemporer
berdasarkan komposisi
|
5
JP
|
Buku Teks Pelajaran seni
budaya kelas IX
Hawkins, Alma,
1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins, Alma M.,
2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia,
Jakarta: MSPI.
VCD pertunjukan tari modern
Ensiklopedi tari Indonesia
|
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni tari modern sebagai
bentuk rasa syukur terhadap anugerah
Tuhan
2.1 Menunjukkan
sikap menghargai, jujur,
disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
peduli, santun terhadap karya seni tari dan koreografernya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian
terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.4 Memahami komposisi dan iringan tari gaya kontemporer
4.4 Memperagakan karya tari kontemporer berdasarkan komposisi tari sesuai iringan
|
Peragaan tari gaya kontemporer sesuai dengan iringan
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber belajar tentang
tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai
iringan
· Mengamati tayangan gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan melalui media
· Melihat guru memperagakan gerak
tari gaya kontemporer berdasarkan
komposisi sesuai iringan
· Mendengarkan musik iringan tari gaya kontemporer
Menanya
· Menanya tentang gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
Mengeksplorasi
·
Mencari
contoh ragam gerak tari gaya kontemporer
berdasarkan komposisi sesuai iringan
·
Merangkai berbagai ragam
gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
·
Mendiskusikan
ragam gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
Mengasosiasi
·
Membandingkan keunikan gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
·
Membandingkan
keunikan bentuk penyajian tari gaya kontemporer
berdasarkan komposisi sesuai iringan
Mengomunikasi
· Menampilkan karya tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai
iringan
· Membuat sinopsis tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
sesuai iringan
|
Unjuk
Kerja
·
mempergelarkan tari
gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
Produk
·
membuat
sinopsis tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
|
5
JP
|
Buku Teks Pelajaran seni
budaya kelas IX
Hawkins, Alma,
1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins, Alma M.,
2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia,
Jakarta: MSPI.
VCD pertunjukan tari
modern
Ensiklopedi tari Indonesia
Media
cetak dan elektronik
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar