Minggu, 21 September 2014

SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA (SENI TARI) SMP KURIKULUM 2013

SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA (SENI TARI)
(WAJIB PILIHAN)


Mata Pelajaran               :  Seni Tari
Kelas                              :  VII
Kompetensi Inti           :

KI 1  :  Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
 KI 2 :  Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal,  toleransi,  pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif  dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
 KI 3:   Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait  penomena dan kejadian yang tampak mata.
 KI 4:   Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
  
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1      Menerima, menanggapi dan menghargai  keragaman  dan keunikan karya seni tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan

2.1      Menunjukkan sikap  menghargai, jujur,disiplin,melalui aktivitas berkesenian

2.2      Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun  terhadap karya seni tari dan koreografernya

2.3      Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni

3.1.        Memahami  gerak tari berdasarkan unsur  ruang waktu dan tenaga
4.1     Melakukan   gerak tari berdasarkan unsur  ruang waktu dan tenaga

gerak tari berdasarkan unsur  ruang, waktu dan tenaga
Mengamati
·     Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang gerak tari berdasarkan unsure  ruang, waktu dan tenaga  
·     Mengamati tayangan  gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga melalui media
·     Melihat  guru memperagakan gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga   

Menanya
·     Menanya tentang  gerak tari berdasarkan unsur  ruang, waktu dan tenaga

Mengeksplorasi
·     Mencari contoh gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga
·     Merangkai berbagai gerak tari sesuai  dengan  ruang, waktu dan tenaga dengan hitungan atau ketukan
·     Mendiskusikan gerak tari berdasarkan unsure ruang, waktu dan tenaga

Mengasosiasi
·      Membandingkan gerak tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan ruang, waktu dan tenaga
·      Membandingkan bentuk penyajian gerak tari daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan ruang, waktu dan tenaga

Mengomunikasi
·      Menampilkan karya tari berdasarkan unsur  ruang, waktu dan tenaga

Produk
·     Membuat ringkasan tentang tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga  


Unjuk Kerja
·     mempergelarkan tari berdasarkan unsur  ruang, waktu dan tenaga




4 JP

Buku teks pelajaran Seni Budaya kelas VII

Humprey, Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.

VCD pertunjukan tari

Ensiklopedi tari Indonesia

Media cetak dan elektronik

1.1      Menerima, menanggapi dan menghargai  keragaman  dan keunikan karya seni tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan

2.1      Menunjukkan sikap  menghargai, jujur,disiplin,melalui aktivitas berkesenian

2.2      Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun  terhadap karya seni tari dan koreografernya

2.3      Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni

3.2          Memahami   gerak tari  berdasarkan ruang waktu dan tenaga sesuai iringan

4.2          Memperagakan  gerak tari  berdasarkan ruang waktu dan tenaga sesuai iringan

Gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan

Mengamati
·      Membaca dari berbagai sumber belajar tentang gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga
·      Mendengarkan berbagai musik iringan tari 
·      Mengamati gerak tari berdasarkan unsur ruang,  waktu dan tenaga  sesuai iringan

Menanya
·     menanyakan gerak tari berdasarkan unsure ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan
·     menanyakan berbagai macam musik iringan tari

Mengeksplorasi
·     Mencari contoh gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan
·     Merangkai berbagai gerak tari sesuai dengan  ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan
·     Mendiskusikan gerak tari berdasarkan unsure ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan
·     Mendiskusikan berbagai macam musik iringan tari

Mengasosiasi
·   Membandingkan gerak tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan ruang, waktu dan tenaga
·   Membandingkan bentuk penyajian gerak tari daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain
·   Membandingkan musik iringan tari di lingkungan tinggal siswa dengan daerah lain

Mengomunikasi
·   Menampilkan karya tari berdasarkan unsur  ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan
·   Membuat sinopsis tari sesuai dengan tari yang di peragakan secara sederhana


Produk
·     Membuat  kritik seni secara sederhana maksimum  100 kata tentang tari berdasarkan unsure ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan

Unjuk Kerja
·   mempergelar kan tari  berdasarkan ruang waktu dan tenaga sesuai iringan


4 JP
Buku teks pelajaran Seni Budaya kelas VII

Humprey, Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.

VCD pertunjukan tari

VCD/kaset music iringan tari

Ensiklopedi tari Indonesia

Media cetak dan elektronik


1.1      Menerima, menanggapi dan menghargai  keragaman  dan keunikan karya seni tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan

2.1      Menunjukkan sikap  menghargai, jujur,disiplin,melalui aktivitas berkesenian

 2.2      Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun  terhadap karya seni tari dan koreografernya

2.3      Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni

3.3          Memahami   gerak tari sesuai dengan level dan pola lantai

4.3           Melakukan    gerak tari dengan menggunakan level dan pola lantai

Melakukan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai
Mengamati
·     Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang gerak tari berdasarkan level dan pola lantai  
·     Mengamati gerak tari berdasarkan level dan pola lantai dengan menggunakan media

Menanya
·     Menanya tentang  gerak tari berdasarkan level dan pola lantai

Mengeksplorasi
·     Mencari contoh gerak tari berdasarkan level dan pola lantai
·      Merangkai berbagai gerak tari sesuai           dengan  level dan pola lantai
·      Mendiskusikan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai

Mengasosiasi
·   Membandingkan gerak tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan level dan pola lantai
·   Membandingkan bentuk penyajian gerak tari daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan level dan pola lantai

Mengomunikasi
·   Menampilkan   karya tari berdasarkan level dan pola lantai
·   Membuat sinopsis tari sesuai dengan tari yang di peragakan secara sederhana
Produk
·     Membuat ringkasan tentang tari berdasarkan level dan pola lantai

Unjuk Kerja
·      Melakukan    gerak tari dengan menggunakan level dan pola lantai

5 JP
Buku teks pelajaran Seni Budaya kelas VII

Humprey, Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.

VCD pertunjukan tari
VCD/kaset music iringan tari

Ensiklopedi tari Indonesia

Media cetak dan elektronik


1.1      Menerima, menanggapi dan menghargai  keragaman  dan keunikan karya seni tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan

2.1      Menunjukkan sikap  menghargai, jujur,disiplin,melalui aktivitas berkesenian

2.2      Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun  terhadap karya seni tari dan koreografernya

2.3      Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni

3.4          Memahami  gerak tari   sesuai level, dan pola lantai  sesuai iringan

4.4          Memperagakan  gerak tari   berdasarkan level, dan pola lantai  sesuai iringan


Memperagakan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai iringan

Mengamati
·     Mendengarkan berbagai musik iringan tari 
·     Mengamati gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai iringan

Menanya
·     menanyakan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai iringan
·     menanyakan berbagai macam musik iringan tari

Mengeksplorasi
·     Mencari contoh gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai iringan
·     Menghubungkan berbagai gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai iringan
·     Mendiskusikan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai iringan
·     Mendiskusikan berbagai macam musik iringan tari

Mengasosiasi
·   Membandingkan gerak tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan level dan pola lantai
·   Membandingkan bentuk penyajian gerak tari daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan level dan pola lantai
·   Membandingkan musik iringan tari di lingkungan tinggal siswa dengan daerah lain


Mengomunikasi
·   Menampilkan karya tari berdasarkan unsur  level dan pola lantai sesuai iringan

Produk
·     Membuat  kritik seni secara sederhana maksimum  100 kata  tentang tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai dengan iringan

Unjuk Kerja
·      Melakukan    gerak tari   sesuai level, dan pola lantai  sesuai iringan


5 JP
Buku teks pelajaran Seni Budaya kelas VII

Humprey, Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.

VCD pertunjukan tari

VCD/kaset music iringan tari

Ensiklopedi tari Indonesia

Media cetak dan elektronik


                                                                                                      


SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA (SENI TARI)
(WAJIB PILIHAN)


Mata Pelajaran               :  Seni Tari
Kelas                             :  VIII
Kompetensi Inti            :
KI 1  :    Menanggapi, dan  menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2   :   Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal,     toleransi, gotong royong dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3  :    Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI  4  :  Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang)  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1.       Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni tari daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1      Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin,  melalui aktivitas berkesenian
2.2      Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun  terhadap karya  seni tari dan koreograferya
2.3      Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1.       Memahami  keunikan  gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari

4.1.       Merangkai gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari

Keunikan gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai
Mengamati
·     Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang tentang keunikan tari tradisonal berdasarkan pola lantai  
·     Mengamati tayangan keunikan  gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai melalui media
·     Melihat  guru memperagakan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai  


Menanya
·     Menanya tentang keunikan gerak tari tradisonal  berdasarkan pola lantai

Mengeksplorasi
·     Mencari contoh keunikan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai
·     Merangkai berbagai keunikan ragam gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai
·     Mendiskusikan keunikan ragam gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai


Mengasosiasi
·   Membandingkan keunikan gerak tari tradisional di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan pola lantai
·   Membandingkan bentuk penyajian gerak tari tradisional tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan pola lantai

Mengkomunikasi
·   Menampilkan   karya tari tradisional berdasarkan pola lantai
Produk
·     Membuat  ringkasan tentang keunikan ragam  tari tradisional  berdasarkan pola lantai

Unjuk Kerja
·      mempergelarkan tari tradisonal berdasarkan pola lantai


4 JP

Buku teks pelajaran seni budaya kelas VIII

Humprey, Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.

VCD pertunjukan tari tradisional

Ensiklopedi Tari  Indonesia

Media cetak dan elektronik

1.1. Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni tari daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1  Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin,  melalui aktivitas berkesenian
2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun  terhadap karya  seni tari dan koreograferya
2.3   Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.2. Memahami  keunikan peragaan gerak tari   tradisional  berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan

4.2. Memperagakan gerak tari  tradisional  berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan

Keunikan gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai iringan

Mengamati
·    Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang tentang keunikan tari tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai iringan 
·     Mengamati tayangan keunikan  gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai melalui media sesuai iringan
·     Melihat  guru memperagakan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai sesuai iringan
·     Mendengarkan musik iringan tari tradisional 


Menanya
·     Menanya tentang keunikan gerak tari tradisonal  berdasarkan pola lantai sesuai iringan
·     Menanyakan musik  iringan yang sesuai dengan tari tradisional

Mengeksplorasi
·     Mencari contoh keunikan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai sesuai iringan
·     Merangkai berbagai keunikan ragam gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai dengan iringan
·     Mendiskusikan keunikan ragam gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai dengan iringan


Mengasosiasi
·    Membandingkan keunikan gerak tari tradisional  di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan pola lantai sesuai iringan
·    Membandingkan bentuk penyajian gerak tari tradisional tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan pola lantai sesuai iringan

Mengomunikasi
·    Menampilkan   karya tari tradisional berdasarkan pola lantai sesuai dengan iringan
 
Produk
·     Membuat  kritik seni secara sederhana maksimum  200 kata tentang tari tradisional berdasarkan pola lantai sesuai iringan

Unjuk Kerja
·   mempergelarkan  tari   tradisional  berdasarkan pola lantai sesuai iringan



4 JP
Buku teks pelajaran seni budaya kelas VIII

Humprey, Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.

VCD pertunjukan tari tradisional

VCD/kaset music iringan tari tradisonal

Ensiklopedi Tari  Indonesia

Media cetak dan elektronik

1.1   Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni tari daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1      Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin,  melalui aktivitas berkesenian
2.2      Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun  terhadap karya  seni tari dan koreograferya
2.3      Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.3      Memahami cara menerapkan pola lantai  dan unsur pendukung gerak tari gaya tradisional pada karya tari kreasi 

4.3      Merangkai gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari


Gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai
Mengamati
·    Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang gerak tari kreasi gaya tradisonal berdasarkan pola lantai  
·    Mengamati tayangan gerak tari kreasi gaya tradisonal  berdasarkan pola lantai dan unsure pendukungnya melalui media

Menanya
·     Menanya tentang gerak tari kreasi gaya  tradisonal  berdasarkan pola lantai dan unsure pendukungnya

Mengeksplorasi
·     Mencari contoh gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai dan unsure pendukungnya
·     Merangkai berbagai  ragam gerak tari kreasi gaya  tradisonal berdasarkan pola lantai
·     Mendiskusikan ragam gerak tari kreasi gaya tradisonal berdasarkan pola lantai dan unsure pendukungnya

Mengasosiasi
·    Membandingkan gerak tari kreasi gaya tradisional  di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan pola lantai
·    Membandingkan bentuk penyajian gerak tari kreasi gaya tradisional tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan pola lantai

Mengomunikasi
·    Menampilkan karya tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai  dengan menggunakan unsure pendukungnya

Produk
·     Membuat  ringkasan tentang ragam  tari kreasi gaya tradisional


Unjuk Kerja
·      mempergelarkan tari kreasi gaya tradisonal berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari


5 JP
Buku teks pelajaran seni budaya kelas VIII

Humprey, Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.

VCD pertunjukan tari tradisional

VCD/kaset music iringan tari tradisonal

Ensiklopedi Tari  Indonesia

Media cetak dan elektronik

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

1.1         Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni tari daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1      Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin,  melalui aktivitas berkesenian
2.2      Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun  terhadap karya  seni tari dan koreograferya
2.3      Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.4     Memahami cara menerapkan pola lantai,unsur pendukung dan iringan gerak tari gaya tradisional pada karya tari kreasi
 
4.4     Memperagakan gerak tari kreasi gaya tradisional  berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan


Gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai sesuai iringan
Mengamati
·    Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang gerak tari kreasi gaya tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai iringan   
·    Mengamati tayangan gerak tari kreasi gaya tradisonal  berdasarkan pola lantai sesuai iringan
·    Mendengarkan beberapa musik iringan tari tradisonal dan tari kreasi

Menanya
·     Menanya tentang gerak tari kreasi gaya  tradisonal  berdasarkan pola lantai dan unsure pendukungnya sesuai iringan
·     Menanya tentang musik iringan tari kreasi

Mengeksplorasi
·     Mencari contoh gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai sesuai iringan
·     Merangkai berbagai  ragam gerak tari kreasi gaya  tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai iringan
·     Mendiskusikan ragam gerak tari kreasi gaya tradisonal berdasarkan pola lantai dan unsure pendukungnya sesuai iringan

Mengasosiasi
·    Membandingkan gerak tari kreasi gaya tradisional  di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan pola lantai sesuai iringan
·    Membandingkan bentuk penyajian gerak tari kreasi gaya tradisional tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan pola lantai sesuai iringan

engomunikasi
·    Menampilkan karya tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai  dengan menggunakan unsure pendukung sesuai iringan

Produk
·     Membuat  kritik seni secara sederhana maksimum 200 kata  tentang tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai sesuai iringan

Unjuk Kerja
·   mempergelarkan  tari  kreasi gaya tradisional  berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan



5 JP

Buku teks pelajaran Seni Budaya kelas VIII

Humprey, Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.

VCD pertunjukan tari

Ensiklopedi tari Indonesia

Media cetak dan elektronik





SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA (SENI TARI)
(WAJIB PILIHAN)

Mata Pelajaran              : SENI TARI
Kelas                              :  IX 
Kompetensi Inti           :


KI 1  : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2  : Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal, toleransi gotong royong, kerjasama, cinta damai  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3  : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4  : Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasii, membuat  dan mencipta)  dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.




Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1   Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni tari modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin,  melalui aktivitas berkesenian

2.2  Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun  terhadap karya  seni  tari dan koreografernya

2.3  Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni

3.1 Memahami komposisi  tari gaya modern

4.1  Menyusun karya tari modern berdasarkan komposisi tari

Penyusunan gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi

Mengamati
·     Membaca dari berbagai sumber belajar tentang tari gaya modern berdasarkan komposisi
·     Mengamati tayangan gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi melalui media
·     Melihat  guru memperagakan gerak tari gaya modern  berdasarkan komposisi  

Menanya
·     Menanya  tentang  gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi

Mengeksplorasi
·     Mencari contoh ragam  gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi
·     Merangkai berbagai ragam  gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi
·     Mendiskusikan ragam  gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi

Mengasosiasi
·   Membandingkan keunikan gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi
·   Membandingkan keunikan  bentuk penyajian tari gaya modern berdasarkan komposisi

Mengomunikasi
·   Menampilkan  karya tari gaya modern berdasarkan komposisi


Unjuk Kerja
·     mempergelarkan tari gaya modern berdasarkan komposisi


Produk
·      Membuat  ringkasan tentang tari gaya modern berdasarkan komposisi

4 JP
Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas IX

Hawkins, Alma,
1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta

Hawkins, Alma M.,
2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia, Jakarta: MSPI.

VCD pertunjukan tari modern

Ensiklopedi tari Indonesia



1.1   Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni tari modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin,  melalui aktivitas berkesenian

2.2  Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun  terhadap karya  seni tari dan koreografernya

2.3  Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni

3.2 Memahami komposisi dan iringan  tari gaya modern

4.2  Memperagakan karya tari modern berdasarkan komposisi tari sesuai iringan

Penyusunan gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan

Mengamati
·     Membaca dari berbagai sumber belajar tentang tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan 
·     Mengamati tayangan gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan melalui media
·     Melihat  guru memperagakan gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi  sesuai iringan
·     Mendengarkan musik iringan tari gaya modern

Menanya
·     Menanya  tentang  gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan

    Mengeksplorasi
·     Mencari contoh ragam  gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan
·     Merangkai berbagai ragam  gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan
·     Mendiskusikan ragam  gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan

Mengasosiasi
·   Membandingkan keunikan gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai dengan iringan
·   Membandingkan keunikan  bentuk penyajian tari gaya modern berdasarkan komposisi  sesuai iringan

Mengomunikasi
·   Menampilkan  karya tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan

Produk
·     Membuat  kritik tari maksimum 300 kata tentang tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan

Unjuk Kerja
·     mempergelarkan tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan


4 JP
Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas IX

Hawkins, Alma,
1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta

Hawkins, Alma M.,
2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia, Jakarta: MSPI.

VCD pertunjukan tari modern

CD/kaset music iringan tari

Ensiklopedi tari Indonesia

1.1   Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni tari modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin,  melalui aktivitas berkesenian

2.2  Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun  terhadap karya  seni tari dan koreografernya

2.3  Menunjukkan sikap  percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni

3.3  Memahami komposisi  tari gaya kontemporer

4.3  Menyusun karya tari kontemporer berdasarkan komposisi tari

Penyusunan gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
Mengamati
·    Membaca dari berbagai sumber belajar tentang tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
·    Mengamati tayangan gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi melalui media
·     Melihat  guru memperagakan gerak tari gaya kontemporer  berdasarkan komposisi 

Menanya
·     Menanya  tentang  gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi

Mengeksplorasi
·     Mencari contoh ragam  gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
·     Merangkai berbagai ragam  gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
·     Mendiskusikan ragam  gerak tari gaya kontemporer  berdasarkan komposisi

Mengasosiasi
·   Membandingkan keunikan gerak tari gaya kontemporer  berdasarkan komposisi
·   Membandingkan keunikan  bentuk penyajian tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi

Mengomunikasi
·   Menampilkan  karya tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi

  Produk
·     Membuat  ringkasan tentang tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi

Unjuk Kerja
·     mempergelarkan tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi


5 JP
Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas IX

Hawkins, Alma,
1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta

Hawkins, Alma M.,
2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia, Jakarta: MSPI.

VCD pertunjukan tari modern

Ensiklopedi tari Indonesia


1.1   Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni tari modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin,  melalui aktivitas berkesenian

2.2  Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun  terhadap karya  seni tari dan koreografernya

2.3  Menunjukkan sikap  percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni

3.4  Memahami komposisi dan iringan  tari gaya kontemporer
4.4  Memperagakan karya tari kontemporer  berdasarkan komposisi tari sesuai iringan
Peragaan tari gaya kontemporer sesuai dengan iringan
Mengamati
·    Membaca dari berbagai sumber belajar tentang tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
·    Mengamati tayangan gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan melalui media
·     Melihat  guru memperagakan gerak tari gaya kontemporer  berdasarkan komposisi  sesuai iringan
·    Mendengarkan musik iringan tari gaya kontemporer


Menanya
·     Menanya  tentang  gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan

Mengeksplorasi
·     Mencari contoh ragam  gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
·     Merangkai berbagai ragam  gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
·     Mendiskusikan ragam  gerak tari gaya kontemporer  berdasarkan komposisi sesuai iringan

Mengasosiasi
·   Membandingkan keunikan gerak tari gaya kontemporer  berdasarkan komposisi sesuai iringan
·   Membandingkan keunikan  bentuk penyajian tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan

Mengomunikasi
·   Menampilkan  karya tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
·   Membuat sinopsis tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan

Unjuk Kerja
·      mempergelarkan tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan

Produk
·     membuat sinopsis tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan

5 JP
Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas IX

Hawkins, Alma,
1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta

Hawkins, Alma M.,
2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia, Jakarta: MSPI.

 VCD pertunjukan tari modern

Ensiklopedi tari Indonesia

Media cetak dan elektronik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar