Minggu, 21 September 2014

SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA (SENI MUSIK) SMP KURIKULUM 2013

SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA (WAJIB PILIHAN)
 (SENI  MUSIK) 
 

SATUAN PELAJARAN  :    SMP
 KELAS                        :    VII
 KOMPETENSI   INTI     :

KI 1 :   Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
 KI 2 :  Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal,  toleransi,  pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif  dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
 KI 3:   Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait  penomena dan kejadian yang tampak mata.
 KI 4:   Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.


















Kompetensi Dasar
Materi Pokok*
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.Menerima, menanggapi dan menghargai  keragaman  dan keunikan  musik sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1.Menunjukkan sikap  menghargai,jujur,         disiplin,melalui aktivitas berkesenian
2.2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab
peduli, dan santun  terhadap karya musik dan penciptanya serta arrangernya
2.3. Menunjukkan sikap  percaya diri, motivasi  internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam  berkarya seni
3.1.  Memahami  teknik vokal dalam bernyanyi lagu secara unisono 
4.1. Menyanyikan lagu  secara unisono 

Teknik   Vokal dan bernyanyi unisono
Mengamati
·      Mendengarkan lagu yang dinyanyikan secara  unisono secara langsung melalui media elektronik
·      Melihat partitur lagu satu suara
Menanyakan
·      Menanyakan kemampuan suara manusia dengan jenis partitur  suatu lagu.
·      Menyanyakan hubungan mutu suara manusia dengan aspek kesehatan
·      Menanyakan hubungan  sikap dan teknik bernyanyi dengan kejelasan ucapan dalam bernyanyi
Mengeksplorasi
·        Menyanyikan kalimat lagu dengan bersenandung  satu frase satu tarikan nafas
·        Menyanyikan sebuah lagu secara berturut-turut dengan perubahan nada dasar
·        Mengidentifikasi perubahan suara pada remaja (Organ suara manusia)
·        Menyusun  klipping  tentang pertunjukkan musik vokal  secara unison
Mengasosiasi
·        Membedakan bentuk kotak suara manusia dengan tinggi rendahnya nada yang ditampilkan (warna suara)
·        Menunjukkan kualitas suara dengan kebiasaan merokok dan pengaruhnya terhadap pita suara
Mengkomunikasi
·      Menyanyikan lagu dengan satu suara  bersama-sama di kelas
·     Mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  kritik seni 
Produk
Membuat  tulisan tentang kritik seni  bernyanyi  secara unisono sebanyak 100 kata  



Unjuk Kerja
Bernyanyi secara unisono
                                                

4 JP
Buku Lagu Wajib      lagu Nasional,  Daerah dan Populer

Buku Paket Seni Budaya Kelas VII

Acara  musik di radio dan TV

DVD, VCD

Kompetensi Dasar
Materi Pokok*
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai  keragaman  dan keunikan  musik sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan

2.1.Menunjukkan sikap  menghargai,jujur,         disiplin,melalui aktivitas berkesenian
2.2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab
peduli, dan santun  terhadap karya musik dan penciptanya serta arrangernya
2.3. Menunjukkan sikap  percaya diri, motivasi  internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam  berkarya seni

3.2    Memahami teknik vokal dalam bernyanyi  lagu secara vokal group 
4.2. Menyanyikan lagu secara vokal group 


 Vokal   Group

Mengamati
·     Menyaksikan pertunjukkan  vocal group secara langsung melalui media elektronik
·     Mendengar lagu bentuk kanon
·     Melihat partitur lagu untuk vokal grup

Menanyakan
·     Menanyakan penggolongan suara manusia  dengan pembagian melodi suara satu, dua dan tiga 
·     Menanyakan mengapa perpaduan nada (akord) walau berbada nada terdengar indah
·      Menanyakan tentang alasan kekompakan sebagai hal penting dalam vokal grup

Mengeksplorasi
·     Menentukan pembagian suara  dalam vokal  group  dengan  baik  dan  benar
·     Menyanyikan lagu dengan perubahan dinamika

Mengasosiasi
·     Membandingkan penampilan vokal group dalam membawakan lagu minor dengan suasana sedih, syahdu dan penuh haru
·     Membandingkan penampilan vokal group dalam membawakan lagu ayor dengan suasana riang, senang dan gembira 

Mengkomunikasi
·   Menampilkan  pertunjukkan vokal group dalam kelas
·   Membuat tulisan tentang kritik seni pertunjukan vokal grup
Unjuk Kerja
·      Menyanyikan  lagu kanon
·      Menyanyikan lagu dua suara
·      Menyanyikan lagu tiga suara


5JP
Buku Lagu Wajib      lagu Nasional,  Daerah dan Populer

Buku Paket Seni Budaya Kelas VII

Acara  musik di radio dan TV

DVD, VCD




Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.  Menerima, menanggapi dan menghargai  keragaman  dan keunikan  musik sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1.Menunjukkan sikap  menghargai,jujur,         disiplin,melalui aktivitas berkesenian
2.2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab
peduli, dan santun  terhadap karya musik dan penciptanya serta arrangernya
2.3. Menunjukkan sikap  percaya diri, motivasi  internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam  berkarya seni
3.3    Memahami teknik bermain  musik  sederhana secara perorangan dan  kelompok
4.3    Memainkan instrumen musik sederhana secara perorangan dan  kelompok

Musik  Ansambel
Mengamati  :
·     Menyaksikan pertunjukkan  kelompok musik secara langsung melalui media elektronik
·     Mendengarkan permainan musik ansambel

Menanyakan
·     Menanyakan  teknik bermain musik rimis 
·      Menanyakan  teknik bermain musik  melodis

Mengeksplorasi
·     Membagi   iringan lagu dalam kelompok musik  dengan  baik  dan  benar
·     Menggubah  secara sederhana lagu-lagu  yang akan dibawakan oleh kelompok musik  

Mengasosiasi
·     Membandingkan kedisiplinan dan kekompakan penampilan kelompok musik dengan tentara
·     Membandingkan suara yang bising latiahan musik tanpa pembimbing dengan suasana riuh di pasar  

Mengkomunikasi
·     Menampilkan pertunjukkan kelompok  musik di dalam kelas
·     Mengiringi lagu saat pertunjukkan kelompok  music
·     Mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  kritik seni 


Unjuk Kerja
·      Bermain Musik ritmis
·      Bermain musik melodis




4 JP
Buku Lagu Wajib      lagu Nasional,  Daerah dan Populer

Buku Paket Seni Budaya Kelas VII

Acara  musik di radio dan TV

DVD, VCD




Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai  keragaman  dan keunikan  musik sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan

2.1.Menunjukkan sikap  menghargai,jujur,         disiplin,melalui aktivitas berkesenian
2.2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab
peduli, dan santun  terhadap karya musik dan penciptanya serta arrangernya
2.3. Menunjukkan sikap  percaya diri, motivasi  internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam  berkarya seni
3.4    Memahami teknik bermain  musik ansambel sederhana
4.4  Memainkan musik ansambel sederhana

  Musik       
   Ansamble

Mengamati                                           
Menyaksikan pertunjukkan  kelompok musik ansamble langsung melalui media pembelajaran

Menanyakan                                  
Mendiskusikan tentang penampilan kelompok musik ansamble yang dipertunjukkan

Eksplorasi
·     Mendemonstrasikan teknik  permainan musik ansamble  secara berkelompok dengan baik dan benar
·     Membagi  iringan musik  lagu - lagu ansamble dalam masing-masing kelompok

Mengasosiasi
Membandingkan konsep pertunjukkan acara ansamble musik dengan sebuah pertunjukkan  musik 

Mengkomunikasi
·       Mempertunjukkan musik ansamble secara berkelompok di dalam kelas
·       Mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  kritik seni 

Produk
·      Iringan musik sederhana


Unjuk Kerja
·      Bermain Musik ansambel campuran

5 JP
Buku Lagu Wajib      lagu Nasional,  Daerah dan Populer

Buku Paket Seni Budaya Kelas VII

Acara  musik di radio dan TV

DVD, VCD

Catatan :  Apa yang tertulis di atas hanya sebagai acuan bagi guru untuk memilih sumber belajar dan dapat disesuaikan dengan kondisi      
                 masing-masing  sekolah




SILABUS MATA PELAJARAN:   SENI BUDAYA (SENI  MUSIK)
                                                                                                       (WAJIB PILIHAN)

  SATUAN PELAJARAN:    SMP
  KELAS                        :    VIII  
  KOMPETENSI              INTI    :

KI 1  :    Menanggapi, dan  menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2   :   Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal,     toleransi, gotong royong dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3  :    Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI  4  :  Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang)  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.



















Kompetensi Dasar
Materi Pokok*
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1. Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan  musik daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap  menghargai,  jujur,          disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,        peduli, santun  terhadap karya musik, dan penciptanya serta  arrangernya
2.3 Menunjukkan sikap  percaya diri, motivasi         internal, kepedulian terhadap lingkungan         dalam berkarya seni
3.1    Memahami  teknik dan gaya  lagu daerah secara unisono atau perseorangan   
4.1  Menyanyikan lagu daerah secara   unisono  atau perseorangan
Lagu tradisi dan lagu daerah
Mengamati
·      Mendengarkan lagu daerah dan tradisi yang dinyanyikan secara langsung atau melalui media elektronik
·      Membaca berita tentang musik tradisi dan lagu daerah dari media cetak
Menanyakan
·        Menanyakan teknik menyanyikan lagu daerah dan tradisi
·        Menanyakan fungsi musik tradisi dan waktu pergelarannya serta keunikannya 

Mengeksplorasi
·      Mengidentifikasi  ciri khas dan keunikan teknik dan gaya lagu-lagu daerah tradisional
·      Menyusun  klipping tentang ragam keunikan lagu-lagu tradisi dan lagu-lagu daerah

Mengasosiasi
Menunjukkan  kesamaan penampilan  lagu daerah dengan penampilan di daerah asal lagu yang dinyanyikan

Mengkomunikasi
·           Menyanyikan lagu daerah  dengan satu suara  bersama-sama di kelas
·           Menyanyikan lagu  tradisi dengan satu suara  bersama-sama di kelas
·           Mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  kritik seni 




Unjuk Kerja
·    Menyanyikan lagu daerah
·   Menyanyikan lagu tradisi 
                                                

4 JP
Buku Lagu Wajib      lagu Nasional,  Daerah dan Populer

Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII

Acara  musik di radio dan TV

DVD, VCD

Kompetensi Dasar
Materi Pokok*
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1. Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan  musik daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap  menghargai,  jujur,          disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,        peduli, santun  terhadap karya musik, dan penciptanya serta  arrangernya
2.3 Menunjukkan sikap  percaya diri, motivasi         internal, kepedulian terhadap lingkungan         dalam berkarya seni
3.2    Memahami teknik dan gaya lagu daerah    
        bentuk vokal group 
4.2    Menyanyikan lagu daerah bentuk vokal group 

Lagu tradisi dan lagu daerah
Mengamati
·      Mendengarkan lagu daerah dan tradisi yang dinyanyikan secara langsung atau melalui media elektronik
·      Membaca berita tentang musik tradisi dan lagu daerah dari media cetak
Menanyakan
·        Menanyakan teknik menyanyikan lagu daerah dan tradisi
·        Menanyakan fungsi musik tradisi dan waktu pergelarannya serta keunikannya 

Mengeksplorasi
·      Mengidentifikasi  ciri khas dan keunikan teknik dan gaya kelompok lagu-lagu daerah
·      Menyusun  klipping tentang ragam keunikan lagu-lagu tradisi dan lagu-lagu daerah yang dinyanyikan secara kelompok
·       
 Mengasosiasi
Menunjukkan  kesamaan penampilan  lagu daerah dengan penampilan di daerah asal lagu yang dinyanyikan
Mengkomunikasi
·      Menyanyikan lagu daerah  bentuk vokal grup
·      Menyanyikan lagu   daerah  dengan lebih dari satu suara   
·     Mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  kritik seni

Unjuk Kerja
·     Menyanyikan lagu  secara kelompok daerah
·     Menyanyikan lagu tradisi 
                                                

4 JP
Buku Lagu Wajib      lagu Nasional,  Daerah dan Populer

Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII

Acara  musik di radio dan TV

DVD, VCD




Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1. Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan  musik daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap  menghargai,  jujur,          disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,        peduli, santun  terhadap karya musik, dan penciptanya serta  arrangernya
2.3 Menunjukkan sikap  percaya diri, motivasi    internal, kepedulian terhadap lingkungan         dalam berkarya seni

3.3    Memahami  teknik dan gaya bermain  musik tradisional sederhana secara     
       perorangan dan kelompok
4.3  Memainkan instrumen musik tradisional   sederhana secara perorangan dan    kelompok
Musik  Ansambel
Mengamati  :
·     Menyaksikan pertunjukkan  kelompok musik secara langsung melalui media elektronik
·     Mendengarkan permainan musik ansambel

Menanya
·     Menanyakan  teknik bermain musik rimis 
·      Menanyakan  teknik bermain musik  melodis

Mengeksplorasi
·     Membagi   iringan lagu dalam kelompok musik  dengan  baik  dan  benar
·     Menggubah  secara sederhana lagu-lagu  yang akan dibawakan oleh kelompok musik  

Mengasosiasi
·     Membandingkan kedisiplinan dan kekompakan penampilan kelompok musik dengan tentara
·     Membandingkan suara yang bising latiahan musik tanpa pembimbing dengan suasana riuh di pasar  

Mengkomunikasi
·     Menampilkan pertunjukkan kelompok  musik di dalam kelas
·     Mengiringi lagu saat pertunjukkan kelompok  music
·     Mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  kritik seni
Produk
·      Iringan musik sederhana  


Unjuk Kerja
·      Bermain Musik ritmis
·      Bermain musik melodis




5 JP
Buku Lagu Wajib      lagu Nasional,  Daerah dan Populer

Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII

Acara  musik di radio dan TV

DVD, VCD





Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1. Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan  musik daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap  menghargai,  jujur,          disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,        peduli, santun  terhadap karya musik, dan penciptanya serta  arrangernya
2.3 Menunjukkan sikap  percaya diri, motivasi    internal, kepedulian terhadap lingkungan         dalam berkarya seni

3.4    Memahami  teknik  dan gaya bermain musik ansambel tradisional

4.4   Memainkan ansambel musik        
        tradisional

Musik  Ansambel
Mengamati  :
·     Menyaksikan pertunjukkan  kelompok musik secara langsung melalui media elektronik
·     Mendengarkan permainan musik ansambel

Menanya
·     Menanyakan  teknik bermain musik rimis 
·      Menanyakan  teknik bermain musik  melodis

Mengeksplorasi
·     Membagi   iringan lagu dalam kelompok musik  dengan  baik  dan  benar
·     Menggubah  secara sederhana lagu-lagu  yang akan dibawakan oleh kelompok musik  

Mengasosiasi
·     Menunjukkan kekuatan musik tradisi dan musik moderen
·     Membandingkan suara musik tradisi dengan suasana damai

Mengkomunikasi
·     Menampilkan pertunjukkan kelompok  musik di dalam kelas
·     Mengiringi lagu saat pertunjukkan kelompok  music
·     Mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  kritik seni
Produk
·      Iringan musik sederhana  


Unjuk Kerja
·      Bermain Musik ritmis  dan melodis
·      Bermain musik  harmonis




5 JP
Buku Lagu Wajib      lagu Nasional,  Daerah dan Populer

Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII

Acara  musik di radio dan TV

DVD, VCD


catatan :  Apa yang tertulis diatas hanya sebagai acuan bagi guru untuk memilih sumber belajar dan dapat disesuaikan dengan kondisi      
                 masing-masing  sekolah




SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA (SENI  MUSIK)
(WAJIB PILIHAN)

  SATUAN PELAJARAN:    SMP
  KELAS                       :    IX
  KOMPETENSI              INTI    :


KI 1  : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2  : Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal, toleransi gotong royong, kerjasama, cinta damai  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3  : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4  : Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasii, membuat  dan mencipta)  dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
















Kompetensi Dasar
Materi Pokok*
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1. Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan  musik modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap  menghargai,  jujur,          disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,        peduli, santun  terhadap karya musik, dan penciptanya serta  arrangernya
2.3 Menunjukkan sikap  percaya diri, motivasi         internal, kepedulian terhadap lingkungan         dalam berkarya seni
3.1.      Memahami cara menggubah musik modern  secara unisono atau perseorangan   
4.1   Menggubah musik modern  secara unisono     
Lagu tradisi dan lagu modern
Mengamati
·      Mendengarkan lagu daerah dan tradisi yang dinyanyikan secara langsung atau melalui media elektronik
·      Membaca berita tentang musik tradisi dan lagu daerah dari media cetak
Menanyakan
·        Menanyakan teknik menyanyikan lagu daerah dan tradisi
·        Menanyakan fungsi musik tradisi dan waktu pergelarannya serta keunikannya 

Mengeksplorasi
·      Mengidentifikasi  ciri khas dan keunikan teknik dan gaya lagu-lagu daerah tradisional
·      Menyusun  klipping tentang ragam keunikan lagu-lagu tradisi dan lagu-lagu daerah
 Mengasosiasi
Menunjukkan  kesamaan penampilan  lagu daerah dengan penampilan di daerah asal lagu yang dinyanyikan
Mengkomunikasi
·      Menyanyikan lagu daerah  dengan satu suara  bersama-sama di kelas
·      Menyanyikan lagu  t dengan satu suara  hasil gubahan sendiri
·     Mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  kritik seni

Unjuk Kerja
·     Menyanyikan lagu populer
                                                

4 JP
Buku Lagu Wajib      lagu Nasional,  Daerah dan Populer

Buku Paket Seni Budaya Kelas IX

Acara  musik di radio dan TV

DVD, VCD





Kompetensi Dasar
Materi Pokok*
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1. Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan  musik modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap  menghargai,  jujur,          disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,        peduli, santun  terhadap karya musik, dan penciptanya serta  arrangernya
2.3 Menunjukkan sikap  percaya diri, motivasi         internal, kepedulian terhadap lingkungan         dalam berkarya seni
3.2    Memahami cara merubah musik modern untuk vokal group 
4.2   Mengubah musik modern  untuk vokal group

Lagu tradisi dan lagu modern
Mengamati
·      Mendengarkan lagu daerah dan tradisi yang dinyanyikan secara langsung atau melalui media elektronik
·      Membaca berita tentang musik tradisi dan lagu daerah dari media cetak
Menanyakan
·        Menanyakan teknik menyanyikan lagu daerah dan tradisi
·        Menanyakan fungsi musik tradisi dan waktu pergelarannya serta keunikannya 

Mengeksplorasi
·      Mengidentifikasi  ciri khas dan keunikan teknik dan gaya kelompok lagu-lagu daerah
·      Menyusun  klipping tentang ragam keunikan lagu-lagu tradisi dan lagu-lagu daerah yang dinyanyikan secara kelompok

 Mengasosiasi
·      Menunjukkan  kesamaan penampilan  lagu daerah dengan penampilan di daerah asal dengan lagu yang dinyanyikan
Mengkomunikasi
·      Menyanyikan lagu daerah  bentuk vokal grup
·      Menyanyikan lagu   dengan untuk vokal grup hasil gubahan sendiri   
·     Mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  kritik seni

Unjuk Kerja
·     Menyanyikan lagu  secara kelompok daerah
·     Menyanyikan lagu pop
                                                

4 JP
Buku Lagu Wajib      lagu Nasional,  Daerah dan Populer

Buku Paket Seni Budaya Kelas IX

Acara  musik di radio dan TV

DVD, VCD




Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1. Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan  musik modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap  menghargai,  jujur,          disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,        peduli, santun  terhadap karya musik, dan penciptanya serta  arrangernya
2.3 Menunjukkan sikap  percaya diri, motivasi    internal, kepedulian terhadap lingkungan         dalam berkarya seni

3.3    Memahami  teknik bernyanyi  musik  modern
4.3    Menyanyikan  musik modern sederhana secara perorangan maupun  kelompok

Musik  Ansambel
Mengamati  :
·     Menyaksikan pertunjukkan  kelompok musik secara langsung melalui media elektronik
·     Mendengarkan permainan musik ansambel

Menanya
·     Menanyakan  teknik bermain musik rimis 
·      Menanyakan  teknik bermain musik  melodis
·     Menanyakan teknik bermain musik harmonis

Mengeksplorasi
·     Membagi   iringan lagu dalam kelompok musik  dengan  baik  dan  benar
·     Menggubah  secara sederhana lagu-lagu  yang akan dibawakan oleh kelompok musik  

Mengasosiasi
·     Membandingkan kedisiplinan dan kekompakan penampilan kelompok musik dengan  dengan kedamaian
·     Membandingkan suara yang bising latihan musik tanpa pembimbing dengan suasana riuh di pasar  

Mengkomunikasi
·     Menampilkan pertunjukkan kelompok  musik di dalam kelas
·     Mengiringi lagu saat pertunjukkan kelompok  music
·     Mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  kritik seni
Produk
·      Iringan musik sederhana  


Unjuk Kerja
·      Bermain Musik ritmis
·      Bermain musik melodis
·      Bermain musik harmonis




5 JP
Buku Lagu Wajib      lagu Nasional,  Daerah dan Populer

Buku Paket Seni Budaya Kelas IX

Acara  musik di radio dan TV

DVD, VCD




Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1. Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan  musik modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap  menghargai,  jujur,          disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,        peduli, santun  terhadap karya musik, dan penciptanya serta  arrangernya
2.3 Menunjukkan sikap  percaya diri, motivasi    internal, kepedulian terhadap lingkungan         dalam berkarya seni

3.4  Memahami teknik bermain dan menampilkan musik ansamble
4.4  Menyajikan musik  ansambel 

Musik  Ansambel
Mengamati  :
·     Menyaksikan pertunjukkan  kelompok musik secara langsung melalui media elektronik
·     Mendengarkan permainan musik ansambel

Menanya
·     Menanyakan  teknik bermain musik rimis 
·      Menanyakan  teknik bermain musik  melodis
·     Menanyakan teknik bermain musik harmonis

Mengeksplorasi
·     Membagi   iringan lagu dalam kelompok musik  dengan  baik  dan  benar
·     Menggubah  secara sederhana lagu-lagu  yang akan dibawakan oleh kelompok musik  

Mengasosiasi
·     Menunjukkan keunikan  musik moderen dalam kegiatan sehari-hari

Mengkomunikasi
·     Menampilkan pertunjukkan kelompok  musik di dalam kelas
·     Mengiringi lagu saat pertunjukkan kelompok  musik
·     Mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  kritik seni
Produk
·      Membuat  kritik seni  tentang pertunjukan kelompok musik sebanyak 50 -100 kata
·      Gubahan sendiri


Unjuk Kerja
·      Bermain Musik ritmis  dan melodis
·      Bermain musik  harmonis




5 JP
Buku Lagu Wajib      lagu Nasional,  Daerah dan Populer

Buku Paket Seni Budaya Kelas IX

Acara  musik di radio dan TV

DVD, VCD


Tidak ada komentar:

Posting Komentar