SILABUS MATA PELAJARAN:
SENI BUDAYA (WAJIB PILIHAN)
(SENI
MUSIK)
SATUAN PELAJARAN : SMP
KELAS : VII
KOMPETENSI INTI :
KI 1 : Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 :
Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun,
rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal, toleransi,
pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan faktual, konseptual,
dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4: Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung,
dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai
sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok*
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1.1.Menerima,
menanggapi dan menghargai
keragaman dan keunikan musik sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan
2.1.Menunjukkan sikap menghargai,jujur, disiplin,melalui aktivitas berkesenian
2.2. Menunjukkan sikap bertanggung
jawab
peduli, dan santun terhadap karya musik dan penciptanya
serta arrangernya
2.3. Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1.
Memahami teknik vokal dalam bernyanyi lagu secara
unisono
4.1. Menyanyikan lagu secara unisono
|
Teknik Vokal dan bernyanyi unisono
|
Mengamati
·
Mendengarkan lagu yang dinyanyikan secara unisono secara langsung melalui media elektronik
·
Melihat partitur lagu satu suara
Menanyakan
·
Menanyakan kemampuan suara
manusia dengan jenis partitur suatu lagu.
·
Menyanyakan hubungan mutu
suara manusia dengan aspek kesehatan
·
Menanyakan hubungan sikap dan teknik bernyanyi dengan
kejelasan ucapan dalam bernyanyi
Mengeksplorasi
·
Menyanyikan
kalimat lagu dengan bersenandung satu
frase satu tarikan nafas
·
Menyanyikan
sebuah lagu secara berturut-turut dengan perubahan nada dasar
·
Mengidentifikasi
perubahan suara pada remaja (Organ suara manusia)
·
Menyusun klipping tentang pertunjukkan musik
vokal secara unison
Mengasosiasi
·
Membedakan bentuk kotak suara manusia dengan
tinggi rendahnya nada yang
ditampilkan (warna suara)
·
Menunjukkan kualitas suara dengan kebiasaan merokok dan
pengaruhnya terhadap pita suara
Mengkomunikasi
·
Menyanyikan
lagu dengan satu suara bersama-sama
di kelas
·
Mempresentasikan secara lisan atau
tulisan kritik seni
|
Produk
Membuat
tulisan tentang
kritik
seni bernyanyi secara unisono sebanyak 100 kata
Unjuk Kerja
Bernyanyi secara unisono
|
4 JP
|
Buku
Lagu Wajib lagu Nasional, Daerah dan Populer
Buku
Paket Seni Budaya Kelas VII
Acara musik di
radio dan TV
DVD, VCD
|
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok*
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1.1 Menerima,
menanggapi dan menghargai
keragaman dan keunikan musik sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan
2.1.Menunjukkan sikap menghargai,jujur, disiplin,melalui aktivitas berkesenian
2.2. Menunjukkan sikap bertanggung
jawab
peduli, dan santun terhadap karya musik dan penciptanya
serta arrangernya
2.3. Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.2
Memahami teknik vokal
dalam
bernyanyi lagu secara vokal group
4.2.
Menyanyikan lagu secara
vokal group
|
Vokal Group
|
Mengamati
·
Menyaksikan
pertunjukkan vocal group secara
langsung melalui media elektronik
·
Mendengar lagu bentuk kanon
·
Melihat partitur lagu untuk vokal grup
Menanyakan
·
Menanyakan penggolongan suara manusia dengan pembagian melodi suara satu, dua
dan tiga
·
Menanyakan mengapa perpaduan
nada (akord) walau berbada nada terdengar indah
·
Menanyakan tentang alasan kekompakan sebagai hal penting dalam vokal
grup
Mengeksplorasi
·
Menentukan pembagian
suara dalam vokal group
dengan baik dan
benar
·
Menyanyikan lagu dengan perubahan dinamika
Mengasosiasi
·
Membandingkan
penampilan vokal group dalam membawakan lagu minor dengan suasana sedih, syahdu
dan penuh haru
·
Membandingkan
penampilan vokal group dalam membawakan lagu ayor dengan suasana riang,
senang dan gembira
Mengkomunikasi
· Menampilkan pertunjukkan vokal group dalam kelas
· Membuat tulisan tentang kritik seni pertunjukan
vokal grup
|
Unjuk
Kerja
·
Menyanyikan
lagu kanon
·
Menyanyikan lagu dua suara
·
Menyanyikan lagu tiga suara
|
5JP
|
Buku
Lagu Wajib lagu Nasional, Daerah dan Populer
Buku
Paket Seni Budaya Kelas VII
Acara musik di
radio dan TV
DVD, VCD
|
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1.
Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman
dan keunikan musik sebagai
bentuk rasa syukur terhadap anugerah
Tuhan
2.1.Menunjukkan sikap menghargai,jujur, disiplin,melalui aktivitas berkesenian
2.2. Menunjukkan sikap bertanggung
jawab
peduli, dan santun terhadap karya musik dan penciptanya
serta arrangernya
2.3.
Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.3
Memahami teknik
bermain musik sederhana secara perorangan dan kelompok
4.3
Memainkan instrumen musik sederhana secara perorangan dan kelompok
|
Musik Ansambel
|
Mengamati :
·
Menyaksikan
pertunjukkan kelompok musik secara langsung melalui media elektronik
·
Mendengarkan permainan musik ansambel
Menanyakan
·
Menanyakan teknik bermain musik rimis
·
Menanyakan teknik bermain musik melodis
Mengeksplorasi
·
Membagi
iringan
lagu dalam kelompok musik dengan baik
dan benar
·
Menggubah
secara sederhana
lagu-lagu yang akan dibawakan oleh
kelompok musik
Mengasosiasi
·
Membandingkan
kedisiplinan dan kekompakan penampilan kelompok musik dengan tentara
·
Membandingkan suara yang bising latiahan musik tanpa
pembimbing dengan suasana riuh di pasar
Mengkomunikasi
·
Menampilkan
pertunjukkan kelompok musik di dalam
kelas
·
Mengiringi
lagu saat pertunjukkan kelompok music
·
Mempresentasikan secara lisan atau
tulisan kritik seni
|
Unjuk
Kerja
·
Bermain Musik
ritmis
·
Bermain musik melodis
|
4 JP
|
Buku
Lagu Wajib lagu Nasional, Daerah dan Populer
Buku
Paket Seni Budaya Kelas VII
Acara musik di
radio dan TV
DVD, VCD
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
1.1 Menerima,
menanggapi dan menghargai
keragaman dan keunikan musik sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan
2.1.Menunjukkan sikap menghargai,jujur, disiplin,melalui aktivitas berkesenian
2.2. Menunjukkan sikap bertanggung
jawab
peduli, dan santun terhadap karya musik dan penciptanya
serta arrangernya
2.3. Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.4
Memahami teknik
bermain musik ansambel sederhana
4.4 Memainkan musik ansambel sederhana
|
Musik
Ansamble
|
Mengamati
Menyaksikan
pertunjukkan kelompok musik ansamble langsung melalui
media pembelajaran
Menanyakan
Mendiskusikan tentang
penampilan kelompok musik ansamble yang dipertunjukkan
Eksplorasi
·
Mendemonstrasikan
teknik permainan musik ansamble secara berkelompok dengan baik dan benar
·
Membagi iringan musik lagu - lagu ansamble dalam masing-masing
kelompok
Mengasosiasi
Membandingkan konsep
pertunjukkan acara ansamble musik dengan sebuah pertunjukkan musik
Mengkomunikasi
·
Mempertunjukkan musik ansamble secara
berkelompok di dalam kelas
·
Mempresentasikan secara lisan atau
tulisan kritik seni
|
Produk
·
Iringan
musik sederhana
Unjuk
Kerja
·
Bermain Musik
ansambel campuran
|
5 JP
|
Buku
Lagu Wajib lagu Nasional, Daerah dan Populer
Buku
Paket Seni Budaya Kelas VII
Acara musik di
radio dan TV
DVD, VCD
|
|
Catatan : Apa yang tertulis di atas hanya sebagai acuan bagi guru untuk memilih
sumber belajar dan dapat disesuaikan dengan kondisi
masing-masing sekolah
SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA (SENI MUSIK)
(WAJIB PILIHAN)
SATUAN PELAJARAN: SMP
KELAS :
VIII
KOMPETENSI INTI
:
KI 1 :
Menanggapi, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 :
Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun,
rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal, toleransi, gotong royong dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 :
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak
mata.
KI
4 : Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung,
dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut
pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok*
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1.
Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan musik daerah sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap
bertanggung jawab, peduli, santun
terhadap karya musik, dan penciptanya
serta arrangernya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1
Memahami teknik dan gaya lagu daerah secara unisono atau
perseorangan
4.1 Menyanyikan lagu daerah secara unisono atau
perseorangan
|
Lagu
tradisi dan lagu daerah
|
Mengamati
·
Mendengarkan lagu daerah dan tradisi yang dinyanyikan secara langsung atau
melalui media elektronik
·
Membaca berita tentang musik tradisi dan lagu daerah
dari media cetak
Menanyakan
·
Menanyakan teknik menyanyikan lagu daerah dan tradisi
·
Menanyakan fungsi musik
tradisi dan waktu pergelarannya serta keunikannya
Mengeksplorasi
·
Mengidentifikasi ciri khas dan keunikan teknik dan gaya
lagu-lagu daerah tradisional
·
Menyusun klipping tentang ragam keunikan lagu-lagu tradisi dan lagu-lagu
daerah
Mengasosiasi
Menunjukkan kesamaan penampilan lagu daerah dengan penampilan di daerah
asal lagu yang dinyanyikan
Mengkomunikasi
·
Menyanyikan
lagu daerah dengan satu suara bersama-sama di kelas
·
Menyanyikan
lagu tradisi dengan
satu suara bersama-sama di kelas
·
Mempresentasikan secara lisan atau
tulisan kritik seni
|
Unjuk Kerja
· Menyanyikan lagu daerah
· Menyanyikan lagu tradisi
|
4 JP
|
Buku
Lagu Wajib lagu Nasional, Daerah dan Populer
Buku
Paket Seni Budaya Kelas VIII
Acara musik di
radio dan TV
DVD, VCD
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok*
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1.
Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan musik daerah sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap
bertanggung jawab, peduli, santun
terhadap karya musik, dan penciptanya
serta arrangernya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.2 Memahami teknik dan gaya lagu daerah
bentuk vokal group
4.2
Menyanyikan lagu daerah
bentuk vokal group
|
Lagu
tradisi dan lagu daerah
|
Mengamati
·
Mendengarkan lagu daerah dan tradisi yang dinyanyikan secara langsung atau
melalui media elektronik
·
Membaca berita tentang musik tradisi dan lagu daerah
dari media cetak
Menanyakan
·
Menanyakan teknik menyanyikan lagu daerah dan tradisi
·
Menanyakan fungsi musik
tradisi dan waktu pergelarannya serta keunikannya
Mengeksplorasi
·
Mengidentifikasi ciri khas dan keunikan teknik dan gaya kelompok lagu-lagu
daerah
·
Menyusun klipping tentang ragam keunikan lagu-lagu tradisi dan lagu-lagu
daerah yang dinyanyikan secara kelompok
·
Mengasosiasi
Menunjukkan kesamaan penampilan lagu daerah dengan penampilan di daerah
asal lagu yang dinyanyikan
Mengkomunikasi
· Menyanyikan lagu daerah bentuk vokal grup
· Menyanyikan lagu daerah dengan
lebih dari satu
suara
· Mempresentasikan secara lisan
atau tulisan kritik seni
|
Unjuk Kerja
· Menyanyikan lagu secara kelompok
daerah
· Menyanyikan lagu tradisi
|
4 JP
|
Buku
Lagu Wajib lagu Nasional, Daerah dan Populer
Buku
Paket Seni Budaya Kelas VIII
Acara musik di
radio dan TV
DVD, VCD
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1. Menerima,
menanggapi dan menghargai keragaman
dan keunikan musik daerah
sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap
bertanggung jawab, peduli, santun
terhadap karya musik, dan penciptanya
serta arrangernya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.3 Memahami
teknik dan gaya bermain musik tradisional
sederhana secara
perorangan dan kelompok
4.3 Memainkan instrumen musik tradisional
sederhana secara perorangan dan kelompok
|
Musik Ansambel
|
Mengamati :
·
Menyaksikan
pertunjukkan kelompok musik secara langsung melalui media elektronik
·
Mendengarkan permainan musik ansambel
Menanya
·
Menanyakan teknik bermain musik rimis
·
Menanyakan teknik bermain musik melodis
Mengeksplorasi
·
Membagi
iringan
lagu dalam kelompok musik dengan baik
dan benar
·
Menggubah
secara sederhana
lagu-lagu yang akan dibawakan oleh
kelompok musik
Mengasosiasi
·
Membandingkan
kedisiplinan dan kekompakan penampilan kelompok musik dengan tentara
·
Membandingkan suara yang bising latiahan musik tanpa
pembimbing dengan suasana riuh di pasar
Mengkomunikasi
·
Menampilkan
pertunjukkan kelompok musik di dalam
kelas
·
Mengiringi
lagu saat pertunjukkan kelompok music
·
Mempresentasikan secara lisan atau
tulisan kritik seni
|
Produk
·
Iringan
musik sederhana
Unjuk
Kerja
·
Bermain Musik
ritmis
·
Bermain musik melodis
|
5 JP
|
Buku
Lagu Wajib lagu Nasional, Daerah dan Populer
Buku
Paket Seni Budaya Kelas VIII
Acara musik di
radio dan TV
DVD, VCD
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1. Menerima,
menanggapi dan menghargai keragaman
dan keunikan musik daerah
sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap
bertanggung jawab, peduli, santun
terhadap karya musik, dan penciptanya
serta arrangernya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.4
Memahami teknik
dan gaya bermain musik ansambel tradisional
4.4 Memainkan ansambel musik
tradisional
|
Musik Ansambel
|
Mengamati :
·
Menyaksikan
pertunjukkan kelompok musik secara langsung melalui media elektronik
·
Mendengarkan permainan musik ansambel
Menanya
·
Menanyakan teknik bermain musik rimis
·
Menanyakan teknik bermain musik melodis
Mengeksplorasi
·
Membagi
iringan
lagu dalam kelompok musik dengan baik
dan benar
·
Menggubah
secara sederhana lagu-lagu yang akan dibawakan oleh kelompok musik
Mengasosiasi
·
Menunjukkan kekuatan musik tradisi dan musik moderen
·
Membandingkan suara musik tradisi dengan suasana damai
Mengkomunikasi
·
Menampilkan
pertunjukkan kelompok musik di dalam
kelas
·
Mengiringi
lagu saat pertunjukkan kelompok music
·
Mempresentasikan secara lisan atau
tulisan kritik seni
|
Produk
·
Iringan
musik sederhana
Unjuk
Kerja
·
Bermain Musik
ritmis
dan melodis
·
Bermain musik harmonis
|
5 JP
|
Buku
Lagu Wajib lagu Nasional, Daerah dan Populer
Buku
Paket Seni Budaya Kelas VIII
Acara musik di
radio dan TV
DVD, VCD
|
catatan : Apa yang tertulis diatas hanya sebagai acuan
bagi guru untuk memilih sumber belajar dan dapat disesuaikan dengan
kondisi
masing-masing sekolah
SILABUS MATA PELAJARAN:
SENI BUDAYA (SENI MUSIK)
(WAJIB PILIHAN)
SATUAN PELAJARAN: SMP
KELAS
: IX
KOMPETENSI INTI
:
KI
1 : Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
KI
2 : Menghargai, dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu,
estetika, percaya diri, motivasi internal, toleransi gotong royong, kerjasama,
cinta damai dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI
3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI
4 : Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasii, membuat dan mencipta)
dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut
pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok*
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1.
Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan musik modern sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap
bertanggung jawab, peduli, santun
terhadap karya musik, dan penciptanya
serta arrangernya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1.
Memahami cara menggubah
musik modern secara unisono atau
perseorangan
4.1 Menggubah musik modern
secara unisono
|
Lagu
tradisi dan lagu modern
|
Mengamati
·
Mendengarkan lagu daerah dan tradisi yang dinyanyikan secara langsung atau
melalui media elektronik
·
Membaca berita tentang musik tradisi dan lagu daerah
dari media cetak
Menanyakan
·
Menanyakan teknik menyanyikan lagu daerah dan tradisi
·
Menanyakan fungsi musik
tradisi dan waktu pergelarannya serta keunikannya
Mengeksplorasi
·
Mengidentifikasi ciri khas dan keunikan teknik dan gaya
lagu-lagu daerah tradisional
·
Menyusun klipping tentang ragam keunikan lagu-lagu tradisi dan lagu-lagu
daerah
Mengasosiasi
Menunjukkan kesamaan penampilan lagu daerah dengan penampilan di daerah
asal lagu yang dinyanyikan
Mengkomunikasi
· Menyanyikan lagu daerah dengan
satu suara bersama-sama di kelas
· Menyanyikan lagu t dengan satu suara hasil gubahan sendiri
· Mempresentasikan secara lisan
atau tulisan kritik seni
|
Unjuk Kerja
· Menyanyikan lagu populer
|
4 JP
|
Buku
Lagu Wajib lagu Nasional, Daerah dan Populer
Buku
Paket Seni Budaya Kelas IX
Acara musik di
radio dan TV
DVD, VCD
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok*
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1.
Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan musik modern sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap
bertanggung jawab, peduli, santun
terhadap karya musik, dan penciptanya
serta arrangernya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.2 Memahami cara merubah musik modern untuk vokal group
4.2 Mengubah musik modern untuk vokal group
|
Lagu
tradisi dan lagu modern
|
Mengamati
·
Mendengarkan lagu daerah dan tradisi yang dinyanyikan secara langsung atau
melalui media elektronik
·
Membaca berita tentang musik tradisi dan lagu daerah
dari media cetak
Menanyakan
·
Menanyakan teknik menyanyikan lagu daerah dan tradisi
·
Menanyakan fungsi musik
tradisi dan waktu pergelarannya serta keunikannya
Mengeksplorasi
·
Mengidentifikasi ciri khas dan keunikan teknik dan gaya kelompok lagu-lagu
daerah
·
Menyusun klipping tentang ragam keunikan lagu-lagu tradisi dan lagu-lagu
daerah yang dinyanyikan secara kelompok
Mengasosiasi
·
Menunjukkan kesamaan penampilan lagu daerah dengan penampilan di daerah asal
dengan lagu yang dinyanyikan
Mengkomunikasi
· Menyanyikan lagu daerah bentuk vokal grup
· Menyanyikan lagu dengan untuk vokal grup hasil
gubahan sendiri
· Mempresentasikan secara lisan
atau tulisan kritik seni
|
Unjuk Kerja
· Menyanyikan lagu secara kelompok
daerah
· Menyanyikan lagu pop
|
4 JP
|
Buku
Lagu Wajib lagu Nasional, Daerah dan Populer
Buku
Paket Seni Budaya Kelas IX
Acara musik di
radio dan TV
DVD, VCD
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1. Menerima,
menanggapi dan menghargai keragaman
dan keunikan musik modern sebagai
bentuk rasa syukur terhadap anugerah
Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap
bertanggung jawab, peduli, santun
terhadap karya musik, dan penciptanya
serta arrangernya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.3 Memahami
teknik bernyanyi
musik modern
4.3 Menyanyikan
musik modern sederhana secara perorangan
maupun kelompok
|
Musik Ansambel
|
Mengamati :
·
Menyaksikan
pertunjukkan kelompok musik secara langsung melalui media elektronik
·
Mendengarkan permainan musik ansambel
Menanya
·
Menanyakan teknik bermain musik rimis
·
Menanyakan teknik bermain musik melodis
·
Menanyakan teknik bermain musik harmonis
Mengeksplorasi
·
Membagi
iringan
lagu dalam kelompok musik dengan baik
dan benar
·
Menggubah
secara sederhana
lagu-lagu yang akan dibawakan oleh
kelompok musik
Mengasosiasi
·
Membandingkan
kedisiplinan dan kekompakan penampilan kelompok musik dengan dengan kedamaian
·
Membandingkan suara yang bising latihan musik tanpa
pembimbing dengan suasana riuh di pasar
Mengkomunikasi
·
Menampilkan
pertunjukkan kelompok musik di dalam
kelas
·
Mengiringi
lagu saat pertunjukkan kelompok music
·
Mempresentasikan secara lisan atau
tulisan kritik seni
|
Produk
·
Iringan
musik sederhana
Unjuk
Kerja
·
Bermain Musik
ritmis
·
Bermain musik melodis
·
Bermain musik harmonis
|
5 JP
|
Buku
Lagu Wajib lagu Nasional, Daerah dan Populer
Buku
Paket Seni Budaya Kelas IX
Acara musik di
radio dan TV
DVD, VCD
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1. Menerima,
menanggapi dan menghargai keragaman
dan keunikan musik modern sebagai
bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap
bertanggung jawab, peduli, santun
terhadap karya musik, dan penciptanya
serta arrangernya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.4 Memahami teknik bermain dan menampilkan musik ansamble
4.4 Menyajikan musik ansambel
|
Musik Ansambel
|
Mengamati :
·
Menyaksikan
pertunjukkan kelompok musik secara langsung melalui media elektronik
·
Mendengarkan permainan musik ansambel
Menanya
·
Menanyakan teknik bermain musik rimis
·
Menanyakan teknik bermain musik melodis
·
Menanyakan teknik bermain musik harmonis
Mengeksplorasi
·
Membagi
iringan
lagu dalam kelompok musik dengan baik
dan benar
·
Menggubah
secara sederhana
lagu-lagu yang akan dibawakan oleh
kelompok musik
Mengasosiasi
·
Menunjukkan keunikan musik moderen dalam kegiatan sehari-hari
Mengkomunikasi
·
Menampilkan
pertunjukkan kelompok musik di dalam
kelas
·
Mengiringi
lagu saat pertunjukkan kelompok musik
·
Mempresentasikan secara lisan atau
tulisan kritik seni
|
Produk
·
Membuat
kritik seni tentang
pertunjukan kelompok musik sebanyak 50 -100 kata
·
Gubahan sendiri
Unjuk
Kerja
·
Bermain Musik
ritmis
dan melodis
·
Bermain musik
harmonis
|
5 JP
|
Buku
Lagu Wajib lagu Nasional, Daerah dan Populer
Buku
Paket Seni Budaya Kelas IX
Acara musik di
radio dan TV
DVD, VCD
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar