Kamis, 04 September 2014

SILABUS SENI BUDAYA KELAS 8, 2014

SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA (SENI RUPA)
(WAJIB PILIHAN)

Satuan Pendidikan         : SMP
Kelas                            : VIII
Kompetensi Inti
KI 1  :    Menanggapi, dan  menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2   :   Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal,     toleransi, gotong royong dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3  :    Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI  4  :  Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang)  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1     Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni rupa daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1   Menunjukkan sikap  menghargai,
 jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun  terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3    Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1.      Memahami   konsep dan prosedur   menggambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik
4.1      Menggambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik

Gambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik

Mengamati
·     Melihat    gambar model dengan teknik dan media yang berbeda
·     Membaca buku tentang konsep dan prosedur   menggambar model
Menanyakan
·     Menanyakan media apa yang dapat digunakan dalam menggamabr model
·     Menanyakan   teknik   gambar  model dengan bahan krayon, cat air dan cat minyak
Mengeksplorasi
·   Menghubungkan antara konsep dan prosedur menggambar model dalam aliran seni rupa
·   Mencari  konsep dan prosedur   menggambar model
Mengasosiasi
·       Membandingkan  konsep dan prosedur menggambar model dalam   berbagai teknik dan aliran seni rupa
Komunikasi
·     menggambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik
·     menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·     mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  mengenai  karya  yang dikerjakan
Tugas.
membuat  ringkasan tentang gambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik

Observasi
format  pengamatan skala sikap 

Produk
gambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik

4 JP
·      Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni Rupa

1.1    Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni rupa daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1   Menunjukkan sikap  menghargai,
 jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun  terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3    Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.2.      Memahami  konsep dan prosedur menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital
4.2.     Menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital
Gambar illustrasi dengan teknik manual atau digital

Mengamati
·     Melihat    gambar model dengan teknik dan media yang berbeda
·     Membaca buku tentang konsep dan prosedur   menggambar model
Menanyakan
·     Menanyakan media apa yang dapat digunakan dalam menggamabr model
·     Menanyakan   teknik   gambar  model dengan bahan krayon, cat air dan cat minyak
Mengeksplorasi
·   Menghubungkan antara konsep dan prosedur menggambar model dalam aliran seni rupa
·   Mencari  konsep dan prosedur   menggambar model
Mengasosiasi
·       Membandingkan  konsep dan prosedur menggambar model dalam   berbagai teknik dan aliran seni rupa
Komunikasi
·     Meggambar ilustrasi teknik manual
·     Menggamabr ilustrasi teknik digital


Tugas.
membuat  kritik seni secara sederhana minimum  200 kata tentang gambar illustrasi dengan teknik manual atau digital

Observasi
format    pengamatan skala sikap 

Produk
gambar illustrasi dengan teknik manual atau digital

4 JP
·      Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni Rupa

1.1    Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni rupa daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1   Menunjukkan sikap  menghargai,
 jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun  terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3    Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.3.  Memahami   konsep dan prosedur penerapan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik
4.3.     Menerapkan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik

Teknik ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras

Mengamati
·   Melihat   gambar dengan berbagai teknik motif ragam hias flora dan fauna serta geometrik pada kriya bahan keras
·  Membaca buku tentang konsep dan prosedur   membuat motif  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Menanyakan
·  Menanyakan cara  membuat motif gambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·  Menanyakan   makna  gambar   ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengeksplorasi
·      Mendiskusikan konsep dan prosedur  membuat motif gambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·   Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengasosiasi
·     Menghubungkan motif gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya setempat
·       Membandingkan   konsep dan prosedur gambar motif ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Komunikasi
·     membuat karya kriya dari bahan keras dengan motif ragam hias flora, fauna dan geometrik
·     menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·     mempresentasikan secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya yang dikerjakan
Tugas.
membuat  ringkasan  tentang kriya dari bahan keras dengan motif ragam hias flora, fauna dan geometrik

Observasi
format  pengamatan skala sikap 

Produk
kriya dari bahan keras dengan motif ragam hias flora, fauna dan geometrik

5 JP
·      Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni Rupa

1.1.     Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni rupa daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1   Menunjukkan sikap  menghargai,
 jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun  terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3    Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.4.  Memahami  konsep  dan prosedur penerapan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada  kriya tekstil dengan teknik tapestri  
4.4.     Menerapkan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada  kriya tekstil dengan teknik tapestri  

Teknik  menghias flora, fauna dan geometrik pada  kriya tekstil   

Mengamati
·  Melihat    gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik  dengan teknik tapestri
·  Membaca buku tentang konsep dan prosedur     ragam hias flora dan fauna serta geometrik teknik tapestri
Menanyakan
·  Menanyakan  ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan teknik tapestri pada tekstil
·  Menanyakan   makna  gambar   ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengeksplorasi
·      Mendiskusikan konsep dan prosedur   teknik tapestri  motif  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·   Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengasosiasi
·     Menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya setempat
·       Membandingkan   konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat

Komunikasi
·     membuat kriya tekstil dengan teknik tapestri   dengan motif  ragam hias flora, fauna dan geometrik
·     menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·     mempresentasikan  secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya yang dikerjakan

Tugas.
membuat  kritik seni secara sederhana minimum 200 kata tentang kriya tekstil dengan teknik tapestri   dengan motif  ragam hias flora, fauna dan geometrik

Observasi
format  pengamatan skala sikap 


Produk
kriya tekstil dengan teknik tapestri   dengan motif  ragam hias flora, fauna dan geometrik

5 JP
·      Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni Rupa



SILABUS MATA PELAJARAN:   SENI BUDAYA (SENI  MUSIK)
                                                                                                       (WAJIB PILIHAN)

  SATUAN PELAJARAN:    SMP
  KELAS                        :    VIII  
  KOMPETENSI              INTI    :

KI 1  :    Menanggapi, dan  menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2   :   Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal,     toleransi, gotong royong dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3  :    Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI  4  :  Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang)  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.



















Kompetensi Dasar
Materi Pokok*
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1. Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan  musik daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap  menghargai,  jujur,          disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,        peduli, santun  terhadap karya musik, dan penciptanya serta  arrangernya
2.3 Menunjukkan sikap  percaya diri, motivasi         internal, kepedulian terhadap lingkungan         dalam berkarya seni
3.1    Memahami  teknik dan gaya  lagu daerah secara unisono atau perseorangan   
4.1  Menyanyikan lagu daerah secara   unisono  atau perseorangan
Lagu tradisi dan lagu daerah
Mengamati
·      Mendengarkan lagu daerah dan tradisi yang dinyanyikan secara langsung atau melalui media elektronik
·      Membaca berita tentang musik tradisi dan lagu daerah dari media cetak
Menanyakan
·        Menanyakan teknik menyanyikan lagu daerah dan tradisi
·        Menanyakan fungsi musik tradisi dan waktu pergelarannya serta keunikannya 

Mengeksplorasi
·      Mengidentifikasi  ciri khas dan keunikan teknik dan gaya lagu-lagu daerah tradisional
·      Menyusun  klipping tentang ragam keunikan lagu-lagu tradisi dan lagu-lagu daerah

Mengasosiasi
Menunjukkan  kesamaan penampilan  lagu daerah dengan penampilan di daerah asal lagu yang dinyanyikan

Mengkomunikasi
·           Menyanyikan lagu daerah  dengan satu suara  bersama-sama di kelas
·           Menyanyikan lagu  tradisi dengan satu suara  bersama-sama di kelas
·           Mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  kritik seni 




Unjuk Kerja
·    Menyanyikan lagu daerah
·   Menyanyikan lagu tradisi 
                                                

4 JP
Buku Lagu Wajib      lagu Nasional,  Daerah dan Populer

Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII

Acara  musik di radio dan TV

DVD, VCD

Kompetensi Dasar
Materi Pokok*
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1. Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan  musik daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap  menghargai,  jujur,          disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,        peduli, santun  terhadap karya musik, dan penciptanya serta  arrangernya
2.3 Menunjukkan sikap  percaya diri, motivasi         internal, kepedulian terhadap lingkungan         dalam berkarya seni
3.2    Memahami teknik dan gaya lagu daerah    
        bentuk vokal group 
4.2    Menyanyikan lagu daerah bentuk vokal group 

Lagu tradisi dan lagu daerah
Mengamati
·      Mendengarkan lagu daerah dan tradisi yang dinyanyikan secara langsung atau melalui media elektronik
·      Membaca berita tentang musik tradisi dan lagu daerah dari media cetak
Menanyakan
·        Menanyakan teknik menyanyikan lagu daerah dan tradisi
·        Menanyakan fungsi musik tradisi dan waktu pergelarannya serta keunikannya 

Mengeksplorasi
·      Mengidentifikasi  ciri khas dan keunikan teknik dan gaya kelompok lagu-lagu daerah
·      Menyusun  klipping tentang ragam keunikan lagu-lagu tradisi dan lagu-lagu daerah yang dinyanyikan secara kelompok
·       
 Mengasosiasi
Menunjukkan  kesamaan penampilan  lagu daerah dengan penampilan di daerah asal lagu yang dinyanyikan
Mengkomunikasi
·      Menyanyikan lagu daerah  bentuk vokal grup
·      Menyanyikan lagu   daerah  dengan lebih dari satu suara   
·     Mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  kritik seni

Unjuk Kerja
·     Menyanyikan lagu  secara kelompok daerah
·     Menyanyikan lagu tradisi 
                                                

4 JP
Buku Lagu Wajib      lagu Nasional,  Daerah dan Populer

Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII

Acara  musik di radio dan TV

DVD, VCD




Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1. Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan  musik daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap  menghargai,  jujur,          disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,        peduli, santun  terhadap karya musik, dan penciptanya serta  arrangernya
2.3 Menunjukkan sikap  percaya diri, motivasi    internal, kepedulian terhadap lingkungan         dalam berkarya seni

3.3    Memahami  teknik dan gaya bermain  musik tradisional sederhana secara     
       perorangan dan kelompok
4.3  Memainkan instrumen musik tradisional   sederhana secara perorangan dan    kelompok
Musik  Ansambel
Mengamati  :
·     Menyaksikan pertunjukkan  kelompok musik secara langsung melalui media elektronik
·     Mendengarkan permainan musik ansambel

Menanya
·     Menanyakan  teknik bermain musik rimis 
·      Menanyakan  teknik bermain musik  melodis

Mengeksplorasi
·     Membagi   iringan lagu dalam kelompok musik  dengan  baik  dan  benar
·     Menggubah  secara sederhana lagu-lagu  yang akan dibawakan oleh kelompok musik  

Mengasosiasi
·     Membandingkan kedisiplinan dan kekompakan penampilan kelompok musik dengan tentara
·     Membandingkan suara yang bising latiahan musik tanpa pembimbing dengan suasana riuh di pasar  

Mengkomunikasi
·     Menampilkan pertunjukkan kelompok  musik di dalam kelas
·     Mengiringi lagu saat pertunjukkan kelompok  music
·     Mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  kritik seni
Produk
·      Iringan musik sederhana  


Unjuk Kerja
·      Bermain Musik ritmis
·      Bermain musik melodis




5 JP
Buku Lagu Wajib      lagu Nasional,  Daerah dan Populer

Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII

Acara  musik di radio dan TV

DVD, VCD





Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1. Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan  musik daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap  menghargai,  jujur,          disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,        peduli, santun  terhadap karya musik, dan penciptanya serta  arrangernya
2.3 Menunjukkan sikap  percaya diri, motivasi    internal, kepedulian terhadap lingkungan         dalam berkarya seni

3.2    Memahami  teknik  dan gaya bermain musik ansambel tradisional

4.4   Memainkan ansambel musik        
        tradisional

Musik  Ansambel
Mengamati  :
·     Menyaksikan pertunjukkan  kelompok musik secara langsung melalui media elektronik
·     Mendengarkan permainan musik ansambel

Menanya
·     Menanyakan  teknik bermain musik rimis 
·      Menanyakan  teknik bermain musik  melodis

Mengeksplorasi
·     Membagi   iringan lagu dalam kelompok musik  dengan  baik  dan  benar
·     Menggubah  secara sederhana lagu-lagu  yang akan dibawakan oleh kelompok musik  

Mengasosiasi
·     Menunjukkan kekuatan musik tradisi dan musik moderen
·     Membandingkan suara musik tradisi dengan suasana damai

Mengkomunikasi
·     Menampilkan pertunjukkan kelompok  musik di dalam kelas
·     Mengiringi lagu saat pertunjukkan kelompok  music
·     Mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  kritik seni
Produk
·      Iringan musik sederhana  


Unjuk Kerja
·      Bermain Musik ritmis  dan melodis
·      Bermain musik  harmonis




5 JP
Buku Lagu Wajib      lagu Nasional,  Daerah dan Populer

Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII

Acara  musik di radio dan TV

DVD, VCD


catatan :  Apa yang tertulis diatas hanya sebagai acuan bagi guru untuk memilih sumber belajar dan dapat disesuaikan dengan kondisi      
                 masing-masing  sekolah
SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA (SENI TARI)
(WAJIB PILIHAN)


Mata Pelajaran               :  Seni Tari
Kelas                               :  VIII
Kompetensi Inti  :
KI 1  :    Menanggapi, dan  menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2   :   Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal,     toleransi, gotong royong dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3  :    Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI  4  :  Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang)  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1.        Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni tari daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1      Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin,  melalui aktivitas berkesenian
2.2      Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun  terhadap karya  seni tari dan koreograferya
2.3      Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1.        Memahami  keunikan  gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari

4.1.        Merangkai gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari

Keunikan gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai
Mengamati
·     Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang tentang keunikan tari tradisonal berdasarkan pola lantai  
·     Mengamati tayangan keunikan  gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai melalui media
·     Melihat  guru memperagakan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai  


Menanya
·     Menanya tentang keunikan gerak tari tradisonal  berdasarkan pola lantai

Mengeksplorasi
·     Mencari contoh keunikan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai
·     Merangkai berbagai keunikan ragam gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai
·     Mendiskusikan keunikan ragam gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai


Mengasosiasi
·   Membandingkan keunikan gerak tari tradisional di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan pola lantai
·   Membandingkan bentuk penyajian gerak tari tradisional tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan pola lantai

Mengkomunikasi
·   Menampilkan   karya tari tradisional berdasarkan pola lantai
Produk
·     Membuat  ringkasan tentang keunikan ragam  tari tradisional  berdasarkan pola lantai

Unjuk Kerja
·      mempergelarkan tari tradisonal berdasarkan pola lantai


4 JP

Buku teks pelajaran seni budaya kelas VIII

Humprey, Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.

VCD pertunjukan tari tradisional

Ensiklopedi Tari  Indonesia

Media cetak dan elektronik

1.1.  Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni tari daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1  Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin,  melalui aktivitas berkesenian
2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun  terhadap karya  seni tari dan koreograferya
2.3   Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.2.  Memahami  keunikan peragaan gerak tari   tradisional  berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan

4.2.  Memperagakan gerak tari  tradisional  berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan

Keunikan gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai iringan

Mengamati
·    Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang tentang keunikan tari tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai iringan 
·     Mengamati tayangan keunikan  gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai melalui media sesuai iringan
·     Melihat  guru memperagakan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai sesuai iringan
·     Mendengarkan musik iringan tari tradisional 


Menanya
·     Menanya tentang keunikan gerak tari tradisonal  berdasarkan pola lantai sesuai iringan
·     Menanyakan musik  iringan yang sesuai dengan tari tradisional

Mengeksplorasi
·     Mencari contoh keunikan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai sesuai iringan
·     Merangkai berbagai keunikan ragam gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai dengan iringan
·     Mendiskusikan keunikan ragam gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai dengan iringan


Mengasosiasi
·    Membandingkan keunikan gerak tari tradisional  di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan pola lantai sesuai iringan
·    Membandingkan bentuk penyajian gerak tari tradisional tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan pola lantai sesuai iringan

Mengomunikasi
·    Menampilkan   karya tari tradisional berdasarkan pola lantai sesuai dengan iringan
 
Produk
·     Membuat  kritik seni secara sederhana maksimum  200 kata tentang tari tradisional berdasarkan pola lantai sesuai iringan

Unjuk Kerja
·   mempergelarkan  tari   tradisional  berdasarkan pola lantai sesuai iringan



4 JP
Buku teks pelajaran seni budaya kelas VIII

Humprey, Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.

VCD pertunjukan tari tradisional

VCD/kaset music iringan tari tradisonal

Ensiklopedi Tari  Indonesia

Media cetak dan elektronik

1.1    Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni tari daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1      Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin,  melalui aktivitas berkesenian
2.2      Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun  terhadap karya  seni tari dan koreograferya
2.3      Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.3      Memahami cara menerapkan pola lantai  dan unsur pendukung gerak tari gaya tradisional pada karya tari kreasi 

4.3      Merangkai gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari


Gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai
Mengamati
·    Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang gerak tari kreasi gaya tradisonal berdasarkan pola lantai  
·    Mengamati tayangan gerak tari kreasi gaya tradisonal  berdasarkan pola lantai dan unsure pendukungnya melalui media

Menanya
·     Menanya tentang gerak tari kreasi gaya  tradisonal  berdasarkan pola lantai dan unsure pendukungnya

Mengeksplorasi
·     Mencari contoh gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai dan unsure pendukungnya
·     Merangkai berbagai  ragam gerak tari kreasi gaya  tradisonal berdasarkan pola lantai
·     Mendiskusikan ragam gerak tari kreasi gaya tradisonal berdasarkan pola lantai dan unsure pendukungnya

Mengasosiasi
·    Membandingkan gerak tari kreasi gaya tradisional  di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan pola lantai
·    Membandingkan bentuk penyajian gerak tari kreasi gaya tradisional tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan pola lantai

Mengomunikasi
·    Menampilkan karya tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai  dengan menggunakan unsure pendukungnya

Produk
·     Membuat  ringkasan tentang ragam  tari kreasi gaya tradisional


Unjuk Kerja
·      mempergelarkan tari kreasi gaya tradisonal berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari


5 JP
Buku teks pelajaran seni budaya kelas VIII

Humprey, Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.

VCD pertunjukan tari tradisional

VCD/kaset music iringan tari tradisonal

Ensiklopedi Tari  Indonesia

Media cetak dan elektronik

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

1.1          Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni tari daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1      Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin,  melalui aktivitas berkesenian
2.2      Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun  terhadap karya  seni tari dan koreograferya
2.3      Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.4     Memahami cara menerapkan pola lantai,unsur pendukung dan iringan gerak tari gaya tradisional pada karya tari kreasi
 
4.4     Memperagakan gerak tari kreasi gaya tradisional  berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan


Gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai sesuai iringan
Mengamati
·    Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang gerak tari kreasi gaya tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai iringan   
·    Mengamati tayangan gerak tari kreasi gaya tradisonal  berdasarkan pola lantai sesuai iringan
·    Mendengarkan beberapa musik iringan tari tradisonal dan tari kreasi

Menanya
·     Menanya tentang gerak tari kreasi gaya  tradisonal  berdasarkan pola lantai dan unsure pendukungnya sesuai iringan
·     Menanya tentang musik iringan tari kreasi

Mengeksplorasi
·     Mencari contoh gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai sesuai iringan
·     Merangkai berbagai  ragam gerak tari kreasi gaya  tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai iringan
·     Mendiskusikan ragam gerak tari kreasi gaya tradisonal berdasarkan pola lantai dan unsure pendukungnya sesuai iringan

Mengasosiasi
·    Membandingkan gerak tari kreasi gaya tradisional  di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan pola lantai sesuai iringan
·    Membandingkan bentuk penyajian gerak tari kreasi gaya tradisional tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan pola lantai sesuai iringan

engomunikasi
·    Menampilkan karya tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai  dengan menggunakan unsure pendukung sesuai iringan

Produk
·     Membuat  kritik seni secara sederhana maksimum 200 kata  tentang tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai sesuai iringan

Unjuk Kerja
·   mempergelarkan  tari  kreasi gaya tradisional  berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan



5 JP

Buku teks pelajaran Seni Budaya kelas VIII

Humprey, Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.

VCD pertunjukan tari

Ensiklopedi tari Indonesia

Media cetak dan elektronik











SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA (SENI TEATER)
(WAJIB PILIHAN)


Mata Pelajaran               :  Seni Teater
Kelas                               :  VIII
Kompetensi Inti   :
KI 1  :    Menanggapi, dan  menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2   :   Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal,     toleransi, gotong royong dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3  :    Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI  4  :  Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang)  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1.       Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni teater daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1     Menunjukkan sikap  menghargai,  jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2    Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun  terhadap  naskah drama, pertunjukan teater, pemain dan pembuatnya
2.3    Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1     Memahami penerapan teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa yang mengacu pada sumber budaya tradisional
4.1 Menerapkan teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa yang mengacu pada sumber budaya tradisional

teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa yang mengacu pada sumber budaya tradisional
Mengamati
·     Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang tentang teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber pada teater tradisional  
·     Mengamati tayangan keunikan  teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber pada teater tradisional   melalui media
·     Melihat  guru memperagakan teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber pada teater tradisional  


Menanya
·    Menanya tentang keunikan teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber pada teater tradisional  
Mengeksplorasi
·     Mencari contoh keunikan teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber pada teater tradisional   Merangkai berbagai keunikan ragam gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai
·     Mendiskusikan keunikan teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber pada teater tradisional  

Mengasosiasi
·   Membandingkan keunikan teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber pada teater tradisional   di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain
Membandingkan bentuk penyajian teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber pada teater tradisional  

Mengkomunikasi
·   Menampilkan   karya teater berdasarkan teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber pada teater tradisional  
Produk
Membuat  ringkasan tentang keunikan teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber pada teater tradisional  

Unjuk Kerja
·      mempergelarkan teknik bermain teater tradisional


4 JP
Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas VIII

Anirun, Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara. Bandung: STSI PRESS.
Brook, Peter. 2002. Percikan Pemikiran tentang Teater, Film, dan Opera. Yogyakarta: Arti.
Endraswara, Suwardi.2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
Mitter, Shomit, Stanislavski, Brecht, Grotowski,  Brook. 2002. Sistem Pelatihan Lakon. Yogyakarta: Arti.
Saptaria, Rikrik  El. 2006.  Panduan Praktis Akting untuk Film & Teater. Bandung: Rekayasa Sains.
Sitorus, Eka D. 2002. The Art of Acting–Seni Peran untuk Teater, Film, & TV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanislavski, Constantin. 2008. Membangun Tokoh. Yogyakarta: KPG dan Teater Garasi.

VCD pertunjukan teater
Ensiklopedia teater Indonesia







1.2.       Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni teater daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1     Menunjukkan sikap  menghargai,  jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2    Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun  terhadap  naskah drama, pertunjukan teater, pemain dan pembuatnya
2.3    Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni

3.2 Memahami teknik  membuat naskah drama dari sumber budaya tradisional
4.2    Membuat  naskah drama  secara sederhana dari sumber budaya tradisional

Naskah drama  secara sederhana dari sumber budaya tradisional
Mengamati
·    Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang pembuatan naskah drama bersumber pada teater tradisional 
·     Mengamati tayangan keunikan  pementasan naskah drama bersumber pada teater tradisional
·      Melihat  guru memperagakan pembuatan naskah drama bersumber pada teater tradisional
·      Mendengarkan musik ilustrasi pementasan teater tradisional


Menanya
·     Menanya tentang keunikan pembuatan naskah drama bersumber pada teater tradisional 
·     Menanyakan musik  ilustrasi pementasan teater tradisional sesuai dengan naskah yang disusun

Mengeksplorasi
·     Mencari contoh pembuatan naskah drama bersumber pada teater tradisional 
·     Merangkai berbagai keunikan pembuatan naskah drama bersumber pada teater tradisional
·     Mendiskusikan keunikan pembuatan naskah drama bersumber pada teater tradisional 

Mengasosiasi
·    Membandingkan keunikan pementasan berdasarkan  naskah drama bersumber pada teater tradisional 
·    Membandingkan bentuk penyajian teater tradisional tempat tinggal siswa dengan daerah lain

Mengomunikasi
·    Menampilkan   karya teater  tradisional berdasarkan naskah yang disusun
 
Produk
·     Membuat  kritik seni secara sederhana maksimum  200 kata tentang teater tradisional

Unjuk Kerja
·   mempergelarkan  teater tradisional sesuai dengan naskah yang dibuatnya



4 JP
Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas VIII

Anirun, Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara. Bandung: STSI PRESS.
Brook, Peter. 2002. Percikan Pemikiran tentang Teater, Film, dan Opera. Yogyakarta: Arti.
Endraswara, Suwardi.2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
Mitter, Shomit, Stanislavski, Brecht, Grotowski,  Brook. 2002. Sistem Pelatihan Lakon. Yogyakarta: Arti.
Saptaria, Rikrik  El. 2006.  Panduan Praktis Akting untuk Film & Teater. Bandung: Rekayasa Sains.
Sitorus, Eka D. 2002. The Art of Acting–Seni Peran untuk Teater, Film, & TV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanislavski, Constantin. 2008. Membangun Tokoh. Yogyakarta: KPG dan Teater Garasi.

VCD pertunjukan teater
Ensiklopedia teater Indonesia

1.3.       Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni teater daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1     Menunjukkan sikap  menghargai,  jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2    Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun  terhadap  naskah drama, pertunjukan teater, pemain dan pembuatnya
2.3    Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni

3.3    Memahami  teknik dan rancangan pertunjukkan teater tradisional
4.3    Merancang  pertunjukkan teater tradisional


Rancangan  pertunjukkan teater tradisional
Mengamati
·    Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang teknik rancangan pertunjukan teater tradisional  
·    Mengamati tayangan teater berdasarkan teknik rancangan pertunjukan teater tradisional   dan unsur pendukungnya melalui media

Menanya
·     Menanya tentang pementasan teater dan teknik rancangan pertunjukan teater tradisional   serta pendukungnya

Mengeksplorasi
·     Mencari contoh teknik rancangan pertunjukan teater tradisional   dan unsur pendukungnya
·     Merangkai berbagai  ragam teknik rancangan pertunjukan teater tradisional  
·     Mendiskusikan ragam teknik rancangan pertunjukan teater tradisional   dan unsure pendukungnya

Mengasosiasi
·    Membandingkan teknik rancangan pertunjukan teater tradisional   di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan tema
·    Membandingkan bentuk penyajian teknik rancangan pertunjukan teater tradisional   tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan tema

Mengomunikasi
·    Menampilkan karya rancangan pertunjukan teater tradisional   dengan menggunakan unsur pendukungnya

Produk
·     Membuat  ringkasan tentang teknik rancangan pertunjukan teater tradisional  


Unjuk Kerja
·      mempergelarkan rancangan pertunjukan teater tradisional   dengan menggunakan unsur pendukung teater


5 JP
Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas VIII

Anirun, Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara. Bandung: STSI PRESS.
Brook, Peter. 2002. Percikan Pemikiran tentang Teater, Film, dan Opera. Yogyakarta: Arti.
Endraswara, Suwardi.2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
Mitter, Shomit, Stanislavski, Brecht, Grotowski,  Brook. 2002. Sistem Pelatihan Lakon. Yogyakarta: Arti.
Saptaria, Rikrik  El. 2006.  Panduan Praktis Akting untuk Film & Teater. Bandung: Rekayasa Sains.
Sitorus, Eka D. 2002. The Art of Acting–Seni Peran untuk Teater, Film, & TV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanislavski, Constantin. 2008. Membangun Tokoh. Yogyakarta: KPG dan Teater Garasi.

VCD pertunjukan teater
Ensiklopedia teater Indonesia





1.4.       Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni teater daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1     Menunjukkan sikap  menghargai,  jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2    Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun  terhadap  naskah drama, pertunjukan teater, pemain dan pembuatnya
2.3    Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni

3.4 Memahami teknik  pertunjukan teater dengan gaya teater tradisional
4.4          Mempertunjukan teater dengan gaya teater tradisional


Pertunjukan teater dengan gaya teater tradisional
Mengamati
·    Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang pertunjukan teater gaya tradisional   
·    Mengamati tayangan pertunjukan teater gaya tradisional   
·    Mendengarkan beberapa musik ilustrasi pertunjukan teater gaya tradisional   

Menanya
·     Menanya tentang pertunjukan teater gaya tradisional   
·     Menanya tentang musik ilustrasi pertunjukan teater gaya tradisional   

Mengeksplorasi
·     Mencari contoh pertunjukan teater gaya tradisional   
·     Merangkai berbagai  ragam teknik dalam pertunjukan teater gaya tradisional   
·     Mendiskusikan pertunjukan teater gaya tradisional   

Mengasosiasi
·    Membandingkan pertunjukan teater gaya tradisional   di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan tema yang digunakan
·    Membandingkan bentuk penyajian pertunjukan teater gaya tradisional   tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan tema yang digunakan

Mengomunikasi
·     Menampilkan karya teater gaya tradisional   sesuai dengan unsur pendukungnya
Produk
·     Membuat  kritik seni secara sederhana maksimum 200 kata  tentang teater  gaya tradisional berdasarkan tema 

Unjuk Kerja
·   mempergelarkan  teater  gaya tradisional  berdasarkan tema  dengan menggunakan unsur pendukung



5 JP

Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas VIII

Anirun, Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara. Bandung: STSI PRESS.
Brook, Peter. 2002. Percikan Pemikiran tentang Teater, Film, dan Opera. Yogyakarta: Arti.
Endraswara, Suwardi.2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
Mitter, Shomit, Stanislavski, Brecht, Grotowski,  Brook. 2002. Sistem Pelatihan Lakon. Yogyakarta: Arti.
Saptaria, Rikrik  El. 2006.  Panduan Praktis Akting untuk Film & Teater. Bandung: Rekayasa Sains.
Sitorus, Eka D. 2002. The Art of Acting–Seni Peran untuk Teater, Film, & TV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanislavski, Constantin. 2008. Membangun Tokoh. Yogyakarta: KPG dan Teater Garasi.

VCD pertunjukan teater
Ensiklopedia teater Indonesia





Tidak ada komentar:

Posting Komentar