SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA (SENI
RUPA)
(WAJIB PILIHAN)
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas : VIII
Kompetensi Inti
KI 1 :
Menanggapi, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 :
Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun,
rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal, toleransi, gotong royong dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 :
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak
mata.
KI 4
: Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak
(menulis, membaca, menghitung, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber
lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menerima, menanggapi dan
menghargai keragaman dan keunikan
karya seni rupa daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai,
jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
peduli, santun terhadap karya seni
rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal ,
kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1.
Memahami
konsep dan prosedur menggambar
model pada berbagai bahan dan beragam teknik
4.1
Menggambar model pada berbagai bahan dan
beragam teknik
|
Gambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik
|
Mengamati
· Melihat gambar model dengan teknik dan media yang
berbeda
· Membaca buku tentang konsep dan prosedur menggambar model
Menanyakan
· Menanyakan media apa yang dapat digunakan dalam
menggamabr model
· Menanyakan
teknik gambar
model dengan bahan krayon, cat air dan cat minyak
Mengeksplorasi
· Menghubungkan antara konsep dan prosedur menggambar
model dalam aliran seni rupa
· Mencari konsep
dan prosedur menggambar model
Mengasosiasi
· Membandingkan konsep dan prosedur menggambar
model dalam
berbagai teknik dan aliran seni rupa
Komunikasi
·
menggambar model pada berbagai bahan dan beragam
teknik
·
menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·
mempresentasikan secara lisan atau tulisan
mengenai karya yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat ringkasan tentang gambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik
Observasi
format pengamatan
skala sikap
Produk
gambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik
|
4 JP
|
· Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII
· Buku-buku lain yang relevan
· Informasi melalui internet
· Pameran karya seni Rupa
|
1.1
Menerima, menanggapi dan menghargai
keragaman dan keunikan karya seni rupa
daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai,
jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
peduli, santun terhadap karya seni
rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal ,
kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.2.
Memahami
konsep dan prosedur menggambar illustrasi dengan teknik manual atau
digital
4.2.
Menggambar illustrasi dengan teknik manual
atau digital
|
Gambar illustrasi dengan teknik manual atau digital
|
Mengamati
· Melihat gambar model dengan teknik dan media yang
berbeda
· Membaca buku tentang konsep dan prosedur menggambar model
Menanyakan
· Menanyakan media apa yang dapat digunakan dalam
menggamabr model
· Menanyakan
teknik gambar
model dengan bahan krayon, cat air dan cat minyak
Mengeksplorasi
· Menghubungkan antara konsep dan prosedur menggambar
model dalam aliran seni rupa
· Mencari konsep
dan prosedur menggambar model
Mengasosiasi
· Membandingkan konsep dan prosedur menggambar
model dalam
berbagai teknik dan aliran seni rupa
Komunikasi
· Meggambar ilustrasi
teknik manual
· Menggamabr ilustrasi teknik digital
|
Tugas.
membuat kritik seni secara sederhana
minimum 200 kata tentang gambar illustrasi dengan teknik manual atau digital
Observasi
format
pengamatan skala sikap
Produk
gambar illustrasi dengan teknik manual atau digital
|
4 JP
|
· Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII
· Buku-buku lain yang relevan
· Informasi melalui internet
· Pameran karya seni Rupa
|
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa daerah sebagai
bentuk rasa syukur terhadap anugerah
Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai,
jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
peduli, santun terhadap karya seni
rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal ,
kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.3.
Memahami
konsep dan prosedur penerapan ragam
hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai
teknik
4.3.
Menerapkan
ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras
dengan berbagai teknik
|
Teknik ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari
bahan keras
|
Mengamati
· Melihat gambar dengan berbagai teknik motif ragam
hias flora dan fauna serta geometrik pada kriya bahan keras
· Membaca buku tentang konsep dan prosedur membuat
motif ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Menanyakan
· Menanyakan cara
membuat motif gambar ragam hias flora dan fauna serta
geometrik
· Menanyakan
makna gambar
ragam hias flora dan fauna serta
geometrik
Mengeksplorasi
· Mendiskusikan konsep dan prosedur membuat motif
gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengasosiasi
· Menghubungkan motif gambar ragam hias flora dan fauna serta
geometrik dengan budaya setempat
· Membandingkan konsep dan prosedur gambar motif
ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Komunikasi
·
membuat karya kriya dari bahan keras dengan motif ragam hias flora, fauna dan geometrik
·
menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·
mempresentasikan secara lisan atau tulisan mengenai
karya yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat ringkasan tentang kriya dari bahan keras dengan motif ragam hias flora, fauna dan geometrik
Observasi
format pengamatan
skala sikap
Produk
kriya dari bahan keras dengan motif ragam hias flora, fauna dan geometrik
|
5 JP
|
· Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII
· Buku-buku lain yang relevan
· Informasi melalui internet
· Pameran karya seni Rupa
|
1.1.
Menerima, menanggapi dan menghargai
keragaman dan keunikan karya seni rupa
daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai,
jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
peduli, santun terhadap karya seni
rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal ,
kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.4.
Memahami
konsep dan prosedur penerapan ragam hias flora, fauna
dan geometrik pada kriya tekstil
dengan teknik tapestri
4.4.
Menerapkan
ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya tekstil dengan teknik tapestri
|
Teknik menghias flora,
fauna dan geometrik pada kriya
tekstil
|
Mengamati
· Melihat gambar ragam hias flora dan fauna serta
geometrik dengan teknik tapestri
· Membaca buku tentang konsep dan prosedur ragam hias flora dan fauna serta
geometrik teknik tapestri
Menanyakan
· Menanyakan ragam hias flora dan fauna serta
geometrik dengan teknik tapestri pada tekstil
· Menanyakan
makna gambar
ragam hias flora dan fauna serta
geometrik
Mengeksplorasi
· Mendiskusikan konsep dan prosedur teknik
tapestri motif ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengasosiasi
· Menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar ragam
hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya
setempat
· Membandingkan konsep dan prosedur gambar ragam
hias flora dan fauna serta geometrik yang
berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Komunikasi
· membuat kriya tekstil dengan teknik tapestri dengan motif ragam hias flora, fauna dan geometrik
·
menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·
mempresentasikan secara lisan atau tulisan mengenai
karya yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat kritik seni secara sederhana
minimum 200 kata tentang kriya tekstil dengan teknik tapestri dengan motif ragam hias flora, fauna dan geometrik
Observasi
format pengamatan
skala sikap
Produk
kriya tekstil dengan teknik tapestri dengan motif ragam hias flora, fauna dan geometrik
|
5 JP
|
· Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII
· Buku-buku lain yang relevan
· Informasi melalui internet
· Pameran karya seni Rupa
|
SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA (SENI MUSIK)
(WAJIB PILIHAN)
SATUAN PELAJARAN: SMP
KELAS :
VIII
KOMPETENSI INTI
:
KI 1 :
Menanggapi, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 :
Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun,
rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal, toleransi, gotong royong dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 :
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak
mata.
KI
4 : Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung,
dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut
pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok*
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1.
Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan musik daerah sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap
bertanggung jawab, peduli, santun
terhadap karya musik, dan penciptanya
serta arrangernya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1
Memahami teknik dan gaya lagu daerah secara unisono atau
perseorangan
4.1 Menyanyikan lagu daerah secara unisono atau
perseorangan
|
Lagu
tradisi dan lagu daerah
|
Mengamati
·
Mendengarkan lagu daerah dan tradisi yang dinyanyikan secara langsung atau
melalui media elektronik
·
Membaca berita tentang musik tradisi dan lagu daerah
dari media cetak
Menanyakan
·
Menanyakan teknik menyanyikan lagu daerah dan tradisi
·
Menanyakan fungsi musik
tradisi dan waktu pergelarannya serta keunikannya
Mengeksplorasi
·
Mengidentifikasi ciri khas dan keunikan teknik dan gaya
lagu-lagu daerah tradisional
·
Menyusun klipping tentang ragam keunikan lagu-lagu tradisi dan lagu-lagu
daerah
Mengasosiasi
Menunjukkan kesamaan penampilan lagu daerah dengan penampilan di daerah asal
lagu yang dinyanyikan
Mengkomunikasi
·
Menyanyikan
lagu daerah dengan satu suara bersama-sama di kelas
·
Menyanyikan
lagu tradisi dengan
satu suara bersama-sama di kelas
·
Mempresentasikan secara lisan atau
tulisan kritik seni
|
Unjuk Kerja
· Menyanyikan lagu daerah
· Menyanyikan lagu tradisi
|
4 JP
|
Buku
Lagu Wajib lagu Nasional, Daerah dan Populer
Buku
Paket Seni Budaya Kelas VIII
Acara musik di
radio dan TV
DVD, VCD
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok*
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1.
Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan musik daerah sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap
bertanggung jawab, peduli, santun
terhadap karya musik, dan penciptanya
serta arrangernya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.2 Memahami teknik dan gaya lagu daerah
bentuk vokal group
4.2
Menyanyikan lagu daerah
bentuk vokal group
|
Lagu
tradisi dan lagu daerah
|
Mengamati
·
Mendengarkan lagu daerah dan tradisi yang dinyanyikan secara langsung atau
melalui media elektronik
·
Membaca berita tentang musik tradisi dan lagu daerah
dari media cetak
Menanyakan
·
Menanyakan teknik menyanyikan lagu daerah dan tradisi
·
Menanyakan fungsi musik
tradisi dan waktu pergelarannya serta keunikannya
Mengeksplorasi
·
Mengidentifikasi ciri khas dan keunikan teknik dan gaya kelompok lagu-lagu
daerah
·
Menyusun klipping tentang ragam keunikan lagu-lagu tradisi dan lagu-lagu
daerah yang dinyanyikan secara kelompok
·
Mengasosiasi
Menunjukkan kesamaan penampilan lagu daerah dengan penampilan di daerah
asal lagu yang dinyanyikan
Mengkomunikasi
· Menyanyikan lagu daerah bentuk vokal grup
· Menyanyikan lagu daerah dengan
lebih dari satu
suara
· Mempresentasikan secara lisan
atau tulisan kritik seni
|
Unjuk Kerja
· Menyanyikan lagu secara kelompok
daerah
· Menyanyikan lagu tradisi
|
4 JP
|
Buku
Lagu Wajib lagu Nasional, Daerah dan Populer
Buku
Paket Seni Budaya Kelas VIII
Acara musik di
radio dan TV
DVD, VCD
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1. Menerima,
menanggapi dan menghargai keragaman
dan keunikan musik daerah
sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap
bertanggung jawab, peduli, santun
terhadap karya musik, dan penciptanya
serta arrangernya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.3 Memahami
teknik dan gaya bermain musik tradisional
sederhana secara
perorangan dan kelompok
4.3 Memainkan instrumen musik tradisional
sederhana secara perorangan dan kelompok
|
Musik Ansambel
|
Mengamati :
·
Menyaksikan
pertunjukkan kelompok musik secara langsung melalui media elektronik
·
Mendengarkan permainan musik ansambel
Menanya
·
Menanyakan teknik bermain musik rimis
·
Menanyakan teknik bermain musik melodis
Mengeksplorasi
·
Membagi
iringan
lagu dalam kelompok musik dengan baik
dan benar
·
Menggubah
secara sederhana
lagu-lagu yang akan dibawakan oleh
kelompok musik
Mengasosiasi
·
Membandingkan
kedisiplinan dan kekompakan penampilan kelompok musik dengan tentara
·
Membandingkan suara yang bising latiahan musik tanpa
pembimbing dengan suasana riuh di pasar
Mengkomunikasi
·
Menampilkan
pertunjukkan kelompok musik di dalam
kelas
·
Mengiringi
lagu saat pertunjukkan kelompok music
·
Mempresentasikan secara lisan atau
tulisan kritik seni
|
Produk
·
Iringan
musik sederhana
Unjuk
Kerja
·
Bermain Musik
ritmis
·
Bermain musik melodis
|
5 JP
|
Buku
Lagu Wajib lagu Nasional, Daerah dan Populer
Buku
Paket Seni Budaya Kelas VIII
Acara musik di
radio dan TV
DVD, VCD
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1. Menerima,
menanggapi dan menghargai keragaman
dan keunikan musik daerah
sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah
Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap
bertanggung jawab, peduli, santun
terhadap karya musik, dan penciptanya
serta arrangernya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.2
Memahami teknik
dan gaya bermain musik ansambel tradisional
4.4 Memainkan ansambel musik
tradisional
|
Musik Ansambel
|
Mengamati :
·
Menyaksikan
pertunjukkan kelompok musik secara langsung melalui media elektronik
·
Mendengarkan permainan musik ansambel
Menanya
·
Menanyakan teknik bermain musik rimis
·
Menanyakan teknik bermain musik melodis
Mengeksplorasi
·
Membagi
iringan
lagu dalam kelompok musik dengan baik
dan benar
·
Menggubah
secara sederhana
lagu-lagu yang akan dibawakan oleh
kelompok musik
Mengasosiasi
·
Menunjukkan kekuatan musik tradisi dan musik moderen
·
Membandingkan suara musik tradisi dengan suasana damai
Mengkomunikasi
·
Menampilkan
pertunjukkan kelompok musik di dalam
kelas
·
Mengiringi
lagu saat pertunjukkan kelompok music
·
Mempresentasikan secara lisan atau
tulisan kritik seni
|
Produk
·
Iringan
musik sederhana
Unjuk
Kerja
·
Bermain Musik
ritmis
dan melodis
·
Bermain musik
harmonis
|
5 JP
|
Buku
Lagu Wajib lagu Nasional, Daerah dan Populer
Buku
Paket Seni Budaya Kelas VIII
Acara musik di
radio dan TV
DVD, VCD
|
catatan : Apa yang tertulis diatas hanya sebagai acuan
bagi guru untuk memilih sumber belajar dan dapat disesuaikan dengan
kondisi
masing-masing sekolah
SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA (SENI TARI)
(WAJIB PILIHAN)
Mata Pelajaran : Seni Tari
Kelas : VIII
Kompetensi Inti :
KI 1 :
Menanggapi, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2
: Menghargai perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya
diri, motivasi internal, toleransi,
gotong royong dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3
: Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI
4 : Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung,
dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut
pandang/teori.
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
|||||
1.1.
Menerima, menanggapi dan menghargai
keragaman dan keunikan karya seni tari
daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap
menghargai, jujur, disiplin,
melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli,
santun terhadap karya seni tari dan koreograferya
2.3 Menunjukkan sikap
percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan
dalam berkarya seni
3.1.
Memahami keunikan
gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan
unsur pendukung tari
4.1.
Merangkai gerak
tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung
tari
|
Keunikan gerak tari tradisonal
berdasarkan pola lantai
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber belajar tentang tentang keunikan tari tradisonal berdasarkan pola lantai
· Mengamati
tayangan keunikan gerak tari
tradisional berdasarkan pola lantai melalui media
· Melihat guru memperagakan gerak tari tradisional
berdasarkan pola lantai
Menanya
· Menanya tentang keunikan gerak tari tradisonal
berdasarkan pola lantai
Mengeksplorasi
· Mencari contoh keunikan gerak tari tradisional berdasarkan pola
lantai
· Merangkai berbagai
keunikan ragam gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai
· Mendiskusikan keunikan ragam gerak tari tradisonal berdasarkan
pola lantai
Mengasosiasi
· Membandingkan keunikan gerak tari tradisional di lingkungan tempat tinggal
siswa dengan daerah lain berdasarkan pola lantai
·
Membandingkan bentuk penyajian gerak
tari tradisional tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan pola
lantai
Mengkomunikasi
· Menampilkan karya tari tradisional berdasarkan pola
lantai
|
Produk
· Membuat ringkasan tentang keunikan ragam tari tradisional berdasarkan pola lantai
Unjuk
Kerja
·
mempergelarkan tari
tradisonal berdasarkan pola lantai
|
4 JP
|
Buku
teks pelajaran seni budaya kelas VIII
Humprey,
Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan
Kesenian Jakarta, Jakarta.
VCD pertunjukan tari tradisional
Ensiklopedi Tari Indonesia
Media
cetak dan elektronik
|
|||||
1.1.
Menerima, menanggapi dan menghargai
keragaman dan keunikan karya seni tari
daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli,
santun terhadap karya seni tari dan koreograferya
2.3 Menunjukkan sikap
percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan
dalam berkarya seni
3.2.
Memahami keunikan peragaan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan
unsur pendukung tari sesuai iringan
4.2.
Memperagakan
gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan
unsur pendukung tari sesuai iringan
|
Keunikan gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai
iringan
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber belajar tentang tentang keunikan tari tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai iringan
· Mengamati
tayangan keunikan gerak tari
tradisional berdasarkan pola lantai melalui media sesuai iringan
· Melihat guru memperagakan gerak tari tradisional
berdasarkan pola lantai sesuai iringan
· Mendengarkan
musik iringan tari tradisional
Menanya
· Menanya tentang keunikan gerak tari tradisonal
berdasarkan pola lantai sesuai iringan
· Menanyakan musik iringan
yang sesuai dengan tari tradisional
Mengeksplorasi
· Mencari contoh keunikan gerak tari tradisional berdasarkan pola
lantai sesuai iringan
· Merangkai
berbagai keunikan ragam gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai
dengan iringan
· Mendiskusikan keunikan ragam gerak tari tradisonal berdasarkan
pola lantai sesuai dengan iringan
Mengasosiasi
· Membandingkan keunikan gerak tari tradisional
di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan pola
lantai sesuai iringan
·
Membandingkan bentuk penyajian gerak
tari tradisional tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan pola
lantai sesuai iringan
Mengomunikasi
·
Menampilkan karya tari tradisional berdasarkan pola
lantai sesuai dengan iringan
|
Produk
· Membuat kritik seni secara sederhana
maksimum 200 kata tentang tari tradisional berdasarkan pola lantai sesuai iringan
Unjuk
Kerja
· mempergelarkan tari
tradisional berdasarkan pola
lantai sesuai iringan
|
4 JP
|
Buku
teks pelajaran seni budaya kelas VIII
Humprey,
Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan
Kesenian Jakarta, Jakarta.
VCD pertunjukan tari tradisional
VCD/kaset
music iringan tari tradisonal
Ensiklopedi Tari Indonesia
Media
cetak dan elektronik
|
|||||
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni tari daerah sebagai
bentuk rasa syukur terhadap anugerah
Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap
menghargai, jujur, disiplin,
melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli,
santun terhadap karya seni tari dan koreograferya
2.3 Menunjukkan sikap
percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan
dalam berkarya seni
3.3 Memahami cara menerapkan pola lantai dan unsur pendukung gerak tari gaya tradisional pada
karya tari kreasi
4.3 Merangkai gerak tari kreasi gaya tradisional
berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari
|
Gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan
pola lantai
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber belajar tentang gerak tari kreasi gaya tradisonal
berdasarkan pola lantai
· Mengamati tayangan gerak tari kreasi gaya tradisonal berdasarkan pola lantai dan unsure
pendukungnya melalui media
Menanya
· Menanya tentang gerak tari kreasi gaya
tradisonal berdasarkan pola
lantai dan unsure pendukungnya
Mengeksplorasi
· Mencari contoh gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan
pola lantai dan unsure pendukungnya
· Merangkai
berbagai ragam gerak tari kreasi
gaya tradisonal berdasarkan pola
lantai
· Mendiskusikan ragam gerak tari kreasi gaya tradisonal
berdasarkan pola lantai dan unsure pendukungnya
Mengasosiasi
· Membandingkan gerak tari kreasi gaya tradisional di lingkungan tempat tinggal siswa dengan
daerah lain berdasarkan pola lantai
·
Membandingkan bentuk penyajian gerak
tari kreasi gaya tradisional tempat tinggal siswa dengan daerah lain
berdasarkan pola lantai
Mengomunikasi
·
Menampilkan
karya tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsure pendukungnya
|
Produk
· Membuat ringkasan tentang ragam tari kreasi gaya tradisional
Unjuk
Kerja
·
mempergelarkan tari
kreasi gaya tradisonal berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur
pendukung tari
|
5 JP
|
Buku
teks pelajaran seni budaya kelas VIII
Humprey,
Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan
Kesenian Jakarta, Jakarta.
VCD pertunjukan tari tradisional
VCD/kaset
music iringan tari tradisonal
Ensiklopedi Tari Indonesia
Media
cetak dan elektronik
|
|||||
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||||
1.1
Menerima, menanggapi dan menghargai
keragaman dan keunikan karya seni tari
daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap
menghargai, jujur, disiplin,
melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli,
santun terhadap karya seni tari dan koreograferya
2.3 Menunjukkan sikap
percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan
dalam berkarya seni
3.4 Memahami cara menerapkan pola lantai,unsur pendukung dan
iringan gerak tari gaya tradisional pada karya tari kreasi
4.4 Memperagakan gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan
unsur pendukung tari sesuai iringan
|
Gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan
pola lantai sesuai iringan
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber belajar tentang gerak tari kreasi gaya tradisonal
berdasarkan pola lantai sesuai iringan
· Mengamati tayangan gerak tari kreasi gaya tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai iringan
· Mendengarkan beberapa musik iringan tari tradisonal dan tari
kreasi
Menanya
· Menanya tentang gerak tari kreasi gaya tradisonal
berdasarkan pola lantai dan unsure pendukungnya sesuai iringan
· Menanya tentang musik iringan tari kreasi
Mengeksplorasi
· Mencari contoh gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan
pola lantai sesuai iringan
· Merangkai
berbagai ragam gerak tari kreasi
gaya tradisonal berdasarkan pola
lantai sesuai iringan
· Mendiskusikan ragam gerak tari kreasi gaya tradisonal
berdasarkan pola lantai dan unsure pendukungnya sesuai iringan
Mengasosiasi
· Membandingkan gerak tari kreasi gaya tradisional di lingkungan tempat tinggal siswa dengan
daerah lain berdasarkan pola lantai sesuai iringan
·
Membandingkan bentuk penyajian gerak
tari kreasi gaya tradisional tempat tinggal siswa dengan daerah lain
berdasarkan pola lantai sesuai iringan
engomunikasi
·
Menampilkan
karya tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsure pendukung sesuai
iringan
|
Produk
· Membuat kritik seni secara sederhana
maksimum 200 kata tentang tari kreasi
gaya tradisional berdasarkan pola lantai sesuai iringan
Unjuk
Kerja
· mempergelarkan tari
kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan
unsur pendukung tari sesuai iringan
|
5 JP
|
Buku
teks pelajaran Seni Budaya kelas VIII
Humprey,
Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan
Kesenian Jakarta, Jakarta.
VCD pertunjukan tari
Ensiklopedi tari Indonesia
Media
cetak dan elektronik
|
|||||
SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA (SENI TEATER)
(WAJIB PILIHAN)
Mata Pelajaran : Seni Teater
Kelas : VIII
Kompetensi Inti :
KI 1
: Menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri,
motivasi internal, toleransi, gotong
royong dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4 :
Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan
membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
|||||
1.1. Menerima,
menanggapi dan menghargai keragaman
dan keunikan karya seni teater daerah sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap
menghargai, jujur, disiplin,
melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap
naskah drama, pertunjukan teater, pemain dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal ,
kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1 Memahami penerapan teknik olah tubuh,
olah suara, dan olah rasa yang mengacu pada sumber budaya tradisional
4.1
Menerapkan teknik olah
tubuh, olah suara, dan olah rasa yang mengacu pada sumber budaya tradisional
|
teknik olah tubuh, olah
suara, dan olah rasa yang mengacu pada sumber budaya tradisional
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber belajar tentang tentang teknik
olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber pada teater tradisional
· Mengamati
tayangan keunikan teknik olah tubuh,
olah suara dan olah rasa yang bersumber pada teater tradisional melalui
media
· Melihat guru memperagakan teknik olah tubuh, olah
suara dan olah rasa yang bersumber pada teater tradisional
Menanya
·
Menanya tentang keunikan teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber
pada teater tradisional
Mengeksplorasi
· Mencari
contoh keunikan teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber
pada teater tradisional Merangkai berbagai keunikan ragam gerak tari
tradisonal berdasarkan pola lantai
· Mendiskusikan
keunikan teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber pada
teater tradisional
Mengasosiasi
· Membandingkan keunikan teknik olah
tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber pada teater tradisional di
lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain
Membandingkan bentuk penyajian teknik olah tubuh, olah suara dan olah
rasa yang bersumber pada teater tradisional
Mengkomunikasi
· Menampilkan
karya teater berdasarkan teknik olah tubuh, olah suara
dan olah rasa yang bersumber pada teater tradisional
|
Produk
Membuat ringkasan tentang keunikan teknik
olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber pada teater tradisional
Unjuk
Kerja
·
mempergelarkan teknik
bermain teater tradisional
|
4 JP
|
Buku Teks Pelajaran seni
budaya kelas VIII
Anirun, Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara. Bandung: STSI PRESS.
Brook, Peter. 2002. Percikan Pemikiran tentang Teater, Film, dan Opera. Yogyakarta:
Arti.
Endraswara, Suwardi.2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
Mitter, Shomit, Stanislavski, Brecht,
Grotowski, Brook. 2002. Sistem Pelatihan Lakon. Yogyakarta:
Arti.
Saptaria, Rikrik
El. 2006. Panduan Praktis Akting untuk Film & Teater. Bandung: Rekayasa
Sains.
Sitorus, Eka D. 2002. The Art of Acting–Seni Peran untuk Teater, Film, & TV.
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanislavski, Constantin. 2008. Membangun Tokoh. Yogyakarta: KPG dan
Teater Garasi.
VCD pertunjukan teater
Ensiklopedia teater
Indonesia
|
|||||
1.2. Menerima,
menanggapi dan menghargai keragaman
dan keunikan karya seni teater daerah sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap
menghargai, jujur, disiplin,
melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap
naskah drama, pertunjukan teater, pemain dan pembuatnya
2.3
Menunjukkan sikap percaya diri
, motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.2
Memahami
teknik membuat naskah drama dari sumber budaya
tradisional
4.2
Membuat naskah drama secara sederhana dari sumber budaya
tradisional
|
Naskah drama secara sederhana dari sumber budaya
tradisional
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber belajar tentang
pembuatan naskah drama bersumber pada teater tradisional
· Mengamati
tayangan keunikan pementasan naskah
drama bersumber pada teater tradisional
· Melihat guru memperagakan pembuatan naskah drama
bersumber pada teater tradisional
· Mendengarkan
musik ilustrasi pementasan teater tradisional
Menanya
· Menanya
tentang keunikan
pembuatan naskah drama bersumber pada teater tradisional
· Menanyakan
musik ilustrasi pementasan teater
tradisional sesuai dengan naskah yang disusun
Mengeksplorasi
· Mencari
contoh pembuatan naskah drama bersumber pada teater tradisional
· Merangkai berbagai keunikan pembuatan naskah drama
bersumber pada teater tradisional
· Mendiskusikan
keunikan pembuatan naskah drama bersumber pada teater tradisional
Mengasosiasi
·
Membandingkan
keunikan pementasan berdasarkan naskah
drama bersumber pada teater tradisional
·
Membandingkan bentuk penyajian teater tradisional
tempat tinggal siswa dengan daerah lain
Mengomunikasi
·
Menampilkan karya teater
tradisional berdasarkan naskah yang disusun
|
Produk
·
Membuat kritik seni secara sederhana
maksimum 200 kata tentang teater
tradisional
Unjuk
Kerja
· mempergelarkan teater tradisional sesuai dengan naskah
yang dibuatnya
|
4 JP
|
Buku Teks Pelajaran seni
budaya kelas VIII
Anirun, Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara. Bandung: STSI PRESS.
Brook, Peter. 2002. Percikan Pemikiran tentang Teater, Film, dan Opera. Yogyakarta:
Arti.
Endraswara, Suwardi.2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri
Yogyakarta.
Mitter, Shomit, Stanislavski, Brecht,
Grotowski, Brook. 2002. Sistem Pelatihan Lakon. Yogyakarta:
Arti.
Saptaria, Rikrik
El. 2006. Panduan Praktis Akting untuk Film & Teater. Bandung: Rekayasa
Sains.
Sitorus, Eka D. 2002. The Art of Acting–Seni Peran untuk Teater, Film, & TV.
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanislavski, Constantin. 2008. Membangun Tokoh. Yogyakarta: KPG dan
Teater Garasi.
VCD pertunjukan teater
Ensiklopedia teater
Indonesia
|
|||||
1.3. Menerima,
menanggapi dan menghargai keragaman
dan keunikan karya seni teater daerah sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap
menghargai, jujur, disiplin,
melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap
naskah drama, pertunjukan teater, pemain dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal ,
kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.3 Memahami teknik dan rancangan pertunjukkan teater
tradisional
4.3
Merancang pertunjukkan teater tradisional
|
Rancangan pertunjukkan teater tradisional
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber belajar tentang
teknik rancangan pertunjukan teater tradisional
· Mengamati
tayangan teater berdasarkan teknik rancangan pertunjukan teater tradisional dan
unsur pendukungnya melalui media
Menanya
· Menanya
tentang pementasan
teater dan teknik rancangan pertunjukan teater tradisional serta
pendukungnya
Mengeksplorasi
· Mencari
contoh teknik rancangan pertunjukan teater tradisional dan
unsur pendukungnya
· Merangkai berbagai
ragam teknik rancangan pertunjukan teater tradisional
· Mendiskusikan
ragam teknik rancangan pertunjukan teater tradisional dan
unsure pendukungnya
Mengasosiasi
· Membandingkan teknik rancangan
pertunjukan teater tradisional di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah
lain berdasarkan tema
·
Membandingkan bentuk penyajian teknik rancangan
pertunjukan teater tradisional tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan
tema
Mengomunikasi
·
Menampilkan karya
rancangan pertunjukan teater tradisional dengan
menggunakan unsur pendukungnya
|
Produk
· Membuat ringkasan tentang teknik
rancangan pertunjukan teater tradisional
Unjuk
Kerja
·
mempergelarkan rancangan pertunjukan teater tradisional dengan menggunakan unsur
pendukung teater
|
5 JP
|
Buku Teks Pelajaran seni
budaya kelas VIII
Anirun, Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara. Bandung: STSI PRESS.
Brook, Peter. 2002. Percikan Pemikiran tentang Teater, Film, dan Opera. Yogyakarta:
Arti.
Endraswara, Suwardi.2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri
Yogyakarta.
Mitter, Shomit, Stanislavski, Brecht,
Grotowski, Brook. 2002. Sistem Pelatihan Lakon. Yogyakarta:
Arti.
Saptaria, Rikrik
El. 2006. Panduan Praktis Akting untuk Film & Teater. Bandung: Rekayasa
Sains.
Sitorus, Eka D. 2002. The Art of Acting–Seni Peran untuk Teater, Film, & TV.
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanislavski, Constantin. 2008. Membangun Tokoh. Yogyakarta: KPG dan
Teater Garasi.
VCD pertunjukan teater
Ensiklopedia teater
Indonesia
|
|||||
1.4. Menerima,
menanggapi dan menghargai keragaman
dan keunikan karya seni teater daerah sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap
menghargai, jujur, disiplin,
melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap
naskah drama, pertunjukan teater, pemain dan pembuatnya
2.3
Menunjukkan sikap percaya diri
, motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.4
Memahami
teknik pertunjukan teater dengan gaya teater
tradisional
4.4
Mempertunjukan teater dengan
gaya teater tradisional
|
Pertunjukan teater dengan
gaya teater tradisional
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber belajar tentang
pertunjukan teater gaya tradisional
· Mengamati
tayangan pertunjukan teater gaya tradisional
·
Mendengarkan beberapa musik ilustrasi pertunjukan
teater gaya tradisional
Menanya
· Menanya
tentang pertunjukan
teater gaya tradisional
· Menanya
tentang musik ilustrasi pertunjukan teater gaya tradisional
Mengeksplorasi
· Mencari
contoh pertunjukan teater gaya tradisional
· Merangkai berbagai
ragam teknik dalam pertunjukan teater gaya tradisional
· Mendiskusikan
pertunjukan teater gaya tradisional
Mengasosiasi
· Membandingkan pertunjukan teater
gaya tradisional di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah
lain berdasarkan tema yang digunakan
·
Membandingkan bentuk penyajian pertunjukan teater
gaya tradisional tempat tinggal siswa dengan daerah lain
berdasarkan tema yang digunakan
Mengomunikasi
· Menampilkan karya teater gaya
tradisional sesuai dengan unsur pendukungnya
|
Produk
· Membuat kritik seni secara sederhana
maksimum 200 kata tentang teater gaya tradisional berdasarkan tema
Unjuk
Kerja
· mempergelarkan teater
gaya tradisional berdasarkan tema dengan
menggunakan unsur pendukung
|
5 JP
|
Buku Teks Pelajaran seni
budaya kelas VIII
Anirun, Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara. Bandung: STSI PRESS.
Brook, Peter. 2002. Percikan Pemikiran tentang Teater, Film, dan Opera. Yogyakarta:
Arti.
Endraswara, Suwardi.2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri
Yogyakarta.
Mitter, Shomit, Stanislavski, Brecht,
Grotowski, Brook. 2002. Sistem Pelatihan Lakon. Yogyakarta:
Arti.
Saptaria, Rikrik
El. 2006. Panduan Praktis Akting untuk Film & Teater. Bandung: Rekayasa
Sains.
Sitorus, Eka D. 2002. The Art of Acting–Seni Peran untuk Teater, Film, & TV.
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanislavski, Constantin. 2008. Membangun Tokoh. Yogyakarta: KPG dan
Teater Garasi.
VCD pertunjukan teater
Ensiklopedia teater
Indonesia
|
|||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar