Rabu, 03 September 2014

RPP SENI BUDAYA (SENI TARI) KELAS 8 SEMESTER GANJIL, 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 3)


Sekolah                      : SMP
Mata Pelajaran           : Seni Budaya (Tari)
Kelas/Semester          : VIII/Ganjil
Materi Pokok             : Merangkai Gerak Tari Tradisional
Alokasi Waktu           : 4x Pertemuan (12 Jam Pelajaran)


A.  KOMPETENSI INTI
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.       Menghayati dan  mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif  dan proaktif,  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.       Memahami,  menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa keingintahuannya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1.Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan  serta bangga terhadap seni tari  sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1  Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2  Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3  Menunjukkan sikap responsif, pro-aktif, dan peduli terhadap lingkungan dan sesama, serta menghargai karya seni dan pembuatnya
3.1 Memahami keunikan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan
      menggunakan unsur pendukung tari
Indikator   : 1. Mengeksplorasi (observasi dan bertanya ) dari berbagai sumber pembelajaran tentang memahami keunikan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari.
                                  2.  Membuat menyusun gerakan tentang gagasan berkarya seni tari tentang  merangkai gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari berdasarkan hasil eksplorasi siswa masing-masing.
4.1 Merangkai gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur      
      pendukung tari
        Indikator     :  1. Mewujudkan meniru gerakan atau gerakan kreasi menjadi sebuah karya seni tari jadi (eksperimenting atau mencoba) tentang merangkai gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari dengan menggunakan peralatan dan bahan yang disediakan siswa masing-masing.
    2.  Mempublikasikan / mempergelarkan karya seni tari  kepada orang lain tentang yang telah dibuatnya.




C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari pokok bahasan ini, perserta didik diharapkan mampu :
1.  Siswa secara aktif  mengeksplorasi (observasi dan bertanya ) dari berbagai sumber pembelajaran tentang memahami keunikan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari
2.  Siswa dapat memilih,  menentukan dan membuat susunan gerakan tentang gagasan berkarya seni tari tentang merangkai gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari berdasarkan hasil eksplorasi siswa masing-masing
3.  Siswa dapat mewujudkan rencana susunan gerakan atau meniru gerakan atau gerakan kreasi menjadi sebuah karyaseni tari jadi (eksperimenting atau mencoba) tentang merangkai gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari dengan menggunakan peralatan dan bahan yang disediakan siswa masing-masing.
4.  Siswa dapat menemukan cara mempublikasikan / mempergelarkan karya seni tari (networking atau membuat jejaring) kepada orang lain tentang yang telah dibuatnya.

D.  MATERI PEMBELAJARAN
Materi pembelajaran berkenaan dengan penjelasan tentang:
1.   Merangkai Gerak Tari Tradisional
2.   Pengertian Tari Tradisional
3.   Pola Lantai Tari Tradisional
4.   Tata Rias dan Busana Tari Tradisional
5.   Properti Tari Tradisional

E.  METODE PEMBELAJARAN
1.   Pendekatan    : Saintifik
2.   Model                        : Projek Based Learning dan Problem Based Learning.

F.   MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media                    : LCD, Elektronik dan Internet
2.      Alat dan bahan      : Disesuiakan dengan KD
3.      Sumber belajar      : (1)Buku sumber pembelajaran untuk siswa SMP mata pelajaran
                                 Seni budaya Kurikulum  2014 Penerbit BNSP, Jakarta;
                                (2) Moment pagelaran dan pameran di lokal maupun nasional;
                                (3) Kegiatan kesenian di lingkungan setempat, dll.

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

KEGI
ATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Awal
Kegiatan awal pembelajaran oleh guru, dapat melakukan aktivitas berikut:
1.      Guru membuka pembelajaran seni budaya (seni tari) dengan mengucapkan salam, mengabsen dan menanyakan keadaaan dan situasi kelas.
2.      Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran seni tari pada bulan ini, yakni untuk berkarya tentang memahami keunikan gerak tari tradisional
3.      Guru berupaya memotivasi para siswa kelas VIII untuk yakin diri dapat membuat karya seni tari tentang merangkai gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari.
10  menit
Kegiatan Inti

Kegiatan inti pembelajaranoleh guru dapat melakukan aktivitas berikut:
Pertemuan 1
Mengamati
a.       Peserta didik melihat gambar peragaan tari tradisional melalui tayangan atau melalui peragaan langsung
b.      Peserta didik membaca buku tentang rangkaian gerak tari tradisional
Menanya
a.       Peserta didik menanyakan rangkaian gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari
b.      Peserta didik menanyakan makna rangkaian gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari
     Mengeksplorasi
a.       Peserta didik mengumpulkan berbagai literatur tentang berbagai macam rangkaian gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari
b.      Peserta didik membandingkan berbagai macam rangkaian gerak tari tradisional yang berkembang sesuai dengan kehidupan sosial budaya di masyarakat
    Mengasosiasi
a.       Peserta didik menunjukkan berbagai macam rangkaian gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari
b.      Peserta didik menghimpun laporan  berbagai macam rangkaian gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari
     Mengkomunikasikan
a.       Peserta didik menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
b.      Peserta didik mempresentasikan secara lisan atau tulisan mengenai karya yang dikerjakan



60  menit



Pertemuan 2
Mengamati
a. Peserta didik melihat gambar peragaan tari tradisional melalui tayangan atau melalui peragaan langsung
        b. Peserta didik membaca buku tentang rangkaian gerak
            tari tradisional
Menanya
a.       Peserta didik menanyakan susunan rangkaian gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari.
b.      Peserta didik menanyakan makna susunan rangkaian gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari dari hasil eksplorasi siswa masing-masing
     Mengeksplorasi
a.       Peserta didik mengumpulkan berbagai literatur tentang susunan rangkaian gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari dari hasil eksplorasi siswa masing-masing
b.      Peserta didik membandingkan berbagai macam susunan rangkaian gerak tari tradisional dari hasil eksplorasi siswa masing-masing



    Mengasosiasi
a.  Peserta didik menunjukkan berbagai macam susunan rangkaian gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari dari hasil eksplorasi siswa masing-masing
b.  Peserta didik menghimpun laporan  berbagai macam rangkaian gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari dari hasil eksplorasi siswa masing-masing
     Mengkomunikasikan
c.       Peserta didik menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
d.      Peserta didik mempresentasikan secara lisan atau tulisan mengenai karya yang dikerjakan


60  menit




Pertemuan 3
Mengamati
a. Peserta didik melihat gambar peragaan tari tradisional melalui tayangan atau melalui peragaan langsung
        b. Peserta didik membaca buku tentang rangkaian gerak
            tari tradisional
Menanya
a. Peserta didik menanyakan  gerakan kreasi menjadi sebuah karya seni  tari jadi (eksperimenting atau mencoba) tentang merangkai gerak tari  tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari.
b. Peserta didik menanyakan makna gerakan kreasi menjadi sebuah karya seni  tari jadi (eksperimenting atau mencoba) tentang merangkai gerak tari  tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari.
     Mengeksplorasi
a. Peserta didik mengumpulkan berbagai literatur tentang gerakan kreasi menjadi sebuah karya seni  tari jadi (eksperimenting atau mencoba) tentang merangkai gerak tari  tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari.
b. Peserta didik membandingkan berbagai macam susunan rangkaian gerak tari tradisional dari hasil eksplorasi dengan menggunakan peralatan dan bahan yang disediakan siswa masing-masing.
    Mengasosiasi
a.  Peserta didik menunjukkan berbagai macam susunan rangkaian gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari dari hasil eksplorasi dengan menggunakan peralatan dan bahan yang disediakan siswa masing-masing.
b.  Peserta didik menghimpun laporan  berbagai macam rangkaian gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari dari hasil eksplorasi dengan menggunakan peralatan dan bahan yang disediakan siswa masing-masing.
     Mengkomunikasikan
a. Peserta didik menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
b.  Peserta didik mempresentasikan secara lisan atau tulisan mengenai karya yang dikerjakan

60  menit









Pertemuan 4
Mengamati
     Peserta didik melihat gambar/video pergelaran tari tradisional melalui tayangan atau melalui peragaan langsung
Menanya
    Peserta didik menanyakan  gerakan kreasi menjadi sebuah karya seni  tari jadi dari rangkaian gerakan tari  tradisional berdasarkan hasil pengamatan gambar/video pergelaran tari tradisional.
     Mengeksplorasi
     Peserta didik mengumpulkan berbagai literatur tentang gerakan kreasi menjadi sebuah karya seni  tari jadi (eksperimenting atau mencoba) tentang merangkai gerak tari  tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari.
    Mengasosiasi
     Peserta didik menghimpun laporan  berbagai macam rangkaian gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari dari hasil eksplorasi dengan menggunakan peralatan dan bahan yang disediakan siswa masing-masing.
     Mengkomunikasikan
a. Peserta didik mempublikasikan karya seni tari kepada orang lain tentang karya yang telah dibuatnya.
      b.  Peserta didik mempresentasikan secara lisan atau tulisan  mengenai karya yang dikerjakan

60  menit













Kegiatan Penutup

Kegiatan penutup pembelajaran oleh guru, dapat melakukan aktivitas berikut:
1.      Guru dan siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
2.      Guru melaksanakan tindak lanjut pembelajaran di kelas dengan cara memberi pengumuman untuk lanjutkan pada tahap merancang, membuat, mempublikasi karya seni tari pada minggu berikutnya.
3.      Guru dan siswa melaksanakan evaluasi pembelajaran seni tari dengan cara penilaian kinerja, penilaian projek, penilaian portofolio dan penilaian laporan.
·         menit


H.  PENILAIAN
1. Jenis/teknik penilaian                            : - Diskusi
                                                                          - Tertulis
                                                                          - Unjuk kerja
      2. Bentuk instrumern dan instrumen       : - tes tertulis
                                                                          - tes kinerja
      3. Pedoman penskoran      :













1. Pedoman Penskoran Observasi Sikap Spiritual

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik                : ………………….
Kelas                                       : ………………….
Tanggal Pengamatan               : …………………..
Materi Pokok                          : …………………..
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi




4
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan




5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan




Jumlah Skor






Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

Contoh :
Skor diperoleh 14, skor maksimal 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
Hasil Penskoran :
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor :3,33 < skor ≤ 4,00
Baik                 : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup             : apabila memperoleh skor :1,33 < skor≤ 2,33
Kurang                        : apabila memperoleh skor:skor ≤ 1,33









2. Pedoman Penskoran Observasi Sikap Sosial (Toleransi)

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru/teman untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam toleransi. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap toleransi yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik                : ………………….
Kelas                                       : ………………….
Tanggal Pengamatan               : …………………..
Materi Pokok                          : …………………..

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Menghormati pendapat teman




2
Menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender




3
Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya




4
Menerima kekurangan orang lain




5
Mememaafkan kesalahan orang lain




Jumlah Skor




Petunjuk penskoran
Lihat petunjuk penskoran pada  pedoman observasi sikap spiritual


3. Butir Penilaian Pengetahuan
Amati gambar-gambar berikut dengan saksama!


                  

1. Aspek apa saja yang kamu lihat dalam pertunjukan tari pada ketiga gambar ?
2. Jelaskan pengertian tari tradisional !
3. Jelaskan keunikan gerak pada tari Pakarena dari daerah Sulawesi Selatan !
4. Ada berapa jenis pola lantai pada tari tradisional ?

Kunci Jawaban :
1.      Aspek yang diamati pada gambar tersebut adalah
a.       Ragam gerak
b.      Keunikan gerak
c.       Properti inti
d.      Tata rias dan busana
e.       Tata iringan
2.      Tari tradisional adalah tari yang berasal dari tradisi bangsa Indonesia yang memiliki keunikan yang berbeda-beda, yang diwariskan secara turun temurun dari nenek moyang sampai ke anak cucu.
            3.    Keunikan gerak pada tari Pakarena dari daerah Sulawesi Selatan  adalah tari Pakarena merupakan salah satu contoh tarian daerah Sulawesi Selatan yang sering digunakan sebagai acuan. Pada tari Pakarena gerakan kaki yang tertahan pada lantai dan tangan dengan menggunakan kipas merupakan salah satu keunikan tarian ini.
            4.   Pola lantai pada tari tradisional Indonesia pada prinsipnya hamper sama yaitu garis lurus dan garis lengkung. Garis lengkung termasuk pola lingkaran dan garis lurus bias membuat segi empat, segitiga, atau berjajar. Pola lantai dapat juga dilakukan dengan cara kombinasi antara garis lurus dan garis lengkung.

Teknik penilaian : rentang nilai 1 – 4   
Setiap nomor skornya 1



















4.      Instrumen Tes Praktik

Nama Peserta Didik                : ………………….
Kelas                                       : ………………….
Tanggal Pengamatan               : …………………..
Materi Pokok                          : …………………..
Petunjuk Penilaian Keterampilan:
Berilah tanda (V) pada kolom yang sesuai

No.
Indikator Penilaian

A
B
C
D
86-100
76- 85
66 -75
56-65
1
Merangkai gerak tari tradisional





2
Membandingkan keunikan gerak tari tradisional setempat dengan daerah lain





3
Mengeksplor keunikan gerak tari tradisional





4
Keindahan karya




5
Kreativitas karya







Total Nilai /10







Makassar, 14 Juli  2014
Mengetahui;                                                               
Kepala Sekolah,                                                          Guru Mata Pelajaran,



            ------------------                                                              ------------------------


Tidak ada komentar:

Posting Komentar