RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 4)
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Tari)
Kelas/Semester : VIII/Ganjil
Materi Pokok : Meragakan Gerak Tari Tradisional
Alokasi Waktu : 4x Pertemuan (12 Jam Pelajaran)
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa keingintahuannya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B. KOMPETENSI DASAR DAN
INDIKATOR
1.1.Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap seni tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah
Tuhan
1.1
Menunjukkan sikap
kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
1.2
Menunjukkan sikap
santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
1.3
Menunjukkan sikap
responsif, pro-aktif, dan peduli terhadap lingkungan dan sesama, serta
menghargai karya seni dan pembuatnya
3.2 memahami keunikan peragaan gerak tari tradisional
berdasarkan pola lantai dengan
menggunakan unsur
pendukung tari sesuai iringan
Indikator : 1. Mengeksplorasi dari berbagai sumber pembelajaran tentang memahami
keunikan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan
unsur pendukung tari sesuai iringan.
1.
Membuat menyusun gerakan tentang gagasan berkarya seni
tari
dengan memperagakan gerak tari tradisional
berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan berdasarkan hasil eksplorasi masing-masing siswa.
4 2 Memperagakan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai
dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan
Indikator : 1. Mewujudkan meniru gerakan atau gerakan kreasi menjadi sebuah
karya seni tari jadi dengan memperagakan
gerak tari tradisional
berdasarkan pola lantai dengan menggunakan
unsur pendukung tari
sesuai iringan dengan menggunakan peralatan dan bahan yang
disediakan masing-
masing siswa.
2.
Mempublikasikan / mempergelarkan karyaseni tari kepada
orang lain
tentang karya tari yang telah dibuatnya.
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari pokok bahasan ini, perserta didik diharapkan mampu :
1. Siswa secara
aktif mengeksplorasi (observasi dan
bertanya ) dari berbagai sumber pembelajaran tentang memahami
keunikan peragaan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan
menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan
2. Siswa dapat
memilih, menentukan dan membuat susunan gerakan tentang gagasan sesuai iringan karya
seni tari dengan memperagakan gerak tari tradisional berdasarkan pola
lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan berdasarkan hasil eksplorasi masing-masing siswa.
3. Siswa dapat
mewujudkan rencana susunan gerakan atau meniru gerakan atau gerakan kreasi menjadi
sebuah karya seni tari jadi (eksperimenting
atau mencoba) dengan memperagakan gerak tari tradisional
berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari serta menggunakan peralatan dan bahan yang disediakan masing-masing siswa.
4. Siswa dapat menemukan cara
mempublikasikan/mempergelarkan karya seni tari (networking atau membuat jejaring) kepada orang lain tentang karya
seni yang telah dibuatnya.
D. MATERI PEMBELAJARAN
Materi pembelajaran berkenaan dengan penjelasan
tentang:
1.
Berlatih Gerak Tari Tradisional
2.
Meragakan Gerak Tari Tradisional
3.
Berlatih Meragakan Gerak Tari Tradisional sesuai Hitungan
E. METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model : Projek Based Learning dan Problem Based Learning.
F. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER
PEMBELAJARAN
1. Media : LCD,
Elektronik dan Internet
2. Alat
dan bahan : Disesuiakan dengan KD
3. Sumber
belajar : (1)Buku sumber pembelajaran untuk siswa SMP mata pelajaran
Seni budaya
Kurikulum 2014 Penerbit BNSP, Jakarta;
(2) Moment pagelaran dan
pameran di lokal maupun nasional;
(3) Kegiatan
kesenian di lingkungan setempat, dll.
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGI
ATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Kegiatan
Awal
|
Kegiatan awal pembelajaranoleh guru dapat melakukan
aktivitas berikut:
1. Guru membuka pembelajaran seni budaya (seni tari) dengan mengucapkan
salam, mengabsen dan menanyakan keadaaan dan situasi kelas.
2. Guru menjelaskan tentang tujuan
pembelajaranseni taripada bulan ini, yakni untuk berkarya
tentang memahami
keunikan peragaan gerak tari tradidional berdasarkan pola lantai dengan
menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan
3. Guru berupaya memotivasi para siswa kelas VII untuk yakin diri dapat
membuat karya seni taritentang memperagakan gerak tari
tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari
sesuai iringan
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
Kegiatan inti pembelajaran oleh guru, dapat melakukan aktivitas
berikut:
Pertemuan 1
Mengamati
a.
Peserta didik
melihat gambar peragaan tari tradisional berdasarkan pola lantai melalui
tayangan atau melalui peragaan langsung
b.
Peserta didik membaca buku tentang rangkaian gerak tari tradisional
Menanya
a. Peserta
didik menanyakan eksplorasi gerak tari tradisional berdasarkan
pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari
b. Peserta
didik menanyakan makna eksplorasi gerak tari tradisional berdasarkan
pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari
Mengeksplorasi
a. Peserta didik mengumpulkan berbagai literatur tentang eksplorasi
gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan
menggunakan unsur pendukung tari
b. Peserta
didik membandingkan berbagai macam eksplorasi
gerak tari tradisional
berdasarkan pola lantai yang berkembang sesuai dengan
kehidupan sosial budaya di masyarakat
setempat
Mengasosiasi
a. Peserta didik menunjukkan berbagai macam
eksplorasi gerak tari tradisional berdasarkan
pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari
b. Peserta
didik menghimpun laporan berbagai macam eksplorasi gerak tari tradisional berdasarkan
pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari
Mengkomunikasikan
a. Peserta
didik menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
b. Peserta
didik mempresentasikan secara lisan atau tulisan mengenai karya yang
dikerjakan
|
60 menit
|
Pertemuan
2
Mengamati
a. Peserta didik melihat gambar peragaan eksplorasi tari tradisional melalui
tayangan atau melalui peragaan langsung
b. Peserta
didik membaca buku tentang rangkaian eksplorasi gerak
tari tradisional
Menanya
a. Peserta
didik menanyakan susunan rangkaian eksplorasi gerak tari tradisional berdasarkan
pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari.
b. Peserta
didik menanyakan makna susunan rangkaian gerak tari tradisional berdasarkan
pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari dari hasil eksplorasi siswa masing-masing
Mengeksplorasi
a. Peserta didik mengumpulkan berbagai literatur tentang susunan rangkaian gerak tari tradisional berdasarkan
pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari dari hasil eksplorasi siswa masing-masing
b. Peserta didik
membandingkan berbagai macam susunan
rangkaian gerak tari tradisional dari hasil
eksplorasi siswa masing-masing
Mengasosiasi
a. Peserta didik
menunjukkan berbagai macam susunan
rangkaian gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan
menggunakan unsur pendukung tari dari hasil
eksplorasi siswa masing-masing
b. Peserta didik menghimpun laporan berbagai macam
rangkaian gerak tari tradisional berdasarkan
pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari dari hasil eksplorasi siswa masing-masing
Mengkomunikasikan
a.
Peserta didik menyampaikan hasil
pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
b.
Peserta didik mempresentasikan secara
lisan atau tulisan mengenai karya yang dikerjakan
|
60 menit
|
|
Pertemuan 3
Mengamati
a. Peserta didik melihat gambar peragaan kreasi melalui
tayangan atau melalui peragaan langsung
b. Peserta
didik membaca buku tentang rangkaian gerak
tari kreasi
berdasarkan gerak tari tradisional
Menanya
a. Peserta
didik menanyakan gerakan
kreasi tari kreasi berdasarkan gerak tari tradisional berdasarkan
pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari.
b. Peserta
didik menanyakan makna gerakan tari kreasi berdasarkan gerak tari tradisional
berdasarkan
pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari.
Mengeksplorasi
a. Peserta
didik mengumpulkan berbagai literatur tentang gerakan kreasi berdasarkan gerak tari tradisional berdasarkan
pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari.
b. Peserta
didik membandingkan berbagai macam susunan
rangkaian gerak tari kreasi berdasarkan gerak tari tradisional dari hasil eksplorasi dengan menggunakan peralatan dan bahan yang
disediakan masing-masing siswa.
Mengasosiasi
a. Peserta didik
menunjukkan berbagai macam susunan
rangkaian gerak tari tari kreasi berdasarkan gerak tari tradisional dari
hasil eksplorasi dengan menggunakan peralatan dan bahan yang disediakan
masing-masing siswa.
b. Peserta didik menghimpun laporan berbagai macam
rangkaian gerak tari kreasi berdasarkan gerak tari tradisional
berdasarkan
pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari dari hasil eksplorasi dengan menggunakan peralatan dan bahan yang disediakan
masing-masing siswa.
Mengkomunikasikan
a. Peserta
didik menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
b. Peserta didik mempresentasikan
secara lisan atau tulisan mengenai karya yang dikerjakan
|
60 menit
|
|
Pertemuan 4
Mengamati
Peserta
didik melihat gambar/video pergelaran tari kreasi
berdasarkan gerak tari tradisional melalui tayangan
atau melalui peragaan langsung
Menanya
Peserta didik
menanyakan gerakan
kreasi menjadi sebuah karya seni tari
jadi dari rangkaian gerakan tari
tradisional berdasarkan hasil pengamatan gambar/video pergelaran tari
tradisional.
Mengeksplorasi
Peserta didik mengumpulkan berbagai literatur tentang gerakan
kreasi menjadi sebuah karya seni tari
jadi (eksperimenting atau mencoba) tentang merangkai gerak tari tradisional berdasarkan
pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari.
Mengasosiasi
Peserta didik menghimpun laporan berbagai macam
rangkaian gerak tari tradisional berdasarkan
pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari dari hasil eksplorasi dengan menggunakan peralatan dan bahan yang
disediakan siswa masing-masing.
Mengkomunikasikan
a. Peserta
didik mempublikasikan karya seni tari kepada orang lain
tentang karya yang telah dibuatnya.
b. Peserta didik mempresentasikan secara
lisan atau tulisan mengenai karya yang dikerjakan
Mencipta
Peserta didik mempergelarkan karya
seni tari kreasi menjadi seni tari jadi dari rangkaian gerakan tari
tradisional kepada orang lain
|
60 menit
|
|
Kegiatan Penutup
|
Kegiatan penutup pembelajaran oleh guru, dapat
melakukan aktivitas berikut:
1. Guru dan siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
2. Guru melaksanakan tindak lanjut pembelajaran di kelas dengan cara
memberi pengumuman untuk lanjutkan pada tahap merancang, membuat,
mempublikasi karya seni tari pada minggu berikutnya.
3. Guru dan siswa melaksanakan evaluasi pembelajaran seni tari dengan
cara penilaian kinerja, penilaian projek, penilaian portofolio dan penilaian
laporan.
|
10 menit
|
H. PENILAIAN
1.
Jenis/teknik penilaian :
- Diskusi
- Tertulis
- Unjuk kerja
2. Bentuk instrumern dan instrumen : - tes tertulis
- tes kinerja
3. Pedoman penskoran :
1. Pedoman Penskoran Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru
untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom
skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan
kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
dan
sering
tidak melakukan
1 = tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
Materi
Pokok : …………………..
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan
sesuatu
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas karunia
Tuhan
|
|
|
|
|
3
|
Memberi salam
sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
|
|
|
|
4
|
Mengungkapakan kekaguman secara lisan
maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
|
|
|
|
|
5
|
Merasakan keberadaan dan kebesaran
Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir
menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor
akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh
14, skor maksimal 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
Hasil Penskoran
:
Sangat Baik : apabila memperoleh skor :3,33 < skor ≤
4,00
Baik : apabila memperoleh skor :
2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup : apabila memperoleh skor :1,33
< skor≤ 2,33
Kurang :
apabila memperoleh skor:skor ≤ 1,33
2.
Pedoman Penskoran Observasi Sikap Sosial (Toleransi)
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh
guru/teman untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam toleransi. Berilah
tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap toleransi yang ditampilkan oleh
peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
dan
sering
tidak melakukan
1 = tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
Materi Pokok :
…………………..
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Menghormati pendapat teman
|
|
|
|
|
2
|
Menghormati teman yang berbeda suku,
agama, ras, budaya, dan gender
|
|
|
|
|
3
|
Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan
pendapatnya
|
|
|
|
|
4
|
Menerima kekurangan orang lain
|
|
|
|
|
5
|
Mememaafkan kesalahan orang lain
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk penskoran
Lihat
petunjuk penskoran pada pedoman
observasi sikap spiritual
3.
Butir Penilaian Pengetahuan
Amati gambar-gambar berikut dengan saksama!
2 Gerak merupakan salah satu ciri
yang membedakan antara satu tarian
dengan tarian lainnya.
|
4 Gerak merupakan salah satu ciri
yang membedakan antara satu tarian
dengan tarian lainnya.
|
3 Gerak merupakan salah satu ciri
yang membedakan antara satu tarian
dengan tarian lainnya.
|
1 Gerak merupakan salah satu ciri
yang membedakan antara satu tarian
dengan tarian lainnya.
|
1. Gambar manakah yang
menunjukkan pola lantai garis lurus ?
2. Gambar manakah yang menunjukkan pola lantai
garis lengkung ?
3. Dari manakah asal tarian tersebut ?
4. Apa yang
dimaksud dengan gerak pada seni tari ?
Kunci Jawaban :
1. Gambar yang menunjukkan pola lantai garis lurus adalah gambar 1 dan 3
2. Gambar yang menunjukkan pola lantai garis
lengkung adalah gambar 2 dan 4
3. Asal tari gambar 1 berasal dari
Asal tari gambar 2 berasal dari
Asal tari gambar 3 berasal dari
Asal tari gambar 4 berasal dari
4. Gerak tari pada seni tari merupakan satu ciri
yang membedakan antara satu tarian dengan tarian lainnya.
Teknik
penilaian : rentang nilai 1 – 4
Setiap nomor skornya
1
1.
Instrumen
Tes Praktik
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
Materi Pokok : …………………..
Petunjuk
Penilaian Keterampilan:
Berilah
tanda (V) pada kolom yang sesuai
No.
|
Indikator Penilaian
|
|
|||
A
|
B
|
C
|
D
|
||
86-100
|
76- 85
|
66 -75
|
56-65
|
||
1
|
Merangkai gerak tari
tradisional
|
|
|
|
|
2
|
Membandingkan keunikan gerak
tari tradisional setempat dengan daerah lain
|
|
|
|
|
3
|
Mengeksplor keunikan gerak
tari tradisional
|
|
|
|
|
4
|
Keindahan karya
|
|
|
|
|
5
|
Kreativitas karya
|
|
|
|
|
|
Total Nilai /10
|
|
|
|
|
Makassar, 14 Juli
2014
Mengetahui;
Kepala Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
------------------ ------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar