Rabu, 03 September 2014

RPP SENI BUDAYA (SENI RUPA) KLS 8 SEMESTER GANJIL 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 1)


Sekolah                      : SMP
Matapelajaran            : Seni Budaya (Seni Rupa)
Kelas/Semester          : VIII/Ganjil
Materi Pokok             : Menggambar Model
Alokasi Waktu           : 4 x Pertemuan (12 Jam Pelajaran)


A.  KOMPETENSI INTI (KI)
1.      Menanggapi, dan  menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal, toleransi, gotong royong dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata
4.      Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang)  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori

B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1. Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni rupa daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1   Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2  Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun  terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3  Menunjukkan sikap  percaya diri, motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1  Memahami   konsep dan prosedur   menggambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik
Indikator : 1. Mengeksplorasi (observasi dan bertanya ) dari berbagai sumber pembelajaran tentang menggambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik.
4.1.  Menggambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik
  Indikator : 1. Membuat disain / sketsa tentang gagasan berkarya seni rupa tentang model pada berbagai bahan dan beragam teknik berdasarkan hasil eksplorasi perserta didik masing-masing
                2. Mewujudkan desain menjadi sebuah karya seni rupa jadi (eksperi-menting atau mencoba) dengan menggunakan peralatan dan bahan yang disediakan perserta didik masing-masing.
C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari pokok bahasan ini, perserta didik diharapkan mampu :
1.Mengeksplorasi (observasi dan bertanya ) dari berbagai sumber  pembelajaran tentang Memahami   konsep dan prosedur   menggambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik   




2. Memilih, menentukan dan membuat disain / sketsa tentang gagasan  berkarya seni rupa tentang memahami   konsep dan prosedur   menggambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik berdasarkan hasil eksplorasi perserta didik masing-masing
3. Mewujudkan desain menjadi sebuah karyaseni rupa jadi (eksperimenting atau mencoba) tentang model pada berbagai bahan dan beragam teknik dengan menggunakan peralatan dan bahan yang disediakan perserta didik masing-masing.
4.  Menemukan cara mempublikasi / memamerkan karya seni rupa dalam  gambar model dari berbagai bahan dan beragam teknik, model pada berbagai bahan dan beragam teknik berdasarkan hasil eksplorasi Peserta didik masing-masing (networking atau membuat jejaring) kepada orang lain tentang yang telah dibuatnya.

D.  MATERI PEMBELAJARAN
Materi pembelajaran berkenaan dengan penjelasan tentang:
1.      Konsep dan prosedur menggambar  model
2.      Prinsip-prinsip menggambar model
3.      Unsur-unsur dalam menggambar model

E.     METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan                     : Pendekatan Scientific
Model Pembelajaran     : Model pembelajaran projek based learning, dan problem based learning

F.     MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Media                    : LCD, Multimedia PowerPoint
Alat dan bahan      : Kertas gambar, pensil 2B, penghapus karet, dan pewarna.
Sumber belajar    : (1)Buku sumber pembelajaran untuk Peserta didik SMP mata pelajaran seni budaya Kurikulum  2014 penerbit BNSP, Jakarta; (2) Sumber media internet; (3)Sumber media massa (TV, Koran, majalah, dll; (4) Moment pagelaran dan pameran di lokal maupun nasional; dan (5) Kegiatan kesenian di lingkungan setempat.


G.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN  PEMBELAJARAN

KEGI
ATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Awal
Kegiatan awal pembelajaran oleh guru dapat dilakukan melalui aktivitas berikut:
1.      Guru membuka pembelajaran seni budaya ( seni rupa) dengan mengucapkan salam, mengabsen dan menanyakan keadaaan kelas.
2.      Guru memberi apersepsi kepada Peserta didik berupa menghubungkan materi pelajaran yang lalu dengan pelajaran yang akan dipelajari.
3.      Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran seni rupa, yakni berkarya tentang menggambar model alam benda berdasarkan hasil eksplorasi peserta didik masing-masing.











10  menit
Kegiatan inti

Kegiatan inti pembelajaran oleh guru dapat dilakukan melalui aktivitas berikut:
Pertemuan 1
Mengamati
a.       Peserta didik melihat gambar model alam benda (bentuk kubistis dan silindris) melalui tayangan atau melalui alam sekitar
b.      Peserta didik membaca buku tentang konsep dan  prosedur menggambar model alam benda (bentuk kubistis dan silindris)
Menanya
a.       Peserta didik menanyakan berbagai macam model alam benda (bentuk kubistis dan silindris)
b.      Peserta didik menanyakan makna gambar model alam benda (bentuk kubistis dan silindris)
     Mengeksplorasi
a.       Peserta didik mengumpulkan berbagai literatur tentang berbagai macam gambar model alam benda (bentuk kubistis dan silindris) dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
b.      Peserta didik membandingkan berbagai macam gambar model alam benda (bentuk kubistis dan silindris) yang berkembang sesuai dengan kehidupan sosial budaya di masyarakat
    Mengasosiasi
a.       Peserta didik menunjukkan berbagai macam gambar model alam benda (bentuk kubistis dan silindris) dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
b.      Peserta didik menghimpun laporan  berbagai macam gambar model alam benda (bentuk kubistis dan silindris) yang berkembang sesuai dengan kehidupan sosial budaya di masyarakat
    Mengkomunikasikan
a.       Peserta didik menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
b.      Peserta didik mempresentasikan secara lisan atau tulisan mengenai karya yang dikerjakan

60  menit



Pertemuan 2
    Mengamati
c.       Peserta didik melihat gambar model  alam benda (bentuk bebas) melalui tayangan atau melalui alam sekitar
d.      Peserta didik membaca buku tentang konsep dan  prosedur menggambar model alam benda (bentuk bebas)
    Menanya
a.       Peserta didik menanyakan berbagai macam model alam benda (bentuk bebas)
b.      Peserta didik membandingkan berbagai macam gambar model alam benda (bentuk bebas)
   Mengeksplorasi
a.       mengumpulkan berbagai literatur tentang berbagai macam gambar model alam benda (bentuk bebas) dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
b.      Peserta didik membandingkan konsep dan prosedur menggambar model alam benda (bentuk bebas) yang berkembang sesuai dengan kehidupan sosial budaya di masyarakat



    Mengasosiasi
a.       Peserta didik menunjukkan makna yang terkandung pada gambar model alam benda (bentuk bebas) dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
b.      Peserta didik menghimpun laporan  berbagai macam gambar model alam benda (bentuk bebas) yang berkembang sesuai dengan kehidupan sosial budaya di masyarakat
    Mengkomunikasikan
a.       Peserta didik menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
b.      Peserta didik mempresentasikan secara lisan atau tulisan mengenai karya yang dikerjakan


60  menit




Pertemuan 3
    Mengamati 
a. Peserta didik melihat gambar model alam benda melalui tayangan atau melalui alam sekitar
b. Peserta didik membaca buku tentang konsep dan  prosedur menggambar model alam benda
    Menanya
        a. Peserta didik menanyakan teknik menggambar model alam benda
        b.Peserta didik menanyakan langkah-langkah menggambar model alam benda
    Mengeksplorasi
a.    Peserta didik menghubungkan antara teknik dan langkah-langkah menggambar model alam benda
b.   Peserta didik menentukan langkah-langkah menggambar model alam benda
    Mengasosiasi
        a. Peserta didik menunjukkan teknik dan langkah-langkah menggambar model alam benda
       b. Peserta didik membandingkan teknik dan langkah-langkah menggambar model alam benda yang berkembang sesuai dengan kehidupan sosial budaya di masyarakat
   Mengkomunikasikan
a.       Peserta didik menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
b.      Peserta didik mempresentasikan secara lisan atau tulisan mengenai karya yang dikerjakan


60  menit









Pertemuan 4
   Mengamati 
Membaca buku tentang konsep, teknik  dan  langkah-langkah menggambar alam benda
   Menanya
Peserta didik menanyakan cara menggambar alam benda
   Mengeksplorasi
Peserta didik mengumpulkan literatur mengenai konsep, teknik  dan  langkah-langkah menggambar alam benda
   Mengasosiasi
Peserta didik membandingkan konsep, teknik  dan  langkah-langkah menggambar alam benda
   Mengkomunikasikan
Peserta didik menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh




   Mencipta
             Peserta didik membuat gambar alam benda sesuai keinginan masing-masing

60  menit

Kegiatan Penutup

Kegiatan penutup pembelajaran oleh guru dan peserta didik dengan melakukan aktivitas berikut:
1.      Guru dan peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran
2.      Guru dan peserta didik  melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan cara penilaian kinerja, penilaian projek, penilaian portofolio dan penilaian laporan.
3.      Guru memberi tindak lanjut dengan menugaskan peserta didik

10 menit

H.    PENILAIAN
1. Jenis/teknik penilaian                            : - Diskusi
                                                                          - Tertulis
                                                                          - Unjuk kerja
      2. Bentuk instrumern dan instrumen     : - tes tertulis
                                                                          - tes kinerja

      3. Pedoman penskoran      :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar